Ratapan 3:3
Konteks3:3 Sesungguhnya, aku dipukul-Nya m berulang-ulang dengan tangan-Nya sepanjang hari.
Ratapan 3:21
Konteks3:21 Tetapi hal-hal inilah yang kuperhatikan, oleh sebab itu aku akan berharap 1 :
Ratapan 3:24
Konteks3:24 "TUHAN adalah bagianku, v " kata jiwaku, oleh sebab itu aku berharap kepada-Nya.
Ratapan 3:33
Konteks3:33 Karena tidak dengan rela hati Ia menindas 2 dan merisaukan anak-anak manusia. g
Ratapan 3:39
Konteks3:39 Mengapa orang hidup mengeluh? Biarlah setiap orang mengeluh tentang dosanya! l
Ratapan 3:48
Konteks3:48 Air b mataku c mengalir bagaikan batang air, karena keruntuhan d puteri bangsaku.
Ratapan 4:13
Konteks4:13 Hal itu terjadi oleh sebab dosa nabi-nabinya 3 dan kedurjanaan imam-imamnya u yang di tengah-tengahnya mencurahkan darah v orang yang tidak bersalah.
[3:21] 1 Full Life : OLEH SEBAB ITU AKU BERHARAP.
Nas : Rat 3:21-33
Yeremia ingin agar bangsa itu tahu bahwa masih ada harapan. Mereka masih dapat berharap karena alasan-alasan berikut:
- 1) Murka Tuhan hanya berlangsung untuk sesaat, tetapi kasih-Nya yang besar tidak pernah berakhir (ayat Rat 3:22). Allah tidak menolak Yehuda selaku umat perjanjian-Nya dan Dia masih mempunyai rencana bagi mereka.
- 2) Tuhan itu baik dan pemurah kepada mereka yang menantikan Dia dalam kerendahan hati dan penyesalan (ayat Rat 3:24-27).
- 3) Tuhan ingin menunjukkan belas kasihan-Nya kepada para penderita
apabila maksud-Nya dalam menghukum mereka telah tercapai (ayat
Rat 3:28-33;
lihat cat. --> Rat 3:27 berikut).
[atau ref. Rat 3:27]
[3:33] 2 Full Life : TIDAK DENGAN RELA HATI IA MENINDAS.
Nas : Rat 3:33
Allah tidak senang menghukum orang karena dosa-dosa mereka; Ia menghukum karena Ia harus memelihara ketertiban moral di dunia ini. Harapan Allah yang terakhir ialah agar penderitaan membuat orang berbalik kembali kepada-Nya (lih. Yeh 18:23,32; Hos 11:8; 2Pet 3:9).
[4:13] 3 Full Life : DOSA NABI-NABINYA.
Nas : Rat 4:13
Keadaan Yehuda yang tragis disebabkan oleh dosa-dosa mereka sendiri, yang oleh Yeremia dikelompokkan menjadi dua macam:
- (1) keburukan mereka yang menyatakan dirinya menjadi pemimpin rohani
(lih. Yer 26:7-11,16; Yeh 22:26,28), dan
- (2) kepercayaan bangsa itu pada perserikatan manusiawi dan politik dan bukan pada Allah (ayat Rat 4:17).