Pertanyaan: 749. Bagaimana Kita Dapat Mendamaikan Ajaran Perbuatan Baik yang Diajarkan oleh Yakobus dengan Ajaran Santo Paulus?
Ada kontradiksi yang tampak antara Rom. 3:28, "Oleh karena itu kita menyimpulkan bahwa seseorang dibenarkan oleh iman tanpa perbuatan hukum," dan Yakobus 2:24, "Kamu lihat bahwa oleh perbuatan orang dibenarkan dan bukan oleh iman saja." Untuk menyelaraskan doktrin yang tampak bertentangan ini, perlu diingat bahwa kedua rasul tersebut menulis untuk dua kelompok pembaca yang berbeda, yang keduanya rentan untuk berlebihan. Paulus ingin pendengarnya memahami bahwa perbuatan baik tidak berlaku untuk menyelamatkan seseorang yang hatinya belum berubah. Hanya melalui imannya kepada Kristus dia diterima dan tidak bisa mendapatkan keselamatan dengan usaha sendiri. Yakobus, di sisi lain, menulis untuk orang-orang yang cenderung tidak melakukan perbuatan baik sama sekali, tetapi puas dengan keselamatan mereka sendiri, dengan mengklaim bahwa iman sudah cukup. Dia memberi tahu mereka bahwa iman semacam itu tidak berlaku. Iman tanpa perbuatan adalah mati - sebenarnya bukan iman sama sekali. Penjelasan yang menyelaraskan keduanya adalah bahwa iman yang sejati selalu menghasilkan perbuatan baik, dan jika tidak ada perbuatan baik, kita berhak menyimpulkan bahwa iman tersebut tidak asli.
Question: 749. How Can We Reconcile the Doctrine of Good Works as Taught by James with That of St. Paul?
There is an apparent contradiction between Rom. 3 : 28, "Therefore we conclude that a man is justified by faith without the deeds of the law," and James 2 : 24, "Ye see then how that by works a man is justified and not by faith alone." In order to harmonize the apparently opposing doctrines it is to be remembered that the two apostles were writing for two different classes of readers, both of whom were liable to run to extremes. Paul wished his hearers to understand that good works did not avail to save a man whose heart had not been changed. It was through his faith in Christ that he was accepted and that he could not earn salvation. James, on the other hand, was writing for people who were disposed to do no good works at all, but to rest contented with their own salvation, claiming that faith was sufficient. He told them that such faith did not avail. Faith without works was dead — was in fact no faith at all. The explanation which reconciles the two is that true faith always leads to good works, and if there are no good works we are justified in inferring that the faith is not genuine.

