Amsal 8:3
Konteks8:3 di samping pintu-pintu gerbang, di depan kota, pada jalan masuk, ia berseru dengan nyaring: v
Amsal 29:8
Konteks29:8 Pencemooh mengacaukan kota, tetapi orang bijak meredakan amarah. q
Amsal 18:11
Konteks18:11 Kota yang kuat i bagi orang kaya ialah hartanya dan seperti tembok yang tinggi menurut anggapannya.
Amsal 25:28
Konteks25:28 Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya.
Amsal 11:11
Konteks11:11 Berkat orang jujur memperkembangkan kota, h tetapi mulut orang fasik meruntuhkannya. i
Amsal 18:19
Konteks18:19 Saudara yang dikhianati p lebih sulit dihampiri dari pada kota yang kuat, dan pertengkaran adalah seperti palang gapura sebuah puri.
Amsal 9:3
Konteks9:3 Pelayan-pelayan perempuan telah disuruhnya berseru-seru r di atas tempat-tempat yang tinggi di kota: s
Amsal 9:14
Konteks9:14 Ia duduk di depan pintu rumahnya di atas kursi di tempat-tempat yang tinggi di kota, j
Amsal 11:10
Konteks11:10 Bila orang benar mujur, beria-rialah f kota, dan bila orang fasik binasa, gemuruhlah sorak-sorai. g
Amsal 21:22
Konteks21:22 Orang bijak dapat memanjat kota pahlawan-pahlawan, y dan merobohkan benteng yang mereka percayai.
Amsal 10:15
Konteks10:15 Kota yang kuat o bagi orang kaya ialah hartanya 1 , tetapi yang menjadi kebinasaan bagi orang melarat p ialah kemiskinan.
Amsal 16:32
Konteks16:32 Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.
Amsal 1:21
Konteks1:21 di atas tembok-tembok ia berseru-seru, di depan pintu-pintu gerbang kota ia mengucapkan kata-katanya.
Amsal 8:1
KonteksAmsal 31:23
Konteks31:23 Suaminya dikenal di pintu gerbang, kalau ia duduk bersama-sama para tua-tua k negeri.
[10:15] 1 Full Life : KOTA YANG KUAT BAGI ORANG KAYA IALAH HARTANYA.
Nas : Ams 10:15
Amsal ini mengamati keuntungan-keuntungan yang nyata dari kekayaan (bd. Ams 14:20; 19:4) dan keadaan yang merugikan dari kemiskinan (bd. Ams 18:23; 19:4,7). Mungkin seorang pengamat yang sambil lalu menganggap orang kaya itu sudah mapan (lih. Ams 11:4). Namun di mata Allah, "harta benda yang diperoleh dengan kefasikan tidak berguna" (ayat Ams 10:2). PB lebih menjelaskan keadaan orang kaya dan orang miskin. "Bukankah Allah memilih orang-orang yang dianggap miskin oleh dunia ini untuk menjadi kaya dalam iman dan menjadi ahli waris Kerajaan yang telah dijanjikan-Nya kepada barangsiapa yang mengasihi Dia?" (Yak 2:5; bd. Luk 2:7-12; 4:22). Seperti halnya dengan kitab-kitab PL lainnya, Amsal harus dibaca dengan mengingat penyataan Allah yang sempurna melalui Anak-Nya sebagaimana tercatat dalam PB (Ibr 1:1-3;
lihat art. KRISTUS DALAM PERJANJIAN LAMA).