kecilkan semua  

Teks -- Kolose 1:19-29 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
1:19 Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia, 1:20 dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus. 1:21 Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhi-Nya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, 1:22 sekarang diperdamaikan-Nya, di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematian-Nya, untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapan-Nya. 1:23 Sebab itu kamu harus bertekun dalam iman, tetap teguh dan tidak bergoncang, dan jangan mau digeser dari pengharapan Injil, yang telah kamu dengar dan yang telah dikabarkan di seluruh alam di bawah langit, dan yang aku ini, Paulus, telah menjadi pelayannya.
Pelayanan dan penderitaan Paulus
1:24 Sekarang aku bersukacita bahwa aku boleh menderita karena kamu, dan menggenapkan dalam dagingku apa yang kurang pada penderitaan Kristus, untuk tubuh-Nya, yaitu jemaat. 1:25 Aku telah menjadi pelayan jemaat itu sesuai dengan tugas yang dipercayakan Allah kepadaku untuk meneruskan firman-Nya dengan sepenuhnya kepada kamu, 1:26 yaitu rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan, tetapi yang sekarang dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya. 1:27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan! 1:28 Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus. 1:29 Itulah yang kuusahakan dan kupergumulkan dengan segala tenaga sesuai dengan kuasa-Nya, yang bekerja dengan kuat di dalam aku.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kol 1:19 - SELURUH KEPENUHAN ALLAH ... DIAM DI DALAM DIA. Nas : Kol 1:19 Paulus menyatakan ke-Allahan Kristus dengan kata-kata yang paling jelas. Seluruh kepenuhan ke-Allahan yang sempurna dengan segala ku...

Nas : Kol 1:19

Paulus menyatakan ke-Allahan Kristus dengan kata-kata yang paling jelas. Seluruh kepenuhan ke-Allahan yang sempurna dengan segala kuasa dan kodrat-Nya berdiam di dalam Kristus (Kol 2:9; bd. Ibr 1:8).

Full Life: Kol 1:20 - MEMPERDAMAIKAN SEGALA SESUATU DENGAN DIRI-NYA. Nas : Kol 1:20 Umat manusia dan segala sesuatu dalam alam semesta dipersatukan dan diselaraskan di bawah Kristus (bd. ayat Kol 1:16-18). Akan tetap...

Nas : Kol 1:20

Umat manusia dan segala sesuatu dalam alam semesta dipersatukan dan diselaraskan di bawah Kristus (bd. ayat Kol 1:16-18). Akan tetapi, ini tidak berarti bahwa semua orang diperdamaikan terlepas dari kehendak mereka. Orang yang menolak tawaran perdamaian Kristus tetap menjadi musuh Allah (Rom 2:4-10).

Full Life: Kol 1:23 - KAMU HARUS BERTEKUN DALAM IMAN. Nas : Kol 1:23 Perhatikanlah tanggung jawab dan kegiatan pada pihak manusia yang menurut Paulus sangat perlu bagi orang Kristen agar pada akhirnya ...

Nas : Kol 1:23

Perhatikanlah tanggung jawab dan kegiatan pada pihak manusia yang menurut Paulus sangat perlu bagi orang Kristen agar pada akhirnya mereka dapat berdiri di hadapan Kristus dengan "kudus dan tak bercela dan tak bercacat" (ayat Kol 1:22). Kita harus

  1. (1) "bertekun dalam iman", yaitu memelihara iman yang tabah pada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat

    (lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA);

  2. (2) "tetap teguh dan tidak bergoncang" dalam ajaran Yesus dan para rasul; dan
  3. (3) "jangan mau digeser dari pengharapan Injil," yaitu kita tidak boleh kembali ke keadaan lama kita yang tanpa harapan dengan segala perbuatan jahatnya yang membinasakan jiwa (Kol 3:5-11;

    lihat cat. --> Ibr 10:38).

    [atau ref. Ibr 10:38]

Full Life: Kol 1:24 - MENDERITA KARENA KAMU. Nas : Kol 1:24 Paulus melihat Kristus masih menderita, bukan demi penebusan kita, melainkan dalam persekutuan dengan umat-Nya sewaktu mereka member...

Nas : Kol 1:24

Paulus melihat Kristus masih menderita, bukan demi penebusan kita, melainkan dalam persekutuan dengan umat-Nya sewaktu mereka memberitakan Injil kepada yang terhilang (bd. Kis 9:4). Paulus bersukacita karena ia diberi kesempatan untuk mengambil bagian dalam penderitaan Kristus (Fili 3:10; bd.

lihat cat. --> 2Kor 1:4;

lihat cat. --> 2Kor 1:5;

lihat cat. --> 2Kor 4:7;

lihat cat. --> 2Kor 11:23

[atau ref. 2Kor 1:4-5; 4:7; 11:23]

tentang penderitaan Paulus).

Full Life: Kol 1:27 - KRISTUS ADA DI TENGAH-TENGAH KAMU ... PENGHARAPAN AKAN KEMULIAAN. Nas : Kol 1:27 Kristus yang diam di dalam kita adalah jaminan kita untuk kelak memperoleh kemuliaan dan hidup kekal. Hanya jikalau Ia tinggal di da...

Nas : Kol 1:27

Kristus yang diam di dalam kita adalah jaminan kita untuk kelak memperoleh kemuliaan dan hidup kekal. Hanya jikalau Ia tinggal di dalam kita dan kita terus-menerus berhubungan erat dengan Dia, dapat melenyapkan setiap keraguan tentang mencapai sorga. Memiliki Kristus berarti memiliki hidup (bd. Rom 8:11; Ef 1:13-14; 1Yoh 5:11-12).

Jerusalem: Kol 1:15-20 - -- Dalam dua tahap Paulus menguraikan kedudukan utama Kristus: 1) Dalam tata ciptaan alamiah, Kol 1:15-17; 2) dalam tata ciptaan baru adikodrati, ialah t...

Dalam dua tahap Paulus menguraikan kedudukan utama Kristus: 1) Dalam tata ciptaan alamiah, Kol 1:15-17; 2) dalam tata ciptaan baru adikodrati, ialah tata penebusan, Kol 1:18-20. Yang dimaksudkan ialah Kristus dalam kepraadaanNya tetapi selalu ditinjau, bdk Fili 2:5+, dari segi kepribadian historisnya yaitu sebagai Anak yang menjadi manusia. Kepribadian tunggal dan kongkrit itulah yang dikatakan "gambar Allah", sejauh Kristus dalam kemanusiaanNya yang kelihatan memantulkan gambar Allah yang tidak kelihatan, bdk Rom 8:29+. Kristus itu dapat disebut "makhluk", tetapi sebagai yang terlebih dahulu dalam tata ciptaan. Tetapi Ia adalah "yang terlebih" dahulu lebih-lebih sebagai yang utama dan sebab itu dalam waktu.

