TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Mazmur 5:4

Konteks
5:4 (5-5) Sebab Engkau bukanlah Allah yang berkenan kepada kefasikan; orang jahat p  takkan menumpang pada-Mu.

Mazmur 7:6

Konteks
7:6 (7-7) Bangkitlah, o  TUHAN, dalam murka-Mu, berdirilah menghadapi geram orang-orang yang melawan p  aku, bangunlah q  untukku, ya Engkau yang telah memerintahkan penghakiman!

Mazmur 7:11

Konteks
7:11 (7-12) Allah adalah Hakim b  yang adil dan Allah yang murka c  setiap saat.

Mazmur 10:11-12

Konteks
10:11 Ia berkata dalam hatinya: "Allah melupakannya; r  Ia menyembunyikan wajah-Nya, dan tidak akan melihatnya s  untuk seterusnya." 10:12 Bangkitlah, t  TUHAN! Ya Allah, ulurkanlah tangan-Mu, u  janganlah lupakan orang-orang yang tertindas. v 

Mazmur 16:1

Konteks
Bahagia orang saleh
16:1 Miktam. Dari Daud. Jagalah f  aku, ya Allah, sebab pada-Mu aku berlindung. g 

Mazmur 17:6

Konteks
17:6 Aku berseru kepada-Mu, karena Engkau menjawab aku, s  ya Allah; sendengkanlah telinga-Mu kepadaku, t  dengarkanlah perkataanku. u 

Mazmur 18:2

Konteks
18:2 (18-3) Ya TUHAN, bukit batuku, q  kubu pertahananku r  dan penyelamatku 1 , s  Allahku, gunung batuku, tempat aku berlindung, t  perisaiku, u  tanduk keselamatanku, v  kota bentengku!

Mazmur 18:30

Konteks
18:30 (18-31) Adapun Allah, jalan-Nya sempurna; b  janji TUHAN adalah murni; c  Dia menjadi perisai d  bagi semua orang yang berlindung e  pada-Nya.

Mazmur 18:32

Konteks
18:32 (18-33) Allah, Dialah yang mengikat pinggangku dengan keperkasaan h  dan membuat jalanku rata; i 

Mazmur 18:47

Konteks
18:47 (18-48) Allah, yang telah mengadakan pembalasan k  bagiku, yang telah menaklukkan bangsa-bangsa l  ke bawah kuasaku,

Mazmur 19:1

Konteks
Kemuliaan TUHAN dalam pekerjaan tangan-Nya dan dalam Taurat-Nya
19:1 Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. (19-2) Langit v  menceritakan w  kemuliaan Allah 2 , x  dan cakrawala y  memberitakan pekerjaan tangan-Nya; z 

Mazmur 22:1

Konteks
Allahku, mengapa Kautinggalkan aku?
22:1 Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Rusa di kala fajar. Mazmur Daud. (22-2) Allahku 3 , Allahku, mengapa Engkau meninggalkan aku 4 ? w  Aku berseru, x  tetapi Engkau tetap jauh y  dan tidak menolong aku.

Mazmur 22:10

Konteks
22:10 (22-11) Kepada-Mu aku diserahkan sejak aku lahir, s  sejak dalam kandungan ibuku Engkaulah Allahku.

Mazmur 29:1

Konteks
Kebesaran Allah dalam badai
29:1 Mazmur Daud. Kepada TUHAN, b  hai penghuni c  sorgawi, kepada TUHAN sajalah kemuliaan d  dan kekuatan!

Mazmur 29:3

Konteks
29:3 Suara f  TUHAN di atas air, Allah yang mulia g  mengguntur, h  TUHAN di atas air i  yang besar.

Mazmur 31:5

Konteks
31:5 (31-6) Ke dalam tangan-Mulah kuserahkan nyawaku 5 ; h  Engkau membebaskan aku, ya TUHAN, Allah yang setia. i 

Mazmur 36:6

Konteks
36:6 (36-7) Keadilan-Mu i  adalah seperti gunung-gunung j  Allah, hukum-Mu bagaikan samudera raya k  yang hebat. Manusia dan hewan l  Kauselamatkan, ya TUHAN.

Mazmur 42:2

Konteks
42:2 (42-3) Jiwaku haus l  kepada Allah 6 , kepada Allah yang hidup. m  Bilakah aku boleh datang n  melihat Allah?

