Pertanyaan: 920. Dapatkah Ada Penyembuhan Tanpa Obat?
Kami telah menyatakan dalam beberapa kesempatan bahwa kami percaya penggunaan obat dengan doa adalah benar dan sesuai dengan Kitab Suci. Yesaya menggunakan kompres ara pada bisul Raja Hizkia. Teori bakteriologi tentang penyakit telah membuat penggunaan obat semakin masuk akal. Kami telah menemukan bahwa banyak penyakit hanyalah serangan yang dilakukan oleh organisme hidup terhadap jaringan tubuh, seperti hewan-hewan kecil. Tidak ada yang salah menyerang hewan-hewan kecil ini dengan racun, sama seperti menyerang anjing gila yang mengancam istri atau anak seseorang dengan tongkat atau senjata api. Obat-obatan menghasilkan reaksi kimia dalam tubuh yang memiliki nilai penyembuhan atau nutrisi; bahkan, banyak obat adalah makanan, dan mengonsumsinya sama seperti mengatur pola makan untuk memenuhi kondisi fisik. Banyak dokter yang terampil adalah penganut doa yang teguh, dan berdoa untuk keberhasilan pengobatan mereka. Allah memberikan kebijaksanaan dan keterampilan untuk melawan penyakit, dan setelah kita memanfaatkan semua sarana ini, kita harus memohon berkat-Nya atas mereka. Namun, ketika kita berbicara tentang orang-orang yang sembuh secara ilahi menderita penyakit fungsional dan bukan organik, kita tidak membatasi kuasa ilahi. Kami tidak ragu bahwa Allah mampu menyembuhkan penyakit organik. Namun, kami percaya bahwa beberapa penyembuhan yang dikaitkan dengan penyembuhan ilahi sebenarnya terjadi melalui cara lain. Kami dapat memahami bahwa jika seseorang memiliki semua organ tubuhnya dalam kondisi sehat, tetapi beberapa di antaranya tidak berfungsi, dia dapat sembuh melalui proses mental. Jika dia benar-benar dan tulus percaya bahwa Allah akan menyembuhkannya sebagai jawaban doa, imannya akan menyelamatkannya. Ini dapat memberinya dorongan yang akan memulai organ-organ yang lambat menjadi aktif. Kadang-kadang ketakutan tiba-tiba juga dapat melakukan hal yang sama. Ini bukanlah penyembuhan ilahi, tetapi penyembuhan iman, dan ini menjelaskan penyembuhan banyak orang yang berpikir bahwa Allah telah menyembuhkan mereka. Namun, ada juga kasus lain yang tidak dapat dijelaskan dengan cara tersebut.
Question: 920. Can There Be Healing Without Medicine?
We have stated on a number of occasions that we believe the prayerful use of medicine to be right and Scriptural. Isaiah put a fig poultice on King Hezekiah's boils. The bacteriological theory of disease has made the use of medicine all the more reasonable. We have found that many diseases are simply attacks made upon the bodily tissues by living organisms, quite like minute animals. It is no more wrong to attack these diminutive animals with poison than it would be to attack, with club or gun, a mad dog who would threaten one's wife or child. Medicines produce a chemical reaction in the body which has curative or nutritive value ; indeed, many medicines are foods, and to take them is just like regulating one's diet to meet physical conditions. Many skilful physicians are firm believers in prayer, and pray for the success of their treatment. God gives wisdom and skill to combat disease, and after we have availed ourselves of all these means we should ask his blessing upon them. When, however, we speak of persons divinely healed being sufferers from functional and not organic disease, we do not restrict divine power. We have no doubt of God's being able to heal organic disease. We believe, however, that some of the cures attributed to divine healing are really effected by other means. We can understand that if a man has all the organs of his body in a healthy condition, but some of them not performing their functions, he may be cured by a mental process. If he believes thoroughly and sincerely that God will cure him in answer to prayer, his faith will save him. It may give him an impulse which will start the sluggish organs into activity. A sudden fright will sometimes do the same thing. This is not divine healing, but it is faith healing, and it explains the cure of many of the people who think that God has healed them. There are other cases, however, which cannot be explained in that way.