Markus 1:3-4
Konteks1:3 ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya c ", 1:4 demikianlah Yohanes Pembaptis d tampil di padang gurun dan menyerukan: "Bertobatlah 1 e dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu. f "
Markus 1:13
Konteks1:13 Di padang gurun itu Ia tinggal empat puluh hari p lamanya, dicobai oleh Iblis 2 . q Ia berada di sana di antara binatang-binatang liar dan malaikat-malaikat melayani Dia.
Markus 1:16
KonteksMarkus 1:22-23
Konteks1:22 Mereka takjub mendengar pengajaran-Nya, sebab Ia mengajar mereka sebagai orang yang berkuasa, tidak seperti ahli-ahli Taurat. z 1:23 Pada waktu itu di dalam rumah ibadat itu ada seorang yang kerasukan roh jahat. Orang itu berteriak:
Markus 2:15
Konteks2:15 Kemudian ketika Yesus makan di rumah orang itu, banyak pemungut cukai dan orang berdosa makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya, sebab banyak orang yang mengikuti Dia.
Markus 2:20
Konteks2:20 Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka, j dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa 3 .
Markus 3:5
Konteks3:5 Ia berdukacita karena kedegilan mereka dan dengan marah Ia memandang 4 sekeliling-Nya kepada mereka lalu Ia berkata kepada orang itu: "Ulurkanlah tanganmu!" Dan ia mengulurkannya, maka sembuhlah tangannya itu.
Markus 4:1-2
KonteksMarkus 4:35
KonteksMarkus 4:38-39
Konteks4:38 Pada waktu itu Yesus sedang tidur di buritan di sebuah tilam. Maka murid-murid-Nya membangunkan Dia dan berkata kepada-Nya: "Guru, Engkau tidak perduli kalau kita binasa?" 4:39 Iapun bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau itu: "Diam! Tenanglah!" Lalu angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali.
Markus 5:13
Konteks5:13 Yesus mengabulkan permintaan mereka. Lalu keluarlah roh-roh jahat itu dan memasuki babi-babi itu. Kawanan babi yang kira-kira dua ribu jumlahnya itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau dan mati lemas di dalamnya.
Markus 5:20
Konteks5:20 Orang itupun pergilah dan mulai memberitakan di daerah Dekapolis x segala apa yang telah diperbuat Yesus atas dirinya dan mereka semua menjadi heran.
Markus 6:2
Konteks6:2 Pada hari Sabat q Ia mulai mengajar di rumah ibadat r dan jemaat yang besar takjub s ketika mendengar Dia dan mereka berkata: "Dari mana diperoleh-Nya semuanya itu? Hikmat apa pulakah yang diberikan kepada-Nya? Dan mujizat-mujizat yang demikian bagaimanakah dapat diadakan oleh tangan-Nya?
Markus 6:4
Konteks6:4 Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi 6 dihormati v di mana-mana kecuali di tempat asalnya sendiri, di antara kaum keluarganya dan di rumahnya."
Markus 6:24
Konteks6:24 Anak itu pergi dan menanyakan ibunya: "Apa yang harus kuminta?" Jawabnya: "Kepala Yohanes Pembaptis!"
Markus 6:28
Konteks6:28 Ia membawa kepala itu di sebuah talam dan memberikannya kepada gadis itu dan gadis itu memberikannya pula kepada ibunya.
Markus 7:11-13
Konteks7:11 Tetapi kamu berkata: p Kalau seorang berkata kepada bapanya atau ibunya: Apa yang ada padaku, yang dapat digunakan untuk pemeliharaanmu, sudah digunakan untuk korban--yaitu persembahan kepada Allah--, 7:12 maka kamu tidak membiarkannya lagi berbuat sesuatupun untuk bapanya atau ibunya. 7:13 Dengan demikian firman Allah q kamu nyatakan tidak berlaku demi adat istiadat r yang kamu ikuti itu. Dan banyak hal lain seperti itu yang kamu lakukan."
Markus 8:3
Konteks8:3 Dan jika mereka Kusuruh pulang ke rumahnya dengan lapar, mereka akan rebah di jalan, sebab ada yang datang dari jauh."
Markus 8:12
Konteks8:12 Maka mengeluhlah m Ia dalam hati-Nya dan berkata: "Mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda."
