Ibrani 1:6
Konteks1:6 Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung q ke dunia, r Ia berkata: "Semua malaikat Allah harus menyembah Dia. s "
Ibrani 3:17-18
Konteks3:17 Dan siapakah yang Ia murkai empat puluh tahun lamanya? Bukankah mereka yang berbuat dosa dan yang mayatnya bergelimpangan di padang gurun? s 3:18 Dan siapakah yang telah Ia sumpahi, bahwa mereka takkan masuk ke tempat perhentian-Nya 1 ? t Bukankah mereka yang tidak taat? u
Ibrani 6:9
KonteksIbrani 6:11-12
Konteks6:11 Tetapi kami ingin, supaya kamu masing-masing menunjukkan kesungguhan yang sama untuk menjadikan pengharapanmu p suatu milik yang pasti, sampai pada akhirnya, 6:12 agar kamu jangan menjadi lamban, tetapi menjadi penurut-penurut q mereka yang oleh iman dan kesabaran r mendapat bagian dalam apa yang dijanjikan s Allah.
Ibrani 7:4
Konteks7:4 Camkanlah betapa besarnya orang itu, yang kepadanya Abraham, bapa leluhur k kita, memberikan sepersepuluh dari segala rampasan l yang paling baik.
Ibrani 7:6
Konteks7:6 Tetapi Melkisedek, yang bukan keturunan mereka, memungut persepuluhan dari Abraham dan memberkati n dia, walaupun ia adalah pemilik janji. o
Ibrani 7:19
Konteks7:19 --sebab hukum Taurat sama sekali tidak membawa kesempurnaan 3 y --tetapi sekarang ditimbulkan pengharapan z yang lebih baik, yang mendekatkan kita kepada Allah. a
Ibrani 8:6
Konteks8:6 Tetapi sekarang Ia telah mendapat suatu pelayanan yang jauh lebih agung, karena Ia menjadi Pengantara d dari perjanjian e yang lebih mulia 4 , yang didasarkan atas janji yang lebih tinggi.
Ibrani 8:13
Konteks8:13 Oleh karena Ia berkata-kata tentang perjanjian yang baru, o Ia menyatakan yang pertama sebagai perjanjian yang telah menjadi tua. p Dan apa yang telah menjadi tua dan usang, telah dekat kepada kemusnahannya.
Ibrani 9:5-6
Konteks9:5 dan di atasnya kedua kerub kemuliaan c yang menaungi tutup pendamaian 5 . d Tetapi hal ini tidak dapat kita bicarakan sekarang secara terperinci. 9:6 Demikianlah caranya tempat yang kudus itu diatur. Maka imam-imam senantiasa e masuk ke dalam kemah yang paling depan itu untuk melakukan ibadah mereka,
Ibrani 9:21
Konteks9:21 Dan juga kemah dan semua alat untuk ibadah dipercikinya secara demikian dengan darah.
Ibrani 10:5
Konteks10:5 Karena itu ketika Ia masuk ke dunia, w Ia berkata: "Korban dan persembahan 6 tidak Engkau kehendaki--tetapi Engkau telah menyediakan tubuh bagiku x --.
Ibrani 10:12
Konteks10:12 Tetapi Ia, setelah mempersembahkan hanya satu korban saja karena dosa, h Ia duduk untuk selama-lamanya di sebelah kanan Allah, i
Ibrani 10:33
Konteks10:33 baik waktu kamu dijadikan tontonan oleh cercaan dan penderitaan, x maupun waktu kamu mengambil bagian dalam penderitaan mereka yang diperlakukan y sedemikian.
Ibrani 12:8
Konteks12:8 Tetapi, jikalau kamu bebas dari ganjaran, yang harus diderita t setiap orang, maka kamu bukanlah anak, tetapi anak-anak gampang.
Ibrani 12:13
Konteks12:13 dan luruskanlah jalan bagi kakimu, z sehingga yang pincang jangan terpelecok, tetapi menjadi sembuh. a
Ibrani 12:27
Konteks12:27 Ungkapan "Satu kali lagi" menunjuk kepada perubahan pada apa yang dapat digoncangkan, g karena ia dijadikan supaya tinggal tetap apa yang tidak tergoncangkan.
Ibrani 13:16
Konteks13:16 Dan janganlah kamu lupa berbuat baik dan memberi bantuan, p sebab korban-korban q yang demikianlah yang berkenan kepada Allah.
Ibrani 13:22
Konteks13:22 Dan aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, supaya kata-kata nasihat ini kamu sambut dengan rela hati, sekalipun pendek saja suratku e ini kepada kamu.
[3:18] 1 Full Life : MEREKA TAKKAN MASUK KE TEMPAT PERHENTIAN-NYA.
Nas : Ibr 3:18
Kemungkinan seseorang percaya kehilangan perhentian yang dijanjikan Allah digambarkan dengan orang Israel yang tidak dapat memasuki tanah perjanjian setelah Musa memimpin mereka ke luar dari Mesir
(lihat cat. --> Bil 14:29;
lihat cat. --> Ul 1:26).
[atau ref. Bil 14:29; Ul 1:26]
Penulis surat ini menunjukkan dua hal:
- 1) Orang Israel telah mengalami kuasa penebusan Allah (ayat Ibr 3:16), menyaksikan karya-karya Allah yang luar biasa (ayat Ibr 3:9), namun tidak taat karena mereka tidak mau mempercayai janji-janji atau memperhatikan peringatan-peringatan-Nya (ayat Ibr 3:18-19). Oleh karena itu, mereka mati di padang gurun (ayat Ibr 3:17) dan tidak memasuki tanah perjanjian.
- 2) Pengalaman mula-mula umat Israel dengan Allah tidak menjamin bahwa mereka akan memasuki Kanaan dengan selamat. Karena mereka tidak bertekun, mereka mengabaikan satu-satunya sumber jaminan mereka: kasih karunia, kemurahan, dan kehadiran "Allah yang hidup" (ayat Ibr 3:12).
[6:9] 2 Full Life : SESUATU YANG LEBIH BAIK.
Nas : Ibr 6:9-20
Penulis merasa yakin bahwa para pembaca belum masuk ke dalam kemurtadan yang digambarkan dalam ayat Ibr 6:4-8. Ia meyakinkan mereka bahwa pengharapan akan keselamatan kekal itu pasti dan tidak berubah bagi orang-orang yang tetap setia kepada Kristus dalam iman dan kasih (ayat Ibr 6:10-12), karena Allah tidak mungkin berbohong dan janji-janji-Nya tetap (ayat Ibr 6:13-20).
[7:19] 3 Full Life : HUKUM TAURAT SAMA SEKALI TIDAK MEMBAWA KESEMPURNAAN.
Nas : Ibr 7:19
Hukum PL tidak sempurna karena tidak dapat memberikan hidup atau kuasa ilahi untuk memenuhi tuntutan-tuntutannya, juga tidak mampu menyediakan jalan masuk yang lengkap dan sempurna kepada Allah (ayat Ibr 7:25;
lihat cat. --> Gal 3:19;
[atau ref. Gal 3:19]
lihat art. HUKUM PERJANJIAN LAMA).
[8:6] 4 Full Life : PERJANJIAN YANG LEBIH MULIA.
Nas : Ibr 8:6-13
Tema yang penting dari pasal Ibr 8:1-10:39 ialah perbedaan antara perjanjian lama yang berpusatkan hukum Musa dan perjanjian baru yang ditetapkan oleh Yesus Kristus.
Lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU.
[9:5] 5 Full Life : TUTUP PENDAMAIAN.
Nas : Ibr 9:5
Pada Hari Pendamaian, baik darah lembu jantan yang mengadakan pendamaian bagi imam besar dan keluarganya maupun darah kambing yang berfungsi sebagai kurban karena dosa-dosa bangsa Israel dipercikkan di atas tutup pendamaian ini di hadapan Allah (Im 16:2,14;
lihat art. HARI PENDAMAIAN).
Tutup pendamaian yang di bumi ini melambangkan takhta kasih karunia sorgawi yang dapat dihampiri oleh orang-orang percaya karena darah Kristus untuk menerima kasih karunia dan pertolongan (Ibr 4:16).
[10:5] 6 Full Life : KORBAN DAN PERSEMBAHAN.
Nas : Ibr 10:5-10
Mazm 40:7-9 dikutip untuk membuktikan bahwa korban Yesus Kristus yang dilakukan dengan sukarela dan taat itu merupakan korban yang lebih baik daripada korban binatang dalam PL;
lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU.