Lihat definisi kata "Iman" dalam Studi Kata
Daftar Isi
KECIL: Iman
PEDOMAN: Iman
BROWNING: IMAN

Iman

Iman [kecil]

KS.-

  1. umum
    [PL] Yes 7:9; 26:2; 28:16; Hab 2:4
    [PB] Mat 9:2; 17:20; 21:21-22; Luk 17:6; Rom 1:16-17; 3:27-31; Rom 5:1; 2Kor 5:7; Gal 3:2,6-14,22-26; Ibr 11:1; Yak 1:6; 2:14-26
  2. pada Allah
    [PL] Mazm 78:22
    [PB] Mr 11:22-24; Yoh 12:44-45; 14:1; Rom 4:1-25; Ibr 11:1-40
  3. pada Kristus
    [PB] Mat 18:13; 9:28-29; Mr 2:5; 5:34,36; 9:23-24; Yoh 1:7,12,50; 3:16; 6:29,35,40; 9:35-38; 11:15,25-27; Yoh 20:29,31; Kis 3:16; 16:31; Rom 3:22-26; 10:6-17; Gal 2:16,20; 1Yoh 3:23; 5:1,5,10,13

Iman [pedoman]

  1. 1. Adalah dasar dari sesuatu yang kita harapkan.
  2. Ibr 11:1
  3. 2. Bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.
  4. Ibr 11:1
  5. 3. Diperintahkan.
  6. Mr 11:22; 1Yoh 3:23
  7. 4. Tujuan - yaitu kepada:
    1. 4.1 Allah.
    2. Yoh 14:1
    3. 4.2 Janji-janji Allah.
    4. Rom 4:21; Ibr 11:13
    5. 4.3 Injil.
    6. Mr 1:15
    7. 4.4 Kristus.
    8. Yoh 6:29; Kis 20:21
    9. 4.5 Tulisan-tulisan Musa.
    10. Yoh 5:46; Kis 24:14
    11. 4.6 Tulisan para nabi.
    12. 2Taw 20:20; Kis 26:27
  8. 5. Di dalam Kristus - adalah:
    1. 5.1 Sangat suci.
    2. Yud 1:20
    3. 5.2 Mengeluarkan buah-buah.
    4. 1Tes 1:3
    5. 5.3 Diikuti dengan keselamatan.
    6. Kis 11:21
    7. 5.4 Disertai dengan pertobatan.
    8. Mr 1:15; Luk 24:47
    9. 5.5 Indah.
    10. 2Pet 1:1
    11. 5.6 Karunia Allah.
    12. Rom 12:3; Ef 2:8; 6:23; Fili 1:29
    13. 5.7 Pekerjaan Allah.
    14. Kis 11:21; 1Kor 2:5
  9. 6. Kristus yang memimpin dan membawa - kita kepada kesempurnaan.
  10. Ibr 12:2
  11. 7. Karunia Roh Kudus.
  12. 1Kor 12:9
  13. 8. Firman Tuhan ditulis supaya mendatangkan - .
  14. Yoh 20:31; 2Tim 3:15
  15. 9. Firman Tuhan diberitakan supaya mendatangkan - .
  16. Yoh 17:20; Kis 8:12; Rom 10:14,15,17; 1Kor 3:5
  17. 10. Dengan - berarti:
    1. 10.1 Jalan masuk kepada Allah.
    2. Rom 5:2; Ef 3:12
    3. 10.2 Hidup yang kekal.
    4. Yoh 3:15,16; 6:40,47
    5. 10.3 Hidup rohani.
    6. Yoh 20:31; Gal 2:20
    7. 10.4 Karunia Roh Kudus.
    8. Kis 11:15-17; Gal 3:14; Ef 1:13
    9. 10.5 Kekudusan.
    10. Kis 15:9; 26:18
    11. 10.6 Keselamatan.
    12. Mr 16:16; Kis 16:31
    13. 10.7 Ketertiban hidup.
    14. 1Tim 1:4; Yud 1:20
    15. 10.8 Menjadi anak-anak Allah.
    16. Yoh 1:12; Gal 3:26
    17. 10.9 Mewarisi semua janji.
    18. Gal 3:22; Ibr 6:12
    19. 10.10 Pemeliharaan.
    20. 1Pet 1:5
    21. 10.11 Pembenaran.
    22. Kis 13:39; Rom 3:21,22,28,30; 5:1; Gal 2:16
    23. 10.12 Pengampunan dosa.
    24. Kis 10:43; Rom 3:25
    25. 10.13 Perhentian di sorga.
    26. Ibr 4:3
    27. 10.14 Terang rohani.
    28. Yoh 12:36,46
  18. 11. Tidak mungkin memperkenan Allah tanpa - .
  19. Ibr 11:6
  20. 12. Dibenarkan oleh - karena anugerah.
  21. Rom 4:16
  22. 13. Berguna supaya Injil memberi faedah kepada yang menerimanya.
  23. Ibr 4:2
  24. 14. Perlu dalam peperangan Kristen.
  25. 1Tim 1:18,19; 6:12
  26. 15. Injil itu berguna kepada orang yang mempunyai - .
  27. 1Tes 2:13
  28. 16. Meniadakan usaha untuk membenarkan diri sendiri.
  29. Rom 10:3,4
  30. 17. Meniadakan kemegahan.
  31. Rom 3:27
  32. 18. Bekerja oleh kasih.
  33. Gal 5:6; 1Tim 1:5; Filem 1:5
  34. 19. Menghasilkan:
    1. 19.1 Keberanian untuk memberitakan Injil.
    2. Mazm 116:10; 2Kor 4:13
    3. 19.2 Kegembiraan.
    4. Kis 16:34; 1Pet 1:8
    5. 19.3 Keyakinan dan keteguhan.
    6. Yes 28:16; 1Pet 2:6
    7. 19.4 Damai sejahtera.
    8. Rom 15:13
    9. 19.5 Pengharapan.
    10. Rom 5:2
  35. 20. Kristus menjadi sesuatu yang berharga bagi orang yang mempunyai - .
