Daftar Isi
GAMBAR: Seba Syeba
BIOTOKOH PL: SEBA
ENSIKLOPEDIA: SEBA SYEBA

Sheba

Dalam versi-versi Alkitab:

Seba: BIS FAYH TB TL
Syeba: BIS FAYH TB TL

Gambar

Seba: selebihnya..
Topik: Portraits of Queen of Sheba (The); Sheba's Revolt; The Queen of Sheba; The Queen of Sheba and Solomon, and the True Cross
Syeba: selebihnya..
Topik: Portraits of Queen of Sheba (The); Sheba's Revolt; The Queen of Sheba; The Queen of Sheba and Solomon, and the True Cross

SEBA [biotokoh pl]

Arti nama:SUMPAH, PERJANJIAN
AyahBikri - 2 Samuel 20:1
Disebut pertama2 Samuel 20:1
Namanya disebut7 kali
Kitab yang menyebut1 buku : 2 Samuel
Tempat kematianDi kota Habil - 2 Samuel 20:15-22
Keadaan kematianKepalanya dipenggal - 2 Samuel 15:22
Terakhir disebut2 Samuel 20:22
Fakta pentingIA MEMIMPIN PEMBERONTAKAN MELAWAN DAUD (2 Samuel 15:1-2).

SEBA [ensiklopedia]

1. Putra Kusy, keturunan Ham (Kej 10:7; 1 Taw 1:9).

2. Tanah dan penduduk di Arab Selatan, jelas terkait dekat dengan tanah dan penduduk *Syeba; memang, seva' (Seba) dan syeva' (Syeba) pada umumnya dimengerti sebagai bentuk nama bh Arab dan Ibrani kuno bagi kerajaan Syeba yg terkenal itu. Dalam Mzm 72:10 persembahan diharapkan bagi Salomo dari 'raja-raja Syeba dan Seba'. Dalam nubuat-nubuat Yesaya, tebusan Israel akan mengambil kekayaan Mesir, Etiopia (Kusy) dan Seba (Yes 43:3), dan orang-orang Syeba yg tinggi harus mengakui Allah Israel (Yes 45:14). Nubuat-nubuat itu mula-mula dipenuhi dengan tersebar luasnya Yudaisme dan pengaruh pertama kekristenan di sana selama 5 abad pertama M. Hubungan dekat antara Seba/Syeba dengan Afrika (Mesir dan Kusy) mungkin mencerminkan hubungan-hubungan melalui Laut Merah antara Arab Selatan dan Afrika dari abad 10 sM dan selanjutnya; sekedar tambahan informasi mengenai hal ini, lih W. F Albright, BASOR 128, 1952, hlm 45 dengan cat 26, 27. Strabo (16. 4. 8-10) menamai sebuah kota Sabai dan pelabuhan Saba di pantai barat atau pantai Laut Merah negeri Arab. KAK/S/HAO

SYEBA [ensiklopedia]

1. Suatu kampung (syeva') di daerah bagian Simeon di Palestina Selatan, dekat Bersyeba dan Molada (Yos 19:2; MT pada 1 Taw 4:28 tidak mencantumkannya dlm daftar sejajarnya, tapi dlm LXX terdapat 'Sama'). Bacaan LXX ialah 'Samaa' dalam Naskah B (bnd Yos 15:26) dan 'Sabee' dalam Naskah A. A. S Cohen (IDB, 4, hlm 311) menyarankan syeba (tujuh) mengacu kepada 7 ekor domba, dengan mana Abraham membuat perjanjian dengan Abimelekh (Kej 21:28-29); daerah Syeba mungkin daerah yg lebih tua dari Bersyeba.

2. Nama sumur yg digali oleh hamba-hamba Ishak dan dinamai Syeba (syib'a) (Kej 26:33), mengingat suatu perjanjian dengan Abimelekh. Kata itu berarti 'tujuh' atau 'sumpah'. Sebelum zaman Ishak, Abraham sudah menghadapi kesulitan dengan Abimelekh, raja Gerar dan akhirnya mereka mengadakan perjanjian (Kej 21:22-34). Tujuh ekor anak domba betina diberikan kepada Abimelekh sebagai bukti kejadian itu, dan Abraham mengabadikan ingatan akan perjanjian ini dengan menyebut tempat itu Bersyeba (artinya 'sumur (yg) tujuh', atau 'sumur perjanjian'). Ishak menghidupkan kembali nama lama itu dengan memakai bentuk perempuan syib'a dari kata syeva'.

3. Seorang dari suku Benyamin (syeba') yg memberontak terhadap Daud tanpa hasil, sesudah Absalom mati (2 Sam 20:1-2, 6-7, 10, 21-22).

4. Seorang pemimpin (syeba') suku Gad (1 Taw 5:13).

5. Seorang keturunan (syeba) Kusy yg dilahirkan oleh Raema (Kej 10:7; 1 Taw 1:9); kakak Dedan.

6. Seorang keturunan (syeba) Sem dari Yoktan (Kej 10:28; 1 Taw 1:22).

7. Anak Yoksan (syeba) dan cucu Abraham dan Ketura (Kej 25:3; 1 Taw 1:32); kakak Dedan.

8. Negeri Syeba (syeba') yg ratunya (*SYEBA, RATU NEGERI) datang mengunjungi Salomo (1 Raj 10:1 dab; 2 Taw 9:1 dab), sangat boleh jadi ialah tanah asal orang Sabea, yg letaknya di sebelah barat daya Arabia. J. A Montgomery (ICC, Kings, 1951, hlm 215 dst) mengatakan bahwa orang Sabea masih di Arabia Utara pada abad 10 sM, walau mereka yg menguasai jalan perdagangan dari Arabia Selatan. Pada pihak lain ditekankan oleh J Bright (History ofIsrael2, 1972, hlm 211) -- sambil mengakui bahwa orang Sabea asalnya ialah bangsa pengembara -- berkata dengan kemungkinan yg lebih besar, bahwa pada zaman Salomo mereka tinggal di daerah sebelah timur dari yg disebut Yemen modern. Lih juga G. W van Beek, IDB, 4, hlm 145.

Hubungan orang Sabea dengan ketiga Syeba yg disebut dalam Kej sama sekali tidak jelas. Mungkin mereka suku-suku yg berlainan. Tapi persamaan kelompok-kelompok itu sangat menarik: anak-anak Raema (Kej 10:7), keturunan Ham, memakai nama yg sama seperti nama cucu-cucu Abraham, yaitu Syeba dan Dedan (25:3); baik Kusy, keturunan Ham (10:7), maupun Yoktan, keturunan Sem, mempunyai keturunan yg bernama Syeba dan Hefila (10:28-29). Daftar bangsa-bangsa dalam Kej 10 mungkin menyiratkan keduanya, yaitu: asal orang Sabea dari keturunan Sem. Juga bahwa mereka tinggal berdekatan sekali dengan kelompok keturunan Ham, yaitu orang Mesir dan Etiopia. Memang, kebudayaan Abesinia kuno memberi bukti adanya campuran unsur budaya Ham dan Sem. Demikian juga peranan orang Arab Selatan, yg menyeberangi selat Bab el-Mandeb sebagai pedagang dan pemukim, turut ambil bagian dalam memberi bentuk kebudayaan ini, sangat mengagumkan.

Kalau PL bicara tentang orang Syeba, maka paling sering disebut sebagai pedagang atau penyeberang dan penyamun (Ayb 1:15, walaupun E Dhorme, Job, 1967, hlm 25, menganggap Syeba dlm ay ini sebagai suatu tempat Tema dan Dedean, di utara daerah orang Sabea). Emas (1 Raj 10: 2; Mzm 72:15; Yes 60:6), kemenyan (Yes 60:6; Yer 6:20), rempah-rempah dan batu permata (1 Raj 10:2; Yeh 27:22) mereka bawa ke pasar-pasar utara dengan kafilah-kafilah (Ayb 6:19). Sebagai pedagang yg memanfaatkan setiap kesempatan, mereka terlibat dalam perdagangan budak menurut Yl 3:8 (di sini bacaan LXX ialah 'ke pembuangan' ganti 'kepada orang-orang Syeba'; tapi ini kurang pasti). Kegiatan dagang yg luas ini agaknya mengakibatkan orang Sabea memperoleh koloni di berbagai oase di Arabia Utara. Koloni-koloni ini merupakan pangkalan kafilah, dan mungkin memberi kepada para pemukim sekedar kekuasaan atas daerah utara. Kesaksian tentang adanya hubungan orang Syeba dengan orang Kanaan, telah ditemukan berupa cap pada tanah liat di Arabia Selatan (kr abad 9 sM) digali pada tanah di Betel (BASOR 151, Oktober 1958, hlm 9-16).

Sebagai negara Arab paling unggul selama bagian pertama milenium pertama sM, Syeba diperintah oleh mukarribs, yaitu raja imam yg mengawasi baik masalah-masalah politik maupun ibadah politeis terhadap dewa-dewa matahari, bulan dan bintang-bintang. Penyelidikan-penyelidikan yg baru oleh Universitas Louvain (1951-1952) dan Yayasan Amerika untuk Penelitian Manusia (1950-1953) telah menunjukkan contoh-contoh yg menonjol tentang kesenian dan arsitektur Sabea, terutama kuil dewa bulan di ibu kota Marib, yg bertarikh abad 7 sM, dan pintu air di karang tebal di bendungan Marib (abad 6).

KEPUSTAKAAN. R. L Bowen, Jr., dan F. P Albright, Archaeological Discoveries in South Arabia, 1958; GTT;; S Moscati, Ancient Semitic Civilizations, 1957, hlm 181-194; G Ryckmans, Les religions arabes preislamiques2, 1951; J Ryckmans, L'institution monarchique en Arabie Meridionale avant l'Islam, 1951; G. W Van Beek, BA 15, 1952, hlm 2-18; 'South Arabian History and Archaeology, dalam G. E Wright (red.), The Bible and the Near East, 1961; AK Irvine, POTT, hlm 299 dst. DAHIMHS/HAO




TIP #12: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab saja. [SEMUA]
dibuat dalam 0.10 detik
dipersembahkan oleh YLSA