Kejadian 16:1-16
KonteksKejadian 17:14
Konteks17:14 Dan orang yang tidak disunat, yakni laki-laki yang tidak dikerat kulit khatannya, a maka orang itu harus dilenyapkan dari antara orang-orang sebangsanya: b ia telah mengingkari perjanjian-Ku. c "
Kejadian 19:19
Konteks19:19 Sungguhlah hambamu ini telah dikaruniai belas kasihan di hadapanmu, r dan tuanku telah berbuat kemurahan s besar kepadaku dengan memelihara hidupku, tetapi jika aku harus lari ke pegunungan, t pastilah aku akan tersusul oleh bencana itu, sehingga matilah aku.
Kejadian 20:8
Konteks20:8 Keesokan harinya pagi-pagi Abimelekh memanggil semua hambanya dan memberitahukan seluruh peristiwa itu kepada mereka, lalu sangat takutlah orang-orang itu.
Yesaya 34:1-8
KonteksYesaya 63:1-6
KonteksYehezkiel 38:8-12
Konteks38:8 Sesudah waktu yang lama n sekali engkau akan mendapat perintah; pada hari yang terkemudian engkau akan datang di sebuah negeri yang dibangun kembali sesudah musnah karena perang, dan engkau menuju suatu bangsa yang dikumpul dari tengah-tengah banyak bangsa o di atas gunung-gunung Israel yang telah lama menjadi reruntuhan. Bangsa ini telah dibawa ke luar dari tengah bangsa-bangsa dan mereka semuanya diam dengan aman tenteram. p 38:9 Engkau muncul seperti angin badai q dan datang seperti awan r yang menutupi seluruh bumi, s engkau beserta seluruh bala tentaramu dan banyak bangsa menyertai engkau. 38:10 Beginilah firman Tuhan ALLAH: Pada hari itu timbullah niat dalam hatimu t dan engkau membuat rancangan u jahat. 38:11 Engkau berkata: Aku akan bangkit bergerak menyerang tanah yang kota-kotanya tanpa tembok dan akan mendatangi orang-orang v yang hidup tenang-tenang dan diam dengan aman tenteram; mereka semuanya diam tanpa tembok w atau palang atau pintu gerbang. 38:12 Engkau bermaksud untuk merampas dan menjarah dan mengacungkan tanganmu terhadap reruntuhan-reruntuhan yang sudah didiami kembali dan menyerang umat-Ku yang dikumpulkan dari tengah bangsa-bangsa. Mereka sudah mempunyai ternak dan harta benda dan mereka diam di pusat bumi.
Yoel 3:11-14
Konteks3:11 Bergeraklah dan datanglah, hai segala bangsa dari segenap penjuru, dan berkumpullah c ke sana! Bawalah turun, ya TUHAN, pahlawan-pahlawan-Mu! d 3:12 Baiklah bangsa-bangsa bergerak dan maju ke lembah Yosafat, e sebab di sana Aku akan duduk untuk menghakimi f segala bangsa dari segenap penjuru. 3:13 Ayunkanlah sabit, g sebab sudah masak tuaian 9 ; h marilah, iriklah, i sebab sudah penuh tempat anggur; tempat-tempat pemerasan j kelimpahan, sebab banyak kejahatan mereka. 3:14 Banyak orang, k banyak orang di lembah l penentuan! Ya, sudah dekat hari TUHAN m di lembah penentuan! n
[16:2] 1 Full Life : TUHAN TIDAK MEMBERI AKU MELAHIRKAN ANAK.
Nas : Kej 16:2
Di Mesopotamia biasanya seorang istri yang mandul membiarkan pelayannya melahirkan anak. Anak-anak itu dianggap sebagai anak sang istri.
- 1) Terlepas dari kebiasaan ini, usaha Abram dan Sarai untuk memperoleh anak melalui Hagar bukan merupakan cara Allah (bd. Kej 2:24).
- 2) PB menyamakan putra Hagar dengan hasil usaha manusia -- "diperanakkan menurut daging" dan bukan "menurut Roh" (Gal 4:29). Dengan kata lain, tidak pernah dapat dibenarkan untuk mencoba mencapai maksud Allah dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan Roh, pengharapan yang tekun, dan doa yang yakin.
[16:7] 2 Full Life : MALAIKAT TUHAN.
Nas : Kej 16:7
Sementara kisahnya berlanjut, "malaikat Tuhan" dinyatakan sebagai Allah sendiri yang berbicara kepada Hagar (ayat Kej 16:13; bd. Kej 18:1; Hak 6:12,14).
Nas : Kej 16:11
Nama "Ismael" berarti "Allah mendengarkan" dan menandakan bahwa Allah melihat serta menanggapi tindakan Abram dan Sarai yang tidak adil terhadap Hagar. Nama itu adalah hukuman terhadap Abram, yang menunjukkan bahwa Allah membenci semua bentuk ketidakadilan di dalam umat-Nya. Bahwa Allah akan menghukum seseorang karena melakukan kesalahan terhadap seorang anggota gereja ditekankan dalam PB
(lihat cat. --> Kol 3:25).
[atau ref. Kol 3:25]
[16:12] 4 Full Life : MENENTANG SEMUA.
Nas : Kej 16:12
Ismael, dan juga keturunannya, akan menjadi orang yang sering berselisih, namun perkasa dan berani. Keinginannya untuk berselisih dapat dipergunakan dalam pergumulan untuk Allah atau melawan Allah. Pilihan ada di tangannya.
[34:1] 5 Full Life : SEGALA BANGSA ... UNTUK DITUMPAS.
Nas : Yes 34:1-7
Ayat-ayat ini melukiskan hukuman dahsyat yang menimpa segala bangsa pada akhir zaman. Ayat-ayat ini menekankan murka Allah terhadap semua dosa dan pemberontakan (ayat Yes 34:2-3;
lihat cat. --> Wahy 16:16;
lihat cat. --> Wahy 19:17);
[atau ref. Wahy 16:16; 19:17]
hukuman ini akan mencakup kekacauan di langit (ayat Yes 34:4; bd. Mat 24:29; Wahy 6:13-14) dan terkait dengan kedatangan kembali Kristus untuk mendirikan kerajaan-Nya di bumi (pasal Wahy 19:1-20:15). Sekarang ini, bangsa-bangsa mungkin mencemooh dan menolak cara Allah, tetapi pada suatu saat yang hanya diketahui Allah, kesengsaraan besar dan hukuman akan menggoncangkan bangsa-bangsa itu.
[34:8] 6 Full Life : TAHUN PENGGANJARAN.
Nas : Yes 34:8-17
Sekalipun berbicara dalam konteks kebinasaan yang akan datang dari Allah atas orang Edom selaku musuh Allah dan umat-Nya (bd. 2Sam 8:13-14; Mazm 137:7; Rat 4:21), Yesaya menubuatkan hukuman yang akan datang atas semua orang yang tidak dilahirkan kembali, yaitu mereka yang menentang Allah dan firman-Nya.
[63:1] 7 Full Life : DARI EDOM.
Nas : Yes 63:1-6
Ayat-ayat ini melukiskan hukuman Allah yang akan datang atas dunia yang berdosa. "Edom" mewakili semua kekuatan dunia yang menentang Allah dan umat-Nya. Pakaian Tuhan bernoda merah karena darah orang fasik. Perhatikan Wahy 19:13 di mana jubah Kristus digambarkan sebagai "dicelupkan dalam darah" ketika Ia kembali ke dunia untuk membinasakan orang fasik.
[63:3] 8 Full Life : SEORANG DIRILAH YANG MELAKUKAN PENGIRIKAN.
Nas : Yes 63:3
Allah sendiri akan berperang melawan bangsa-bangsa dan mengalahkan mereka; Ia akan menginjak-injak mereka sebagaimana orang menginjak-injak buah anggur di tempat pengirikan (bd. Yoel 3:13; Wahy 14:17-20; 19:15).
[3:13] 9 Full Life : SUDAH MASAK TUAIAN.
Nas : Yoel 3:13
Tuaian hukuman Allah atas bangsa-bangsa sebentar lagi akan terjadi, karena "banyak kejahatan mereka". Ketika dosa mencapai tingkat kepenuhan tertentu, hukuman tidak dapat dielakkan lagi (bd. Kej 15:16).