Mazmur 42:8-9

Konteks
42:8 (42-9) TUHAN memerintahkan kasih setia-Nya g  pada siang hari, dan pada malam h  hari aku menyanyikan nyanyian, i  suatu doa kepada Allah kehidupanku. j  42:9 (42-10) Aku berkata kepada Allah, gunung batuku: k  "Mengapa Engkau melupakan l  aku? Mengapa aku harus hidup berkabung m  di bawah impitan n  musuh? o "

Mazmur 43:4

Konteks
43:4 Maka aku dapat pergi e  ke mezbah f  Allah, menghadap Allah, yang adalah sukacitaku g  dan kegembiraanku, h  dan bersyukur kepada-Mu dengan kecapi, i  ya Allah, ya Allahku!

Mazmur 44:20

Konteks
44:20 (44-21) Seandainya kami melupakan f  nama Allah kami, dan menadahkan tangan kami kepada allah lain, g 

Mazmur 50:1

Konteks
Ibadah yang sejati
50:1 Mazmur Asaf. Yang Mahakuasa, TUHAN h  Allah, berfirman dan memanggil bumi, dari terbitnya matahari sampai kepada terbenamnya. i 

Mazmur 52:1

Konteks
Hukuman terhadap orang fasik
52:1 Untuk pemimpin biduan. Nyanyian pengajaran Daud, (52-2) ketika Doeg, orang Edom b  itu, datang memberitahukan kepada Saul, bahwa Daud telah sampai di rumah Ahimelekh. (52-3) Mengapa engkau memegahkan c  diri dengan kejahatan, hai pahlawan, terhadap orang yang dikasihi Allah sepanjang hari? d 

Mazmur 52:5

Konteks
52:5 (52-7) Tetapi Allah akan merobohkan engkau untuk seterusnya, Ia akan merebut engkau dan mencabut k  engkau dari dalam kemah, membantun l  engkau dari dalam negeri orang-orang hidup. m  Sela

Mazmur 55:19

Konteks
55:19 (55-20) Allah akan mendengar a  dan merendahkan mereka, --Dia yang bersemayam sejak purbakala. b  Sela Karena mereka tidak berubah dan mereka tidak takut akan Allah. c 

Mazmur 57:2

Konteks
57:2 (57-3) Aku berseru kepada Allah, Yang Mahatinggi, kepada Allah yang menyelesaikannya bagiku. q 

Mazmur 63:1

Konteks
Kerinduan kepada Allah
63:1 Mazmur Daud, ketika ia ada di padang gurun Yehuda. (63-2) Ya Allah, Engkaulah Allahku, aku mencari Engkau 7 , jiwaku haus kepada-Mu, q  tubuhku rindu kepada-Mu, seperti tanah yang kering dan tandus, tiada berair. r 

Mazmur 68:19-20

Konteks
68:19 (68-20) Terpujilah Tuhan! Hari demi hari Ia menanggung k  bagi kita 8 ; Allah adalah keselamatan l  kita. Sela 68:20 (68-21) Allah bagi kita adalah Allah yang menyelamatkan, m  ALLAH, Tuhanku, memberi keluputan dari maut. n 

Mazmur 68:24

Konteks
68:24 (68-25) Orang melihat perarakan-Mu, ya Allah, perarakan Allahku, Rajaku, ke dalam tempat kudus. s 

Mazmur 68:35

Konteks
68:35 (68-36) Allah adalah dahsyat t  dari dalam tempat kudus-Nya; u  Allah Israel, Dia mengaruniakan kekuasaan v  dan kekuatan kepada umat-Nya. w  Terpujilah Allah! x 

Mazmur 73:11

Konteks
73:11 Dan mereka berkata: "Bagaimana Allah tahu hal itu, adakah pengetahuan pada Yang Mahatinggi?"

Mazmur 73:17

Konteks
73:17 sampai aku masuk ke dalam tempat kudus v  Allah, dan memperhatikan kesudahan w  mereka 9 .

Mazmur 74:8

Konteks
74:8 mereka berkata dalam hatinya: "Baiklah kita menindas l  mereka semuanya!" Mereka membakar m  segala tempat pertemuan Allah di negeri.

