Barsabbas
Dalam versi-versi Alkitab:
Bar-nabas: BABABar-sabbas: BABA
Barnabas: BIS ENDE SBDR
Barsabas: BIS FAYH KL1863 KL1870 SBDR TB TL WBTCDR
Barsjaba: LDKDR
Bersabas: ENDE
Gambar
BARNABAS [biotokoh pb]
Disebut pertama | : | Kis 4:36 |
Namanya disebut | : | 30 X |
Kitab yang menyebut | : | Kisah Para Rasul, I Korintus, Galatia dan Kolose. |
Tempat kelahiran | : | Pulau Siprus, Kis 4:36 |
Terakhir disebut | : | Kol 4:10 |
Ringkasan | : | |
|
BARNABAS [browning]
Orang *Siprus dan orang *Lewi, yang karena menjadi Kristen, dengan tulus ikhlas menjual ladang miliknya (Kis. 4:36-37). Ia berjasa dalam membujuk Paulus untuk datang ke *Antiokhia (Kis. 11:25-26). Kemudian Paulus dan Barnabas mengadakan perjalanan bersama, ditemani *Yohanes Markus, kerabat Barnabas, dan dilaporkan bahwa mereka berdua hadir pada sidang di Yerusalem (Kis. 15:2,12). Namun, pertengkaran telah mengakhiri perkawanan mereka. Menurut Kis. 15:38, ini terjadi karena Paulus meragukan kesungguhan Markus, yang diinginkan Barnabas tetap bersama mereka. Namun, alasan sebenarnya mungkin adalah karena Barnabas berpihak kepada *Petrus melawan Paulus dalam perselisihan di *Antiokhia tentang makan bersama dengan orang-orang *bukan Yahudi (Gal. 2:13). Kemungkinan cerita ini merupakan adegan yang ditemukan penulis Kisah Para Rasul, tetapi bertentangan dengan temanya tentang keharmonisan hidup berjemaat. Namun, kemudian terdapat petunjuk bahwa Paulus (atau siapa pun penulis Surat *Kolose) bersahabat dengan Markus dan Barnabas (Kol. 4:10).
BARNABAS [ensiklopedia]
Nama kedua Yusuf, penginjil dari zaman PB yg sangat penting. Lukas (Kis 4:36) menafsirkannya 'anak penghiburan', 'seorang yg menghibur atau menegur' (bnd 'anak damai' Luk 10:6). Nabas mungkin berhubungan dengan newaha dari bh Aram, 'pendamaian', 'penghiburan' (penulisan dim bh Yunani dilemahkan dgn lafal kecil dari huruf h), atau turunan dari akar nb', 'bernubuat'. Sebenarnya nama itu harus berarti 'anak nabi' atau 'nubuat', tapi menegur atau menghibur adalah peran utama seorang nabi (Kis 15:32; 1 Kor 14:3). Lukas tidak bermaksud memberikan eh mologi ilmiah, tapi menunjukkan watak orang itu. Kita menjumpai dia sebagai parakleis dalam Kis 11:23. Deissmam menyamakan nama itu dengan Barnebous (bh Aram Barnebo putra Nebo) seperti terdapat dalam tulisan-tulisan Siria; tapi Lukas menyatakan bahwa para rasullah yg memberikannya, dan tidaklah mungkin mereka memberikan nama yg menunjuk kepada dewa kafir.
Barnabas berasal dari keluarga imam Yahudi-Siprus, tapi Yohanes Markus dari Yerusalem adalah kemenakannya (Kol 4:10), dan dia sendiri adalah anggota dari gereja di Yerusalem, yg menjual miliknya (di Siprus?) bagi milik umum (Kis 4:36 dab). Klemen dari Aleksandria menyebut dia seorang dari ke-70 (Hypot 7; Stromateis 2.20, 116). Naskah Barat ihwal Kis 1:23 mensejajarkan dia dengan Yusuf calon rasul itu. Tapi kemudian Lukas (Kis 4:14) dan Paulus (1 Kor 9:6 sesuai isinya) menganggap dia seorang rasul.
'Orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman' demikian Lukas (Kis 11:24). Paling kurang pada 4 peristiwa kemurahan hatinya, kebijakan rohaninya dan kehormatan orang kepadanya, berdampak positif.
a. Waktu Saulus yg telah bertobat datang di Yerusalem, tapi orang Kristen di sana menganggapnya mata-mata, Barnabas-lah yg memperkenalkan dia kepada para 'tokoh utama' rasul dan meyakinkan mereka tentang pertobatan dan kesungguhannya (Kis 9:27; bnd Gal 1: 18).
b. Barnabas-lah yg mewakili para rasul di Antiokhia pada pertama kalinya orang-orang non-Yahudi dalam jumlah besar menerima Injil; orang-orang dari Siprus juga berperan di situ (Kis 11:19 dab). Gerakan ini dilihatnya sebagai pekerjaan Allah dan sebagai suasana yg tepat bagi Saulus yg telah dilupakan. Ia mendatangkan Saulus untuk ikut bekerja. Waktu mereka datang di Yerusalem dan membawa bantuan bagi orang yg kelaparan, panggilan mereka untuk mengabarkan Injil kepada non-Yahudi diakui (Gal 2:9; *KRONOLOGI PB). Tapi Barnabas tidak mampu menandingi Petrus: ia juga kalah terhadap desakan pen-Yahudi-an: 'bahkan Barnabas' tidak mau makan bersama non-Yahudi dari Antiokhia (Gal 2:13).
c. Jasa besar Barnabas yg ketiga menunjukkan, bahwa ia dengan segenap hati menerima orang-orang non-Yahudi karena iman kepada Kristus (bnd Kis 13:46). Perjalanannya dengan Paulus (Kis 13-14) mulai di tempatnya sendiri, Siprus. Ini mendampakkan adanya suatu mata rantai gereja yg kebanyakannya non-Yahudi. Mata rantai itu jauh sampai ke Turki, dan menjadi sasaran tantangan yg hebat dari umat Yahudi.
Bagi gereja dan Barnabas hal itu merupakan langkah penting. Sampai waktu itu ia adalah pemimpin, Paulus muridnya. Urutan yg selalu dipegang Lukas sampai mereka meninggalkan Siprus adalah 'Barnabas dan Saulus'. Sesudah itu ia biasa mengatakan 'Paulus dan Barnabas' (Kis 13:43, 46, 50; 15:2, dua kali, 22, 35. Urutan dlm Kis 14:14 mungkin disebabkan oleh urutan dewa-dewa). Hal ini pasti menunjukkan perkembangan peristiwa-peristiwa.
d. Tapi Barnabas mempunyai tugas penting yg lain. Setelah ia kembali di Antiokhia, ihwal sunat menjadi masalah sangat mendesak. Ia dan Paulus ditugasi untuk mempermasalahkan sunat pada Majelis di Yerusalem. Kebijakan mereka dengan gemilang dibenarkan(Kis 15:1-29). Menarik sekali bahwa Barnabas mendahului Paulus, baik dalam cerita tentang kejadian dan perkembangannya (ay 12) maupun dalam surat Majelis (ay 25, bnd ay 22); mungkin kata-kata dari perwakilan rasul yg pertama di Antiokhia, adalah lebih berbobot bagi kebanyakan anggota Majelis. Barnabas mendesak untuk mengikutsertakan Markus, yg sebelumnya meninggalkan mereka, pada perjalanan kedua yg direncanakan. Paulus menolak, dan perjalanan terbagi dua, Barnabas ke Siprus (Kis 15:36-40).
Kesaksian-kesaksian Paulus kemudian dapat berarti bahwa Markus mendapat manfaat waktu bekerja di bawah kemenakannya. Kerjasama yg erat telah pecah tapi persahabatannya tidak. 'Kapan pun Paulus menyebut Barnabas, kata-katanya mengandung simpati dan hormat' (Lightfoot ttg Gal 2:13). Dalam hal asas dan pekerjaan mereka sama, dan kita tidak tahu betapa banyak Paulus menerima dari Barnabas. Waktu Surat 1 Kor ditulis Barnabas masih hidup, dan ia seperti Paulus; tapi tidak seperti banyak rekannya mencari nafkahnya sendiri dan tidak minta dari gereja-gereja (1 Kor 9:6). Sesudah ini hanya ada tradisi-tradisi yg samar-samar yg menghubungkan dia dengan Roma dan Aleksandria.
Namanya dihubungkan dengan surat yg anonim yg berasal dari Aleksandria, tapi jelas palsu. Surat Ibr sering disangka dari dia, sedikit-dikitnya sejak zaman Tertulianus (bnd Zahn, INT 2, hlm 301 dst) dan ia dianggap penulis 1 Ptr oleh A. C McGiffert (Christianity in the Apostolic Age, 1897, hlm 593 dst). Namanya muncul dalam daftar para martir yg kemudian (lih James, ANT, hlm 470). The Gospel of Barnabas (terbitan L Ragg, 1907) adalah buku dari abad pertengahan untuk kepentingan agama Islam.
KEPUSTAKAAN. A Klostermann, Probleme im Aposteltexte neu erortert, 1883; A Deissmann, BS hlm 307 dst; H. J Cadbury dalam Amicitiae Corolla (Rendel Harris Festschrift), 1933, hlm 45 dst; BC 4; Lih juga F. F Bruce, Acts. AFW/RS