Resource > 1001 Jawaban >  Tokoh-tokoh dan Benda-benda di Perjanjian Lama >  Buku 555 > 
85. Siapa dan Apa Itu Melkisedek? 

Pertanyaan: 85. Siapa dan Apa Itu Melkisedek?

Ini terdapat dalam bab keempat belas Kitab Kejadian bahwa Melkisedek secara historis diperkenalkan kepada kita. Insiden dan catatannya, meskipun singkat dan berdiri sendiri dari alur sejarah yang terputus, tidak hanya sangat mencolok dan menarik, tetapi juga sangat mengajar dalam pengajaran tipikalnya. Betapa tiba-tiba dan sepenuhnya tak terduga Melkisedek muncul di hadapan kita di sini - sebuah bentuk yang sangat kerajaan dan megah, namun berpakaian jubah imam, dan dengan lambang-lambang mistik persembahan ekaristi - roti dan anggur - di tangannya. Kami melihat tangan-tangan imam itu diangkat dalam berkat; kami mengamati patriark besar, Abraham - bapa orang-orang percaya dan Sahabat Allah - tunduk di hadapan imam-raja misterius itu, dan menyampaikan kepadanya sepersepuluh dari semua jarahan miliknya; dan kemudian, dengan tiba-tiba seperti munculnya, penglihatan itu berlalu, dan selama hampir seribu tahun suara ilham tidak lagi menyebut nama Melkisedek. Kemudian, bagaimanapun, dalam Mazmur ekstatis yang sangat jelas karakter Mesias, dan deskriptif tentang pengangkatan Tuhan kita pada hari kekuasaannya, kita bertemu dengannya sekali lagi dalam pernyataan yang solennya: Tuhan bersumpah dan tidak akan menyesal, engkau adalah imam untuk selama-lamanya, sesuai dengan peraturan Melkisedek (Mzm. 110:4). Sekali lagi, sekitar seribu tahun berlalu, dan kemudian, sekali lagi, penulis Surat kepada Orang Ibrani mengambil subjek dari tokoh misterius ini, yang Tanpa ayah, tanpa ibu, tanpa silsilah, tidak mempunyai permulaan hari atau akhir hidup; tetapi dibuat seperti Anak Allah; tetap menjadi imam selalu (Ibr. 7:3); dan pada dua referensi singkat tentangnya, yang merupakan semua yang terdapat dalam Kitab Suci, ia membangun argumen untuk menunjukkan keunggulan keimaman Kristus, sebagai sesuai dengan peraturan Melkisedek, dibandingkan dengan imam-imam Harun atau Lewi, yang telah digantikannya.

Siapakah Melkisedek? Banyak usaha yang telah sia-sia dalam upaya menjawab pertanyaan ini. Tradisi Yahudi kemudian mengidentifikasinya dengan Sem; dan yang pasti bahwa patriark ini tidak hanya hidup pada zaman Abraham, tetapi bahkan terus hidup sampai Yakub berusia lima puluh tahun. (Bandingkan Kej. 11:11 dengan ayat 12:26, 21:5, 25:7-26.) Menurut yang lain, ia berasal dari keluarga Ham atau Yafet; dan dikatakan bahwa ini secara tidak langsung diimplikasikan oleh bahasa Rasul ketika menarik paralel antara Melkisedek dan Kristus, ia mengatakan bahwa Tuhan kita termasuk suku yang tidak ada orang yang melayani di mezbah. Beberapa orang lain telah mengusulkan bahwa ia adalah malaikat yang menjelma, atau makhluk super manusia lainnya, yang hidup untuk sementara waktu di antara manusia. Yang lain berpendapat bahwa ia adalah manifestasi awal dari Anak Allah; dan sekte yang disebut Melkisedekian mengklaim bahwa ia adalah inkarnasi Roh Kudus. Namun, dalam semua dugaan ini, fakta bahwa Kitab Suci merahasiakan hal ini adalah simbolis dan penting, karena jika dapat ditentukan siapa sebenarnya Melkisedek, tidak lagi dapat dikatakan bahwa ia tanpa ayah, tanpa ibu, tanpa silsilah; pernyataan ini dimaksudkan, bukan untuk menyiratkan bahwa ia bukan keturunan alami Adam, tetapi bahwa ia dengan sengaja muncul dan menghilang dalam narasi suci tanpa menyebutkan baik keturunannya maupun kematiannya.

Namun, tidak dapat diragukan lagi bahwa, siapapun Melkisedek mungkin telah menjadi, ia adalah tipe yang terkemuka dari Kristus. Hal ini tidak diragukan lagi, bukan hanya oleh bahasa Mazmur 110 - karakter Mesianik yang selalu diakui oleh orang Yahudi dan Kristen - tetapi terutama oleh argumen Rasul, dalam bab ketujuh Surat kepada Orang Ibrani, dalam perjalanan yang terdapat pernyataan eksplisit bahwa ia - dalam berbagai hal yang disebutkan - dibuat seperti Anak Allah.

Question: 85. Who and What Was Melchisedec?

It is in the fourteenth chapter of Genesis that Melchisedec is historically presented to us. The incident and its record, although so brief, and standing in such singular isolation from the thread of the history which it interrupts, is not only in itself most striking and interesting, but also in its typical teaching profoundly instructive. How suddenly and altogether unexpectedly does Melchisedec here appear before us--a most kingly and majestic form, yet clad in priestly robes, and with the mystic emblems of eucharistic offering-- bread and wine--in his hands. We see those priestly hands raised in blessing; we observe the great patriarch, Abraham--the father of the faithful and the Friend of God--bowing before the mysterious priest-king, and presenting to him the tithes of all his spoil; and then, as abruptly as it appeared, the vision passes away, and for nearly a thousand years the voice of inspiration utters not again the name of Mechisedec. Then, however, in an ecstatic Psalm of a most distinctly Messianic character, and descriptive of our Lord's exaltation in the day of his power, we meet with it once more in the solemn declaration: "The Lord hath sworn and will not repent, thou art a priest forever, after the order of Melchisedec (Ps. 110:4). Again, something like a thousand years pass away, and then, once more, the writer of the Epistle to the Hebrews take up the subject of this mysterious personage, who, "Without father, without mother, without genealogy, having neither beginning of days, or end of life; but made like unto the Son of God; abideth a priest continually" (Heb. 7:3); and on the two brief references to him, above given, which are all that the Scriptures contain, founds an argument to show the superiority of Christ's priesthood, as being "after the order of Melchisedec," to that of Aaron, or Levi, which it had superseded.

Who was Melchisedec? Much labor has been wasted in attempts to answer the question. Later Jewish tradition identified him with Shem; and it is certain that that patriarch was not only alive in the days of Abraham, but even continued to live till Jacob was fifty years old. (Compare Gen. 11:11 with verses 12:26, 21:5, 25:7-26.) According to others he belonged to the family of Ham, or of Japheth; and it has been said that this is necessarily implied by the language of the Apostle when drawing a parallel between Melchisedec and Christ, he says that our Lord belonged to "a tribe of which no man gave attendance at the altar." Some, again, have suggested that he was an incarnate angel, or other superhuman creature, who lived for a time among men. Others have held that he was an early manifestation of die Son of God; and a sect, called the Melchisedecians, asserted that he was "an incarnation of the Holy Ghost." But, in all these conjectures, the fact has been strangely overlooked that the reticence of Scripture on the point is typical and significant, for, could it be determined who Melchisedec really was, it could no longer be said that he was "without father, without mother, without genealogy"; which statement is to be understood, not as implying that he was not a natural descendant of Adam, but that he designedly appears and disappears in the sacred narrative without mention either of his parentage or death.

There can, however, be no question that, whoever Melchisedec may have been, he was an eminent type of Christ. This is placed beyond doubt, not only by the language of the 110th Psalm--the Messianic character of which has ever been recognized by Jews and Christians alike--but especially by the argument of the Apostle, in the seventh chapter of the Epistle to the Hebrews, in the course of which there occurs the explicit declaration that he was--in the various respects mentioned--"made like unto the Son of God."

[555-AI]


TIP #21: Untuk mempelajari Sejarah/Latar Belakang kitab/pasal Alkitab, gunakan Boks Temuan pada Tampilan Alkitab. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA