: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Sira | Sirah | Sirakh | Sirakusa | Siria, Bangsa | Sirion | Siro Fenisia | Sirus | Sisa | Sisak | Sisera
Daftar Isi
GAMBAR: Siryon
HEBREW: 3844 Nwnbl L@banown 7865 Nays Siy'on 8303 Nwyrv Shiryown and Nyrs Siryon
HAAG: Libanon
PEDOMAN: Libanon
BROWNING: LIBANON
ENSIKLOPEDIA: LIBANON SIRION

Sirion

Dalam versi-versi Alkitab:

Sirion: TL
Siryon: BIS FAYH TB TL
(gunung) yang putih. Ula 1:7.
baju rantai. Ula 3:9.

Gambar

Siryon: selebihnya..
Topik: The Fallen Cedar in Lebanon
Peta Google: Siryon (33° 45´, 35° 35´);
OpenBible: (Flickr/Panoramio) Siryon

Ibrani

Strongs #03844: Nwnbl L@banown

Lebanon = "whiteness"

1) a wooded mountain range on the northern border of Israel

3844 Lbanown leb-aw-nohn'

from 3825; (the) white mountain (from its snow); Lebanon, a mountain range in Palestine: KJV -- Lebanon.
see HEBREW for 03825

Strongs #07865: Nays Siy'on

Sion = "lofty"

1) another name for Mount Hermon

7865 Siy'on see-ohn'

from 7863; peak; Sion, the summit of Mt. Hermon: KJV -- Sion.
see HEBREW for 07863

Strongs #08303: Nwyrv Shiryown and Nyrs Siryon

Sirion = "breastplate"

1) one of the names of Mount Hermon this one used by the Sidonians

8303 Shiryown shir-yone'

and Siryon {sir-yone'}; the same as 8304 (i.e. sheeted with snow); Shirjon or Sirjon, a peak of the Lebanon: KJV -- Sirion.
see HEBREW for 08304

Libanon [haag]

Libanon.

(Bhs. Ibr.: yang putih [karena salju atau padas kapur]),

Pegunungan sepanjang pantai Siria, panjang 170 Km. dan tinggi sampai 3000. -- Jalan pegunungan itu melintang menjadi dua buah paralel. Bagian timur pada saat PL disebut --> Hermon. ~L terkenal karena pohon arasnya, yang misalnya dipakai dalam pembangunan kenisah dan istana Salomo (gedung "Hutan ~L. 1Raj 7:1-5). Sejak dasa abad ketiga seb. Mas. berkembanglah perdagangan kayu dari daerah itu dengan Mesir. Karena penggundulan yang dilakukan oleh Asyur, Iskandar Agung, para Selekuid dan orang-orang Romawi, demikian pula karena salah pengaturan bangsa Turki dan bangsa Arab, maka Aras ~L kini jarang-jarang ditemukan lagi di pegunungan itu. Peta PB/PL D1.

Libanon [pedoman]

  1. 1. Sebelah selatan berbatasan dengan tanah Kanaan.
  2. Ul 1:7; 11:24
  3. 2. Diberikan kepada orang Israel.
  4. Yos 13:5,6
  5. 3. Termasyhur karena:
    1. 3.1 Bunga-bunga.
    2. Nah 1:4
    3. 3.2 Keharuman.
    4. Kid 4:11; Hos 14:7
    5. 3.3 Kemuliaannya.
    6. Yes 35:2
    7. 3.4 Pohon aras.
    8. Mazm 29:5; 92:13; Yes 14:8
  6. 4. Sebagian besar dari - tidak dikalahkan oleh orang Israel.
  7. Yos 13:2,5; Hak 3:1-4
  8. 5. Dinamai:
    1. 5.1 Pegunungan.
    2. 2Taw 2:2
    3. 5.2 Pegunungan yang baik.
    4. Ul 3:25
    5. 5.3 Pegunungan Libanon.
    6. Hak 3:3
  9. 6. Puncak-puncaknya yang tinggi tertutup salju.
  10. Yer 18:14
  11. 7. Sebagian dari - gersang.
  12. Yes 29:17
  13. 8. Hutan - didiami banyak binatang buas.
  14. Kid 4:8
  15. 9. Banyak sungai bermata air di - .
  16. Kid 4:15
  17. 10. Pada zaman dahulu kala didiami oleh orang-orang Hewi.
  18. Hak 3:3
  19. 11. Musa ingin sekali melihat - .
  20. Ul 3:25
  21. 12. Menghasilkan:
    1. 12.1 Batu untuk Bait Suci Salomo.
    2. 1Raj 5:14,18
    3. 12.2 Kayu untuk Bait Suci Salomo.
    4. 1Raj 5:5,6
    5. 12.3 Kayu untuk Bait Suci yang kedua.
    6. Ezr 3:7
  22. 13. Salomo mendirikan:
    1. 13.1 Gudang-gudang perbekalan di - .
    2. 1Raj 9:19
    3. 13.2 Istana di hutan - .
    4. 1Raj 7:2
  23. 14. Kesukaran melalui - diatasi oleh tentara Asyur.
  24. 2Raj 19:23
  25. 15. Melukiskan:
    1. 15.1 Bangsa Yahudi.
    2. Yer 22:6,23
    3. 15.2 Bait Suci.
    4. Za 11:1
    5. 15.3 (Keharuman - ) segala kasih karunia jemaat.
    6. Kid 4:11; Hos 14:6,7
    7. 15.4 (Kemuliaan - ) kemuliaan jemaat.
    8. Yes 35:2; 60:13
    9. 15.5 (Buahnya mekar bagaikan - ) kemajuan jemaat.
    10. Mazm 72:16,17
    11. 15.6 Orang kafir.
    12. Yes 29:7
    13. 15.7 (Berpakaian kabung) kesusahan yang sangat hebat.
    14. Yeh 31:15
    15. 15.8 Raja-raja yang besar dan berkuasa.
    16. Yes 10:24,34

LIBANON [browning]

Suatu barisan pegunungan di Siria sepanjang kira-kira 280 km. Sejajar dengan pantai timur Laut Tengah, dan dipisahkan dari barisan Anti-Libanon oleh Sungai *Yordan. Pohon-pohon *zaitun (cedar) besar tumbuh di lereng-lereng gunung yang kayunya dipakai untuk pembangunan Bait *Salomo (1Raj. 7:2-3). Gunung-gunung itu indah sekali pada waktu puncaknya tertutup salju (Yer. 18:14).

LIBANON [ensiklopedia]

Suatu barisan pegunungan di Siria. Nama itu juga digunakan dengan lebih longgar untuk daerah-daerah sekitarnya (Yos 13:5) dan juga dipakai untuk menyebut suatu republik di zaman modern ini.

I. Nama

Nama Ibrani Lebanon berasal dari akar kata lbn, yg berarti 'putih'. Barisan pegunungan itu dinamai demikian karena dua alasan. Pertama, punggung pegunungan Libanon yg terdiri dari batu kapur putih. Kedua, kemilau salju putih yg menutupi puncak-puncaknya selama 6 bulan dalam setahun (bnd Yer 18:14). Nama Libanon tercatat dalam naskah-naskah kuno, sekurang-kurangnya sejak abad 18 sM, dan sesudahnya; lih tentang sejarahnya di bawah ini. Orang Asyur menyebutnya Lab'an, kemudian Labnanu; orang Het, Niblani; orang Mesir rmnn atau rbrn; dan orang Kanaan mis di Ugarit, Lbnn, tepat seperti dalam bh Ibrani.

II. Ilmu bumi

Ujung paling selatan dari pegunungan Libanon adalah sambungan langsung dari bukit-bukit Galilea Utara, dan hanya dipisahkan oleh suatu ngarai yg dalam yg membujur dari timur ke barat pada S Litani yg bermuara ke laut, beberapa km di sebelah utara Tirus. Punggung pegunungan Libanon memanjang hampir 160 km dari arah barat daya ke timur laut, searah dengan pantai Fenisia, dari belakang Sidon ke arah utara sampai dengan lembah yg membujur arah timur barat dari S Nahr el-kebir (dahulu bernama Eleutherus) yg membagi Libanon dari bagian barisan pegunungan utara selatan yg lain yg menjorok lebih jauh ke utara (gunung-gunung Nurseiri atau Ansariya).