Jerusalem: Kol 1:19 - kepenuhan Allah Harafiah: kepenuhan. Kata ini sukar diartikan dengan tepat. Banyak ahli (a.l. penterjemah) mengartikannya sebagai "kepenuhan keallahan" seperti dalam ...

Harafiah: kepenuhan. Kata ini sukar diartikan dengan tepat. Banyak ahli (a.l. penterjemah) mengartikannya sebagai "kepenuhan keallahan" seperti dalam Kol 2:9. Tetapi di sini (Kol 1:15-18 sudah menjelaskan bahwa Kristus mempunyai ciri ilahi) orang juga dapat mengartikan istilah itu (yang mengungkapkan sebuah gagasan alkitabiah) sebagai Jagat raya yang "penuh" dengan kehadiran Allah yang menciptakan, bdk Maz 24:1; 50:12; 72:19; Yes 6:3; Yer 23:23; Wis 1:7; Sir 43:27, dll. Sebaliknya gagasan itu sangat laku di dunia yang berkebudayaan Yunani-Romawi. Menurut pandangan Paulus kemanusiaan Kristus oleh inkarnasi yang memuncak dalam kebangkitan tidak hanya dijadikan Kepala umat manusia seanteronya tetapi juga Kepala seluruh ciptaan. Memang ciptaan itu bersangkutan dengan keselamatan seperti dahulu bersangkutan dengan kesalahan, bdk Rom 8:19-22; 1Ko 3:22; 15:20-28; Efe 1:10; 4:10; Fili 2:10 dst; Fili 3:21; Ibr 2:5-8. Bdk Fili 2:9+.

Jerusalem: Kol 1:20 - dengan diriNya Menurut terjemahan itu maka "diriNya" itu ialah Allah. Tetapi juga boleh diterjemahkan secara lain, yakni: bagi Dia, sesuai dengan Kol 1:16, sehingga ...

Menurut terjemahan itu maka "diriNya" itu ialah Allah. Tetapi juga boleh diterjemahkan secara lain, yakni: bagi Dia, sesuai dengan Kol 1:16, sehingga "Dia" itu tidak lain kecuali Kristus. Kalau diterima terjemahan "dengan diriNya", maka gagasan yang terungkap juga terdapat dalam Rom 5:10; 2Ko 5:18 dst

Jerusalem: Kol 1:20 - baik yang ada di bumi ... Pendamaian umum itu merangkum baik semua roh surgawi maupun semua manusia. Ini memang tidak berarti bahwa masing-masing orang juga dalam kenyataannya ...

Pendamaian umum itu merangkum baik semua roh surgawi maupun semua manusia. Ini memang tidak berarti bahwa masing-masing orang juga dalam kenyataannya selamat, tetapi menunjuk keselamatan dunia secara menyeluruh, oleh karena sudah kembali menjadi teratur dan sentosa benar-benar takluk kepada Allah. Masing-masing orang yang dengan rela tidak mau masuk ke dalam tata dunia yang baru itu berdasarkan rahmat Allah, akhirnya akan terpaksa masuk juga, bdk Kol 2:15; 1Ko 15:24-25 (roh-roh surgawi) dan 2Te 1:8-9; 1Ko 6:9-10; Gal 5:21; Rom 2:8; Efe 5:5 (manusia).

Jerusalem: Kol 1:21 - jauh dari Allah dan yang memusuhiNya Harafiah: terasing dan musuh. Tetapi apa yang dimaksudkan kiranya terasing (jauh) dari Allah dan musuh terhadap Allah, sebagaimana juga disarankan ole...

Harafiah: terasing dan musuh. Tetapi apa yang dimaksudkan kiranya terasing (jauh) dari Allah dan musuh terhadap Allah, sebagaimana juga disarankan oleh konteks dan Efe 2:12, yang sejajar dengan Kol 1:21.

Jerusalem: Kol 1:23 - di seluruh alam Artinya: seluruh manusia.

Artinya: seluruh manusia.

Jerusalem: Kol 1:24 - -- Yesus telah menderita untuk menegakkan Kerajaan Allah. Maka semua orang yang meneruskan karyaNya perlu turut menderita juga. Sudah barang tentu Paulus...

Yesus telah menderita untuk menegakkan Kerajaan Allah. Maka semua orang yang meneruskan karyaNya perlu turut menderita juga. Sudah barang tentu Paulus tidak menyangka bahwa orang dapat menambah apapun pada jasa penebusan Kristus yang tersalib; tidak ada kekurangan apapun. Tetapi Paulus menggabungkan diri dengan "sengsara" Kristus yang dideritaNya dalam karya kerasulanNya. Bdk 2Ko 1:5; Fili 1:20+. Sengsara mesianis, Mat 24:8+; Kis 14:22+; 1Ti 4:1+, yang mendahului kedatangan Kerajaan Allah itu ditentukan banyaknya oleh rencana Allah. Sebagai rasul orang bukan Yahudi Paulus menganggap dirinya dipanggil secara istimewa untuk menanggung bagiannya sendiri.

Jerusalem: Kol 1:27 - yang adalah pengharapan akan kemuliaan Dahulu bangsa-bangsa bukan Yahudi seolah-olah terkucil dari keselamatan yang dikhususkan bagi bangsa Israel, mereka "tanpa Kristus" dan "tanpa penghar...

Dahulu bangsa-bangsa bukan Yahudi seolah-olah terkucil dari keselamatan yang dikhususkan bagi bangsa Israel, mereka "tanpa Kristus" dan "tanpa pengharapan", Efe 2:12. Rencana Allah atau "rahasiaNya" yang akhirnya disingkapkan ialah: mereka juga dipanggil untuk menjadi selamat dan mendapat kemuliaan surgawi melalui persatuan dengan Kristus. Bdk Efe 2:13-22; 3:3-6.

Ende: Kol 1:19 - Seluruh kepenuhan Menurut aliran sesat jang mulai hidup di Kolose para Malaekat masing-masing mempunjai satu bagian dari kuasa Allah dan bersama-sama merupakan "kepenuh...

