![](images/minus.gif)
Teks -- Yohanes 10:34-42 (TB)
![](images/arrow_open.gif)
![](images/advanced.gif)
![](images/advanced.gif)
![](images/advanced.gif)
![](images/advanced.gif)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
![](images/arrow_open.gif)
![](images/information.gif)
![](images/cmt_minus_head.gif)
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Yoh 10:34
Full Life: Yoh 10:34 - KAMU ADALAH ALLAH?
Nas : Yoh 10:34
Pernyataan Yesus ini bagaimanapun juga tidak mengajar bahwa orang
percaya harus menganggap dirinya allah. Justru sebaliknya, mereka...
Nas : Yoh 10:34
Pernyataan Yesus ini bagaimanapun juga tidak mengajar bahwa orang percaya harus menganggap dirinya allah. Justru sebaliknya, mereka yang menyatakan dirinya allah akan dihukum Allah (Yer 10:11).
- 1) Istilah "kamu adalah 'allah' " ini diucapkan Yesus kepada para
pemimpin Israel yang tidak benar karena membela orang fasik serta kejam
terhadap anak-anak (Mazm 82:1-4). Para pemimpin ini yang menganggap
dirinya allah, akan menerima hukuman dan binasa (Mazm 82:7;
lihat cat. --> Mazm 82:6).
[atau ref. Mazm 82:6]
- 2) Menyatakan diri sebagai allah adalah dosa antikristus
(2Tes 2:4,11;
lihat art. ZAMAN ANTIKRISTUS).
Jerusalem: Yoh 10:34 - kamu adalah allah Perkataan itu tertuju kepada para hakim yang disebut "ilah" secara kiasan karena jabatannya. Sebab memanglah "penghakiman berasal dari Allah", Ula 1:1...
Perkataan itu tertuju kepada para hakim yang disebut "ilah" secara kiasan karena jabatannya. Sebab memanglah "penghakiman berasal dari Allah", Ula 1:17; 19:17; Kel 21:6; Maz 58. Dengan sebuah argumentasi "a fortiori", sebagaimana lazim di kalangan para rabi, Yesus mengambil kesimpulan: jangan berteriak: Hojat, mana kala Yang Kudus dari Allah dan UtusanNya menyebut diriNya Anak Allah. Selanjutnya nasib Yesus terkait (bdk Yoh 19:7) pada gelar "Anak Allah" itu, Yoh 10:36; bdk Yoh 5:25; 11:4,27; 20:17,31. Lihat Mat 4:3+.
![](images/cmt_minus.gif)
Sejumlah naskah tidak memuat kata ini.
Jang dimaksudkan ialah seluruh Kitab Kudus P.L.
![](images/cmt_minus.gif)
Ende: Yoh 10:34 - Ilah Istilah bahasa Arab ini berarti: orang-orang jang dianggap Allah
atau jang dihormati sebagai Allah. Sering artinja sama dengan dewa, tetapi
disini tid...
Istilah bahasa Arab ini berarti: orang-orang jang dianggap Allah atau jang dihormati sebagai Allah. Sering artinja sama dengan dewa, tetapi disini tidak. Disini dimaksudkan orang jang mempunjai suatu kekuasaan Ilahi jang diberikan kepada mereka oleh Allah. Istilah itu misalnja terdapat dalam Maz 58:1. Dalam "Kitab Mazmur" kita diterdjemahkan, atau lebih tepat disadur dengan "kaum penguasa". Baik disini maupun ditempat-tempat jang lain para hakimpun disebut "ilah" dalam tanggapan, bahwa mereka berbitjara dan mengambil keputusan-keputusan atas nama Allah, seolah-olah Allah sendiri berbitjara dan bertindak dalam mereka.
