Imamat 3:1
KonteksImamat 3:3
Konteks3:3 Kemudian dari korban keselamatan itu ia harus mempersembahkan lemak d yang menyelubungi isi perut e , dan segala lemak yang melekat pada isi perut itu sebagai korban api-apian bagi TUHAN,
Imamat 3:14
Konteks3:14 Kemudian dari kambing itu ia harus mempersembahkan lemak yang menyelubungi isi perut, dan segala lemak yang melekat pada isi perut itu sebagai persembahannya berupa korban api-apian bagi TUHAN,
Imamat 4:25
Konteks4:25 Kemudian haruslah imam mengambil dengan jarinya sedikit dari darah korban penghapus dosa itu, lalu membubuhnya pada tanduk-tanduk mezbah f korban bakaran. Darah selebihnya haruslah dicurahkannya kepada bagian bawah mezbah g korban bakaran.
Imamat 4:30
Konteks4:30 Kemudian imam harus mengambil dengan jarinya sedikit dari darah korban itu, lalu membubuhnya pada tanduk-tanduk mezbah korban bakaran. p Semua darah selebihnya haruslah dicurahkannya kepada bagian bawah mezbah.
Imamat 4:34
Konteks4:34 Kemudian imam harus mengambil dengan jarinya sedikit dari darah korban penghapus dosa itu, lalu membubuhnya pada tanduk-tanduk mezbah korban bakaran. Semua darah selebihnya haruslah dicurahkannya kepada bagian bawah mezbah. z
Imamat 7:14
Konteks7:14 Dan dari padanya, yakni dari setiap bagian persembahan itu haruslah dipersembahkannya satu roti sebagai persembahan khusus bagi TUHAN. Persembahan itu adalah bagian imam yang menyiramkan darah korban keselamatan.
Imamat 8:2
Konteks8:2 "Panggillah Harun dan anak-anaknya 2 x bersama-sama dengan dia, dan ambillah pakaian-pakaian, y minyak urapan, z dan lembu jantan korban penghapus dosa, a dua domba jantan b dan bakul berisi roti yang tidak beragi, c
Imamat 8:7
Konteks8:7 Sesudah itu dikenakannyalah kemeja kepadanya, diikatkannya ikat pinggang, dikenakannya gamis, dikenakannya baju efod, diikatkannya sabuk baju efod dan dikebatkannya sabuk itu kepadanya. g
Imamat 8:13
Konteks8:13 Musa menyuruh anak-anak s Harun mendekat, lalu dikenakannyalah kemeja t kepada mereka, diikatkannya ikat pinggang dan dililitkannya destar, seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa. u
Imamat 9:9
Konteks9:9 Anak-anak Harun menyampaikan darah lembu itu kepadanya, i dan Harun mencelupkan jarinya ke dalam darah itu dan membubuhnya pada tanduk-tanduk mezbah. Darah selebihnya dituangkannya pada bagian bawah mezbah. j k
Imamat 9:23
Konteks9:23 Masuklah Musa dan Harun ke dalam Kemah Pertemuan. x Setelah keluar, mereka memberkati bangsa itu, lalu tampaklah kemuliaan TUHAN y kepada segenap bangsa itu.
Imamat 10:4
Konteks10:4 Kemudian Musa memanggil Misael dan Elsafan, n anak-anak Uziel, o paman Harun, lalu berkatalah ia kepada mereka: "Datang ke mari, angkatlah saudara-saudaramu ini dari depan tempat kudus p ke luar perkemahan. q "
Imamat 10:7
Konteks10:7 Janganlah kamu pergi dari depan pintu Kemah Pertemuan, x supaya jangan kamu mati, karena minyak urapan y TUHAN ada di atasmu." Mereka melakukan sesuai dengan perkataan Musa.
Imamat 11:4
Konteks11:4 Tetapi inilah yang tidak boleh kamu makan u dari yang memamah biak atau dari yang berkuku belah: unta, karena memang memamah biak, tetapi tidak berkuku belah; haram itu bagimu.
Imamat 11:34
Konteks11:34 Dalam hal itu segala makanan yang boleh dimakan, kalau kena air dari belanga itu, menjadi najis, dan segala minuman yang boleh diminum dalam belanga seperti itu, menjadi najis.