Punggung pegunungan Libanon ini ditandai dengan serangkaian puncak. Dari selatan ke utara, yg terutama adalah Gebel Rihan, Tomat, Gebel Niha (dari ketinggian di atas 1.750 m sampai hampir 2.000 km) di belakang Sidon; Gebel Baruk, Gebel Kuneiyiseh dan Gebel Sunnin (tingginya berturut-turut kr 2.400 m, 2.250 m dan 2.850 m) di belakang Beirut; Qumet es-Sauda, puncak tertinggi, kr 3.350 m, di sebelah timur tenggara Tripoli. Yg paling utara adalah Qurnet Aruba, kr 2.450 m.

Gunung-gunung yg tinggi ini dan daerah pantainya mendapat curah hujan yg cukup baik. Tapi di Damaskus, daerah bayangan hujan dan di bagian parohan utara dataran Biqa curah hujan dalam setahun kurang dari 5 cm dan harus bergantung pada air sungai.

Sisi barat pegunungan Libanon ini menurun sampai ke pantai Laut Tengah, hanya menyisakan suatu dataran pantai yg sempit bagi kota-kota orang Kanaan/Fenisia, dan kadang-kadang mencapai laut, sehingga orang harus membuat jalan-jalan menukik di lereng-lereng mengitari tanjung-tanjung yg demikian itu. Jalan seperti itu ada di tanjung Nahr el-Kelb tepat di sebelah utara Beirut. Lereng-lereng timur Libanon turun ke lembah Biqa. Dataran atau lembah yg luas ini, mempunyai bagian yg tertinggi di sekitar Baalbek, dan itulah 'lembah gunung (biq'at) Libanon' yg disebut dalam Yos 11:17. Lembah ini menurun ke utara mengikuti S Orontes dan ke selatan mengikuti S Litani serta hulu anak-anak S Yordan. Pada zaman dahulu itulah Coelesyria (yg berarti: 'Lembah Siria') dan sepanjang sisi timurnya ialah deretan pegunungan Antilibanon. Barisan yg terakhir ini juga menjalar dari barat daya ke timur laut dan terpotong menjadi dua bagian oleh dataran tinggi, dari mana S Barada mengalir ke arah timur untuk mengairi oasis Damsyik yg sangat kaya itu. Puncak yg tertinggi adalah G Hermon (lebih dari 3.000 m) yg terletak di pertengahan bagian selatan barisan pegunungan itu. Struktur seluruh daerah itu secara jelas digambarkan oleh D Baly dalam Geography of the Bible, 1957, hlm 11, gambar 3. Tentang jalan-jalan yg menghubungkan Biqa, Antilibanon dan Damsyik, lih buku yg sama, hlm 110, 111.

G Hermon di pegunungan Antilibanon disebut juga Sirion oleh orang Sidon (yakni orang Fenisia) dan Senir oleh orang Amori (Ul 3:9). Kedua nama itu dijumpai juga dalam naskah-naskah kuno. Senir disebut sebagai Saniru oleh Salmaneser III dari Asyur, thn 841 sM (ANET, hlm 280b; DOTT, hlm 48). Disamping sebutan Het'Sariyana' sekitar thn 1320 sM (ANET, hlm 205a), penggunaan nama Sirion terhadap Hermon oleh orang Kanaan Fenesia dikuatkan inch teks-teks Ugarit yg berasal dart abad 14/13 sM yg menggambarkan Libanon dan Sirion sebagai sumber kayu baai kuil Baal (ANET. hlm 134a, 6). Hermon seringkali dianggap 'gunung yg berpuncak banyak, Gunung Basyan' yg disehut dalam Mzm 68:16; tapi Baly (Geography of the Bible, hlm 194, 220, 222) memperkirakan bahwa puncak-puncak dart Gebel Druze-lah yg dimaksudkan dalam ay itu. *BASAN: *HERMON; *SENIR; *SIRION.

