Keni

keturunan seorang yang tak dikenal, bernama Kain. Kej 15:19.

Ibrani

Strongs #07017: ynyq Qeyniy or ynyq Qiyniy (\\#1Ch 2:55\\)

Kenite = "smiths"

1) the tribe from which the father-in-law of Moses was a member and
which lived in the area between southern Palestine and the mountains
of Sinai

7017 Qeyniy kay-nee'

or Qiyniy (1 Chron. 2:55) {kee-nee'}; patronymic from 7014; a Kenite or member of the tribe of Kajin: KJV -- Kenite.
see HEBREW for 07014

Strongs #07074: yznq Q@nizziy

Kenezite or Kenizzites = "descendant of Kenaz"

1) descendants of Kenaz

7074 Qnizziy ken-iz-zee'

patronymic from 7073, a Kenizzite or descendant of Kenaz: KJV -- Kenezite, Kenizzites.
see HEBREW for 07073

Keni, Orang [haag]

Keni (Orang Keni).

Sebuah suku pengembara (: nomad) yang eponimnya adalah --> Kain. Mereka tinggal di ujung Selatan Palestina. Mereka dimasukkan ke dalam golongan bangsa --> Amalek (Bil 24:21-22; Hak 1:16). Pada zaman pemerintahan Saul mereka menggabungkan diri pada Yehuda (1Sam 15:6). Ada kelompok-kelompok nomad yang mengembara sampai di daerah Galilea (Hak 4:11,17). Nampaknya mereka bekerja sebagai tukang (Kain = tukang besi) dan termasuk orang-orang pemuja Yahwe. Musa nampaknya mempunyai hubungan darah dengan mereka (Hak 4:11).

Orang Keni [pedoman]

  1. 1. Penduduk asli Kanaan.
  2. Kej 15:19
  3. 2. Berhubungan dengan orang Midian.
  4. Bil 10:29; Hak 4:11
  5. 3. Tinggal di atas bukit batu.
  6. Bil 24:21
  7. 4. Mempunyai banyak kota.
  8. 1Sam 30:29
  9. 5. Musa:
    1. 5.1 Melakukan perkawinan campuran dengan - .
    2. Kel 2:21; Hak 1:16
    3. 5.2 Mengundang - berjalan bersama dengan orang Israel.
    4. Bil 10:29-32
  10. 6. Sebagian tinggal bersama dengan orang Israel.
  11. Hak 1:16; 4:11
  12. 7. Sebagian tinggal bersama dengan orang Amalek.
  13. 1Sam 15:6
  14. 8. Menunjukkan kebaikan hati kepada orang Israel di padang gurun.
  15. Kel 18:1; 1Sam 15:6
  16. 9. Tidak dibinasakan dengan orang Amalek.
  17. 1Sam 15:6
  18. 10. Bangsa Rekhab keturunan - .
  19. 1Taw 2:55
  20. 11. Sisera dibunuh oleh Yael, seorang dari - .
  21. Hak 4:22; 5:24
  22. 12. Daud:
    1. 12.1 Pura-pura menyerang.
    2. 1Sam 27:10
    3. 12.2 Mengirim sebagian rampasan peperangan kepada - .
    4. 1Sam 30:29
    5. 12.3 Nubuat tentang kebinasaan - .
    6. Bil 24:21,22

KENI, ORANG [browning]

Salah satu kelompok orang di *Kanaan sebelum diduduki Israel (Kej. 15:19). Ayah dari istri Musa adalah dari golongan ini (Hak. 1:16). Ada dikemukakan bahwa *penyembahan Yahweh oleh Israel berasal dari orang Keni. Adanya persahabatan antara orang Keni dan Israel tampak dari sikap bersahabat Raja *Saul dalam berhubungan dengan orang Keni (1Sam. 15:6) dan dari hadiah-hadiah yang dikirimkan Raja *Daud kepada mereka (1Sam. 30:29). Hubungan persahabatan ini terus berlangsung sampai masa sesudah *pembuangan orang Israel (Neh. 3:14), pada waktu seorang putra anak *Rekhab memperbaiki pintu gerbang untuk Israel. Orang-orang Rekhab (Yer. 35) adalah orang Keni (1Taw. 2:55)

KENI, ORANG [ensiklopedia]

Orang Keni adalah satu suku bangsa Midian (Bil 10:29; Hak 1:16; 4:11). Nama itu berarti 'tukang besi' dan penemuan tembaga di sebelah tenggara Teluk Akaba (wilayah Keni-Midian) menguatkan tafsiran ini. Orang Keni muncul pertama sebagai penduduk pada zaman para leluhur di Kanaan (Kej 15:19). Sesudah itu Musa menjadi menantu Rehuel (Kel 2:18), kemudian mengundang Hobab, putra Rehuel, bergabung dengan Israel, karena membutuhkan ketrampilannya mengembara (Bil 10:29). Orang Keni menyertai suku Yehuda mendiami pusaka mereka (Hak 1:16; 1 Sam 27:10). Mereka dikecualikan oleh Saul dalam perang melawan orang Amalek (1 Sam 15:6) dan Daud bersahabat dengan mereka (1 Sam 30:29). Orang-orang Rekhab adalah keturunan orang Keni (1 Taw 2:55) dan menjadi terkemuka pada masa sesudah pembuangan (Neh 3:14).

'Hipotesa orang Keni' memberikan tempat penting kepada suku bangsa Midian ini dalam agama Israel. Itulah isi jawaban atas pertanyaan, 'Di mana Musa belajar mengenai Nama Yahweh'? Dengan menolak kemungkinan adanya pengetahuan tentang Nama itu dalam masyarakat Israel sebelum Musa, beberapa orang mengatakan bahwa Musa belajar Nama itu dari Yitro, seorang Midian-Keni. Tapi teori ini tak dapat diterima. Perhatian besar terhadap Yahweh yg terdapat pada waktu kemudian di kalangan suku Rekhab-Keni, tidak mendukung teori ini, karena bukannya tidak diketahui bahwa orang yg baru bertobat (kepada Yahweh) lebih bersemangat daripada orang percaya yg biasa. Persembahan Yitro (Kel 18:12) bukan juga menekankan pandangan bahwa Yitro memerintahkan Musa bagaimana harus beribadat kepada Yahweh, karena ps itu menunjukkan bahwa Yitro justru sedang belajar dan dituntun kepada iman oleh kesaksian Musa (ay 11). Karena itu, terlepas dari pandangan yg tak meyakinkan bahwa 'orang-orang Keni adalah tukang besi dari suku-suku Nomad purba ... dan tidak diragukan bahwa Yahweh adalah Allah yg menyala-nyala' (Oesterley dan Robinson, History of Israel, 1, hlm 92), maka satu-satunya pendukung hipotesa Keni ialah bahwa nenek moyang mereka, yaitu Kain, mengenakan tanda pemberian Yahweh (Kej 4:15). Hipotesa ini didukung antara lain oleh L Koehler, Old Testament Theology, hlm 45; disanggah oleh M Buber, Moses, hlm 94.

Kesaksian Kitab Kej ialah bahwa nama Yahweh sudah diketahui oleh Bapak-bapak leluhur, bahkan dari masa paling dini (Kej 4:1, 26). Hipotesa itu adalah hasil belaka dari penerapan analisa dokumenter dan patut disebut 'puncak dari imajinasi liberal' (U. E Simon, A Theology of Salvation, 1953, hlm 88).

KEPUSTAKAAN. H. H Rowley, From Moses to Qumran, 1963, hlm 48; Joseph to Joshua 1950, hlm 149; Y Kaufmann, The Religion of Israel, 1961, hlm 242 dst. JAM/SS




TIP #11: Klik ikon untuk membuka halaman ramah cetak. [SEMUA]
dibuat dalam 0.08 detik
dipersembahkan oleh YLSA