Pertanyaan: 172. Kapan Pertama Kali Gereja Disebut Demikian?
Kata gereja pertama kali digunakan oleh Lukas sang penginjil untuk menggambarkan kelompok murid asli di Yerusalem pada hari Pentakosta (Kisah Para Rasul 2:47), dan kemudian digunakan dalam Kisah Para Rasul, Surat-surat, dan Wahyu untuk merujuk kepada seluruh tubuh atau masyarakat Kristen, serta orang-orang yang dikuduskan oleh Allah (Efesus 5:27), dan kepada mereka yang mengaku iman Kristen di bawah penggembala (1 Korintus 12:28). Istilah ini juga digunakan untuk kelompok-kelompok awal orang Kristen di kota-kota dan provinsi-provinsi (Kisah Para Rasul 8:1), untuk pertemuan-pertemuan Kristen (Roma 16:5), dan untuk pertemuan-pertemuan kecil teman-teman dan tetangga di rumah-rumah pribadi (1 Korintus 11:18 dan 14:19,28). Pada masa-masa awal dan untuk waktu yang lama setelahnya, tidak ada tubuh yang berbeda dan tentu saja tidak ada denominasi; gereja hanyalah sebutan yang menggambarkan kelompok-kelompok orang percaya di mana saja. Kemudian, kelompok-kelompok ini diorganisir menjadi jemaat-jemaat dan distrik-distrik serta paroki-paroki ditetapkan. Kemudian mereka disebut Kristen, penggunaan pertama dari sebutan ini terjadi di Antiokhia. Klaim Roman Katolik atas prioritas ini sudah lama ada, tetapi tidak tahan uji sejarah. Gelar Gereja Katolik (yang berarti gereja universal) awalnya diberikan kepada Gereja Kristen karena tidak terbatas pada orang Yahudi tetapi juga mencakup berbagai bangsa. Penggunaan pertama dari gelar ini terjadi sekitar tahun 166 M, sedangkan Gereja Katolik Roma sebagai lembaga baru muncul beberapa abad kemudian, ketika gereja asli terbagi akibat persaingan antara uskup-uskup Roma dan Konstantinopel.
Question: 172. When Was the First "Church" So Called?
The word "church" is first applied by Luke the evangelist to the company of original disciples at Jeru salem at Pentecost (Acts 2:47), and is afterwards applied in Acts, Epistles and Revelation to the whole Christian body or society, as well as the sanctified of God (Eph. 5:27), and to those who profess Christian faith under pastors (I Cor. 12:28). It was also applied to early societies of Christians in cities and provinces (Acts 8:1), to Christian assemblies (Rom. 16:5), and to small gatherings of friends and neighbors in private houses (I Cor. 11:18 and 14:19,28). In those early days and for a long time afterward, there was no distinctive body and certainly no denomination; the church was simply an appellation describing groups of believers anywhere. Later, these groups were organized into congregations and districts and parishes were defined. Then they were called "Christians," the first use of this appellation being at Antioch. The Romanist claim to priority is an old one, but it does not stand the test of history. The title "Catholic Church" (meaning the "church universal") was originally given to the Christian Church on account of its not being confined to Jews but embracing other nationalities. The earliest use of this title was about 166 A.D., whereas the Roman Catholic Church as such did not come into existence until several centuries afterward, when the original church divided in consequence of the rivalry between the bishops of Rome and Constantinople.

