![](images/minus.gif)
Teks -- Roma 15:14-21 (TB)
![](images/arrow_open.gif)
![](images/advanced.gif)
![](images/advanced.gif)
![](images/advanced.gif)
![](images/advanced.gif)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
![](images/arrow_open.gif)
![](images/information.gif)
![](images/cmt_minus_head.gif)
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Rm 15:17 - AKU BOLEH BERMEGAH.
Nas : Rom 15:17
Tidak salah untuk berbicara dengan penuh semangat dan sukacita
mengenai apa yang dilakukan Allah melalui kita, jikalau dilakukan de...
Nas : Rom 15:17
Tidak salah untuk berbicara dengan penuh semangat dan sukacita mengenai apa yang dilakukan Allah melalui kita, jikalau dilakukan dengan penuh kerendahan hati dan rasa bersyukur kepada Allah. Bermegah jangan dilakukan karena jumlah hasil saja, tetapi tentang pelayanan yang menghasilkan ketaatan iman dalam ucapan dan kelakuan dalam orang, dan berasal dari pekerjaan dan penyataan sejati dari kuasa Roh (ayat Rom 15:18-19).
![](images/cmt_minus.gif)
Full Life: Rm 15:20 - TIDAK MELAKUKANNYA ... DI MANA NAMA KRISTUS TELAH DIKENAL ORANG.
Nas : Rom 15:20
Kebijaksanaan pelayanan Paulus berorientasi misioner. Dia telah
memutuskan untuk mengarahkan kegiatannya ke wilayah-wilayah di mana...
Nas : Rom 15:20
Kebijaksanaan pelayanan Paulus berorientasi misioner. Dia telah memutuskan untuk mengarahkan kegiatannya ke wilayah-wilayah di mana Injil belum diberitakan dengan seluas-luasnya, dengan demikian memberikan kesempatan kepada mereka yang belum mendengar untuk menerima Kristus (ayat Rom 15:21).
Jerusalem: Rm 15:15 - -- Paulus kembali seolah-olah minta maaf, karena menulis surat kepada suatu jemaat yang tidak didirikannya, bdk Rom 1:5-6,13.
Paulus kembali seolah-olah minta maaf, karena menulis surat kepada suatu jemaat yang tidak didirikannya, bdk Rom 1:5-6,13.
![](images/cmt_minus.gif)
Jerusalem: Rm 15:16 - pelayanan pemberitaan Injil Harafiah: dengan menunaikan jabatan imam. Memanglah lebih dari pada hidup Kristen pada umumnya, Rom 12:1; bdk Fili 2:17, karya kerasulan merupakan seb...
![](images/cmt_minus.gif)
Jerusalem: Rm 15:19 - dari Yerusalem sampai ke Ilirikum Ini dua ujung karya kerasulan Paulus sampai saat ditulisnya Roma. Apakah Ilirikum termasuk atau tidak termasuk masih diperdebatkan.
Ini dua ujung karya kerasulan Paulus sampai saat ditulisnya Roma. Apakah Ilirikum termasuk atau tidak termasuk masih diperdebatkan.
Ende: Rm 15:16 - Imam Indjil Paulus memandang dirinja disini sebagai bertugas melakukan
upatjara resmi untuk mempersiapkan dan mempersembahkan bangsa-bangsa penjembah
dewa-dewa se...
Paulus memandang dirinja disini sebagai bertugas melakukan upatjara resmi untuk mempersiapkan dan mempersembahkan bangsa-bangsa penjembah dewa-dewa sebagai suatu "kurban" jang berkenan pada Allah.
Dan memang dapat dikatakan kurban, sebab hidup menurut Indjil merupakan suatu pengurbanan terus-menerus kepada Allah. Paulus akan menghadapkan pengurbanan mereka kepada Allah, atau lebih baik, mereka mengurbankan diri sendiri dengan perantaraan Paulus sebagai imam.
![](images/cmt_minus.gif)
Ende: Rm 15:18 - -- Bdl. Gal 2:20: Aku hidup, tetapi bukan aku lagi jang hidup, melainkan
Kristus didalam diriku.
Bdl. Gal 2:20: Aku hidup, tetapi bukan aku lagi jang hidup, melainkan Kristus didalam diriku.
![](images/cmt_minus.gif)
Ende: Rm 15:19 - Ilirikum Disebut "Iliria", kemudian sebagai propinsi Romawi bernama
"Dalmatia", sekarang masuk Jugoslawia.
Disebut "Iliria", kemudian sebagai propinsi Romawi bernama "Dalmatia", sekarang masuk Jugoslawia.