Ref. Silang FULL: Yoh 10:34 - kitab Taurat // adalah allah · kitab Taurat: Yoh 8:17; 12:34; 15:25; Rom 3:19; 1Kor 14:21
· adalah allah: Mazm 82:6
· kitab Taurat: Yoh 8:17; 12:34; 15:25; Rom 3:19; 1Kor 14:21
· adalah allah: Mazm 82:6
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Yoh 10:35 - siapa firman // dapat dibatalkan · siapa firman: Ibr 4:12; Ibr 4:12
· dapat dibatalkan: Mat 5:18; Mat 5:18
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Yoh 10:36 - yang dikuduskan // - // dalam dunia // Anak Allah · yang dikuduskan: Yer 1:5; Yoh 6:69
· -: Yer 1:5; Yoh 6:69
· dalam dunia: Yoh 3:17; Yoh 3:17
· Anak Allah: Yoh 5:17,18
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Yoh 10:37 - melakukan pekerjaan-pekerjaan · melakukan pekerjaan-pekerjaan: Yoh 10:25
· melakukan pekerjaan-pekerjaan: Yoh 10:25
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Yoh 10:39 - menangkap Dia // tangan mereka · menangkap Dia: Yoh 7:30
· tangan mereka: Luk 4:30; Yoh 8:59
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Yoh 10:41 - satu tandapun // adalah benar · satu tandapun: Yoh 2:11; Yoh 2:11
· adalah benar: Yoh 1:26,27,30,34
· satu tandapun: Yoh 2:11; [Lihat FULL. Yoh 2:11]
· adalah benar: Yoh 1:26,27,30,34
![](images/cmt_minus_head.gif)
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg: Yoh 10:34 - -- 10:34 Kata Yesus kepada mereka, "Tidakkah ada tertulis dalam kitab Taurat kamu: 'Aku telah berfirman: Kamu adalah825 allah826?'
Tanggapan-Nya mengarah...
10:34 Kata Yesus kepada mereka, "Tidakkah ada tertulis dalam kitab Taurat kamu: 'Aku telah berfirman: Kamu adalah825 allah826?'
Tanggapan-Nya mengarahkan mereka pada Mazmur 82. Dalam Mazmur 82 TUHAN Allah menegur para pemimpin umat Israel, karena walaupun mereka diberikan jabatan yang mulia, mereka tidak adil. Sebagai hakim-hakim Israel, mereka dapat disebut "allah", dan "anak-anak Yang Mahatinggi". Sebutan tersebut layak karena jabatan yang mulia yang mereka miliki. Mengadili adalah pekerjaan Allah, sehingga mereka dipercayai untuk melakukan suatu pekerjaan ilahi (Ulangan 1:17). Namun mereka manusia biasa, dan mereka harus dihukum. Mereka akan tewas.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Yoh 10:34 - -- 10:34 Kata Yesus kepada mereka, "Tidakkah ada tertulis dalam kitab Taurat kamu: 'Aku telah berfirman: Kamu adalah825 allah826?'
Tanggapan-Nya mengarah...
10:34 Kata Yesus kepada mereka, "Tidakkah ada tertulis dalam kitab Taurat kamu: 'Aku telah berfirman: Kamu adalah825 allah826?'
Tanggapan-Nya mengarahkan mereka pada Mazmur 82. Dalam Mazmur 82 TUHAN Allah menegur para pemimpin umat Israel, karena walaupun mereka diberikan jabatan yang mulia, mereka tidak adil. Sebagai hakim-hakim Israel, mereka dapat disebut "allah", dan "anak-anak Yang Mahatinggi". Sebutan tersebut layak karena jabatan yang mulia yang mereka miliki. Mengadili adalah pekerjaan Allah, sehingga mereka dipercayai untuk melakukan suatu pekerjaan ilahi (Ulangan 1:17). Namun mereka manusia biasa, dan mereka harus dihukum. Mereka akan tewas.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Yoh 10:22-39 - -- 4. Di hari raya Pentahbisan Bait Allah: klaim-klaim Mesiani dan oposisi yang nyata (10:22-39)
Percakapan ini, yaitu antara Tuhan Yesus dan orang banya...
4. Di hari raya Pentahbisan Bait Allah: klaim-klaim Mesiani dan oposisi yang nyata (10:22-39)
Percakapan ini, yaitu antara Tuhan Yesus dan orang banyak, merupakan percakapan yang terakhir dengan orang banyak dalam Injil Yohanes. Dalam percakapan ini tema-tema yang telah dikemukakan dan dikembangkan (domba, suara gembala, iman karena mukjizat, hidup yang kekal, hubungan Tuhan Yesus dengan Bapa-Nya) dipakai dengan arti yang jelas, sehingga mereka terpaksa mengambil sikap terhadap Dia. Setelah percakapan ini, tinggal satu mukjizat lagi (kebangkitan Lazarus) untuk meyakinkan mereka bahwa Yesuslah Mesias yang mempunyai hubungan yang unik dengan Allah Bapa. Setelah peristiwa itu, Tuhan Yesus tidak ada urusan lagi dengan orang banyak dalam Injil Yohanes.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Yoh 8:12--10:42 - -- D. Konfrontasi yang Radikal: puncak tanda, perbuatan, dan kata (8:12-10:42)
D. Konfrontasi yang Radikal: puncak tanda, perbuatan, dan kata (8:12-10:42)
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Yoh 10:35-36 - -- 10:35-36 Jikalau mereka, kepada siapa firman itu disampaikan, disebut 'allah'--sedang Kitab Suci tidak dapat dibatalkan--, masihkah kamu berkata kepad...
10:35-36 Jikalau mereka, kepada siapa firman itu disampaikan, disebut 'allah'--sedang Kitab Suci tidak dapat dibatalkan--, masihkah kamu berkata kepada Dia yang dikuduskan oleh Bapa dan yang telah diutus-Nya ke dalam dunia: 'Engkau menghujat Allah!' Karena Aku telah berkata: Aku Anak Allah?
Jika hakim-hakim yang tidak adil disebut allah, jelaslah Dia yang mengadakan mukjizat-mukjizat yang baik boleh disebutkan Anak Allah.
Tuhan Yesus memakai argumentasi tersebut bukan untuk membuktikan bahwa Dia boleh menyebut diri-Nya sebagai Anak Allah, tetapi hanya supaya mereka mengambil waktu untuk memikirkan logika mereka, suatu logika yang sangat lemah.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Yoh 10:35-36 - -- 10:35-36 Jikalau mereka, kepada siapa firman itu disampaikan, disebut 'allah'--sedang Kitab Suci tidak dapat dibatalkan--, masihkah kamu berkata kepad...
10:35-36 Jikalau mereka, kepada siapa firman itu disampaikan, disebut 'allah'--sedang Kitab Suci tidak dapat dibatalkan--, masihkah kamu berkata kepada Dia yang dikuduskan oleh Bapa dan yang telah diutus-Nya ke dalam dunia: 'Engkau menghujat Allah!' Karena Aku telah berkata: Aku Anak Allah?
Jika hakim-hakim yang tidak adil disebut allah, jelaslah Dia yang mengadakan mukjizat-mukjizat yang baik boleh disebutkan Anak Allah.
Tuhan Yesus memakai argumentasi tersebut bukan untuk membuktikan bahwa Dia boleh menyebut diri-Nya sebagai Anak Allah, tetapi hanya supaya mereka mengambil waktu untuk memikirkan logika mereka, suatu logika yang sangat lemah.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Yoh 10:37 - -- 10:37 Jikalau Aku tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan Bapa-Ku, janganlah percaya kepada-Ku,
Dia hanya mau supaya mereka sungguh memikirkan bukti yang ...
10:37 Jikalau Aku tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan Bapa-Ku, janganlah percaya kepada-Ku,
Dia hanya mau supaya mereka sungguh memikirkan bukti yang ada, yaitu pekerjaan-pekerjaan yang baik yang telah Dia lakukan, maka Dia mengembalikan pokok pembicaraan pada tema pekerjaan-pekerjaan Bapa-Nya, seperti ayat 25.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Yoh 10:37 - -- 10:37 Jikalau Aku tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan Bapa-Ku, janganlah percaya kepada-Ku,
Dia hanya mau supaya mereka sungguh memikirkan bukti yang ...
10:37 Jikalau Aku tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan Bapa-Ku, janganlah percaya kepada-Ku,
Dia hanya mau supaya mereka sungguh memikirkan bukti yang ada, yaitu pekerjaan-pekerjaan yang baik yang telah Dia lakukan, maka Dia mengembalikan pokok pembicaraan pada tema pekerjaan-pekerjaan Bapa-Nya, seperti ayat 25.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Yoh 10:38 - -- 10:38 tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan ...
10:38 tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan mengerti,827 bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa."
Sifat yang paling baik adalah percaya kepada Dia, dan yang paling buruk adalah menolak Dia. Mereka juga boleh percaya akan pekerjaan-pekerjaan-Nya. Dorongan percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu sangat mengesankan jika kita mengingat bahwa setelah nas ini Dia membangkitkan Lazarus dari kuburannya.
Iman pada mukjizat-Nya membawa pengetahuan mengenai kesatuan antara Allah Bapa dan Tuhan Yesus.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Yoh 10:38 - -- 10:38 tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan ...
10:38 tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan mengerti,827 bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa."
Sifat yang paling baik adalah percaya kepada Dia, dan yang paling buruk adalah menolak Dia. Mereka juga boleh percaya akan pekerjaan-pekerjaan-Nya. Dorongan percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu sangat mengesankan jika kita mengingat bahwa setelah nas ini Dia membangkitkan Lazarus dari kuburannya.
Iman pada mukjizat-Nya membawa pengetahuan mengenai kesatuan antara Allah Bapa dan Tuhan Yesus.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Yoh 10:39 - -- 10:39 Sekali lagi mereka mencoba menangkap Dia, tetapi Ia luput dari tangan mereka.
Dalam ayat 30-31 Tuhan Yesus mengemukakan tema kesatuan antara Tuh...
10:39 Sekali lagi mereka mencoba menangkap Dia, tetapi Ia luput dari tangan mereka.
Dalam ayat 30-31 Tuhan Yesus mengemukakan tema kesatuan antara Tuhan Yesus dan Allah Bapa, dan mereka segera berusaha untuk membunuh Dia. Demikian juga dalam ayat ini. Dengan keras kepala mereka tidak rela percaya kepada Dia.
Oleh karena itu, Dia pergi. Mereka belum dapat membunuh Dia, karena "waktu-Nya belum tiba". Setelah peristiwa ini, Injil Yohanes hanya menceritakan beberapa kata (pasal 12:23-36 dan 44-50) yang dikatakan oleh Tuhan Yesus kepada orang banyak. Selain membangkitkan Lazarus, usaha Tuhan Yesus untuk memenangkan mereka telah selesai.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Yoh 10:39 - -- 10:39 Sekali lagi mereka mencoba menangkap Dia, tetapi Ia luput dari tangan mereka.
Dalam ayat 30-31 Tuhan Yesus mengemukakan tema kesatuan antara Tuh...
10:39 Sekali lagi mereka mencoba menangkap Dia, tetapi Ia luput dari tangan mereka.
Dalam ayat 30-31 Tuhan Yesus mengemukakan tema kesatuan antara Tuhan Yesus dan Allah Bapa, dan mereka segera berusaha untuk membunuh Dia. Demikian juga dalam ayat ini. Dengan keras kepala mereka tidak rela percaya kepada Dia.
Oleh karena itu, Dia pergi. Mereka belum dapat membunuh Dia, karena "waktu-Nya belum tiba". Setelah peristiwa ini, Injil Yohanes hanya menceritakan beberapa kata (pasal 12:23-36 dan 44-50) yang dikatakan oleh Tuhan Yesus kepada orang banyak. Selain membangkitkan Lazarus, usaha Tuhan Yesus untuk memenangkan mereka telah selesai.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Yoh 10:40 - -- 10:40 Kemudian Yesus pergi lagi ke seberang Yordan, ke tempat Yohanes membaptis dahulu,828 lalu Ia tinggal di situ.
Dia mundur, bukan karena Dia takut...
10:40 Kemudian Yesus pergi lagi ke seberang Yordan, ke tempat Yohanes membaptis dahulu,828 lalu Ia tinggal di situ.
Dia mundur, bukan karena Dia takut. Kebenaran ini dibuktikan oleh sikap-Nya dalam pasal 11:7-10. Dia mundur ke seberang Yordan karena di Yerusalem Dia tidak dapat memenangkan orang di depan perlawanan yang semakin keras (bandingkan pasal 4:3; 5:18; 6:15; 7:30; 8:37, 59; 10:31; dan 11:54).
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Yoh 10:40-42 - -- 5. Penarikan geografis dan kemajuan pelayanan (10:40-42)
Di Yerusalem, mereka mau membunuh Dia, sedangkan jauh dari Yerusalem, mereka percaya.
5. Penarikan geografis dan kemajuan pelayanan (10:40-42)
Di Yerusalem, mereka mau membunuh Dia, sedangkan jauh dari Yerusalem, mereka percaya.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Yoh 10:40 - -- 10:40 Kemudian Yesus pergi lagi ke seberang Yordan, ke tempat Yohanes membaptis dahulu,828 lalu Ia tinggal di situ.
Dia mundur, bukan karena Dia takut...
10:40 Kemudian Yesus pergi lagi ke seberang Yordan, ke tempat Yohanes membaptis dahulu,828 lalu Ia tinggal di situ.
Dia mundur, bukan karena Dia takut. Kebenaran ini dibuktikan oleh sikap-Nya dalam pasal 11:7-10. Dia mundur ke seberang Yordan karena di Yerusalem Dia tidak dapat memenangkan orang di depan perlawanan yang semakin keras (bandingkan pasal 4:3; 5:18; 6:15; 7:30; 8:37, 59; 10:31; dan 11:54).
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Yoh 10:41 - -- 10:41 Dan banyak orang datang kepada-Nya dan berkata, "Yohanes memang tidak membuat satu tandapun, tetapi semua yang pernah dikatakan Yohanes tentang ...
10:41 Dan banyak orang datang kepada-Nya dan berkata, "Yohanes memang tidak membuat satu tandapun, tetapi semua yang pernah dikatakan Yohanes tentang orang ini adalah benar."
Perlawanan tersebut tidak berarti pelayanan-Nya harus berhenti. Orang-orang yang hatinya masih terbuka terhadap Dia dapat datang ke seberang Yordan. Di situ mereka mengingat pelayanan dan perkataan Yohanes Pembaptis, dan mereka mengaminkan kesaksiannya. Sikap mereka terhadap Yohanes Pembaptis mencerminkan sikap Yohanes Pembaptis terhadap dirinya.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Yoh 10:41 - -- 10:41 Dan banyak orang datang kepada-Nya dan berkata, "Yohanes memang tidak membuat satu tandapun, tetapi semua yang pernah dikatakan Yohanes tentang ...
10:41 Dan banyak orang datang kepada-Nya dan berkata, "Yohanes memang tidak membuat satu tandapun, tetapi semua yang pernah dikatakan Yohanes tentang orang ini adalah benar."
Perlawanan tersebut tidak berarti pelayanan-Nya harus berhenti. Orang-orang yang hatinya masih terbuka terhadap Dia dapat datang ke seberang Yordan. Di situ mereka mengingat pelayanan dan perkataan Yohanes Pembaptis, dan mereka mengaminkan kesaksiannya. Sikap mereka terhadap Yohanes Pembaptis mencerminkan sikap Yohanes Pembaptis terhadap dirinya.
![](images/cmt_minus_head.gif)
buka semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry -> Yoh 10:22-38; Yoh 10:39-42
Matthew Henry: Yoh 10:22-38 - Perdebatan Kristus dengan Orang-orang Yahudi Perdebatan Kristus dengan Orang-orang Yahudi (10:22-38)
Di sini diceritakan mengenai perselisihan lain yang terjadi antara Kristus dan orang-orang ...
![](images/cmt_minus.gif)
Matthew Henry: Yoh 10:39-42 - Kristus Menyepi ke Seberang Sungai Yordan Kristus Menyepi ke Seberang Sungai Yordan (10:39-42)
Di sini kita mendapati perkara perdebatan dengan orang-orang Yahudi tadi. Orang pasti menyangk...
SH: Yoh 10:19-42 - Tergolong domba sang Gembala baikkah? (Jumat, 1 Maret 2002) Tergolong domba sang Gembala baikkah?