Menurut aliran sesat jang mulai hidup di Kolose para Malaekat masing-masing mempunjai satu bagian dari kuasa Allah dan bersama-sama merupakan "kepenuhan" (kelengkapan) Allah. Mereka mempunjai kuasa atas segala machluk, termasuk nasib manusia, sebagai pengantar antara Allah dan manusia. Paulus menentang: bukan Malaekat-malaekat melainkan Kristus adalah satu-satunja perantara antara Allah dan bangsa manusia dan Iapun satu-satunja jang mempunjai seluruh kepenuhan Allah.

Ende: Kol 1:21 - Terasing jaitu dari Allah. Kata asli bertjorak: merantau dan melarat djauh dari kampung halaman dan tanah air.

jaitu dari Allah. Kata asli bertjorak: merantau dan melarat djauh dari kampung halaman dan tanah air.

Ende: Kol 1:21 - Bermusuh jaitu dengan Allah.

jaitu dengan Allah.

Ende: Kol 1:22 - Dalam tubuhNja dari daging Paulus sengadja menambah "dari daging" untuk menekankan terhadap para pengadjar palsu bahwa Kristus bukan roh (malaekat), melainkan manusia berbadan t...

Paulus sengadja menambah "dari daging" untuk menekankan terhadap para pengadjar palsu bahwa Kristus bukan roh (malaekat), melainkan manusia berbadan tulen, jang dapat menderita dan mati dan karena itu dapat mendjadi penebus kita dengan sebenarnja.

Ende: Kol 1:22 - Menghadapkan Bukan sadja pada hari kiamat kelak, melainkan sudah dimasa sekarang: supaja mereka "berdjalan" sempurna dihadapan Allah.

Bukan sadja pada hari kiamat kelak, melainkan sudah dimasa sekarang: supaja mereka "berdjalan" sempurna dihadapan Allah.

Ende: Kol 1:23 - Djangan dibelokkan jaitu oleh pengadjar-pengadjar palsu dari djalan jang satu-satunja benar.

jaitu oleh pengadjar-pengadjar palsu dari djalan jang satu-satunja benar.

Ende: Kol 1:24 - Jang kuderita demi kepentingan kamu Maksud utjapan Paulus tepat sukar ditentukan. Kami mengemukakan beberapa kemungkinan. a) Paulus ditangkap oleh orang-orang Jahudi dan sedang meringkuk...

Maksud utjapan Paulus tepat sukar ditentukan. Kami mengemukakan beberapa kemungkinan.

a) Paulus ditangkap oleh orang-orang Jahudi dan sedang meringkuk dalam pendjara karena kegiatannja sebagai rasul bangsa-bangsa penjembah dewa-dewa, jaitu setjara tak langsung demi kepentingan-kepentingan umat Kolose djuga.

b) Tawanannja djuga setjara langsung menguntungkan bagi umat Kristus, sebab ia mendapat banjak kesempatan untuk memberi kesaksian tentang Kristus dan keluhuran tjita-tjita Indjil. Batjalah Fili 1:12-14.

c) Segala sengsara berfaedah untuk memperkuat semangat umat-umat. Batjalah 2Ko 1:4-7.

d) Tetapi pikiran-pikiran Paulus tentu djauh lebih mendalam. Penderitaan dan segala djenis sengsaranja ditanggungnja dengan sabar dan dipersembahkannja kepada Allah sebagai doa-doa bagi umat.

Dalam Mat 5:11-12 Jesus bersabda: Berbahagialah kamu, kalau kamu diumpat, dianiaja dan difitnah oleh karena Aku, bersukatjitalah dan bergembiralah sebab gandjaranmu besar dalam surga kelak. Dan apa jang berguna bagi salah suatu anggota pribadi, menguntungkan bagi seluruh umat menurut tandasan Paulus dalam 1Ko 12:25-26. Lagi pula Paulus banjak berdoa bagi umat-umat, dan umat umat diadjak untuk berdoa baginja atau pula untuk berdoa jang seorang lagi jang lain.

Tetapi doa-doa diungkapkan bukan dengan perkataan sadja, melainkan djuga dengan berpuasa atau pengurbanan-pengurbanan jang lain. Dan demikian biasanja dalam hidup keagamaan mempersembahkan kesabaran dalam kesengsaraan dan kerelaan menanggung penderitaan sebagai doa-doa kepada Allah untuk kepentingan-kepentingan menanggung penderitaan sebagai doa-doa kepada Allah untuk kepentingan-kepentingan tertentu. Dalam dipersembahkan sebagai kurban-kurban "rohani" jang dipersatukan dengan persembahan abadi Imam Agung kita disurga jang tetap hidup sebagai pengantara kita. Lih. Ibr 7:25 dan ingat akan 1Pe 2:5. Tentu sadja demikian pula pandangan Paulus dalam utjapannja 2Ti 2:10.

Ende: Kol 1:24 - Dan dapat Kalimat inipun sukar sekali diartikan dengan agak tepat. Tidak mungkin melengkapi rahmat penebusan dan penjelamatan jang diperoleh Jesus bagi kita den...

Kalimat inipun sukar sekali diartikan dengan agak tepat. Tidak mungkin melengkapi rahmat penebusan dan penjelamatan jang diperoleh Jesus bagi kita dengan kurbanNja disalib, jang tidak terbatas kekajaannja, lagi pula langsung bertentangan dengan seluruh adjaran Paulus. Harus ditafsirkan beralasan hal-hal jang tertentu dalam uraian tadi, misalnja sebagai melengkapi penderitaan dan pengurbanan Jesus sepandjang hidupNja diatas bumi, jang dilandjutkan dalam umatNja sehingga tiap anggota mendapat bagiannja, dan jang berguna pula untuk seluruh umat. Ingatlah misalnja Mat 24:8; Kis 14:22; Rom 8:17-18; 2Ti 3:12 dan lain-lain.

Ende: Kol 1:26 - Rahasia ialah rentjana tjinta Allah dari kekal, untuk menjelamatkan seluruh umat manusia, termasuk segala bangsa penjembah dewa-dewa. Bdl. Rom 16:25-26.

ialah rentjana tjinta Allah dari kekal, untuk menjelamatkan seluruh umat manusia, termasuk segala bangsa penjembah dewa-dewa. Bdl. Rom 16:25-26.