Markus 8:27
KonteksMarkus 8:38
Konteks8:38 Sebab barangsiapa malu karena Aku dan karena perkataan-Ku 7 di tengah-tengah angkatan yang tidak setia dan berdosa ini, Anak Manusiapun m akan malu karena orang itu n apabila Ia datang kelak o dalam kemuliaan Bapa-Nya, diiringi malaikat-malaikat kudus."
Markus 9:24
Konteks9:24 Segera ayah anak itu berteriak: "Aku percaya. Tolonglah aku yang tidak percaya ini 8 !"
Markus 9:33-34
KonteksMarkus 10:32
KonteksMarkus 10:37
Konteks10:37 Lalu kata mereka: "Perkenankanlah kami duduk dalam kemuliaan-Mu r kelak, yang seorang lagi di sebelah kanan-Mu dan yang seorang di sebelah kiri-Mu."
Markus 10:52
Konteks10:52 Lalu kata Yesus kepadanya: "Pergilah, imanmu telah menyelamatkan c engkau!" Pada saat itu juga melihatlah ia, lalu ia mengikuti d Yesus dalam perjalanan-Nya.
Markus 11:12
KonteksMarkus 11:18
Konteks11:18 Imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat mendengar tentang peristiwa itu, dan mereka berusaha untuk membinasakan Dia, sebab mereka takut kepada-Nya, o melihat seluruh orang banyak takjub akan pengajaran-Nya. p
Markus 11:23
Konteks11:23 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! asal tidak bimbang hatinya, tetapi percaya, bahwa apa yang dikatakannya itu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi baginya. s
Markus 12:23
Konteks12:23 Pada hari kebangkitan, bilamana mereka bangkit, siapakah yang menjadi suami perempuan itu? Sebab ketujuhnya telah beristerikan dia."
Markus 12:26
Konteks12:26 Dan juga tentang bangkitnya orang-orang mati, tidakkah kamu baca dalam kitab Musa, dalam ceritera tentang semak duri, bagaimana bunyi firman Allah kepadanya: Akulah Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub? k
Markus 12:38
KonteksMarkus 13:11
Konteks13:11 Dan jika kamu digiring dan diserahkan, janganlah kamu kuatir akan apa yang harus kamu katakan, tetapi katakanlah apa yang dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga, sebab bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Kudus. f
Markus 13:14
KonteksMarkus 14:2-3
Konteks14:2 sebab mereka berkata: "Jangan pada waktu perayaan, supaya jangan timbul keributan di antara rakyat."
Markus 14:12
KonteksMarkus 14:25
Konteks14:25 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur sampai pada hari Aku meminumnya, yaitu yang baru, dalam Kerajaan Allah. r "
Markus 14:30
Konteks14:30 Lalu kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada hari ini, malam ini juga, sebelum ayam berkokok dua kali, engkau telah menyangkal Aku tiga kali. v "
Markus 14:66
KonteksMarkus 15:7
Konteks15:7 Dan pada waktu itu adalah seorang yang bernama Barabas sedang dipenjarakan bersama beberapa orang pemberontak lainnya. Mereka telah melakukan pembunuhan dalam pemberontakan.
Markus 15:34
Konteks15:34 Dan pada jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: "Eloi, Eloi, lama sabakhtani?", yang berarti: Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku 12 ? a
Markus 15:41
Konteks15:41 Mereka semuanya telah mengikut Yesus dan melayani-Nya waktu Ia di Galilea. Dan ada juga di situ i banyak perempuan lain yang telah datang ke Yerusalem bersama-sama dengan Yesus.
Markus 15:46
Konteks15:46 Yusufpun membeli kain lenan, kemudian ia menurunkan mayat Yesus dari salib dan mengapaninya dengan kain lenan itu. Lalu ia membaringkan Dia di dalam kubur yang digali di dalam bukit batu. Kemudian digulingkannya sebuah batu ke pintu kubur itu. n
Markus 16:2
Konteks16:2 Dan pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu, setelah matahari terbit, pergilah mereka ke kubur.
Markus 16:9
KonteksMarkus 16:15
Konteks16:15 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. z
[1:4] 1 Full Life : BERTOBATLAH.
Nas : Mr 1:4
Lihat cat. --> Mat 3:2
[atau ref. Mat 3:2]
[1:13] 2 Full Life : DICOBAI OLEH IBLIS.
Nas : Mr 1:13
Lihat cat. --> Mat 4:1
[atau ref. Mat 4:1]
[2:20] 3 Full Life : PADA WAKTU ITULAH MEREKA AKAN BERPUASA.
Nas : Mr 2:20
Lihat cat. --> Mat 9:15
[atau ref. Mat 9:15]
[3:5] 4 Full Life : DENGAN MARAH IA MEMANDANG.
Nas : Mr 3:5
Kemarahan Yesus menunjukkan kebencian dan ketidaksenangan-Nya terhadap semua ketidakbenaran dan ketidakadilan
(lihat cat. --> Ibr 1:9).
[atau ref. Ibr 1:9]
Sekalipun orang Kristen tidak boleh marah secara tidak benar (Gal 5:20; Kol 3:8) kita bertindak seperti Kristus bila kita marah terhadap kejahatan (Kel 32:19; 1Sam 11:6; 2Sam 12:5; Neh 5:6). Kemarahan terhadap dosa angkatan mereka adalah bukti bahwa orang percaya itu berada di pihak Allah, melawan kejahatan (Kel 32:19; 1Sam 11:6; Mazm 94:16; Yer 6:11; Kis 17:16).
[4:2] 5 Full Life : PERUMPAMAAN.
Nas : Mr 4:2
Yesus sering kali mengajar dengan memakai perumpamaan. Sebuah perumpamaan ialah suatu kisah sederhana dari kehidupan sehari-hari yang menyatakan kebenaran tentang Kerajaan Allah bagi orang yang hatinya sudah siap untuk mendengar dan menyembunyikan kebenaran itu bagi mereka yang hatinya tidak siap (bd. Yes 6:9-10;
lihat cat. --> Mat 13:3).
[atau ref. Mat 13:3]
[6:4] 6 Full Life : YESUS ... SEORANG NABI.
Nas : Mr 6:4
Di dalam kitab-kitab Injil Yesus digambarkan sebagai seorang nabi (ayat Mr 6:4,15; Mat 21:11; Luk 4:24; bd. Kis 3:20-23) sesuai dengan panggilan seorang nabi dalam PL
(lihat art. NABI DI DALAM PERJANJIAN LAMA).
Ciri-ciri berikut mengidentifikasi Ia sebagai seorang nabi:
- 1) Ia penuh dengan Roh dan Firman Allah (Mat 21:42; 22:29; Luk 4:1,18; 24:27; Yoh 3:34).
- 2) Ia memiliki hubungan erat dengan Allah
(lihat cat. --> Luk 5:16).
[atau ref. Luk 5:16]
- 3) Ia menyampaikan nubuat (Mat 24:1-51; Luk 19:43-44).
- 4) Ia melakukan tindakan simbolis yang mengungkapkan semangat bagi kemuliaan Allah (Mat 21:12-13; Yoh 2:13-17).
- 5) Ia membongkar kemunafikan para pemimpin agama serta mengecam ketaatan mereka kepada tradisi dan bukan kepada Firman Allah (Mr 7:7-9,13).
- 6) Ia ikut merasakan kesedihan dan penderitaan Allah atas keadaan terhilang dari mereka yang tidak mau bertobat (Luk 13:34; 19:41).
- 7) Ia menekankan ajaran moral dari Firman Allah (kesucian, keadilan, kebenaran, kasih, kemurahan) dibandingkan ketaatan yang seremonial (Mr 12:38-40; Mat 23:1-36).
- 8) Ia memberitakan dekatnya pemerintahan dan penghakiman Allah (Mat 11:22,24; 10:15; Luk 10:12,14).
- 9) Ia memberitakan perlunya pertobatan, serta memanggil orang untuk berbalik dari dosa dan dunia serta kembali kepada Allah (ayat Mr 6:12; Mat 4:17).
[8:38] 7 Full Life : MALU KARENA AKU DAN KARENA PERKATAAN-KU.
Nas : Mr 8:38
Yesus memandang dunia dan masyarakat di sekitar kita itu sebagai "angkatan yang tidak setia dan berdosa". Semua orang yang berusaha untuk disenangi atau diterima oleh generasi sekarang yang jahat daripada mengikut Kristus dan prinsip-prinsip-Nya yang benar akan ditolak oleh-Nya ketika Ia datang kembali (bd. Mat 7:23; 25:41-46; Luk 9:26;
lihat cat. --> Luk 13:27).
[atau ref. Luk 13:27]
[9:24] 8 Full Life : TOLONGLAH AKU YANG TIDAK PERCAYA INI.
Nas : Mr 9:24
Dalam hidup ini iman kita sering kali tercampur dengan keraguan. Akan tetapi, ini tidaklah berarti bahwa Kristus tidak akan menanggapi permohonan kita karena Ia memahami serta menaruh kasihan kepada kelemahan kita (Ibr 4:15). Kita harus mengakui kekurangan iman kita serta berdoa agar Ia akan memberikan iman yang kita butuhkan
(lihat cat. --> Mat 17:20).
[atau ref. Mat 17:20]
[9:34] 9 Full Life : YANG TERBESAR.
Nas : Mr 9:34
Lihat cat. --> Luk 22:24-30.
[atau ref. Luk 22:24-30]
[12:38] 10 Full Life : SUKA DUDUK DI TEMPAT TERDEPAN.
Nas : Mr 12:38-39
Yesus mengingatkan para pengikut-Nya agar hati-hati terhadap para pemimpin agama yang mencari penghargaan dan penghormatan dari manusia. Yesus menyebut mereka orang munafik (Mat 23:13-15,23,25,29) dan menggambarkan mereka sebagai penipu dan pembohong yang mengutamakan kebenaran lahiriah semata-mata (bd. Mat 23:25-28). Orang semacam ini tidak didiami oleh Roh Kudus dan tidak memiliki kasih karunia-Nya yang membaharui (bd. Rom 8:5-14). Selagi tetap berada dalam kondisi ini mereka tidak mungkin "meluputkan diri dari hukuman neraka" (Mat 23:33;
lihat cat. --> Mat 23:13
[atau ref. Mat 23:13] dan
lihat art. GURU-GURU PALSU).
[13:14] 11 Full Life : PEMBINASA KEJI.
Nas : Mr 13:14
Pembinasa keji ini menunjuk kepada kekuatan yang merusak atau mencemarkan segala sesuatu yang kudus (lih. Dan 9:25-27).
- 1) Pernyataan Kristus dapat secara nubuat menunjuk baik pada penyerbuan tentara Roma ke Yerusalem ketika Bait Allah dibinasakan (70 M) maupun kepada patung antikristus yang akan ditempatkan di Yerusalem sesaat sebelum Kristus datang untuk menghakimi orang fasik (lih. 2Tes 2:2-3; Wahy 13:14-15; 19:11-21).
- 2) Pernyataan ini sering disebut "nubuat yang memberi pertanda," yaitu
istilah yang dipakai apabila dua atau lebih peristiwa dipandang sebagai
satu peristiwa. Satu contoh ialah nubuat yang menggabungkan kedatangan
Kristus yang pertama untuk memberitakan Injil dengan kedatangan yang
kedua dengan hukuman dalam Yes 11:1-4; 61:1-2, dan Za 9:9-10
(lihat cat. --> Mat 24:44).
[atau ref. Mat 24:44]
Demikian pula, peristiwa pencurahan Roh Kudus pada hari Pentakosta dan "hari Tuhan yang hebat dan dahsyat" digabung dan disebut sebagai satu peristiwa dalam Yoel 2:28-31. Dalam ayat ini Kristus melukiskan penghancuran Yerusalem sebagai lambang kesengsaraan besar yang akan terjadi pada akhir zaman(lihat art. KESENGSARAAN BESAR).
[15:34] 12 Full Life : MENGAPA ENGKAU MENINGGALKAN AKU?
Nas : Mr 15:34
Lihat cat. --> Mat 27:46.
[atau ref. Mat 27:46]
[16:9] 13 Full Life : PENAMPAKAN YESUS.
Nas : Mr 16:9-20
Sekalipun ayat Mr 16:9-20 tidak tercantum dalam dua naskah Yunani yang tertua, ayat-ayat ini muncul dalam berbagai naskah tua lainnya, juga dalam sebagian terbesar naskah Yunani dari dunia kuno. Dengan demikian banyak sarjana berkesimpulan bahwa bagian apapun juga yang disokong sebagian besar naskah kuno kemungkinan besar adalah bagian dari naskah asli penulisan Alkitab. Dengan demikian ayat Mr 16:9-20 ini harus dipandang sebagai bagian dari Firman Allah yang diilhamkan.