Imamat 16:3
Konteks16:3 Beginilah caranya Harun masuk ke dalam tempat kudus h itu, yakni dengan membawa seekor lembu jantan muda i untuk korban penghapus dosa dan seekor domba jantan untuk korban bakaran. j
Imamat 16:5
Konteks16:5 Dari umat Israel p ia harus mengambil dua ekor kambing jantan q untuk korban penghapus dosa dan seekor domba jantan untuk korban bakaran.
Imamat 16:9
Konteks16:9 Lalu Harun harus mempersembahkan kambing jantan yang kena undi bagi TUHAN itu dan mengolahnya sebagai korban penghapus dosa.
Yesaya 53:10
Konteks53:10 Tetapi TUHAN berkehendak h meremukkan i dia 1 dengan kesakitan. j Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, k ia akan melihat keturunannya, l umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana m olehnya.
Daniel 9:24-26
Konteks9:24 Tujuh puluh kali tujuh masa 2 telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu d yang kudus, untuk melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan e kesalahan, untuk mendatangkan keadilan f yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus. 9:25 Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, g sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, h seorang raja, i ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa 3 lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan. j 9:26 Sesudah keenam puluh dua kali tujuh masa itu akan disingkirkan k seorang yang telah diurapi 4 , padahal tidak ada salahnya apa-apa. Maka datanglah rakyat seorang raja memusnahkan kota dan tempat kudus itu, tetapi raja itu akan menemui ajalnya dalam air bah; l dan sampai pada akhir zaman akan ada peperangan dan pemusnahan, m seperti yang telah ditetapkan. n
Ibrani 7:27
Konteks7:27 yang tidak seperti imam-imam besar lain, yang setiap hari harus mempersembahkan korban l untuk dosanya m sendiri dan sesudah itu barulah untuk dosa umatnya, sebab hal itu telah dilakukan-Nya satu kali untuk selama-lamanya, n ketika Ia mempersembahkan diri-Nya sendiri o sebagai korban.
Ibrani 9:25-28
Konteks9:25 Dan Ia bukan masuk untuk berulang-ulang mempersembahkan diri-Nya sendiri, sebagaimana Imam Besar setiap tahun masuk ke dalam tempat kudus a dengan darah yang bukan darahnya sendiri. b 9:26 Sebab jika demikian Ia harus berulang-ulang menderita sejak dunia c ini dijadikan. Tetapi sekarang Ia hanya satu kali d saja menyatakan e diri-Nya, pada zaman akhir untuk menghapuskan dosa oleh korban-Nya. f 9:27 Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali g saja, dan sesudah itu dihakimi, h 9:28 demikian pula Kristus hanya satu kali i saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi 5 j tanpa menanggung dosa k untuk menganugerahkan keselamatan l kepada mereka, yang menantikan Dia. m
[53:10] 1 Full Life : TUHAN BERKEHENDAK MEREMUKKAN DIA.
Nas : Yes 53:10
Allah Bapa berkehendak bahwa Anak-Nya diutus untuk mati di salib bagi dunia yang terhilang
(lihat cat. --> Yoh 3:16;
[atau ref. Yoh 3:16]
lihat art. KEHENDAK ALLAH).
Dengan menjadikan Kristus korban pendamaian bagi semua pelanggaran (bd. Im 5:15; 6:5; 19:21;
lihat art. HARI PENDAMAIAN),
rencana penebusan Allah untuk membawa banyak orang kepada keselamatan sudah terlaksana. Yang dimaksud dengan "umurnya akan lanjut" ialah bahwa Dia akan "bangkit dari antara orang mati dan hidup untuk selama-lamanya".
[9:24] 2 Full Life : TUJUH PULUH KALI TUJUH MASA.
Nas : Dan 9:24
Di sini nubuat Daniel tentang Israel dan kota kudus sangat penting bagi hari-hari terakhir zaman ini. Kata yang diterjemahkan "tujuh masa" di sini berarti kesatuan tujuh tahun; jadi, "tujuh puluh kali tujuh masa" adalah periode 490 tahun. Enam hal khusus akan terlaksana bagi Irael selama 490 tahun.
- 1) Suatu pendamaian bagi kefasikan akan diadakan, yang terlaksana dalam kematian Yesus yang mendamaikan.
- 2) Dosa akan diakhiri. Seluruh Israel (yaitu kaum sisa) akan kembali
kepada Allah dalam kebenaran
(lihat cat. --> Rom 11:26;
[atau ref. Rom 11:26]
lihat art. ISRAEL DALAM RENCANA KESELAMATAN ALLAH).
- 3) "Kesalahan" mereka akan dihapuskan; yaitu, pelanggaran nasional berupa ketidakpercayaan akan berhenti (bd. Yer 33:7-8; Yeh 37:21-23).
- 4) Suatu pemerintahan "keadilan yang kekal" akan didatangkan (bd. Yes 59:2-21; Yer 31:31-34).
- 5) Nubuat akan digenapi dan disempurnakan (bd. Kis 8:19-21).
- 6) Yesus Kristus akan diurapi sebagai Raja (bd. 1Sam 9:16; 10:1; Yeh 21:26-27).
[9:25] 3 Full Life : TUJUH KALI TUJUH MASA DAN ENAM PULUH DUA KALI TUJUH MASA.
Nas : Dan 9:25
Allah menyatakan kepada Daniel bahwa enam puluh sembilan kali tujuh masa, yaitu 483 tahun, akan berlangsung di antara saat pengumuman keputusan untuk membangun kembali Yerusalem dan kedatangan Mesias, seorang Yang Diurapi. Terdapat perbedaan pendapat tentang waktu tepat 483 tahun ini dimulai. Ada yang mengatakan 538 SM ketika titah Koresy dikeluarkan; akan tetapi, ketetapan itu adalah untuk membangun kembali Bait Suci dan bukan kota. Sangat mungkin itu mulai pada 457 SM, ketika Ezra kembali dan mulai membangun kembali kota itu (Ezr 4:12-13,16;
lihat cat. --> Ezr 4:11;
lihat cat. --> Ezr 4:23);
[atau ref. Ezr 4:11,23]
anggapan ini akan membuat 483 tahun itu berakhir pada tahun 27 M, kurang lebih pada waktu Yesus memulai pelayanan-Nya.
[9:26] 4 Full Life : AKAN DISINGKIRKAN SEORANG YANG TELAH DIURAPI.
Nas : Dan 9:26
Setelah "tujuh kali tujuh masa" (ayat Dan 9:25) dan setelah "enam puluh dua kali tujuh masa," yaitu sejumlah 69 "tujuh masa" (483 tahun) dua hal akan terjadi:
- 1) Mesias akan "disingkirkan" atau disalibkan (bd. Yes 53:8).
- 2) "Rakyat seorang raja" akan memusnahkan Yerusalem dan Bait Suci.
"Rakyat itu" adalah pasukan Roma yang membinasakan Yerusalem pada tahun
70 M
(lihat cat. --> Luk 21:20);
[atau ref. Luk 21:20]
"raja" mengacu kepada antikristus akhir zaman. - 3) Perhatikan bahwa kebinasaan Yerusalem tidak langsung menyusul penyaliban Kristus; jadi, akhir dari 69 "tujuh masa" terpisah oleh suatu jarak waktu dari awal "tujuh masa" ke-70. Banyak penafsir mengatakan bahwa zaman gereja adalah jarak waktu di antara "tujuh masa" ke-69 dengan yang ke-70.
[9:28] 5 Full Life : IA AKAN MENYATAKAN DIRI-NYA SEKALI LAGI.
Nas : Ibr 9:28
Dibawah perjanjian yang lama, orang Israel menanti dengan ketegangan munculnya kembali imam besar mereka setelah ia memasuki tempat yang mahakudus untuk mengadakan pendamaian. Demikian pula orang-orang percaya yang mengetahui bahwa Imam Besar mereka telah memasuki tempat yang mahakudus di sorga sebagai pembela, menanti-nanti dengan harapan yang sungguh-sungguh kemunculan-Nya kembali untuk membawa keselamatan sempurna
(lihat cat. --> Yoh 14:3;
[atau ref. Yoh 14:3]
lihat art. KEANGKATAN GEREJA).