Imamat 13:28
Konteks13:28 Tetapi jikalau panau itu masih tetap dan tidak meluas pada kulit, malahan pudar, maka itu bengkak lecur dan imam harus menyatakan dia tahir, sebab itu bekas lecur. m
Imamat 13:36
Konteks13:36 dan menurut pemeriksaan imam kudis itu meluas pada kulit, maka imam tidak usah lagi mencari rambut yang kuning, memang orang itu najis. s
Imamat 13:45
Konteks13:45 Orang yang sakit kusta harus berpakaian u yang cabik-cabik, rambutnya terurai dan lagi ia harus menutupi mukanya v sambil berseru-seru: Najis! Najis! w
Imamat 13:57
Konteks13:57 Tetapi jikalau tanda itu tampak pula pada barang-barang itu, maka itu kusta yang sedang timbul; barang yang mempunyai tanda itu, haruslah kaubakar habis.
Imamat 14:48
Konteks14:48 Tetapi jikalau imam datang dan menurut pemeriksaannya tanda itu tidak meluas di dalam rumah itu, sesudah dilepa, maka imam harus menyatakan rumah itu tahir, n karena tanda itu telah hilang.
Imamat 15:5
Konteks15:5 Setiap orang yang kena kepada tempat tidurnya haruslah mencuci pakaiannya, z membasuh tubuhnya 3 dengan air a dan ia menjadi najis sampai matahari terbenam. b
Imamat 15:13-14
Konteks15:13 Apabila orang yang demikian sudah bersih dari lelehannya, ia harus menghitung tujuh hari i lagi untuk dapat dinyatakan tahir, lalu mencuci pakaiannya, membasuh tubuhnya dengan air mengalir, maka ia menjadi tahir. j 15:14 Pada hari yang kedelapan ia harus mengambil dua ekor burung tekukur atau dua ekor anak burung merpati, k dan datang ke hadapan TUHAN, ke pintu Kemah Pertemuan, dan menyerahkan burung-burung itu kepada imam.
Imamat 15:24
Konteks15:24 Jikalau seorang laki-laki tidur dengan perempuan itu, dan ia kena cemar kain t perempuan itu, maka ia menjadi najis selama tujuh hari, dan setiap tempat tidur yang ditidurinya menjadi najis juga.
Imamat 16:20
Konteks16:20 Setelah selesai mengadakan pendamaian bagi tempat kudus dan Kemah Pertemuan serta mezbah, ia harus mempersembahkan kambing jantan l yang masih hidup itu,
Imamat 18:24
Konteks18:24 Janganlah kamu menajiskan dirimu dengan semuanya itu, sebab dengan semuanya itu bangsa-bangsa yang akan Kuhalaukan dari depanmu u telah menjadi najis. v
Imamat 19:23
Konteks19:23 Apabila kamu sudah masuk ke negeri itu dan menanam bermacam-macam pohon buah-buahan, janganlah kamu memetik buahnya selama tiga tahun dan jangan memakannya.
Imamat 20:23
Konteks20:23 Janganlah kamu hidup menurut kebiasaan bangsa r yang akan Kuhalau dari depanmu: s karena semuanya itu telah dilakukan mereka, sehingga Aku muak t melihat mereka.
Imamat 20:27
Konteks20:27 Apabila seorang laki-laki atau perempuan dirasuk arwah a atau roh peramal, pastilah mereka dihukum mati, b yakni mereka harus dilontari dengan batu c dan darah mereka tertimpa kepada mereka sendiri."
Imamat 21:14
Konteks21:14 Seorang janda atau perempuan yang telah diceraikan atau yang dirusak kesuciannya atau perempuan sundal, janganlah diambil, melainkan harus seorang perawan dari antara orang-orang sebangsanya,
Imamat 22:10
Konteks22:10 Setiap orang awam janganlah memakan n persembahan kudus; demikian juga pendatang yang tinggal pada imam ataupun orang upahan.
Imamat 24:15
Konteks24:15 Engkau harus mengatakan kepada orang Israel, begini: Setiap orang yang mengutuki Allah k harus menanggung l kesalahannya sendiri.
Imamat 25:11
Konteks25:11 Tahun yang kelima puluh itu harus menjadi tahun Yobel l bagimu, jangan kamu menabur, dan apa yang tumbuh sendiri dalam tahun itu jangan kamu tuai, dan pokok anggur m yang tidak dirantingi jangan kamu petik buahnya.
Imamat 25:30
Konteks25:30 Tetapi jikalau rumah itu tidak ditebus dalam jangka waktu setahun itu, rumah itu secara mutlak menjadi milik si pembeli turun temurun; dalam tahun Yobel rumah itu tidaklah bebas.