![](images/cmt_minus.gif)
Ende: Rm 15:20-21 - -- Maksud ungkapan-ungkapan kedua ajat ini lebih djelas, kalau dibandingkan dengan
2Ko 10:13-18.
Kutipan Rom 15:21 terambil dari Yes 52:15.
Maksud ungkapan-ungkapan kedua ajat ini lebih djelas, kalau dibandingkan dengan 2Ko 10:13-18.
Ref. Silang FULL: Rm 15:14 - dengan kebaikan // segala pengetahuan · dengan kebaikan: Ef 5:9
· segala pengetahuan: 2Kor 8:7; 2Kor 8:7; 2Pet 1:12
![](images/cmt_minus.gif)
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Rm 15:16 - bukan Yahudi // Injil Allah // sebagai persembahan · bukan Yahudi: Kis 9:15; Kis 9:15
· Injil Allah: Rom 15:19; Rom 1:1; Rom 1:1
· sebagai persembahan: Yes 66:20
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Rm 15:17 - dalam Kristus // bagi Allah · dalam Kristus: Fili 3:3
· bagi Allah: Ibr 2:17
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Rm 15:18 - bangsa-bangsa lain // kepada ketaatan · bangsa-bangsa lain: Kis 15:12; 21:19; Rom 1:5
· kepada ketaatan: Rom 16:26
· bangsa-bangsa lain: Kis 15:12; 21:19; Rom 1:5
· kepada ketaatan: Rom 16:26
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Rm 15:19 - dan mujizat-mujizat // kuasa Roh // dari Yerusalem // Injil Kristus · dan mujizat-mujizat: Yoh 4:48; Yoh 4:48; Kis 19:11
· kuasa Roh: Rom 15:13; Rom 15:13
· dari Yerusalem: Kis 22:17-21
· In...
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Rm 15:20 - pemberitaan itu // atas dasar · pemberitaan itu: Rom 1:15
· atas dasar: 2Kor 10:15,16
· pemberitaan itu: Rom 1:15
· atas dasar: 2Kor 10:15,16
![](images/cmt_minus_head.gif)
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg: Rm 15:14 - -- 15:14 Saudara-saudaraku, aku sendiri memang yakin tentang kamu, bahwa kamu juga penuh dengan kebaikan dan dengan segala pengetahuan dan sanggup untuk...
15:14 Saudara-saudaraku, aku sendiri memang yakin tentang kamu, bahwa kamu juga penuh dengan kebaikan dan dengan segala pengetahuan dan sanggup untuk saling menasihati.888
Hampir ada kesan bahwa Paulus membujuk mereka dalam ayat ini, tetapi menurut Cranfield889 ini bukan bujukan tetapi kesopanan. Sebaiknya hamba Tuhan menganggap jemaat dewasa, kecuali mereka sudah menyatakan bahwa mereka kurang dewasa, seperti apa yang nampak dalam I Korintus 3:1 dan Galatia 3:1.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Rm 15:14-21 - -- A. Paulus Menulis Surat Roma Karena Dia Rasul bagi Bangsa-Bangsa Bukan Yahudi 15:14-21
Sebagai rasul bagi suku-suku bangsa, Paulus menulis kepada me...
A. Paulus Menulis Surat Roma Karena Dia Rasul bagi Bangsa-Bangsa Bukan Yahudi 15:14-21
Sebagai rasul bagi suku-suku bangsa, Paulus menulis kepada mereka dan bermegah dalam pelayanan perintisan yang dianugerahkan kepadanya.
Setelah dia menulis uraian yang lengkap kepada mereka mengenai arti teologis dari Injil, Rasul Paulus kembali pada nada yang lebih sederhana dan akrab, di mana dia berbicara kepada mereka sebagai teman yang membuka hati. Bagi Dunn,887 suasana dan pokok pasal 1:8-15 diteruskan di sini, seolah-olah seluruh pasal 1:16 sampai 15:13 ditutup dalam kurung.
Dalam bagian ini arti dari Injil Kristus (yang diuraikan di atas) diceritakan. Dia dipanggil untuk merintis pemberitaan Injil kepada suku-suku bangsa yang dahulu dalam kegelapan.
Dia menegaskan hubungannya antara dia dan mereka. Sebagai rasul bagi suku-suku bangsa, dia menulis kepada mereka, bukan karena suatu kekurangan dalam keadaan mereka. Bagian ini menjadi jembatan sehubungan dengan rencana Paulus untuk mengunjungi mereka, suatu rencana yang diceritakan dalam pasal 15:22-33.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Rm 15:14 - -- 15:14 Saudara-saudaraku, aku sendiri memang yakin tentang kamu, bahwa kamu juga penuh dengan kebaikan dan dengan segala pengetahuan dan sanggup untuk...