  36. 1Pet 2:7
  37. 21. Kristus diam di dalam hatimu karena - .
  38. Ef 3:17
  39. 22. Perlu di dalam doa.
  40. Mat 21:22; Yak 1:6
  41. 23. Yang bukan milik Kristus tidak mempunyai - .
  42. Yoh 10:26,27
  43. 24. Suatu bukti kelahiran baru.
  44. 1Yoh 5:1
  45. 25. Dengan - orang-orang kudus:
    1. 25.1 Berdiri teguh.
    2. Rom 11:20; 2Kor 1:24
    3. 25.2 Berjalan.
    4. Rom 4:12; 2Kor 5:7
    5. 25.3 Ditolong.
    6. Mazm 27:13; 1Tim 4:10
    7. 25.4 Hidup.
    8. Gal 2:20
    9. 25.5 Melawan Iblis.
    10. 1Pet 5:9
    11. 25.6 Mengalahkan dunia.
    12. 1Yoh 5:4,5
    13. 25.7 Mengalahkan Iblis.
    14. Ef 6:16
    15. 25.8 Memberi kesaksian yang baik.
    16. Ibr 11:2
  46. 26. Orang-orang kudus mati di dalam - .
  47. Ibr 11:13
  48. 27. Orang-orang kudus harus:
    1. 27.1 Berdiri teguh di dalam - .
    2. 1Kor 16:13
    3. 27.2 Berdoa agar - mereka ditambahkan.
    4. Luk 17:5
    5. 27.3 Kaya dalam - .
    6. 2Kor 8:7
    7. 27.4 Tulus ikhlas di dalam - .
    8. 1Tim 1:5; 2Tim 1:5
    9. 27.5 Tekun di dalam - .
    10. Kis 14:22; Kol 1:23
    11. 27.6 Memegang - dengan hati nurani yang murni.
    12. 1Tim 1:19
    13. 27.7 Dikuatkan oleh - .
    14. Rom 4:20-24
    15. 27.8 Tekun dan teguh di dalam - .
    16. Kol 1:23
    17. 27.9 Yakin.
    18. 2Tim 1:12; Ibr 10:22
    19. 27.10 - yang sebenarnya dibuktikan oleh perbuatan-perbuatannya.
    20. Yak 2:21-25
  49. 28. Jika tidak disertai perbuatan, pada hakekatnya mati.
  50. Yak 2:17,20,26
  51. 29. Menguji diri sendiri, apakah tetap tegak di dalam - .
  52. 2Kor 13:5
  53. 30. Semua kesukaran dikalahkan oleh - .
  54. Mat 17:20; 21:21; Mr 9:23
  55. 31. Segala sesuatu harus berdasarkan - .
  56. Rom 14:23
  57. 32. Segala sesuatu yang tidak berdasarkan - adalah dosa.
  58. Rom 14:23
  59. 33. Seringkali diuji dengan kesusahan.
  60. 1Pet 1:6,7
  61. 34. Ujian terhadap - menghasilkan ketekunan.
  62. Yak 1:3
  63. 35. Orang fasik seringkali menjadi ber - .
  64. Kis 8:13,21
  65. 36. Orang fasik tidak ber - .
  66. Yoh 10:25; 12:37; Kis 19:9; 2Tes 3:2
  67. 37. Perlindungan - dilukiskan sebagai:
    1. 37.1 Baju zirah.
    2. 1Tes 5:8
    3. 37.2 Perisai.
    4. Ef 6:16
  68. 38. Contoh-contoh - :
    1. 38.1 Abraham.
    2. Ibr 11:8,17
    3. 38.2 Ayub.
    4. Ayub 19:25
    5. 38.3 Barnabas.
    6. Kis 11:24
    7. 38.4 Daniel.
    8. Dan 6:11,24
    9. 38.5 Gideon.
    10. Ibr 11:32,33,39
    11. 38.6 Habel.
    12. Ibr 11:4
    13. 38.7 Henokh.
    14. Ibr 11:5
    15. 38.8 Imam-imam.
    16. Kis 6:7
    17. 38.9 Ishak.
    18. Ibr 11:20
    19. 38.10 Kaleb.
    20. Bil 13:30
    21. 38.11 Kepala penjara di Filipi.
    22. Kis 16:31,34
    23. 38.12 Lois dan Eunike.
    24. 2Tim 1:5
    25. 38.13 Marta.
    26. Yoh 11:27
    27. 38.14 Murid-murid.
    28. Yoh 16:30
    29. 38.15 Musa.
    30. Ibr 11:24,27
    31. 38.16 Natanael.
    32. Yoh 1:49
    33. 38.17 Nuh.
    34. Ibr 11:7
    35. 38.18 Orang Etiopia.
    36. Kis 8:37
    37. 38.19 Orang-orang Kolose.
    38. Kol 1:4
    39. 38.20 Orang-orang Roma.
    40. Rom 1:8
    41. 38.21 Orang-orang Samaria.
    42. Yoh 4:39
    43. 38.22 Orang-orang Tesalonika.
    44. 1Tes 1:3
    45. 38.23 Paulus.
    46. 2Tim 4:7
    47. 38.24 Petrus.
    48. Mat 16:16
    49. 38.25 Rahab.
    50. Ibr 11:31
    51. 38.26 Sadrakh, Mesakh, Abednego.
    52. Dan 3:17
    53. 38.27 Seorang perempuan yang berdosa.
    54. Luk 7:50
    55. 38.28 Sergius Paulus.
    56. Kis 13:12
    57. 38.29 Stefanus.
    58. Kis 6:5
    59. 38.30 Tomas.
    60. Yoh 20:28
    61. 38.31 Yakub.
    62. Ibr 11:21
    63. 38.32 Yusuf.
    64. Ibr 11:22

IMAN [browning]

Kepercayaan, terutama kepada reliabilitas Allah. Pengertian modern mengenai iman adalah semacam pengetahuan yang lebih rendah atau penerimaan pendapat atau cerita, yang tidak sepenuhnya dapat dibuktikan. Makna alkitabiah iman (kata yang berkaitan dengannya adalah 'kepercayaan') lebih terletak pada hakikat komitmen, meskipun dalam kenyataan tersirat juga adanya dasar yang membuat iman tak dapat didukung dengan bukti historis secara meyakinkan. Iman PL dirunut pada *perjanjian yang telah ditawarkan Allah kepada umat Israel di *Sinai. Sejak itulah umat Israel percaya bahwa Yahweh, Pencipta dunia ini, telah memberikan *Taurat dan janji kepada mereka, bahwa kesetiaan mereka akan mendapat ganjaran. Tanpa iman seperti itu, umat Israel tidak akan bertahan hidup, sebagaimana diingatkan oleh para *nabi (Yes. 30:15-16). Orang Israel secara individu juga memiliki kepercayaan bahwa Allah itu baik kepada orang rang tulus hatinya (Mzm. 73:1-3). Kadang-kadang iman individual dihubungkan dengan nasib seluruh bangsa, sebagaimana yang terjadi dengan *Abraham (Kej. 15:6), yang percaya kepada Allah ketika ia dipanggil untuk meninggalkan daerahnya, dan ketika ia diberi janji keturunan, meskipun ia tidak lagi berada dalam usia normal untuk mendapat keturunan, juga ketika ia menaati perintah untuk mengorbankan keturunannya (Ishak). Melalui semua pencobaan itu Abraham beriman bahwa Allah pasti akan memenuhi janji-Nya.

