Keluaran 6:16-25
Konteks6:16 (6-15) Inilah nama anak-anak Lewi n menurut urutan kelahirannya: Gerson, o Kehat dan Merari. p Umur Lewi seratus tiga puluh tujuh tahun. 6:17 (6-16) Anak-anak Gerson: Libni dan Simei, q menurut kaum mereka. 6:18 (6-17) Anak-anak Kehat: r Amram, Yizhar, Hebron dan Uziel. s Umur Kehat seratus tiga puluh tiga tahun. 6:19 (6-18) Anak-anak Merari: Mahli dan Musi. t Itulah kaum-kaum Lewi menurut urutannya. 6:20 (6-19) Dan Amram u mengambil Yokhebed, saudara ayahnya, menjadi isterinya, dan perempuan ini melahirkan Harun dan Musa v baginya. Umur Amram seratus tiga puluh tujuh tahun. 6:21 (6-20) Anak-anak Yizhar: w Korah, Nefeg dan Zikhri. 6:22 (6-21) Anak-anak Uziel: Misael, Elsafan x dan Sitri. 6:23 (6-22) Dan Harun mengambil Eliseba, anak perempuan Aminadab, y saudara perempuan Nahason, z menjadi isterinya, dan perempuan ini melahirkan baginya Nadab, Abihu, a Eleazar b dan Itamar. c 6:24 (6-23) Anak-anak Korah: d Asir, Elkana dan Abiasaf; itulah kaum-kaum orang Korah. 6:25 (6-24) Eleazar, anak Harun, mengambil salah seorang anak perempuan Putiel menjadi isterinya dan perempuan ini melahirkan Pinehas e baginya. Itulah para kepala kaum keluarga orang Lewi menurut kaum mereka.
Bilangan 4:2-20
Konteks4:2 "Hitunglah jumlah l bani Kehat sebagai suatu golongan tersendiri di antara bani Lewi, menurut kaum-kaum yang ada dalam puak mereka. 4:3 Hitunglah m yang berumur tiga puluh n tahun ke atas sampai yang berumur lima puluh tahun, semua orang yang kena wajib tugas, supaya mereka melakukan pekerjaan di Kemah Pertemuan. 4:4 Pekerjaan o jabatan orang Kehat p di Kemah Pertemuan ialah mengurus barang-barang yang maha kudus. q 4:5 Kalau perkemahan akan berangkat, r haruslah Harun dan anak-anaknya masuk ke dalam untuk menurunkan tabir s penudung, dan menudungkannya t kepada tabut hukum. 4:6 Di atasnya mereka harus meletakkan tutup dari kulit lumba-lumba, u dan di atasnya lagi mereka harus membentangkan sehelai kain yang seluruhnya ungu tua, kemudian mereka harus memasang kayu-kayu pengusung v tabut itu. 4:7 Lagipula di atas meja roti sajian w mereka harus membentangkan sehelai kain ungu tua, dan di atasnya mereka harus meletakkan pinggan, cawan, piala dan kendi korban curahan; x juga roti sajian harus tetap y ada di atasnya. 4:8 Di atas semuanya itu mereka harus membentangkan sehelai kain kirmizi, lalu menudungnya dengan tudung dari kulit lumba-lumba, kemudian mereka harus memasang kayu-kayu pengusung z meja itu. 4:9 Lalu mereka harus mengambil sehelai kain ungu tua dan menudungkannya kepada kandil untuk penerangan dengan lampu-lampunya, sepit-sepit dan penadah-penadahnya, a dan segala perkakas minyaknya yang dipakai untuk mengurus kandil itu. 4:10 Dan mereka harus meletakkannya dengan segala perkakasnya ke atas tudung dengan dari kulit lumba-lumba dan meletakkannya di atas usungan. b 4:11 Di atas mezbah c dari emas itu mereka harus membentangkan sehelai kain ungu tua dan menudunginya dengan tudung dari kulit lumba-lumba, kemudian mereka harus memasang kayu-kayu pengusung d mezbah itu. 4:12 Lalu mereka harus mengambil segala perkakas e yang dipakai untuk menyelenggarakan kebaktian di tempat kudus, meletakkannya di atas sehelai kain ungu tua dan menudunginya dengan tudung dari kulit lumba-lumba, kemudian meletakkannya di atas usungan. f 4:13 Dan mereka harus membersihkan mezbah g itu dari abu, h lalu membentangkan sehelai kain ungu muda di atasnya, 4:14 sesudah itu meletakkan di atasnya segala perkakasnya i yang dipakai untuk mengurusnya, yakni perbaraan, j garpu, k penyodok, l bokor penyiraman, m segala perkakas mezbah itu, dan di atasnya mereka harus membentangkan tutup dari kulit lumba-lumba, kemudian mereka harus memasang kayu-kayu pengusung n mezbah itu. 4:15 Setelah Harun dan anak-anaknya selesai menudungi barang-barang kudus dan segala perkakas tempat kudus, pada waktu perkemahan akan berangkat, o barulah orang Kehat p boleh masuk ke dalam untuk mengangkat q barang-barang itu; tetapi janganlah mereka kena r kepada barang-barang kudus itu, nanti mereka mati. s t Jadi itulah barang-barang di Kemah Pertemuan yang harus diangkat bani Kehat. 4:16 Tetapi Eleazar, u anak imam Harun, bertanggung jawab atas minyak untuk penerangan, v ukupan w dari wangi-wangian, korban sajian x yang tetap dan minyak urapan; ia bertanggung jawab atas segenap Kemah Suci dan segala isinya, yakni barang-barang kudus dan perabotannya." 4:17 TUHAN berfirman kepada Musa dan Harun: 4:18 "Perhatikanlah supaya puak Kehat dan kaum-kaumnya jangan musnah binasa dari tengah-tengah orang Lewi. 4:19 Inilah yang harus kamu lakukan bagi mereka, supaya mereka tinggal hidup dan jangan mati, apabila mereka mendekat ke barang-barang y maha kudus: Harun dan anak-anaknya z haruslah masuk ke dalam dan menempatkan mereka masing-masing di tempat tugasnya dekat barang yang harus diangkat. a 4:20 Tetapi janganlah orang Kehat masuk ke dalam untuk melihat b barang-barang kudus itu walau sesaatpun, nanti mereka mati 1 ."