15:14 Saudara-saudaraku, aku sendiri memang yakin tentang kamu, bahwa kamu juga penuh dengan kebaikan dan dengan segala pengetahuan dan sanggup untuk saling menasihati.888
Hampir ada kesan bahwa Paulus membujuk mereka dalam ayat ini, tetapi menurut Cranfield889 ini bukan bujukan tetapi kesopanan. Sebaiknya hamba Tuhan menganggap jemaat dewasa, kecuali mereka sudah menyatakan bahwa mereka kurang dewasa, seperti apa yang nampak dalam I Korintus 3:1 dan Galatia 3:1.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Rm 15:14--16:27 - -- III. Penutup 15:14-16:27
Summary.
Bagian ini, yaitu pasal 15:14-16:27, merupakan penutup Surat Roma, di mana Paulus menyampaikan berita yang bersifa...
III. Penutup 15:14-16:27
Summary.
Bagian ini, yaitu pasal 15:14-16:27, merupakan penutup Surat Roma, di mana Paulus menyampaikan berita yang bersifat pribadi, salam kepada beberapa orang dan kelompok, teguran, dan salam dari beberapa orang.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Rm 15:15 - -- 15:15 Namun, saudara-saudara,890 aku di sana sini dengan agak berani telah menulis kepadamu untuk mengingatkan kamu, oleh karena kasih karunia yang t...
15:15 Namun, saudara-saudara,890 aku di sana sini dengan agak berani telah menulis kepadamu untuk mengingatkan kamu, oleh karena kasih karunia yang telah dianugerahkan Allah kepadaku,
Memang Paulus agak berani dalam bagian-bagian tertentu, tetapi dia tidak menulis Surat Roma kepada mereka karena dia pernah mendengar sesuatu yang buruk mengenai mereka, tetapi dia menulis oleh karena tugas yang diberikan kepadanya oleh Allah sendiri. Menurut Paulus, dia tidak layak untuk menerima tugas tersebut, maka tugas itu disebut kasih karunia, sama seperti apa yang dicatat dalam pasal 1:5 dan pasal 12:3.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Rm 15:15 - -- 15:15 Namun, saudara-saudara,890 aku di sana sini dengan agak berani telah menulis kepadamu untuk mengingatkan kamu, oleh karena kasih karunia yang t...
15:15 Namun, saudara-saudara,890 aku di sana sini dengan agak berani telah menulis kepadamu untuk mengingatkan kamu, oleh karena kasih karunia yang telah dianugerahkan Allah kepadaku,
Memang Paulus agak berani dalam bagian-bagian tertentu, tetapi dia tidak menulis Surat Roma kepada mereka karena dia pernah mendengar sesuatu yang buruk mengenai mereka, tetapi dia menulis oleh karena tugas yang diberikan kepadanya oleh Allah sendiri. Menurut Paulus, dia tidak layak untuk menerima tugas tersebut, maka tugas itu disebut kasih karunia, sama seperti apa yang dicatat dalam pasal 1:5 dan pasal 12:3.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Rm 15:16 - -- 15:16 yaitu supaya aku menjadi pelayan891 Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi, yang melayani Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi...
15:16 yaitu supaya aku menjadi pelayan891 Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi, yang melayani Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi menjadi persembahan yang berkenan, yang disucikan oleh Roh Kudus.
Demikian "kasih karunia" yang diberikan kepada Paulus. Dalam pasal 1:5 Paulus berkata, "Dengan perantaraanNya kami menerima kasih karunia dan jabatan rasul untuk menuntun semua bangsa supaya mereka percaya dan taat demi kepentingan namaNya." Inilah beban dan panggilan Rasul Paulus,892 suatu beban yang harus mulai dengan penginjilan, dan tidak berhenti di situ, tetapi menjangkau memuridkan suku-suku bangsa. Sama seperti seorang imam melayani supaya persembahan manusia berkenan kepada Allah, demikian juga Paulus melayani supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi menjadi persembahan yang berkenan. Dalam pasal 1:16 Paulus mengatakan bahwa "...Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani." Dia tidak menyangkal bahwa Injil harus diberitakan kepada orang Yahudi, tetapi panggilan dia sendiri adalah kepada "orang Yunani", atau, dengan kata lain, kepada suku-suku bangsa, dan bukan kepada orang Yahudi.