Imamat 26:13
Konteks26:13 Akulah TUHAN, Allahmu, o yang membawa kamu keluar dari tanah Mesir, p supaya kamu jangan lagi menjadi budak mereka. Aku telah mematahkan kayu kuk q yang di atasmu dan membuat kamu berjalan tegak."
Imamat 26:26
Konteks26:26 Jika Aku memusnahkan persediaan makananmu, t maka sepuluh perempuan akan membakar roti di dalam satu pembakaran. Mereka akan mengembalikan rotimu menurut timbangan tertentu, dan kamu akan makan, tetapi tidak menjadi kenyang.
Imamat 26:40
Konteks26:40 Tetapi bila mereka mengakui b kesalahan c mereka dan kesalahan nenek moyang d mereka dalam hal berubah setia yang dilakukan mereka terhadap Aku dan mengakui juga bahwa hidup mereka bertentangan dengan Daku
Imamat 27:16
Konteks27:16 Jikalau seseorang menguduskan sebagian dari ladang miliknya bagi TUHAN, maka nilainya haruslah sesuai dengan taburannya, yakni sehomer taburan benih jelai berharga lima puluh syikal perak.
[3:1] 1 Full Life : KORBAN KESELAMATAN.
Nas : Im 3:1
Korban keselamatan (versi Inggris NIV -- korban persekutuan) dipersembahkan kepada Allah supaya dapat bersekutu dengan Dia, mengungkapkan rasa syukur (Im 7:12-16; 22:29) atau bernazar (Im 7:16).
- 1) Bagi yang memberikan persembahan, upacara ini meliputi penyerahan kepada perjanjian dan merayakan damai dan perukunan kembali di antara Allah dan si penyembah.
- 2) Korban ini menunjuk ke depan kepada damai dan persekutuan yang dimiliki orang percaya dengan Allah dan sesama orang percaya berlandaskan kematian Kristus di salib (bd. Kol 1:20; 1Yoh 1:3), dan kemudian kepada persekutuan terakhir ketika kita semua duduk bersama dengan Allah di dalam kerajaan-Nya (Mazm 22:27; Luk 14:15; Wahy 19:6-10).
[8:2] 2 Full Life : HARUN DAN ANAK-ANAKNYA.
Nas : Im 8:2
Pasal Im 8:1-36 menggambarkan pentahbisan Harun dan anak-anaknya menjadi imam. Di dalam PL seorang penyembah yang menghampiri Allah tidak hanya memerlukan persembahan (pasal Im 1:1-7:38), tetapi juga perantaraan seorang imam (bd. 1Tim 2:5). Keimaman Lewi yang digambarkan di sini digenapi di dalam Yesus Kristus, imam besar orang percaya (Ibr 2:17).
- 1) Seorang imam ditetapkan untuk kepentingan manusia agar menjadi perantara antara Allah dengan manusia (Ibr 5:1). Tugasnya ialah menolong orang menghampiri Allah dan membawa mereka kepada pengampunan dan keselamatan (Ibr 7:24-25; 10:14).
- 2) Imam membawa umat menghampiri Allah dengan memberikan persembahan dan korban-korban karena dosa dan dengan mengajarkan hukum Allah (Ul 33:8-10; Ibr 5:1; 8:3; 9:7,13).
- 3) Di bawah perjanjian yang baru jabatan imam tidak diperlukan lagi;
tidak ada pelayanan imam dalam daftar karunia-karunia pelayanan untuk
orang percaya dalam PB (bd. Ef 4:11). Yesus Kristus kini menjadi
imam besar perjanjian yang baru (Ibr 9:15-22), menggantikan keimaman
PL yang tidak sempurna. Dialah imam yang sempurna untuk "selama-lamanya"
(bd. 1Tim 2:5; Ibr 7:25; 9:23-28;
lihat cat. --> Ibr 2:17;
[atau ref. Ibr 2:17]
lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU).
[15:5] 3 Full Life : MENCUCI PAKAIANNYA, MEMBASUH TUBUHNYA.
Nas : Im 15:5
Pasal Im 11:1-15:33 menunjukkan perhatian Allah terhadap kesehatan jasmaniah dan kesejahteraan umat-Nya. Bangsa-bangsa lainnya di sekitar mereka pada zaman itu tidak mengetahui apa-apa tentang higiene, sanitasi, pentingnya pembasuhan dan pencegahan penyakit menular. Mereka juga kurang memperhatikan yang miskin dan sakit. Hukum-hukum Allah meningkatkan perhatian terhadap hal-hal ini dan mendorong umat itu memperlakukan hidup dan Allah mereka sebagai kudus.