Dalam PB definisi klasik mengenai iman terdapat dalam Ibr. 11:1, yang menandaskan bahwa berdasar imannya orang percaya telah memegang segala realitas yang benar, sekalipun untuk sementara waktu belum terlihat. Realitas itu adalah: pertama, seperti dalam PL, Allah adalah pencipta alam semesta (Ibr. 11:3), dan yang kedua Allah adalah pemrakarsa perjanjian yang sekarang digenapi dalam *penyelamatan yang dibawa Yesus sebagai 'yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan' (Ibr. 12:2).

Jadi, dalam PB objek iman itu adalah Allah yang telah menyatakan diri dalam Yesus Kristus. Di kalangan orang Yahudi iman kepada Allah itu dianggap ada dengan sendirinya (Yoh. 14:1), namun bagi orang-orang *bukan Yahudi, pertama-tama mereka harus percaya kepada Allah (1Tes. 1:9), sebelum mereka dapat menerima Kristus yang telah bangkit, yang menyatakan Allah itu. Injil Yohaneslah yang terutama menekankan bahwa Yesus berasal dari Bapa untuk menyatakan Bapa dan menjadikan Ia dikenal manusia (Yoh. 1:18). Itulah inti khotbah *Petrus setelah *Pentakosta (mis. Kis. 2:36). Iman ditindaklanjuti dengan *pembaptisan.

Dalam PB penjelasan yang paling dalam mengenai iman terdapat dalam surat-surat Paulus, yang menunjukkan bahwa iman tidak tinggal statis, iman itu bertumbuh (Flp. 1:27; 2Kor. 10:15) dan terlahir dalam *kasih. Tanpa kasih, iman itu hampa. Di atas semua itu, iman pada *kebangkitan Kristus merupakan harapan akan adanya kebangkitan umum pada *akhir zaman (1Kor. 15:14,17; 2Kor. 4:14). Iman dan baptisan mengaruniakan keanggotaan *tubuh Kristus, yang merupakan hak istimewa sekaligus penderitaan (Flp. 1:29).

Dalam Galatia dan Roma, Paulus menghubungkan konsepnya tentang iman dengan *pembenaran, dan hal ini kadang-kadang dimengerti secara keliru. Paulus mengajarkan bahwa orang-orang beriman dibenarkan (dianggap benar oleh Allah) bukan berdasarkan iman, melainkan oleh Kristus, yang kepada-Nya kita percaya. Anugerah-Nya yang cuma-cuma itulah cang membenarkan kita. Kita tidak dibenarkan karena kebajikan pengalaman pribadi melalui pertobatan.

Dalam Injil iman dari orang yang menderita sakit atau dari anggota keluarganyalah yang menyebabkan Yesus dapat menyembuhkan mereka (Mat. 8:5-13). Ayah seorang anak yang sakit ayan diyakinkan bahwa 'tidak ada yang mustahil bagi orang percaya' (Mrk. 9:23), dan anak itu menjadi sembuh. Ada pula cerita-cerita penyembuhan tanpa menyebut iman (Mrk. 3:5; 5:7), karena hal itu hadir dalam diri manusia Yesus, seperti yang dikatakan Paulus (Rm. 3:22, 26). Kita diundang untuk bertumbuh dalam iman seperti itu.


Lihat definisi kata "Iman" dalam Studi Kata



TIP #27: Arahkan mouse pada tautan ayat untuk menampilkan teks ayat dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.12 detik
dipersembahkan oleh YLSA