Para penulis Alkitab kadang-kadang memberikan Tanah yg dijanjikan dalam istilah-istilah umum sebagai membentang 'dari padang gurun sampai Gunung Libanon, dan dari Sungai Efrat sampai laut di sebelah barat' (Ul 11:24; Yos 1:4), artinya, di dalam Batas-batas itu. Bagi kota-kota pantai Fenisia, pegunungan Libanon merupakan rintangan alam terhadap para penyerbu yg datang dari timur (pedalaman). Raja Asyur Syamsyi-Adad I mencapai Lab'an dalam abad 18 sM (ANET, hlm 274b) dan raja Het Suppliluliuma menjadikannya sebagai batas selatannya dalam abad 14 sM (G Niblani, ANET, hlm 318b) tanpa gangguan apa pun dari pihak mereka terhadap kota-kota pantai itu.

III. Sumber-sumber penghasilan

Libanon terkenal terutama oleh hutan-hutannya yg lebat pada zaman dahulu. Curah hujan yg cukup selama bulan November -- Maret dan punggung gunung yg terdiri dari batu kapur menjadi sumber dari banyak mata air dan anak sungai yg mengalir turun ke timur dan barat (Pkh 4:15; Yer 18:14). Daerah pantai, Biqa dan lereng-lereng gunung yg lebih rendah mendukung usaha perkebunan, kebun zaitun, kebun anggur, kebun buah-buahan (murbei. ara, apel, aprikot, kenari) dan ladang-ladang gandum yg tidak luas (Rawlison, Phoenicia, hlm 17). Di daerah yg lebih atas ada hutan yg terdiri dari pohon-pohon prambus dan pohon jarum, memuncak pada rumpun-rumpun pohon aras yg megah, tapi sayang sekarang hanya tinggal satu atau dua rumpun saja (karena penebangan hutan secara besar-besaran), yg terutama terdapat di Bsyarreh di sebelah tenggara Tripoli (gbr dlm L. H Grollenberg, Shorter Atlas of the Bible, 1959, hlm 13).

Kesuburan dan kelimpahan hasil daerah Libanon terlihat dalam Alkitab, mis Mzm 72:16; Pkh 4:11; Hos 14:5-7, juga dalam prasasti-prasasti zaman dahulu (Tutmosis III, kampanye ke-5 dan ke-7 pada abad 15 sM, ANET, hlm 239a dan b). Binatang-binatang buas juga bersembunyi di sana (mis 2 Raj 14:9; Pkh 4:8).

Pohon-pohon aras yg kokoh adalah lambang yg cocok dari kebesaran dan kekuatan dalam bh Alkitab; bnd Hak 9:15; 1 Raj 4:33; 2 Raj 14:9 (= 2 Taw 25:18); Mzm 92:13; 104:16; Yes 35:2; 60:13. Pohon-pohon tersebut juga melambangkan kebanggaan duniawi yg tunduk kepada murka Tuhan; bnd Mzm 29:5, 6; Yes 2:13; 10:34; Yer 22:6; Yeh 31:3-14; Za 11:1, 2. Hutan-hutan ini merupakan tempat pengungsian (Yer 22:23). Tapi yg terutama ialah pohon aras dan pohon campur jarum Libanon (berbagai jenis pohon cemara, dsb) yg merupakan bahan bangunan kayu yg paling baik di Timur Tengah kuno, yg dicari oleh penguasa-penguasa Mesir, Mesopotamia dan Asyur-Palestina. Pengiriman kayu yg sangat terkenal ialah pengiriman kepada Salomo oleh Hiram I dari Tirus untuk pembangunan Bait Allah di Yerusalem ( 1 Raj 5:6, 9, 14 [= 2 Taw 2:8, 16 ], 7:2; 10:17, 21 [= 2 Taw 9:20 ]). Tentang harga bahan makanan yg dibayarkan Salomo untuk kayu-kayunya, dsb, *MAKANAN (persediaan makanan untuk istana Salomo). Kayu aras dart Libanon dan Antilibanon dipakai untuk membuat kapal-kapal Tirus (Yeh 27:5) dan tongkang suci bagi Mesir (ANET, hlm 25b, 27a; sekitar thn 1090 sM) maupun alat-alat rumah tangga (Kid 3:9). Kayu untuk Bait Allah yg kedua di Yerusalem juga dipotong di Libanon (Ezr 3:7).

