Yosua 19:15
Konteks19:15 Lagi Katat, Nahalal, s Simron, t Yidala dan Betlehem; u dua belas kota dengan desa-desanya.
Rut 1:2
Konteks1:2 Nama orang itu ialah Elimelekh, f nama isterinya Naomi dan nama kedua anaknya Mahlon dan Kilyon, g semuanya orang-orang Efrata h dari Betlehem-Yehuda; i dan setelah sampai ke daerah Moab, diamlah mereka di sana.
Rut 4:11
Konteks4:11 Dan seluruh orang banyak yang hadir di pintu gerbang, l dan para tua-tua berkata: "Kamilah menjadi saksi. m TUHAN kiranya membuat perempuan yang akan masuk ke rumahmu itu sama seperti Rahel dan Lea, n yang keduanya telah membangunkan umat Israel. Biarlah engkau menjadi makmur di Efrata o dan biarlah namamu termasyhur di Betlehem, p
Mikha 5:2
KonteksMikha 6:2
Konteks6:2 Dengarlah, n hai gunung-gunung, pengaduan o TUHAN, dan pasanglah telinga, hai dasar-dasar bumi! Sebab TUHAN mempunyai pengaduan p terhadap umat-Nya, dan Ia beperkara q dengan Israel.
Matius 2:1
KonteksMatius 2:6
Konteks2:6 Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel. e "
Matius 2:18
Konteks2:18 "Terdengarlah suara di Rama, tangis dan ratap yang amat sedih; Rahel p menangisi anak-anaknya dan ia tidak mau dihibur, sebab mereka tidak ada lagi. q "
[5:2] 1 Full Life : ENGKAU, HAI BETLEHEM.
Nas : Mi 5:1
Mikha bernubuat bahwa seorang pemimpin akan muncul dari Betlehem yang akan menggenapi janji-janji Allah kepada umat-Nya. Ayat ini mengacu kepada Yesus sang Mesias (lih. Mat 2:1,3-6), yang asal usulnya "sudah sejak purbakala" (yaitu, dari kekal; lih. Yoh 1:1; Kol 1:17; Wahy 1:8); namun Ia akan lahir sebagai manusia (ayat Mi 5:2; lih. Yoh 1:14; Fili 2:7-8).
[2:1] 2 Full Life : ORANG-ORANG MAJUS.
Nas : Mat 2:1
Mereka ini mungkin adalah anggota dari suatu golongan keagamaan yang terpelajar dari wilayah yang sekarang disebut Iran. Mereka mengkhususkan diri pada astrologi, ilmu kedokteran, dan ilmu pengetahuan alam. Kunjungan mereka terjadi pada saat usia Yesus sekitar 40 hari (bd. Luk 2:22) hingga 2 tahun (bd. ayat Mat 2:16). Pentingnya kisah ini adalah bahwa
- (1) Yesus layak memperoleh penghormatan sebagai raja dari seluruh umat manusia, dan
- (2) baik orang bukan Yahudi maupun orang Yahudi termasuk dalam rencana penebusan Allah (bd. Mat 8:11; 28:19; Rom 10:12).