Mazmur 77:9

Konteks
77:9 (77-10) Sudah lupakah Allah menaruh kasihan, r  atau ditutup-Nyakah rahmat-Nya s  karena murka-Nya?" Sela

Mazmur 77:13-14

Konteks
77:13 (77-14) Ya Allah, jalan-Mu adalah kudus! Allah manakah yang begitu besar seperti Allah x  kami? 77:14 (77-15) Engkaulah Allah yang melakukan keajaiban y ; Engkau telah menyatakan kuasa-Mu di antara bangsa-bangsa.

Mazmur 78:7-8

Konteks
78:7 supaya mereka menaruh kepercayaan kepada Allah dan tidak melupakan x  perbuatan-perbuatan Allah, tetapi memegang perintah-perintah-Nya; y  78:8 dan jangan seperti nenek moyang z  mereka 10 , angkatan pendurhaka a  dan pemberontak, b  angkatan yang tidak tetap hatinya dan tidak setia jiwanya 11  kepada Allah.

Mazmur 78:18-19

Konteks
78:18 Mereka mencobai p  Allah dalam hati mereka dengan meminta makanan menuruti nafsu q  mereka. 78:19 Mereka berkata terhadap Allah: r  "Sanggupkah Allah menyajikan hidangan di padang gurun?

Mazmur 78:34-35

Konteks
78:34 Apabila Ia membunuh mereka, maka mereka mencari h  Dia, mereka berbalik dan mengingini Allah; 78:35 mereka teringat bahwa Allah adalah gunung batu i  mereka, dan bahwa Allah Yang Mahatinggi adalah Penebus j  mereka.

Mazmur 78:41

Konteks
78:41 Berulang kali mereka mencobai v  Allah, menyakiti hati Yang Kudus dari Israel w .

Mazmur 80:10

Konteks
80:10 (80-11) gunung-gunung terlindung oleh bayang-bayangnya, dan pohon-pohon aras Allah oleh cabang-cabangnya;

Mazmur 81:9

Konteks
81:9 (81-10) Janganlah ada di antaramu allah lain, i  dan janganlah engkau menyembah kepada allah asing.

Mazmur 82:1

Konteks
Allah dalam sidang ilahi
82:1 Mazmur Asaf. Allah berdiri dalam sidang ilahi, di antara para allah t  Ia menghakimi: u 

Mazmur 83:1

Konteks
Doa mohon pertolongan melawan musuh
83:1 Mazmur Asaf: suatu nyanyian. (83-2) Ya Allah, janganlah Engkau bungkam, h  janganlah berdiam diri dan janganlah berpangku tangan, ya Allah!

Mazmur 84:2

Konteks
84:2 (84-3) Jiwaku hancur karena merindukan u  pelataran-pelataran TUHAN 12 ; hatiku dan dagingku bersorak-sorai kepada Allah yang hidup. v 

Mazmur 85:8

Konteks
85:8 (85-9) Aku mau mendengar apa yang hendak difirmankan Allah, TUHAN. Bukankah Ia hendak berbicara tentang damai b  kepada umat-Nya dan kepada orang-orang yang dikasihi-Nya, supaya jangan mereka kembali kepada kebodohan? c 

Mazmur 86:15

Konteks
86:15 Tetapi Engkau, ya Tuhan, Allah penyayang dan pengasih, k  panjang sabar l  dan berlimpah m  kasih dan setia. n 

Mazmur 89:6-7

Konteks
89:6 (89-7) Sebab siapakah di awan-awan yang sejajar dengan TUHAN, yang sama seperti TUHAN di antara penghuni sorgawi? o  89:7 (89-8) Allah disegani dalam kalangan p  orang-orang kudus, q  dan sangat ditakuti melebihi semua yang ada di sekeliling-Nya. r 

Mazmur 89:26

Konteks
89:26 (89-27) Diapun akan berseru kepada-Ku: 'Bapaku Engkau, y  Allahku dan gunung batu z  keselamatanku.' a 

Mazmur 90:2

Konteks
90:2 Sebelum gunung-gunung dilahirkan, c  dan bumi dan dunia diperanakkan, bahkan dari selama-lamanya sampai selama-lamanya 13  d  Engkaulah Allah. e 

Mazmur 94:1

Konteks
Allah, pembela keadilan
94:1 Ya Allah pembalas 14 , g  ya TUHAN, ya Allah pembalas, tampillah! h 

Mazmur 95:3

Konteks
95:3 Sebab TUHAN adalah Allah yang besar, e  dan Raja f  yang besar mengatasi segala allah. g 

Mazmur 99:8

Konteks
99:8 TUHAN, Allah kami, Engkau telah menjawab mereka, Engkau Allah h  yang mengampuni bagi mereka, tetapi yang membalas i  perbuatan-perbuatan mereka 15 .

Mazmur 102:24

Konteks
102:24 (102-25) Aku berkata: "Ya Allahku, janganlah mengambil aku pada pertengahan umurku! Tahun-tahun-Mu tetap y  turun-temurun!"

Mazmur 104:21

Konteks
104:21 Singa-singa muda mengaum-aum akan mangsa, t  dan menuntut makanannya dari Allah. u 

Mazmur 106:14

Konteks
106:14 mereka dirangsang nafsu di padang gurun, y  dan mencobai z  Allah di padang belantara. a 

Mazmur 106:21

Konteks
106:21 Mereka melupakan Allah k  yang telah menyelamatkan mereka, yang telah melakukan hal-hal yang besar l  di Mesir:

Mazmur 107:11

Konteks
107:11 Karena mereka memberontak c  terhadap perintah-perintah Allah, dan menista d  nasihat e  Yang Mahatinggi,

Mazmur 118:27-28

Konteks
118:27 Tuhanlah Allah, n  Dia menerangi o  kita. Ikatkanlah korban hari raya itu dengan tali, p  pada tanduk-tanduk mezbah. q  118:28 Allahku Engkau, aku hendak bersyukur kepada-Mu, Allahku, r  aku hendak meninggikan s  Engkau.

Mazmur 136:26

Konteks
136:26 Bersyukurlah q  kepada Allah semesta langit! r  Bahwasanya untuk selama-lamanya s  kasih setia-Nya.

Mazmur 139:17

Konteks
139:17 Dan bagiku, betapa sulitnya pikiran-Mu, j  ya Allah 16 ! k  Betapa besar jumlahnya!

Mazmur 139:23

Konteks
139:23 Selidikilah aku, w  ya Allah 17 , dan kenallah hatiku, x  ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku;

Mazmur 140:6

Konteks
140:6 (140-7) Aku berkata kepada TUHAN: "Allahku l  Engkau, berilah telinga, ya TUHAN, kepada suara permohonanku! m "

Mazmur 146:5

Konteks
146:5 Berbahagialah orang k  yang mempunyai Allah Yakub sebagai penolong, l  yang harapannya pada TUHAN, Allahnya:

Mazmur 149:6

Konteks
149:6 Biarlah pujian pengagungan Allah ada dalam kerongkongan f  mereka, dan pedang bermata dua 18  g  di tangan h  mereka,

Mazmur 150:1

Konteks
Haleluya
150:1 Haleluya! o  Pujilah Allah 19  dalam tempat kudus-Nya! p  Pujilah Dia dalam cakrawala-Nya q  yang kuat!
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[18:2]  1 Full Life : BUKIT BATUKU, KUBU PERTAHANANKU, DAN PENYELAMATKU.

Nas : Mazm 18:3

Metafora yang terdapat dalam ayat ini dapat dikenakan pada pergumulan terus-menerus dari orang percaya melawan kekuatan-kekuatan fisik dan rohani masa ini. Pemeliharaan Allah terhadap kita dilukiskan oleh enam lambang.

  1. (1) "bukit batuku" -- keamanan dan jaminan di dalam kekuatan Allah yang kokoh (bd. Mazm 31:3-4; 42:10; 62:8);
  2. (2) "kubu pertahananku" -- tempat perlindungan dan keselamatan yang tidak dapat dimasuki musuh;
  3. (3) "penyelamatku" -- pelindung yang hidup;
  4. (4) "perisaiku" -- Allah yang berdiri di antara kita dan bahaya (bd. Kej 15:1);
  5. (5) "tanduk keselamatanku" -- kekuatan dan kuasa kemenangan untuk membebaskan dan menyelamatkan kita;
  6. (6) "kota bentengku" -- sebuah tempat aman untuk mengangkat di atas bahaya-bahaya kehidupan.

[19:1]  2 Full Life : LANGIT MENCERITAKAN KEMULIAAN ALLAH.

