Imamat 18:4-5
Konteks18:4 Kamu harus lakukan peraturan-Ku r dan harus berpegang pada ketetapan-Ku s dengan hidup menurut semuanya itu; Akulah TUHAN, Allahmu. t 18:5 Sesungguhnya kamu harus berpegang pada ketetapan-Ku dan peraturan-Ku. u Orang yang melakukannya, akan hidup karenanya; v Akulah TUHAN.
Imamat 19:21
Konteks19:21 Laki-laki itu harus membawa tebusan salahnya kepada TUHAN a ke pintu Kemah Pertemuan, yakni seekor domba jantan sebagai korban penebus salah.
Imamat 19:32
Konteks19:32 Engkau harus bangun berdiri di hadapan orang ubanan dan engkau harus menaruh hormat o kepada orang yang tua p dan engkau harus takut akan Allahmu; q Akulah TUHAN. r
Imamat 19:37
Konteks19:37 Demikianlah kamu harus berpegang pada segala ketetapan-Ku b dan segala peraturan-Ku c serta melakukan semuanya itu; Akulah TUHAN."
Imamat 21:17
Konteks21:17 "Katakanlah kepada Harun, begini: Setiap orang dari antara keturunanmu turun-temurun yang bercacat 1 f badannya, janganlah datang mendekat untuk mempersembahkan santapan Allahnya, g
Imamat 25:18
Konteks25:18 Demikianlah kamu harus melakukan ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-Ku u serta melakukannya, maka kamu akan diam di tanahmu dengan aman tenteram. v
Imamat 26:18
Konteks26:18 Dan jikalau kamu dalam keadaan yang demikianpun tidak mendengarkan Daku, c maka Aku akan lebih keras menghajar d kamu sampai tujuh kali lipat e karena dosamu,
Imamat 26:31
Konteks26:31 Kota-kotamu akan Kubuat menjadi reruntuhan e dan tempat-tempat kudusmu f akan Kurusakkan g dan Aku tidak mau lagi menghirup bau persembahanmu h yang menyenangkan.
[21:17] 1 Full Life : YANG BERCACAT.
Nas : Im 21:17
Cacat-cacat jasmaniah mendiskualifikasikan keturunan Harun untuk melayani sebagai imam dan membawa persembahan atas nama umat (ayat Im 21:17-23).
- 1) Keutuhan tubuh melambangkan tujuan Allah bahwa para imam harus merupakan contoh hidup berkelimpahan sebagaimana dikehendaki Allah; oleh karena itu mereka akan paling efektif dalam melayani Allah ketika bebas dari cacat tubuh. Akan tetapi, mereka yang tidak layak untuk melayani sebagai hamba Allah tetap dapat ikut makan santapan yang paling kudus (ayat Im 21:22), yaitu keselamatan penuh yang disediakan oleh perjanjian Allah.
- 2) Tuntutan Allah akan tubuh yang sempurna bagi jabatan imam
melambangkan kesempurnaan moral Kristus (Ibr 9:13-14) dan menunjuk
kepada tuntutan-tuntutan rohaniah Allah bagi para penilik PB. Setiap
orang yang melayani dalam jabatan ini haruslah tidak bercacat-cela
secara rohani
(lihat cat. --> 1Tim 3:2;
[atau ref. 1Tim 3:2]
lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).