TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Amsal 10:4

Konteks
10:4 Tangan yang lamban membuat miskin, v  tetapi tangan orang rajin menjadikan kaya. w 

Amsal 10:19

Konteks
10:19 Di dalam banyak bicara pasti ada pelanggaran, tetapi siapa yang menahan bibirnya, berakal budi. u 

Amsal 11:6

Konteks
11:6 Orang yang jujur dilepaskan oleh kebenarannya, tetapi pengkhianat tertangkap oleh hawa nafsunya. a 

Amsal 12:7

Konteks
12:7 Orang fasik dijatuhkan sehingga mereka tidak ada lagi, o  tetapi rumah orang benar berdiri tetap. p 

Amsal 12:26-27

Konteks
12:26 Orang benar mendapati tempat penggembalaannya, tetapi jalan orang fasik menyesatkan o  mereka sendiri. 12:27 Orang malas tidak akan menangkap buruannya, tetapi orang rajin akan memperoleh harta yang berharga.

Amsal 13:2

Konteks
13:2 Dari buah mulutnya seseorang akan makan yang baik, r  tetapi nafsu seorang pengkhianat ialah melakukan kelaliman.

Amsal 13:8

Konteks
13:8 Kekayaan adalah tebusan nyawa seseorang, tetapi orang miskin tidak akan mendengar ancaman. a 

Amsal 13:10

Konteks
13:10 Keangkuhan hanya menimbulkan pertengkaran 1 , tetapi mereka yang mendengarkan nasihat c  mempunyai hikmat.

Amsal 14:9

Konteks
14:9 Orang bodoh mencemoohkan korban tebusan, tetapi orang jujur saling menunjukkan kebaikan.

Amsal 14:15-16

Konteks
14:15 Orang yang tak berpengalaman percaya kepada setiap perkataan, tetapi orang yang bijak memperhatikan langkahnya. p  14:16 Orang bijak berhati-hati dan menjauhi kejahatan, q  tetapi orang bebal r  melampiaskan nafsunya dan merasa aman.

Amsal 14:18

Konteks
14:18 Orang yang tak berpengalaman mendapat kebodohan, tetapi orang yang bijak bermahkotakan pengetahuan.

Amsal 14:21

Konteks
14:21 Siapa menghina sesamanya berbuat dosa, x  tetapi berbahagialah orang yang menaruh belas kasihan kepada orang yang menderita. y 

Amsal 15:19

Konteks
15:19 Jalan si pemalas seperti pagar duri, w  tetapi jalan orang jujur adalah rata.

Amsal 15:21

Konteks
15:21 Kebodohan adalah kesukaan bagi yang tidak berakal budi, y  tetapi orang yang pandai berjalan lurus.

Amsal 15:28

Konteks
15:28 Hati orang benar menimbang-nimbang jawabannya, k  tetapi mulut orang fasik mencurahkan hal-hal yang jahat. l 

Amsal 15:32

Konteks
15:32 Siapa mengabaikan didikan membuang dirinya p  sendiri, tetapi siapa mendengarkan teguran, memperoleh akal budi. q 

Amsal 18:17

Konteks
18:17 Pembicara pertama dalam suatu pertikaian nampaknya benar, lalu datanglah orang lain dan menyelidiki perkaranya.

Amsal 19:12

Konteks
19:12 Kemarahan raja adalah seperti raung singa n  muda, tetapi kebaikannya seperti embun o  yang turun ke atas rumput. p 

Amsal 20:3

Konteks
20:3 Terhormatlah seseorang, jika ia menjauhi perbantahan, tetapi setiap orang bodoh q  membiarkan amarahnya meledak. r 

Amsal 21:8

Konteks
21:8 Berliku-liku k  jalan si penipu, tetapi orang yang jujur lurus perbuatannya.

Amsal 28:19

Konteks
28:19 Siapa mengerjakan tanahnya akan kenyang dengan makanan, tetapi siapa mengejar barang yang sia-sia akan kenyang dengan kemiskinan. o 

Amsal 28:25

Konteks
28:25 Orang yang loba, menimbulkan pertengkaran, x  tetapi siapa percaya kepada TUHAN, y  diberi kelimpahan.

Amsal 29:15

Konteks
29:15 Tongkat dan teguran 2  mendatangkan hikmat, tetapi anak yang dibiarkan mempermalukan ibunya. y 
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[13:10]  1 Full Life : KEANGKUHAN HANYA MENIMBULKAN PERTENGKARAN.

Nas : Ams 13:10

Sering kali orang berselisih dan bertengkar mempertahankan pendapatnya sendiri karena kesombongan. Dengan melakukan hal itu mereka mungkin ingin dianggap terbesar (Luk 22:24), memberontak terhadap yang berkuasa (Bil 12:2) atau kepada kebenaran alkitabiah (2Tim 4:3-4), atau terdorong oleh roh pemisah (1Kor 3:3-4). Apabila terjadi perselisihan, kita perlu bertanya pada diri sendiri apakah kesombongan terlibat dalamnya ataukah karena kita sungguh-sungguh ingin mempertahankan kebenaran (Gal 2:4-5; 1Tes 2:2; Yud 1:3).

[29:15]  2 Full Life : TONGKAT DAN TEGURAN.

Nas : Ams 29:15

Anak-anak yang tidak dididik, didisiplin, dan dikendalikan oleh orang-tuanya kemudian akan memalukan orang-tuanya dan merusak diri merka sendiri. Kadang-kadang kata-kata teguran saja sudah cukup; pada saat lain kata-kata itu harus disertai tongkat disiplin (bd. ayat Ams 29:17;

lihat cat. --> Ams 13:24).

[atau ref. Ams 13:24]

Jikalau disiplin jasmaniah dipergunakan, sangat penting bahwa itu disertai penjelasan supaya anak itu mengerti dengan jelas mengapa tongkat dipakai dan kelakuan bagaimana yang diharapkan.



TIP #15: Gunakan tautan Nomor Strong untuk mempelajari teks asli Ibrani dan Yunani. [SEMUA]
dibuat dalam 0.04 detik
dipersembahkan oleh YLSA