Nas : Mazm 19:2

Pandangan Yahudi-Kristen ialah bahwa alam fisik ini memberitakan kemuliaan Allah dan kuasa-Nya yang mencipta (bd. Mazm 148:3-5; bd. Rom 1:18-20). Sebaliknya banyak orang tidak percaya menganggap bahwa ciptaan itu sendiri menjadi suatu wujud ilahi (lih. Ul 4:19; 2Raj 23:5), dengan kekuatan yang menguasai nasib manusia (lih. Yes 47:13); yang lain percaya bahwa alam ini terjadi secara kebetulan. Orang percaya sejati menolak semua pandangan tersebut, menerima penyataan alkitabiah mengenai semesta alam sehingga terdorong untuk memuji Penciptanya (Mazm 89:6-9;

lihat art. PENCIPTAAN).

[22:1]  3 Full Life : ALLAHKU.

Nas : Mazm 22:2-32

Mazmur ini, yang paling banyak dikutip dalam PB disebut "mazmur salib" karena begitu rinci melukiskan penderitaan berat Kristus di salib. Perhatikan setidak-tidaknya dua hal tentang mazmur ini:

  1. 1) Ini adalah seruan penderitaan dan kesedihan dari seorang penderita saleh yang belum dibebaskan dari pencobaan dan penderitaan. Dalam arti ini semua orang percaya yang menderita dapat menyatukan dirinya dengan kata-kata dalam doa ini.
  2. 2) Kata-kata dalam mazmur ini mengungkapkan suatu pengalaman yang jauh melebihi pengalaman manusia biasa. Dengan ilham Roh Kudus, pemazmur menubuatkan penderitaan Yesus Kristus ketika disalib dan menunjuk kepada pembenaran diri-Nya tiga hari kemudian.

[22:1]  4 Full Life : ALLAHKU, ALLAHKU, MENGAPA ENGKAU MENINGGALKAN AKU?

Nas : Mazm 22:2

Yesus mengucapkan seruan mengerikan ini di salib ketika kehadiran Bapa sorgawi-Nya yang memelihara dan melindungi ditarik (Yes 53:10-12; 2Kor 5:21; lih. Mat 27:46). Yesus ditinggalkan oleh Allah karena Ia menderita sebagai pengganti orang berdosa, yaitu menjadi kutuk karena kita (Gal 3:13). Dengan mengutip ayat ini, Yesus juga mengacu kepada seluruh mazmur ini sebagai gambaran diri-Nya.

[31:5]  5 Full Life : KE DALAM TANGAN-MULAH KUSERAHKAN NYAWAKU.

Nas : Mazm 31:6

Inilah kata-kata terakhir Yesus sebelum kematian-Nya (Luk 23:46); kata-kata ini sering kali dipakai oleh orang percaya yang setia menjelang kematian mereka (lih. Kis 7:59). Kata-kata ini mengungkapkan ketergantungan kepada Allah dan iman akan kebaikan-Nya kepada umat-Nya (lih. 2Sam 24:14; Rom 8:28). Menyerahkan diri kita kepada pemeliharaan Allah patut juga kita lakukan ketika mengalami bahaya dan kesulitan.

[42:2]  6 Full Life : JIWAKU HAUS KEPADA ALLAH.

Nas : Mazm 42:3

Sebagaimana air penting sekali untuk kehidupan jasmaniah, demikianlah Allah dan kehadiran-Nya penting untuk kepuasan dan kepenuhan hidup ini. Orang percaya yang sejati akan lapar dan haus akan Allah dan kasih karunia, berkat, dan perbuatan adikodrati-Nya di dalam hidup mereka.

  1. 1) Berhenti merasa dahaga akan Allah berarti mati secara rohani; jadi, kita tidak boleh membiarkan apa pun mengurangi kerinduan yang mendalam akan hal-hal dari Allah. Waspadalah terhadap kekhawatiran hidup, usaha untuk mengejar hal-hal duniawi, dan berbagai kesenangan yang mencekik lapar dan dahaga akan Allah serta keinginan untuk mencari wajah-Nya dalam doa (Mr 4:19).
  2. 2) Kita harus berdoa agar keinginan akan hadirat Allah diperkuatkan, kasih kita akan manifestasi penuh Roh Kudus makin besar dan hasrat kita untuk melihat kepenuhan Kerajaan Kristus dan kebenaran-Nya makin diperdalam sehingga kita berseru kepada-Nya siang dan malam dengan dahaga yang sepenuh hati seperti rusa "yang merindukan sungai yang berair" pada musim kemarau (ayat Mazm 42:2;

    lihat cat. --> Mat 5:6;

    lihat cat. --> Mat 6:33).