Bagian ini sangat penting dalam catatan Yohanes tentang pelayanan
Yesus. Bagian ini mencatat bagaimana Yes...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Yoh 10:31-42 - Bukti keilahian Kristus (Selasa, 21 Februari 2006) Bukti keilahian Kristus
Pernyataan terus terang Tuhan Yesus bahwa Dia dan Allah Bapa adalah
satu (Yoh. 10:30) membuat orang-orang Yahudi beran...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Yoh 10:22-42 - Kebenaran: tak berubah dan tak dapat diubah (Kamis, 28 Januari 1999) Kebenaran: tak berubah dan tak dapat diubah
Terang-terangan orang-orang Yahudi mempertanyakan apakah benar
Yesus adalah Mesias yang ditunggu-tun...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Yoh 10:22-42 - Aku dan Bapa adalah satu (Rabu, 20 Februari 2008) Aku dan Bapa adalah satu
Pernyataan "Aku dan Bapa adalah satu" (ayat 30) mempertegas hubungan
Yesus dengan Bapa-Nya sekaligus membuat orang-oran...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Yoh 10:22-42 - Mesias, Anak Allah (Rabu, 29 Januari 2014) Mesias, Anak Allah
Melihat dan mengalami mukjizat ternyata tidak dapat menjadi dasar bagi orang untuk percaya bahwa Yesus adalah Tuhan. Ini terlihat ...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Yoh 10:22-39 - Percaya Tanpa Tanda (Sabtu, 6 Maret 2021) Percaya Tanpa Tanda
Meyakinkan orang yang tidak percaya itu tidak mudah. Sekalipun apa yang kita katakan adalah kebenaran, kalau seseorang sudah meng...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Yoh 10:40-42 - Berbuah pada Waktunya (Minggu, 7 Maret 2021) Berbuah pada Waktunya
Adakah orang yang tak berharap akan buah atau hasil jerih payah yang telah diperjuangkan? Setiap orang yang berjerih lelah suda...
Utley -> Yoh 10:31-39; Yoh 10:40-42
Utley: Yoh 10:31-39 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 10:31-3931 Sekali lagi orang-orang Yahudi mengambil batu untuk melempari Yesus. 32 Kata Yesus kepada mereka: "Banyak pekerj...
![](images/cmt_minus.gif)
Utley: Yoh 10:40-42 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 10:40-4240 Kemudian Yesus pergi lagi ke seberang Yordan, ke tempat Yohanes membaptis dahulu, lalu Ia tinggal di situ. 41 Da...
Topik Teologia: Yoh 10:34 - -- Wahyu Allah
Wahyu Melalui Kitab Suci
Maz 1:1-3 Maz 19:7-11 Maz 119:1-4 Maz 119:13-16 Maz 119:27,29-32 Maz 119:57 Maz 119:75 Maz 119...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Yoh 10:35 - -- Wahyu Allah
Wahyu Melalui Kitab Suci
Maz 1:1-3 Maz 19:7-11 Maz 119:1-4 Maz 119:13-16 Maz 119:27,29-32 Maz 119:57 Maz 119:75 Maz 119...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Yoh 10:36 - -- Yesus Kristus
Keilahian Kristus
Anak Allah
Yes 9:5 Mat 4:3 Mat 8:29 Luk 1:35 Yoh 1:34 Yoh 1:49 Yoh 5:18 Yoh 10:36 Yoh 15:10...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Yoh 10:37 - -- Yesus Kristus
Keilahian Kristus
Pekerjaan-Pekerjaan Allah
Pemeliharaan Allah
Mujizat-mujizat sebagai Pemeliharaan Khusus dari Alla...
TFTWMS -> Yoh 10:31-38; Yoh 10:39-42
TFTWMS: Yoh 10:31-38 - Mereka Mengambil Batu MEREKA MENGAMBIL BATU (Yohanes 10:31-38)
Pengakuan Yesus bahwa Ia dan Bapa adalah satu merupakan sesuatu yang lebih daripada yang dapat diterima oleh...
![](images/cmt_minus.gif)