Bilangan 4:1
Konteks4:1 TUHAN berfirman kepada Musa dan Harun:
Bilangan 6:16-18
Konteks6:16 Lalu haruslah imam membawa semuanya q itu ke hadapan TUHAN r dan mengolah korban penghapus dosa dan korban bakarannya; s 6:17 domba jantan itu haruslah diolahnya sebagai korban keselamatan t bagi TUHAN, beserta sebakul roti yang tidak beragi itu; juga haruslah imam mengolah korban sajian u dan korban curahannya. v 6:18 Maka haruslah orang nazir itu mencukur rambut kenazirannya w di depan pintu Kemah Pertemuan, lalu mengambil rambut kenazirannya itu dan melemparkannya ke dalam api yang di bawah korban keselamatan.
Bilangan 15:5
Konteks15:5 Dan beserta korban bakaran atau korban sembelihan i itu engkau harus juga mempersembahkan seperempat hin anggur j sebagai korban curahan, k untuk setiap ekor domba yang dipersembahkan.
Bilangan 23:12-20
Konteks23:12 Tetapi ia menjawab: "Bukankah aku harus berawas-awas, supaya mengatakan apa yang ditaruh TUHAN ke dalam mulutku? e " 23:13 Lalu Balak berkata kepadanya: "Baiklah pergi bersama-sama dengan aku ke tempat lain, f dan dari sana engkau dapat melihat bangsa itu; engkau akan melihat hanya bagiannya yang paling ujung, tetapi seluruhnya g tidak akan kaulihat; serapahlah mereka dari situ bagiku. h " 23:14 Lalu dibawanyalah dia ke Padang Pengintai, ke puncak gunung Pisga; i ia mendirikan tujuh mezbah dan mempersembahkan seekor lembu jantan dan seekor domba jantan di atas setiap mezbah j itu. 23:15 Kemudian berkatalah ia kepada Balak: "Berdirilah di sini di samping korban bakaranmu, sedang aku hendak bertemu dengan TUHAN di situ." 23:16 Lalu TUHAN menemui Bileam dan menaruh perkataan ke dalam mulutnya, k dan berfirman: "Kembalilah kepada Balak dan katakanlah demikian." 23:17 Ketika ia sampai kepadanya, Balak masih berdiri di samping korban bakarannya bersama-sama dengan pemuka-pemuka Moab. l Berkatalah Balak kepadanya: "Apakah yang difirmankan TUHAN?" 23:18 Lalu diucapkannyalah sanjaknya, m katanya: "Bangunlah, hai Balak, dan dengarlah; pasanglah telingamu mendengarkan aku, ya anak Zipor. n 23:19 Allah bukanlah manusia, o sehingga Ia berdusta p bukan anak manusia, sehingga Ia menyesal 2 . q Masakan Ia berfirman dan tidak melakukannya, atau berbicara r dan tidak menepatinya? 23:20 Ketahuilah, aku mendapat perintah untuk memberkati, s dan apabila Dia memberkati, t maka aku tidak dapat membalikkannya. u
[4:20] 1 Full Life : NANTI MEREKA MATI.
Nas : Bil 4:20
Kekudusan Allah dapat membinasakan (ayat Bil 4:15,20;
lihat cat. --> Im 10:2)
[atau ref. Im 10:2]
atau menyucikan (Yes 6:1-7;
lihat cat. --> Im 19:2).
[atau ref. Im 19:2]
Allah sedang mengajarkan bahwa kehadiran-Nya mendatangkan berkat apabila Ia dihormati dan ditaati, tetapi hukuman apabila Ia diperlakukan dengan tidak hormat (bd. 1Kor 11:27-29).
[23:19] 2 Full Life : ALLAH BUKANLAH MANUSIA, SEHINGGA IA BERDUSTA ... IA MENYESAL.
Nas : Bil 23:19
Allah bukannya tidak dapat diandalkan, mudah goyah dan berubah pikiran, tetapi oleh tabiat-Nya Dia itu setia kepada janji dan komitmen-Nya. Namun sifat Allah ini tidak menutup kemungkinan bahwa Ia mengubah pikiran atau rencana-Nya sesuai dengan situasi tertentu. Misalnya, kadang-kadang Allah mengubah rencana-Nya mengenai hukuman sebagai tanggapan atas doa syafaat umat-Nya yang setia
(lihat cat. --> Kel 32:11;
lihat cat. --> Kel 32:14)
[atau ref. Kel 32:11,14]
atau sebagai tanggapan atas pertobatan orang fasik (Yun 3:1-10; 4:2).