Mazmur 3:2
Konteks3:2 (3-3) banyak orang yang berkata tentang aku: "Baginya tidak ada pertolongan b dari pada Allah." Sela 1
Mazmur 14:5
Konteks14:5 Di sanalah mereka ditimpa kekejutan yang besar, sebab Allah menyertai angkatan yang benar.
Mazmur 18:28
Konteks18:28 (18-29) Karena Engkaulah yang membuat pelitaku y bercahaya; TUHAN, Allahku, menyinari z kegelapanku.
Mazmur 30:2
Konteks30:2 (30-3) TUHAN, Allahku, kepada-Mu aku berteriak minta tolong, z dan Engkau telah menyembuhkan aku. a
Mazmur 44:4
Konteks44:4 (44-5) Engkaulah Rajaku w dan Allahku x yang memerintahkan kemenangan y bagi Yakub.
Mazmur 44:20-21
Konteks44:20 (44-21) Seandainya kami melupakan f nama Allah kami, dan menadahkan tangan kami kepada allah lain, g 44:21 (44-22) masakan Allah tidak akan menyelidikinya? Karena Ia mengetahui rahasia hati! h
Mazmur 45:6
Konteks45:6 (45-7) Takhtamu kepunyaan Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya 2 , i dan tongkat kerajaanmu adalah tongkat kebenaran.
Mazmur 46:7
Konteks46:7 (46-8) TUHAN semesta alam o menyertai kita, p kota benteng q kita ialah Allah Yakub. r Sela
Mazmur 47:5
Konteks47:5 (47-6) Allah telah naik j dengan diiringi sorak-sorai, k ya TUHAN itu, dengan diiringi bunyi sangkakala. l
Mazmur 48:3
Konteks48:3 (48-4) Dalam puri-purinya b Allah memperkenalkan diri-Nya sebagai benteng. c
Mazmur 50:6
Konteks50:6 Langit memberitakan v keadilan-Nya, sebab Allah sendirilah Hakim. w Sela
Mazmur 55:16
Konteks55:16 (55-17) Tetapi aku berseru kepada Allah, dan TUHAN akan menyelamatkan aku.
Mazmur 66:5
Konteks66:5 Pergilah dan lihatlah pekerjaan-pekerjaan k Allah 3 ; Ia dahsyat dalam perbuatan-Nya terhadap manusia:
Mazmur 66:20
Konteks66:20 Terpujilah Allah, yang tidak menolak h doaku dan tidak menjauhkan kasih setia-Nya dari padaku.
Mazmur 69:30
Konteks69:30 (69-31) Aku akan memuji-muji nama Allah dengan nyanyian, u mengagungkan Dia v dengan nyanyian syukur;
Mazmur 71:11
Konteks71:11 dan berkata: "Allah telah meninggalkan n dia, kejar dan tangkaplah dia, sebab tidak ada yang melepaskan o dia!"
Mazmur 73:1
KonteksMazmur 73:26
Konteks73:26 Sekalipun dagingku dan hatiku l habis lenyap, m gunung batuku n dan bagianku o tetaplah Allah selama-lamanya.
Mazmur 74:12
Konteks74:12 Namun Engkau, ya Allah adalah Rajaku u dari zaman purbakala, yang melakukan penyelamatan v di atas bumi.
Mazmur 77:3
Konteks77:3 (77-4) Apabila aku mengingat i Allah, maka aku mengerang j , apabila aku merenung, makin lemah lesulah k semangatku. Sela
Mazmur 78:10
Konteks78:10 mereka tidak berpegang pada perjanjian e Allah dan enggan hidup menurut Taurat-Nya. f
Mazmur 78:22
Konteks78:22 sebab mereka tidak percaya kepada Allah, dan tidak yakin v akan keselamatan dari pada-Nya.
Mazmur 78:59
Konteks78:59 Ketika Allah mendengarnya, x Ia menjadi gemas, y Ia menolak Israel z sama sekali;
Mazmur 83:12
Konteks83:12 (83-13) yang berkata: "Marilah kita menduduki i tempat-tempat kediaman Allah!"
Mazmur 84:9
Konteks84:9 (84-10) Lihatlah perisai i kami, ya Allah, pandanglah wajah orang yang Kauurapi! j
Mazmur 90:1
KonteksMazmur 99:5
Konteks99:5 Tinggikanlah b TUHAN, Allah kita, dan sujudlah menyembah kepada tumpuan kaki-Nya! Kuduslah Ia!
Mazmur 104:33
Konteks104:33 Aku hendak menyanyi r bagi TUHAN selama aku hidup, aku hendak bermazmur bagi Allahku selagi aku ada.
Mazmur 109:26
Konteks109:26 Tolonglah aku, z ya TUHAN, Allahku, selamatkanlah aku sesuai dengan kasih setia-Mu,
Mazmur 149:6
Konteks149:6 Biarlah pujian pengagungan Allah ada dalam kerongkongan f mereka, dan pedang bermata dua 6 g di tangan h mereka,
Nas : Mazm 3:3
Arti istilah ini tidak jelas; bisa diartikan sebagai tanda perhentian, sisipan musik atau puncak musik.
[45:6] 2 Full Life : TAKHTAMU ... ALLAH, TETAP UNTUK SETERUSNYA DAN SELAMANYA
Nas : Mazm 45:7-8
(versi Inggris NIV -- Takhta-Mu, ya Allah, tetap ... selamanya). Kedua ayat ini akhirnya digenapi dalam Yesus Kristus. Penulis surat Ibrani menerapkan ayat-ayat ini pada pemuliaan, keunggulan, kekuasaan, dan sifat Kristus (Ibr 1:8).
- 1) Kekuasaan Kristus akan "sampai selama-lamanya" (Wahy 1:6). Raja Mesias disebut "Allah" dalam ayat Mazm 45:7 berbeda dengan "Allahmu" dalam ayat Mazm 45:8 (yaitu, Bapa). Perbedaan ini sesuai dengan ajaran PB bahwa baik Kristus maupun Bapa adalah Allah sepenuhnya.
- 2) Di dalam Mazmur ini, sifat Kristus yang paling penting dilukiskan dengan istilah kasih dan kebencian.
- (a) Ia mengasihi kebenaran, karena itu menandakan kerajaan-Nya. Karena sukacita-Nya ditemukan di dalam melakukan kehendak Bapa (Ibr 10:7), Ia sangat mengasihi kebenaran di dalam segenap perwujudannya (bd. Ef 5:26; Ibr 13:12).
- (b) Sebagaimana Ia sangat mengasihi kebenaran, begitu pula Ia sangat membenci kejahatan. Hal ini dijelaskan-Nya dengan mati disalib untuk menghancurkan kejahatan dan menyelamatkan umat-Nya dari dosa-dosa mereka (Mat 1:21). Ketika berada di bumi, Ia menghadapi bermacam-macam dosa: suatu angkatan yang jahat (Mat 12:39), benteng pertahanan ketidakbenaran Iblis (Mr 1:34-39), dan kemunafikan di antara umat Allah (pasal Mat 23:1-39). Pada akhir zaman Ia akan kembali untuk menegakkan kebenaran di atas bumi (pasal Wahy 19:1-22:21).
- 3) Karena Yesus Kristus mengasihi kebenaran dan membenci kejahatan,
Allah mengangkat Dia di atas semua orang lain dengan mengurapi-Nya.
Pengurapan ini mengacu kepada kemuliaan, kebahagiaan, dan kekuasaan yang
diberikan Allah kepada-Nya. "Minyak kesukaan" (terj. versi Inggris NIV)
mengacu langsung kepada pengurapan-Nya dengan Roh Kudus (lih.
Mat 3:16-17; Gal 5:22-23;
lihat cat. --> Ibr 1:9).
[atau ref. Ibr 1:9]
- 4) Demikian pula, pencurahan Roh Kudus secara berkelimpahan atas umat Allah hanya akan terjadi apabila mereka ikut merasakan kasih Kristus yang sepenuh hati akan kebenaran. Lagi pula, hak untuk melayani sebagai pemimpin rohani umat Allah akan dilandaskan pada kasih seperti Kristus akan kebenaran dan penolakan gigih terhadap kejahatan (1Tim 3:1-7).
[66:5] 3 Full Life : PERGILAH (versi Inggris NIV -- Datanglah) DAN LIHATLAH PEKERJAAN-PEKERJAAN ALLAH.
Nas : Mazm 66:5
Sekelompok orang percaya harus ada manifestasi pekerjaan Roh Kudus di tengah mereka sehingga mereka dapat memuliakan Allah dan mengatakan kepada orang lain, "Datanglah dan lihatlah pekerjaan-pekerjaan Allah"
(lihat art. KARUNIA ROHANI BAGI ORANG PERCAYA).
Tidak ada yang akan meyakinkan orang terhilang mengenai kebenaran Injil Kristus, selain peragaan kuasa Allah
(lihat art. TANDA-TANDA ORANG PERCAYA).
Kita juga harus bersaksi kepada orang lain secara pribadi, memberikan kesaksian mengenai pemeliharaan Allah secara terus-menerus dalam hidup kita (ayat Mazm 66:16).
[73:1] 4 Full Life : ALLAH ITU BAIK BAGI MEREKA
Nas : Mazm 73:1-28
(versi Inggris NIV -- Allah itu baik bagi Israel). Mazmur ini membahas masalah yang menggelisahkan: sekalipun Allah berdaulat dan adil, orang fasik sering kali makmur (ayat Mazm 73:3-12) sedangkan orang yang melayani Allah tampaknya lebih menderita (ayat Mazm 73:13-14). Pemazmur yang melayani Allah dengan setia (ayat Mazm 73:1,13) telah tawar hati ketika ia membandingkan penderitaannya dengan ketenteraman dan kebahagiaan yang dialami banyak orang fasik (ayat Mazm 73:2-3). Akan tetapi, keyakinannya kepada Allah dan jalan-jalan-Nya dipulihkan tatkala Allah menyatakan akhir yang menyedihkan dari orang fasik dan berkat sesungguhnya dari orang benar (ayat Mazm 73:16-28)
[90:1] 5 Full Life : ENGKAULAH TEMPAT PERTEDUHAN KAMI.
Nas : Mazm 90:1-17
Doa ini, yang dianggap digubah Musa, mungkin ditulis sementara 40 tahun ketika Allah membuat Israel mengembara di padang gurun sebagai hukuman atas ketidaksetiaan mereka (Ul 8:15). Suatu angkatan orang Israel yang tidak taat mati selama ini (bd. ayat Mazm 90:7-11; lih. Bil 14:22-33). Setelah mengakui semua pelanggaran mereka dan hukuman Allah, Musa mendoakan pemulihan perkenan dan berkat Allah.
[149:6] 6 Full Life : PUJIAN ... PEDANG BERMATA DUA.
Nas : Mazm 149:6
Ayat ini membicarakan kegiatan orang benar di dua bidang: penyembahan dan peperangan rohani. Kerinduan kita untuk memuji Allah harus disertai kerinduan untuk secara agresif menentang kerajaan Iblis dan semua kejahatan. Kerajaan Allah takkan pernah terwujud sepenuhnya sehingga kekuatan-kekuatan kegelapan yang bermusuhan dibinasakan. Kita harus bersikap menentang kuasa-kuasa kejahatan dengan hidup benar dalam iman, mengambil pedang Roh (yaitu firman Allah), dan berdoa dalam Roh
(lihat cat. --> Ef 6:11;
lihat cat. --> Ef 6:12;
lihat cat. --> Ef 6:17;
lihat cat. --> Ef 6:18).
[atau ref. Ef 6:11-18]
Pada akhir zaman, demi pujian kepada Allah, kita akan berpartisipasi di dalam penghukuman-Nya atas dunia antikristus yang tidak bertobat (1Kor 6:2-3; Wahy 18:20; 19:1-4,11-21).