Ref. Silang FULL: Kol 1:19 - seluruh kepenuhan // Allah berkenan · seluruh kepenuhan: Yoh 1:16; Yoh 1:16 · Allah berkenan: Ef 1:5; Ef 1:5

· seluruh kepenuhan: Yoh 1:16; [Lihat FULL. Yoh 1:16]

· Allah berkenan: Ef 1:5; [Lihat FULL. Ef 1:5]

Ref. Silang FULL: Kol 1:20 - Ia memperdamaikan // di sorga // mengadakan pendamaian // oleh darah · Ia memperdamaikan: Rom 5:10; Rom 5:10 · di sorga: Ef 1:10 · mengadakan pendamaian: Luk 2:14; Luk 2:14 · oleh darah: Ef 2...

· Ia memperdamaikan: Rom 5:10; [Lihat FULL. Rom 5:10]

· di sorga: Ef 1:10

· mengadakan pendamaian: Luk 2:14; [Lihat FULL. Luk 2:14]

· oleh darah: Ef 2:13

Ref. Silang FULL: Kol 1:21 - yang memusuhi-Nya // dan pikiran · yang memusuhi-Nya: Rom 5:10 · dan pikiran: Ef 2:3

· yang memusuhi-Nya: Rom 5:10

· dan pikiran: Ef 2:3

Ref. Silang FULL: Kol 1:22 - sekarang diperdamaikan-Nya // tubuh jasmani // menempatkan kamu // tak bercacat · sekarang diperdamaikan-Nya: Kol 1:20; Rom 5:10; Rom 5:10 · tubuh jasmani: Rom 7:4 · menempatkan kamu: 2Kor 4:14; 2Kor 4:14 &mid...

· sekarang diperdamaikan-Nya: Kol 1:20; Rom 5:10; [Lihat FULL. Rom 5:10]

· tubuh jasmani: Rom 7:4

· menempatkan kamu: 2Kor 4:14; [Lihat FULL. 2Kor 4:14]

· tak bercacat: Ef 1:4; 5:27

Ref. Silang FULL: Kol 1:23 - harus bertekun // tetap teguh // dari pengharapan // bawah langit // menjadi pelayannya · harus bertekun: Rom 11:22; Rom 11:22 · tetap teguh: Ef 3:17 · dari pengharapan: Kol 1:5 · bawah langit: Kol 1:6; Rom 10:...

· harus bertekun: Rom 11:22; [Lihat FULL. Rom 11:22]

· tetap teguh: Ef 3:17

· dari pengharapan: Kol 1:5

· bawah langit: Kol 1:6; Rom 10:18; [Lihat FULL. Rom 10:18]

· menjadi pelayannya: Kol 1:25; 1Kor 3:5; [Lihat FULL. 1Kor 3:5]

Ref. Silang FULL: Kol 1:24 - aku bersukacita // pada penderitaan // yaitu jemaat · aku bersukacita: 2Kor 6:10; 2Kor 6:10 · pada penderitaan: 2Kor 1:5; 2Kor 1:5 · yaitu jemaat: 1Kor 12:27; 1Kor 12:27

· aku bersukacita: 2Kor 6:10; [Lihat FULL. 2Kor 6:10]

· pada penderitaan: 2Kor 1:5; [Lihat FULL. 2Kor 1:5]

· yaitu jemaat: 1Kor 12:27; [Lihat FULL. 1Kor 12:27]

Ref. Silang FULL: Kol 1:25 - menjadi pelayan // Allah kepadaku // meneruskan firman-Nya · menjadi pelayan: Kol 1:23; 1Kor 3:5; 1Kor 3:5 · Allah kepadaku: Ef 3:2 · meneruskan firman-Nya: Ibr 4:12; Ibr 4:12

· menjadi pelayan: Kol 1:23; 1Kor 3:5; [Lihat FULL. 1Kor 3:5]

· Allah kepadaku: Ef 3:2

· meneruskan firman-Nya: Ibr 4:12; [Lihat FULL. Ibr 4:12]

Ref. Silang FULL: Kol 1:26 - yaitu rahasia · yaitu rahasia: Rom 16:25; Rom 16:25

· yaitu rahasia: Rom 16:25; [Lihat FULL. Rom 16:25]

Ref. Silang FULL: Kol 1:27 - mau memberitahukan // dan mulianya // tengah-tengah kamu · mau memberitahukan: Mat 13:11; Mat 13:11 · dan mulianya: Rom 2:4; Rom 2:4 · tengah-tengah kamu: Rom 8:10; Rom 8:10

· mau memberitahukan: Mat 13:11; [Lihat FULL. Mat 13:11]

· dan mulianya: Rom 2:4; [Lihat FULL. Rom 2:4]

· tengah-tengah kamu: Rom 8:10; [Lihat FULL. Rom 8:10]

Ref. Silang FULL: Kol 1:28 - kami nasihati // segala hikmat // kepada kesempurnaan · kami nasihati: Kol 3:16 · segala hikmat: 1Kor 2:6,7 · kepada kesempurnaan: Mat 5:48; Ef 5:27

· kami nasihati: Kol 3:16

· segala hikmat: 1Kor 2:6,7

· kepada kesempurnaan: Mat 5:48; Ef 5:27

Ref. Silang FULL: Kol 1:29 - yang kuusahakan // dan kupergumulkan // dalam aku · yang kuusahakan: 1Kor 15:10; 2Kor 11:23 · dan kupergumulkan: Kol 2:1 · dalam aku: Ef 1:19; 3:7

· yang kuusahakan: 1Kor 15:10; 2Kor 11:23

· dan kupergumulkan: Kol 2:1

· dalam aku: Ef 1:19; 3:7

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kol 1:12-29 - Kemuliaan Sang Penebus; Pekerjaan Penebusan; Pengajaran Paulus Kemuliaan Sang Penebus; Pekerjaan Penebusan; Pengajaran Paulus (1:12-29) Inilah ringkasan ajaran Injil mengenai pekerjaan penebusan kita yang agung...

SH: Kol 1:19-20 - Tujuan kedatangan-Nya ialah pendamaian (Jumat, 6 Juli 2001) Tujuan kedatangan-Nya ialah pendamaian Mengapa kita harus diperdamaikan dengan Allah? Apakah kita bermusuhan dengan Allah? Pertanyaan-pertanyaan ter...

SH: Kol 1:15-20 - Jati diri Yesus Kristus (Jumat, 16 April 2004) Jati diri Yesus Kristus Demi kepentingan keselamatan manusia, Allah menyatakan diri-Nya dan mengungkapkan rencana keselamatan itu. Satu-satunya ...

SH: Kol 1:15-20 - Mengapa harus mengenal Yesus Kristus? (Senin, 14 Mei 2012) Mengapa harus mengenal Yesus Kristus? Berbeda dengan pandangan dunia tentang Yesus Kristus sebagai seorang nabi, atau tokoh yang saleh, atau pun pend...

SH: Kol 1:15-23 - Rohani vs. Sekuler (Selasa, 25 Agustus 2020) Rohani vs. Sekuler Kita mungkin sering mendengar orang berkata kalau di gereja tidak boleh berkata kasar, tidak boleh berbohong, tidak boleh berpikir...

SH: Kol 1:21-23 - Konsekuensi atas pendamaian Allah (Sabtu, 7 Juli 2001) Konsekuensi atas pendamaian Allah Fakta bahwa Allah begitu mengasihi kita tidak berarti kita memperoleh hak penuh untuk melakukan apa saja yang diin...

SH: Kol 1:21-29 - Pemberita firman Allah (Sabtu, 17 April 2004) Pemberita firman Allah Perbuatan kita sehari-hari adalah cetusan dari apa yang ada dalam pikiran dan hati kita. Karena itu kita perlu mengisi ha...

SH: Kol 1:21-23 - Jangan memusuhi Allah! (Selasa, 15 Mei 2012) Jangan memusuhi Allah! Memusuhi Allah tampaknya adalah sesuatu yang tidak mungkin kita lakukan. Bagaimana mungkin kita yang sangat kecil ini berani d...

SH: Kol 1:24-25 - Bersukacita karena penderitaan (Minggu, 8 Juli 2001) Bersukacita karena penderitaan Jika pada Anda ditanyakan apakah Anda dapat merasakan sukacita ketika berada dalam penderitaan apalagi ketika Anda se...

SH: Kol 1:24-29 - Bersyukur di tengah penderitaan (Rabu, 16 Mei 2012) Bersyukur di tengah penderitaan Tampaknya, kalimat "bersyukur di tengah penderitaan" adalah kalimat yang sangat sulit di dengar oleh telinga kita dan...

SH: Kol 1:24--2:5 - Dialah yang Kami Beritakan (Rabu, 26 Agustus 2020) Dialah yang Kami Beritakan "Dialah yang kami beritakan" (28). Demikianlah pengakuan Paulus kepada jemaat di Kolose. Pengakuan ini menjadi penting kar...

Utley: Kol 1:15-20 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kol 1:15-2015 Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan, 16 karena di d...

Utley: Kol 1:21-23 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kol 1:21-2321 Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhi-Nya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari ...

Utley: Kol 1:24--2:5 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kol 1:24-2:524 Sekarang aku bersukacita bahwa aku boleh menderita karena kamu, dan menggenapkan dalam dagingku apa yang kurang ...

Topik Teologia: Kol 1:19 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Dianggap Setara dengan Allah Kis 2:3...

Topik Teologia: Kol 1:20 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Mengerjakan Pekerjaan Allah Pekerjaan A...

Topik Teologia: Kol 1:21 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Allah Dapat Dikenal Allah Dapat Dihampiri Kel 24:9-11 Ula 4:7 Maz 17:15 Maz 24:3-...

Topik Teologia: Kol 1:22 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Allah Dapat Dikenal Allah Dapat Dihampiri Kel 24:9-11 Ula 4:7 Maz 17:15 Maz 24:3-...

Topik Teologia: Kol 1:23 - -- Keselamatan Allah Memanggil Semua Orang Maz 19:2-5 Yes 45:22 Yes 49:5-6 Yes 55:1-5 Mat 11:28 Mat 28:18-19 Yoh 3:14-17 Yoh 4...

Topik Teologia: Kol 1:24 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Kesatuan Orang Percaya di Dalam Kristus Orang Percaya sebagai Tubuh...

Topik Teologia: Kol 1:25 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kuasa Ilahi Kitab Suci Nama-nama untuk Alkitab (Atau Pembagiannya) Perkataan (Firman) Allah ...

Topik Teologia: Kol 1:26 - -- Keselamatan Keselamatan Secara Umum Keselamatan adalah Terbuka untuk Semua Yes 55:1-7 Yoh 3:16 Yoh 5:24 Yoh 11:51-52 Yoh 12:30,...

Topik Teologia: Kol 1:27 - -- Yesus Kristus Allah dan Kristus Tinggal di dalam Kita Gal 2:20 Efe 3:16-17 Efe 4:6 Kol 1:27 Pengharapan Kemuliaan ...

Topik Teologia: Kol 1:28 - -- Keselamatan Keselamatan Secara Umum Keselamatan adalah Terbuka untuk Semua Yes 55:1-7 Yoh 3:16 Yoh 5:24 Yoh 11:51-52 Yoh 12:30,...

Topik Teologia: Kol 1:29 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Mengerjakan Pekerjaan Allah Pekerjaan A...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kolose (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Keunggulan Kristus Tanggal Penulisan: Sekitar 62 TM Latar Belakang Kota Kolose terletak dekat Laodikia...

Full Life: Kolose (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Kol 1:1-12) A. Salam Kristen (Kol 1:1-2) B. Ucapan Syukur Karena Iman, Kasih, dan ...

Matthew Henry: Kolose (Pendahuluan Kitab) Kolose adalah sebuah kota penting di Frigia, dan mungkin tidak jauh dari Laodikia dan Hierapolis. Kita mendapati kota-kota ini disebutkan bersama...

Jerusalem: Kolose (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus Dengan menggunakan Kisah Para Rasul dan surat-surat Paulus, maka tokoh ini lebih kita kenal da...

Ende: Kolose (Pendahuluan Kitab) SURAT RASUL PAULUS KEPADA UMAT KOLOSE KATA PENGANTAR Surat ini termasuk keempat surat jang menurut tradisi jang tjukup pasti ditulis oleh Paulus dalam...

BIS: Kolose (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT DI KOLOSE PENGANTAR Kolose adalah sebuah kota di Asia Kecil, sebelah timur kota Efesus. Bukan Paulus yang mendirikan jema

SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT DI KOLOSE

PENGANTAR

Kolose adalah sebuah kota di Asia Kecil, sebelah timur kota Efesus. Bukan Paulus yang mendirikan jemaat di Kolose ini, tetapi ketika ia mengutus pekerja-pekerja dari Efesus, ibukota sebuah provinsi Roma di Asia Kecil, ia merasa bertanggung jawab juga atas jemaat di Kolose itu. Paulus sudah menerima berita bahwa di dalam jemaat itu ada guru-guru yang mengajar ajaran-ajaran yang salah. Guru-guru itu berkeras bahwa untuk mengenal Allah dan diselamatkan dengan sempurna, orang harus menyembah "roh-roh yang menguasai dan memerintah semesta alam". Di samping itu, kata guru-guru itu, orang haruslah pula taat menjalankan peraturan- peraturan sunat, pantangan dan lain sebagainya.

Surat Paulus Kepada Jemaat di Kolose ini ditulis untuk mengemukakan ajaran Kristen yang benar dan menentang ajaran-ajaran salah yang diajarkan oleh guru-guru palsu itu. Inti sari surat ini ialah bahwa Yesus Kristus sanggup memberi keselamatan yang sempurna dan bahwa ajaran-ajaran yang lainnya itu hanya menjauhkan orang dari Kristus. Melalui Kristus, Allah menciptakan dunia ini, dan melalui Kristus pula Allah menyelamatkannya. Hanyalah melalui bersatu dengan Kristus, dunia mempunyai harapan untuk diselamatkan. Selanjutnya Paulus menguraikan hubungan antara ajaran yang agung itu dengan kehidupan orang Kristen.

Perlu dikemukakan di sini bahwa Tikhikus -- yang membawa surat ini ke Kolose untuk Paulus -- ditemani oleh Onesimus, hamba yang disuruh oleh Paulus untuk kembali kepada tuannya, yaitu Filemon, seorang anggota jemaat di Kolose.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Kol 1:1-8
  2.  Sifat dan peranan Kristus
    Kol 1:9-2:19
  3.  Hidup baru yang dialami orang-orang Kristen
    Kol 2:20-4:6
  4.  Penutup
    Kol 4:7-18

Ajaran: Kolose (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti tentang keunggulan agama Kristen (Injil) dari semua ajaran-ajaran yang dibuat oleh manusia, seperti alira

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti tentang keunggulan agama Kristen (Injil) dari semua ajaran-ajaran yang dibuat oleh manusia, seperti aliran kepercayaan, filsafat, dan agama-agama lainnya.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Paulus.

Tahun : Sekitar tahun 61 sesudah Masehi.

Penerima : Jemaat Kristen di kota Kolose (Dan juga semua jemaat Kristen di seluruh dunia). Di kota Kolose ada 3 ajaran palsu:

  1. Ajaran palsu tentang sunat (Kol 2:11) dan tentan peraturan ibadah (Kol 2:16). Ajaran-ajaran in sebenarnya bukanlah dasar bagi keselamatan.
  2. Ajaran palsu tentang kehidupan keagamaan, yang palsu (dibuat ole manusia dan bukan dari Allah -- Kol 2:8,21-23).
  3. Ajaran palsu tentang kebatinan orang Timur (Kol 2:18,23).

Isi Kitab: Kitab Kolose terbagi atas 4 pasal. Di dalamnya kita dapat melihat dengan jelas keunggulan Tuhan Yesus dari agama-agama lain di dunia.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kolose

  1. Pasal 1 (Kol 1:1-14).

    Salam dari Paulus kepada orang Kristen di Kolose dan seluruh dunia

    Dalam bagian ini, Rasul Paulus memberikan salam dan doa agar orang-orang Kristen membuahkan perbuatan baik, sabar dan tekun dalam menanggung sesuatu, karena Allah telah melepaskan orang Kristen dari kuasa kegelapan, yaitu pengampunan dosa melalui Tuhan Yesus Kristus.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Kol 1:9-14. _Tanyakan_: Apakah isi doa Rasul Paulus? Dan bagaimana isi doa saudara? (lihat ayat 9-10; Kol 1:9-10). Mengapakah orang Kristen harus mengucap syukur? (ayat 12; Kol 1:12). Di dalam siapakah orang Kristen mendapat pengampunan? (ayat 13; Kol 1:13).

  2. Pasal 1 (Kol 1:15-29).

    Pengajaran tentang keunggulan Kristus

    Dalam bagian ini dijelaskan bahwa Yesus Kristus lebih unggul dari segala sesuatu, karena segala sesuatu ada dari Dia. Melalui Yesus Kristus, manusia yang sudah jauh dari Allah kini menjadi dekat, karena telah diperdamaikan-Nya.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Kol 1:15-23. _Tanyakan_: Sebutkanlah keunggulan Kristus dalam ayat ini! Siapakah yang dimusuhi kalau manusia berbuat jahat? (ayat 21; Kol 1:21). Siapakah yang menguduskan orang Kristen? (ayat 22; Kol 1:22). Apakah yang dikatakan Rasul Paulus setelah menguraikan keunggulan Kristus? (ayat 23; Kol 1:23).

  3. Pasal 2 (Kol 2:1-23).

    Pengajaran tentang keunggulan agama Kristen

    Dalam bagian ini dijelaskan bahwa, keunggulan agama Kristen adalah karena di dalamnya kita dapat mengenal rahasia Allah, yaitu Yesus Kristus, karena di dalam Kristus ada penebusan dosa dan kepastian keselamatan.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kol 2:11-14. _Tanyakan_: Apakah arti sunat yang benar?
    2. Bacalah pasal Kol 2:18,21-23. _Tanyakan_: Apakah perintah Tuhan tentang makanan, hari-hari perayaan, dan bulan baru? Bagaimanakah sikap saudara? Apakah saudara masih mau hidup di bawah Hukum Taurat?
  4. Pasal 3-4 (Kol 3:1-4:18).

    Pengajaran tentang keunggulan panggilan Kristen

    Dalam bagian ini dijelaskan bahwa panggilan Kristen adalah untuk menjadikan setiap orang menjadi manusia baru. Baru dalam arti kehidupan sehari-hari dan baru dalam hubungan dengan Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kol 3:5,8-9,12-17; 3:18-4:6. _Tanyakan_: Apa yang harus dimatikan menurut ayat (Kol 3:5)? Berdasarkan ayat 8-9 (Kol 3:8-9), apakah yang harus dibuang? Berdasarkan ayat 12-17 (Kol 3:12-17), apakah yang haru dikenakan orang Kristen? Berdasarkan ayat 18-4:6 (Kol 3:18-4:6), bagaimanakah sika seorang istri terhadap suami, dan suami terhadap istrinya?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab Kolose dapatlah diketahui dengan jelas bahwa Kekristenan melebihi segala sesuatu di dunia ini, sebab Kristus adalah pencipta segala sesuatu dan pendamai manusia dengan Allah.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Apakah keunggulan Tuhan Yesus?
  2. Siapakah penulis Kitab Kolose?
  3. Mengapakah Kekristenan lebih unggul dari agama lain?

Intisari: Kolose (Pendahuluan Kitab) Kedewasaan dan perbudakan DUA PUCUK SURAT DAN EMPAT ORANG.Ketika Tikhikus dikirim oleh Paulus ke Kolose, ia membawa tiga hal bersamanya: surat untuk

Kedewasaan dan perbudakan

DUA PUCUK SURAT DAN EMPAT ORANG.
Ketika Tikhikus dikirim oleh Paulus ke Kolose, ia membawa tiga hal bersamanya: surat untuk orang Kolose; Onesimus, seorang budak yang melarikan diri dari majikannya, Filemon yang tinggal di Kolose; dan sepucuk surat kepada Filemon dari Paulus.

GEREJA DI KOLOSE.
Kota Kolose terletak di pedalaman kira-kira 100 mil dari pelabuhan Efesus. Gereja di Kolose mungkin dimulai sebagai akibat khotbah Paulus di Efesus. Lukas menuliskan bahwa pada masa itu 'semua yang tinggal di propinsi Asia telah mendengar firman Tuhan' (Kis 19:10). Namun demikian, Paulus sendiri tidak pernah pergi ke sana (Kol 2:1). Kemungkinan terbesar gereja itu di mulai karena Epafras (Kol 1:7) yang rupanya datang dari Kolose (Kol 4:12).

Epafras ada bersama dengan Paulus pada waktu Paulus menulis surat-surat ini, sehingga ia mendapat informasi tentang keadaan di gereja Kolose darinya.

WAKTU PENULISAN.
Dua surat ini ditulis dari penjara (Kol 4:10 dan (File 1), tetapi waktu penulisan tergantung pada tempat Paulus dipenjarakan. Efesus, salah satu kemungkinan. Letak kota itu cukup dekat sehingga masuk akal untuk dapat ditempuh oleh pelarian seperti Onesimus. Paulus tampaknya menyatakan bahwa ia pernah di penjara di Efesus (1Kor 15:32). Roma merupakan kemungkinan lain, tetapi mungkinkah seorang budak melarikan diri ke Roma, langsung masuk ke mulut singa. Pula, melawan anggapan bahwa surat ini ditulis di Roma, adalah fakta bahwa ketika ia sedang berada dalam penjara, ia berharap untuk dilepaskan dan pergi ke barat, ke Spanyol, bukan ke timur, yaitu ke Kolose (File 1:22). Jika surat-surat ini ditulis di Efesus, maka tahun penulisan adalah 55-6 M, pada waktu perjalanan penginjilan Paulus yang ketiga (Kis 19); jika ditulis di Roma, maka waktu penulisan ialah sekitar tahun 63 M.

MENGAPA SURAT-SURAT INI DITULIS?
Kedua surat ini sebenarnya ditujukan kepada seluruh gereja (Kol 1:2, File 1:2). Bahkan kita dapat menyebutnya 'surat Kolose satu dan dua'! 1. Paulus menulis surat Kolose sebab ada ajaran sesat yang diajarkan dan harus diperbaikinya. Kita tidak begitu tahu ajaran apa itu, tetapi mereka mempunyai pendapat yang aneh tentang kedewasaan Kristen, mereka memikirkan adanya syarat-syarat berupa pantangan-pantangan makan, hari-hari suci dan bahkan penyembahan kepada para malaikat (Kol. 2:16-23). 2. Onesimus, rupa-rupanya adalah seorang budak yang tidak berguna yang pada akhirnya melarikan diri (mungkin karena ia telah mencuri sesuatu, File 1:18). Ia bertemu Paulus di penjara. Ia menjadi seorang Kristen, mungkin Paulus yang membawanya kepada Kristus (Flm. 10). Saat itulah, untuk pertama kali dalam kehidupannya ia benar-benar hidup baru sesuai dengan arti namanya, "Onesimus', 'Berguna'!

Ia benar-benar menjadi orang yang berguna, Paulus mengirimkannya kembali ke majikannya dengan sepucuk surat. Ia memang memerlukan surat itu: seorang budak yang melarikan diri dapat dimeteraikan dengan huruf 'P' yang berarti 'Pelarian'... ia dapat disalibkan. Apa yang diharapkan oleh Paulus adalah perdamaian kedua bersaudara itu.

Pesan

1. Ada kesalahan yang harus diperbaiki.
Jemaat Kristen di Kolose tidak mengerti tentang Keallahan Kristus, oleh
karenanya mereka tidak mengerti bahwa segala sesuatu yang mereka perlukan dapat
ditemukan di dalam Yesus.
Paulus menunjukkan kesalahan mereka:
o Secara doktrin... pasal 1 dan 2
o Secara praktis... pasal 3 dan 4

2. Kedewasaan harus dicari.
o Kedewasaan mulai dari adanya pandangan terhadap kekekalan. Kol 3:1-4
o Kedewasaan mempunyai aspek negatif dan positif:
- hal yang negatif, matikan Kol 3:5-7, tanggalkan. Kol 3:8-9
- haI yang positif, pakailah. Kol 3:10-14
o Kedewasaan mempunyai dua wasit yang dapat dipercaya:
- damai sejahtera Kristus. Kol 3:15
- perkataan Kristus. Kol 3:15-17

3. Kedewasaan berhubungan dengan dunia nyata.
Jemaat Kolose berpendapat bahwa kedewasaan adalah ketaatan pada agama. Paulus
menghubungkannya dengan hubungan-hubungan:
o Suami dan istri. Kol 3:18-19
o Anak-anak dan orang-tua. Kol 3:20-21
o Hamba dan majikan. Kol 3:22-25

4. Kekristenan berhubungan dengan akar, bukan dengan buah.

Seringkali dikatakan bahwa sebenarnya Alkitab mendorong perbudakan. Hal itu
tidak benar. Tetapi, perhatikan bagaimana Kristus menangani masalah perbudakan:
o Tidak dengan menimbulkan revolusi politik yang dapat mengakibatkan kematian
dan penderitaan banyak orang, tetapi dengan membuat perubahan secara pribadi
sehingga Filemon, pemilik budak, dan Onesimus sebagai budak, menjadi -
- pengikut Yesus
- bersaudara di dalam Kristus
- sahabat, bukan musuh
o Revolusi mengubah keadaan di luar,tetapi tidak keadaan di dalam; keselamatan
mengubah segalanya!

5. Kekristenan mengutamakan kerendahan hati, bukan kekuasaan.
Paulus adalah seorang rasul, oleh karena itu mengapa ia tidak memerintahkan saja
Filemon mengampuni Onesimus?
o Paulus harus bertindak sebagai seorang saudara (Flm. 9), sebab ia mengharapkan
bahwa Filemon juga bertindak sebagai seorang saudara.
o Keangkuhan adalah dosa yang ada di balik sebutan majikan pada seseorang dan
pada orang lain sebagai budak. Kekerasan mengakibatkan kekerasan yang makin
keras, keangkuhan mendorong timbulnya keangkuhan yang makin angkuh.

Kerendahan hati merupakan kebajikan paling rumit: pada saat Anda sadar Anda
sudah memilikinya,... Anda telah kehilangan dia!

Penerapan

Kedewasaan

1. Kedewasaan adalah tema utama dalam surat Kolose.
Perhatikan ayat kunci, Kol 1:28 'Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan (kedewasaan) di dalam Kristus'.

o Cakupannya adalah menyeluruh: setiap Kristen harus menuju kepada kedewasaan.
o Sumbernya adalah Kristus, Paulus menyatakan kepada Kristen tentang Kristus, dengan harapan agar mereka mengikuti teladan Kristus.
o Buktinya tampak dalam hubungan sosial: Kristen yang dewasa akan mempunyai hubungan yang baik dengan suami atau istri, dengan anak-anak dan dengan majikan atau karyawannya.

2. Sikap dewasa adalah yang Paulus harapkan pada Filemon.
Kristen dewasa tidak berperilaku seperti orang lain. Seperti Kristus mengampuni Filemon, ia juga harus mengampuni Onesimus; tetapi hal ini mungkin akan merupakan kejutan bagi kawan-kawannya!

Tema-tema Kunci

1. Kata 'semua'.
Pemakaian kata 'semua' yang diulang berkali-kali oleh Paulus merupakan suatu peringatan tentang apa yang ditekankannya mengenai kedewasaan, Kristen yang sepenuh hati. Kata Yunani tersebut diterjemahkan dalam beberapa istilah: selalu, semua orang kudus, seluruh dunia, berkenan kepada-Nya dalam segala hal, setiap perbuatan baik, segala sesuatu. Kata ini muncul sebanyak 38 kali. Telitilah di mana kata-kata itu ditulis dan pelajarilah maknanya dalam pengertian kita tentang siapa Kristus itu, apa yang Kristus telah lakukan dan bagaimana kita harus berperilaku.

2. Peran kita dalam mencapai kedewasaan.
Paulus memakai tiga kata 'perintah yang sangat mendesak' atau untuk menjelaskan apa yang harus kita lakukan untuk menjadi dewasa:

o 'Matikanlah' Kol 3:5
o 'Buanglah' Kol 3:8-9
o 'Kenakanlah' Kol 3:12

Kata 'buanglah' dan 'kenakanlah' dipakai dalam bahasa Yunani yang berarti menanggalkan baju kotor pada malam hari dan mengenakan baju bersih pada pagi hari. Pelajarilah Kol 3:1-14 dengan saksama. Mengapa saya berdosa? Mengapa saya terus melakukan dosa? Bagaimana saya dapat berhenti berdosa?

3. Peran Kristus dalam keselamatan kita.
Untuk memungkinkan kita melakukan peran kita menjadi dewasa, Kristus telah terlebih dahulu mengawali peranannya dalam menyelamatkan kita. Carilah enam langkah dalam penyelamatan kita dalam Kol 2:13-15.

4. Pohon oak yang besar dari bijinya yang kecil.
Filemon merupakan surat pribadi yang sangat pendek, hanya 335 kata Yunani dalam naskah aslinya. Mengapa surat itu dimasukkan ke dalam Alkitab? Ya, oleh karena Tuhan menginginkannya dalam Alkitab! Tetapi, ada alasan manusiawi lainnya yang menarik. Ada kemungkinan Onesimus akan mengakhiri hidupnya bukan sebagai seorang budak, bahkan bukan pula hanya sebagai seorang bebas, tetapi sebagai seorang uskup di Efesus. Pada permulaan abad kedua seorang Kristen yang terkenal bernama Ignatius menulis surat kepada gereja di Efesus dan menyebut nama Uskup Onesimus, bahkan menuliskan juga arti namanya, 'Berguna'! Dari seorang budak pelarian menjadi uskup! Carilah dalam Alkitab dan pelajarilah kehidupan orang-orang lain yang telah dibawa oleh Tuhan dari keadaan tidak dikenal menjadi terkenal... Gideon? Daud? Petrus? Yang lainnya?

Garis Besar Intisari: Kolose (Pendahuluan Kitab) KOLOSE [1] PAULUS DAN JEMAAT KRISTEN KOLOSE Kol 1:1-14 Kol 1:1-2Salam Kol 1:3-8Apa yang telah kami dengar tentang kamu Kol 1:9-14Apa yang kami

KOLOSE

[1] PAULUS DAN JEMAAT KRISTEN KOLOSE Kol 1:1-14
Kol 1:1-2Salam
Kol 1:3-8Apa yang telah kami dengar tentang kamu
Kol 1:9-14Apa yang kami doakan untuk kamu

[2] KEAGUNGAN YESUS Kol 1:15-29
Kol 1:15-20Siapakah Yesus
Kol 1:21-23Apa yang telah Yesus lakukan
Kol 1:24-29Kristus di dalam kamu, harapan kemuliaan

[3] YESUS: CUKUP UNTUK SETIAP KEBUTUHAN Kol 2:1-23
Kol 2:1-7Dipersatukan, diperlengkapi, berdiri teguh
Kol 2:8-15Apa yang telah Kristus lakukan bagi kita
Kol 2:16-23Hidup seperti mereka yang telah mati bersama Kristus

[4] PERLENGKAPAN BARU Kol 3:1-4:6
Kol 3:1-4Hiduplah seperti mereka yang telah dibangkitkan bersama Kristus
Kol 3:5-9Menanggalkan pakaian lama
Kol 3:10-17Memakai pakaian baru
Kol 3:18-4:1Sesuaikan pakaian itu
Kol 4:2-6Berbicara kepada Allah dan manusia: berdoa dan bersaksi

[5] BEGITU BANYAK TEMAN Kol 4:7-18
Kol 4:7-9Dua orang teman akan datang kepadamu
Kol 4:10-14Enam orang tetap tinggal bersamaku
Kol 4:15-17Salam dan dorongan semangat
Kol 4:18Jangan lupakan saya... di penjara

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #33: Situs ini membutuhkan masukan, ide, dan partisipasi Anda! Klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 0.74 detik
dipersembahkan oleh YLSA