IV. Sejarah

Sejarah Libanon pada dasarnya adalah sejarah kota-kota Fenisia di daerah pesisirnya dan cerita tentang eksploitasi kayunya yg terkenal itu. Dart selatan ke utara kota-kota Kanaan/Fenisia yaitu Tirus, Ahlab, Zerefat, Sidon, Beirut, Biblos (Gebal, nama modernnya Jebail) dan Simira (sebelah utara Tripoli) semuanya beroleh kemakmuran sebab Libanon adalah daerah pedalamannya, di samping perdagangan Taut mereka. Tentang sejarahnya secara terperinci (kecuali Beirut dan Simira), lih artikel-artikel terpisah; *KANAAN dan *FENISIA. Perdagangan kayu Libanon sudah sejak zaman permulaan berlangsung. Wangsa ke-4 Firaun Snofru mengambil kayu aras sebanyak 40 kali muatan kapal, paling awal sekitar thn 2.600 sM (ANET, hlm 227a) dan pengganti-penggantinya mengikuti jejaknya dalam abad-abad berikutnya. Biblos secara khusus benar-benar menjadi kota yg tergantung kepada Mesir dan raja-rajanya menerima kebudayaan Mesir secara penuh, bahkan mereka menuliskan nama-nama Semit mereka dengan memakai tulisan Mesir (bnd ANET, hlm 229a). Sebagai pengganti kayu, Libanon menerima emas dan permata yg bagus dari wangsa firaun ke-12 (kl 1900-1800 sM).

Ketika firaun-firaun dari Kerajaan Baru mengalahkan Siria, mereka menetapkan upeti tahunan yaitu 'kayu aras asli Libanon' (ANET, hlm 240b: Tutmosis III, sekitar 1460 sM), dan satu ukiran dari Setos I (sekitar 1300 sM) menggambarkan raja-raja Siria sedang menebang kayu-kayu Libanon bagi firaun (ANEP, hlm 110; gbr 331, atau Grollenberg, Shorter Atlas of the Bible, hlm 14, bnd ANET, hlm 254, C, bgn akhir). Di kemudian hari firaun-firaun wangsa XX harus membayar mahal untuk kayu seperti itu (bnd Salomo), seperti dialami Wenamun, utusan Rameses XI (ANET, hlm 27a).

Dari Kanaan, dalam milenium 2 sM, cerita-cerita Ugarit tentang Baal dan Anat dan Aqhat menyebut tentang 'Libanon dan pohon-pohonnya; Sirion dan pohon-pohon aras pilihannya' yg menyediakan kayu bagi rumah (yakni kuil) Baal (ANET, hlm 134a, 6; C H Gordon, Ugaritic Literature, 1949, hlm 34) dan menjadi bahan bagi pembuatan suatu busur (ANET, hlm 151b, 6; Gordon, buku tadi hlm 90).Raja-raja Asyur juga menetapkan upeti kayu dari Libanon bagi pembangunan kuil -- demikian Tiglat-Pileser I, sekitar 1100 sM (ANET, hlm 275a) dan Ezar-Hadon sekitar 675 sM (ANET, hlm 192b) tapi juga seringkali kayu diambil dari hutan-hutan Amanus lebih jauh di sebelah utara (ANET, hlm 276b, 278a; bnd 2 Raj 19:23; Yes 37:24). Nebukadnezar mengikuti contoh mereka (ANET, 307; DOTT, hlm 87). Hab (2:17) menunjuk kepada perampasan Libanon oleh orang Babel, yg juga dinubuatkan oleh Yesaya (14:8).

KEPUSTAKAAN. Sebagai tambahan terhadap karya-karya yg dikutip di atas, untuk pokok-pokok tertentu, lih juga P. K Hitti, Lebanon in History, 1957 dan karyanya yg lain, History of Syria with Lebanon and Palestine, 1951. KAK/AKC/SS

SIRION [ensiklopedia]

Sirion nama bh Kanaan (yg didapati dlm bentuk srun dlm Naskah Ugarit) untuk G Hermon atau bagiannya, Ul 3:9; 4:48. (Dlm ay pertama NM [MT] mempunyai Sion, naskah Pesyita mempunyai Sirion.) JDD/MHS/HAO




TIP #20: Untuk penyelidikan lebih dalam, silakan baca artikel-artikel terkait melalui Tab Artikel. [SEMUA]
dibuat dalam 0.09 detik
dipersembahkan oleh YLSA