    [atau ref. Mat 5:6; 6:33]

[63:1]  7 Full Life : AKU MENCARI ENGKAU.

Nas : Mazm 63:2-12

Setiap orang percaya harus berdoa seperti Daud dalam mazmur ini.

  1. 1) Mazmur ini melukiskan kerinduan mendalam hati manusia kepada Allah, suatu kerinduan yang hanya dapat dipuaskan oleh hubungan yang intim dengan Dia

    (lihat cat. --> Mazm 42:3;

    lihat cat. --> Mazm 42:7).

    [atau ref. Mazm 42:3; Mazm 42:7]

  2. 2) Orang yang mengaku mengenal Allah perlu meneliti dirinya dengan bertanya sebagai berikut: Apakah saya sungguh-sungguh sangat merindukan Allah dan kehadiran-Nya di dalam hidup saya? Atau apakah saya mengarungi hidup ini sebagian besar dengan usaha-usaha sekuler dan hiburan duniawi, sedangkan doa, membaca Alkitab, dan dahaga yang sangat bagi Allah dan kebenaran-Nya hampir tidak ada tempat atau tidak giat dalam hidup saya?

    (lihat cat. --> Mat 5:6;

    lihat cat. --> Mat 6:33)

    [atau ref. Mat 5:6; 6:33]

[68:19]  8 Full Life : HARI DEMI HARI IA MENANGGUNG BAGI KITA.

Nas : Mazm 68:20

Lihat cat. --> Mazm 55:23

[atau ref. Mazm 55:23]

[73:17]  9 Full Life : AKU ... MEMPERHATIKAN KESUDAHAN MEREKA.

Nas : Mazm 73:17

Allah menunjukkan kepada pemazmur nasib orang fasik.

  1. 1) Penyataan ini menempatkan persoalan pemazmur baik dalam segi kekekalan (ayat Mazm 73:17-20) maupun berkat tertinggi bagi orang percaya (ayat Mazm 73:25-28). Pada akhirnya semua orang benar akan berhasil dan menang bersama Allah, sedangkan orang fasik akan binasa.
  2. 2) Dalam hidup kita yang singkat ini, jikalau kita menilai hal-hal hanya dari pandangan manusawi yang terbatas, sebatas dunia, maka kita pasti akan menjadi kecewa dan putus asa. Kita harus memiliki Firman Allah yang dinyatakan dan Roh Kudus untuk menyelesaikan perjalanan hidup ini dengan iman dan keyakinan akan kebaikan dan keadilan Allah.

[78:8]  10 Full Life : JANGAN SEPERTI NENEK-MOYANG MEREKA.

Nas : Mazm 78:8

Umat Allah dinasihati untuk tidak mengikuti langkah ketidaksetiaan nenek-moyang rohani mereka. Apabila diterapkan kepada zaman PB, gereja-gereja masa kini harus waspada agar tidak mencontoh gereja, denominasi atau persekutuan yang makin dingin dan meninggalkan kekristenan alkitabiah.

Beberapa kesalahan yang telah mendatangkan kehancuran rohani kepada suatu gereja ialah:

  1. (1) kegagalan para pemimpinnya untuk memahami dan mengingatkan umat, bahwa mereka mulai mengikuti cara-cara yang tidak alkitabiah dari gereja-gereja yang pada mulanya takut akan Allah;
  2. (2) kegagalan untuk menjadikan penyataan tentang Kristus dan para rasul-Nya satu-satunya sumber hidup, kebenaran dan pengarahan untuk gereja

    (lihat cat. --> Ef 2:20);

    [atau ref. Ef 2:20]

  3. (3) kegagalan untuk memelihara kemurnian gereja dalam kebenaran, doktrin, dan perkara moral

    (lihat art. PENILIK JEMAAT DAN KEWAJIBANNYA);

  4. (4) kegagalan untuk mempedulikan ketika gereja mundur makin lama makin jauh dari norma PB;
  5. (5) kegagalan untuk memelihara pengabdian intim kepada Kristus dan hidup doa syafaat yang sungguh-sungguh sebagai hal yang utama dalam kehidupan gereja (Wahy 2:4);
  6. (6) membiarkan dosa di antara pemimpin gereja, guru dan kaum awam yang pada masa lalu ditindak dengan keras (Wahy 2:14-15,20);
  7. (7) perhatian pada keberhasilan lahiriah, jumlah, dan kemakmuran mengganti perhatian pada kerohanian sejati, yaitu kemurnian, kebenaran, hikmat rohani, kasih, dan kuasa Roh yang dinyatakan di antara umat Allah

    (lihat art. PESAN KRISTUS KEPADA TUJUH JEMAAT).

[78:8]  11 Full Life : ANGKATAN YANG TIDAK TETAP HATINYA DAN TIDAK SETIA JIWANYA.

Nas : Mazm 78:8

Tidak satupun angkatan orang percaya yang akan mewarisi kerajaan Allah dengan segenap maksud keselamatan dan kuasanya jikalau mereka lalai mempersiapkan hati mereka untuk mencari Allah dan memahami firman dan jalan-Nya yang benar. Pada pihak lain, orang yang hatinya tetap diarahkan kepada Allah dan yang memisahkan diri dari dunia tercemar dan semua kompromi yang tidak suci akan mengetahui perbuatan-perbuatan, kuasa, dan keajaiban Allah mereka yang patut dipuji (ayat Mazm 78:4;

lihat art. PEMISAHAN ROHANI ORANG PERCAYA).

[84:2]  12 Full Life : JIWAKU ... MERINDUKAN PELATARAN-PELATARAN TUHAN.

Nas : Mazm 84:3

Lihat cat. --> Mazm 42:3,7

lihat cat. --> Mazm 42:7

[atau ref. Mazm 42:3,7]

mengenai dahaga dan lapar akan dekatnya Allah.

[90:2]  13 Full Life : DARI SELAMA-LAMANYA SAMPAI SELAMA-LAMANYA.

Nas : Mazm 90:2

Frasa ini mengacu kepada keberadaan Allah yang kekal, tanpa awal dan akhir.

  1. 1) "Selama-lamanya" (Ibr. _olam_) tidaklah harus berarti bahwa Allah ada di luar jangkauan waktu, tetapi sebaliknya menunjuk lama-Nya yang tidak terbatas berkesudahan dalam waktu (bd. Mazm 48:15; Kej 21:33; Ayub 10:5; 36:27). Alkitab tidak mengajarkan bahwa Allah berada dalam masa kini yang kekal di mana tidak ada masa lalu atau masa depan.
  2. 2) Nas-nas Alkitab yang memperkuat kekekalan Allah mengungkapkannya dalam istilah kesinambungan dan bukan waktu yang tiada batasnya. Allah mengenal masa lalu sebagai masa lalu, masa kini sebagai masa kini, dan masa depan sebagai masa depan.

[94:1]  14 Full Life : YA ALLAH PEMBALAS.

Nas : Mazm 94:1-23

Orang percaya seharusnya sangat berduka melihat segala ketidakadilan, kekejaman, dan kejahatan di dunia sehingga mereka senantiasa berdoa kepada Allah untuk menghentikan kemenangan kejahatan dan membalas kesalahan. Yesus menyatakan bahwa umat pilihan-Nya seharusnya berseru siang dan malam kepada Allah agar "Ia akan segera membenarkan mereka" (Luk 18:7-8; juga lih. Wahy 6:10-11). Komitmen kepada keadilan dan simpati bagi mereka yang diperlakukan dengan tidak adil harus membuat kita berdoa memohon Kristus datang kembali untuk memerintah bumi dengan adil (Mat 6:10).

[99:8]  15 Full Life : ALLAH YANG MENGAMPUNI ... TETAPI YANG MEMBALAS PERBUATAN-PERBUATAN MEREKA.

Nas : Mazm 99:8

Allah dapat mengampuni dan menghukum seseorang pada saat yang bersamaan. Kita harus membedakan di antara dipulihkan dalam hubungan kita dengan Allah dan masih mengalami dampak-dampak dosa yang telah kita lakukan

(lihat cat. --> 2Sam 12:13;

lihat cat. --> 1Taw 21:14).

[atau ref. 2Sam 12:13; 1Taw 21:14]

[139:17]  16 Full Life : BETAPA SULITNYA PIKIRAN-MU, YA ALLAH

Nas : Mazm 139:17

(versi Inggris NIV -- betapa indahnya kepadaku pikiran-Mu). Kita dapat dihibur bila mengetahui bahwa Allah senantiasa mengetahui kebutuhan, kesulitan, dan penderitaan kita, dan bahwa Dia merencanakan pemeliharaan, pengampunan, keselamatan, dan pengudusan kita. Pikiran-pikiran-Nya bagi kita tidak terselami dan tidak terhingga. Sebagaimana ditulis rasul Paulus, "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia; semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia" (1Kor 2:9).

[139:23]  17 Full Life : SELIDIKILAH AKU, YA ALLAH.

Nas : Mazm 139:23-24

Inilah doa yang cocok bagi setiap orang percaya. Bukan saja kita harus membenci ketidakbenaran di dalam dunia (ayat Mazm 139:19-22), tetapi kita juga harus mengetahui kalau ada sesuatu di dalam diri kita yang mendukakan Allah. Kita harus bersedia meminta Allah menguji kita supaya dapat melanjutkan pekerjaan pengudusan-Nya dalam kita. Jikalau dijumpai sesuatu yang tidak benar, kita harus berbalik daripadanya dalam pertobatan

(lihat cat. --> Kol 3:17).

[atau ref. Kol 3:17]

[149:6]  18 Full Life : PUJIAN ... PEDANG BERMATA DUA.

Nas : Mazm 149:6

Ayat ini membicarakan kegiatan orang benar di dua bidang: penyembahan dan peperangan rohani. Kerinduan kita untuk memuji Allah harus disertai kerinduan untuk secara agresif menentang kerajaan Iblis dan semua kejahatan. Kerajaan Allah takkan pernah terwujud sepenuhnya sehingga kekuatan-kekuatan kegelapan yang bermusuhan dibinasakan. Kita harus bersikap menentang kuasa-kuasa kejahatan dengan hidup benar dalam iman, mengambil pedang Roh (yaitu firman Allah), dan berdoa dalam Roh

(lihat cat. --> Ef 6:11;

lihat cat. --> Ef 6:12;

lihat cat. --> Ef 6:17;

lihat cat. --> Ef 6:18).

[atau ref. Ef 6:11-18]

Pada akhir zaman, demi pujian kepada Allah, kita akan berpartisipasi di dalam penghukuman-Nya atas dunia antikristus yang tidak bertobat (1Kor 6:2-3; Wahy 18:20; 19:1-4,11-21).

[150:1]  19 Full Life : PUJILAH ALLAH.

Nas : Mazm 150:1

Pujian yang benar kepada Allah tidak akan terbatas pada ruang ibadah saja (ayat Mazm 150:1-2,6). Kita dapat sungguh-sungguh memuji Allah hanya bila kita melihat kebesaran dan kebaikan-Nya, serta mengingat dan merenungkan segala sesuatu yang telah dilakukan oleh-Nya dalam penciptaan dan penebusan serta kehidupan pribadi kita. Dengan demikian pujian merupakan suatu tanggapan berkuasa dari hati yang mengungkapkan sukacita, ucapan syukur, dan kerinduan untuk bersekutu dengan Tuhan kita. Selain memuji Allah dengan nyanyian dan alat musik kita di tempat ibadah, kita dapat memuji Allah dengan hidup yang penuh kasih dan sukacita (1Yoh 4:19), dengan iman di dalam Kristus (Yoh 1:7), dengan kemenangan atas kuasa-kuasa Iblis (Ef 6:10-18), dengan kelaparan rohani untuk kerajaan dan kebenaran-Nya (Mat 6:33), dengan pengabdian kepada Firman-Nya (pasal Mazm 119:1-176), dengan kasih Allah yang dicurahkan ke dalam hati kita oleh Roh Kudus (Rom 5:5), dengan pemberitaan Injil-Nya (Rom 1:16), dan dengan pengharapan akan kedatangan-Nya kembali yang tidak lama lagi (Tit 2:13;

lihat art. PUJIAN).



TIP #28: Arahkan mouse pada tautan catatan yang terdapat pada teks alkitab untuk melihat catatan ayat tersebut dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.06 detik
dipersembahkan oleh YLSA