Rupanya Paulus memperoleh gambaran ini, di mana orang-orang bukan Yahudi digambarkan sebagai persembahan, dari Yesaya 66:20,893 tetapi gambaran yang hampir sama sudah dipakai dalam pasal 12:1. Tujuan pelayanan Rasul Paulus adalah supaya mereka di Roma, dan semua orang-orang bukan Yahudi, menjadi persembahan yang sangat berkenan kepada Allah. Sesuai dengan pemakaian kata ini dalam pasal 12:1, istilah ini menunjukkan lebih dari sekedar pembenaran, tetapi kehidupan, tingkah laku dan hati, yang suci. Maka Injil Allah membawa "keselamatan" supaya kita yang sudah dibenarkan dapat mengatasi kuasa dosa dan menjadi semakin suci.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Rm 15:16 - -- 15:16 yaitu supaya aku menjadi pelayan891 Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi, yang melayani Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi...
15:16 yaitu supaya aku menjadi pelayan891 Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi, yang melayani Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi menjadi persembahan yang berkenan, yang disucikan oleh Roh Kudus.
Demikian "kasih karunia" yang diberikan kepada Paulus. Dalam pasal 1:5 Paulus berkata, "Dengan perantaraanNya kami menerima kasih karunia dan jabatan rasul untuk menuntun semua bangsa supaya mereka percaya dan taat demi kepentingan namaNya." Inilah beban dan panggilan Rasul Paulus,892 suatu beban yang harus mulai dengan penginjilan, dan tidak berhenti di situ, tetapi menjangkau memuridkan suku-suku bangsa. Sama seperti seorang imam melayani supaya persembahan manusia berkenan kepada Allah, demikian juga Paulus melayani supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi menjadi persembahan yang berkenan. Dalam pasal 1:16 Paulus mengatakan bahwa "...Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani." Dia tidak menyangkal bahwa Injil harus diberitakan kepada orang Yahudi, tetapi panggilan dia sendiri adalah kepada "orang Yunani", atau, dengan kata lain, kepada suku-suku bangsa, dan bukan kepada orang Yahudi.
Rupanya Paulus memperoleh gambaran ini, di mana orang-orang bukan Yahudi digambarkan sebagai persembahan, dari Yesaya 66:20,893 tetapi gambaran yang hampir sama sudah dipakai dalam pasal 12:1. Tujuan pelayanan Rasul Paulus adalah supaya mereka di Roma, dan semua orang-orang bukan Yahudi, menjadi persembahan yang sangat berkenan kepada Allah. Sesuai dengan pemakaian kata ini dalam pasal 12:1, istilah ini menunjukkan lebih dari sekedar pembenaran, tetapi kehidupan, tingkah laku dan hati, yang suci. Maka Injil Allah membawa "keselamatan" supaya kita yang sudah dibenarkan dapat mengatasi kuasa dosa dan menjadi semakin suci.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Rm 15:17 - -- 15:17 Maka aku mempunyai kemegahan894 dalam Kristus Yesus tentang pelayananku895 bagi Allah.
Dalam II Korintus 1:12-14; 7:4, 14; 8:24; 10:13-18; dan ...
15:17 Maka aku mempunyai kemegahan894 dalam Kristus Yesus tentang pelayananku895 bagi Allah.
Dalam II Korintus 1:12-14; 7:4, 14; 8:24; 10:13-18; dan I Tesalonika 2:19896 Paulus bermegah atas pelayanannya. Memang dia bangga sekali bahwa pelayanan seperti itu dipercayakan kepada dia, tetapi batas kebanggaannya disebut dalam ayat yang berikut.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Rm 15:17 - -- 15:17 Maka aku mempunyai kemegahan894 dalam Kristus Yesus tentang pelayananku895 bagi Allah.
Dalam II Korintus 1:12-14; 7:4, 14; 8:24; 10:13-18; dan ...
15:17 Maka aku mempunyai kemegahan894 dalam Kristus Yesus tentang pelayananku895 bagi Allah.
Dalam II Korintus 1:12-14; 7:4, 14; 8:24; 10:13-18; dan I Tesalonika 2:19896 Paulus bermegah atas pelayanannya. Memang dia bangga sekali bahwa pelayanan seperti itu dipercayakan kepada dia, tetapi batas kebanggaannya disebut dalam ayat yang berikut.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Rm 15:18 - -- 15:18 Sebab aku tidak akan berani berkata-kata tentang sesuatu yang lain, kecuali tentang apa yang telah dikerjakan Kristus olehku, yaitu untuk memim...
15:18 Sebab aku tidak akan berani berkata-kata tentang sesuatu yang lain, kecuali tentang apa yang telah dikerjakan Kristus olehku, yaitu untuk memimpin bangsa-bangsa lain kepada ketaatan,897 oleh perkataan dan perbuatan,
Dalam pasal 15:15 pelayanan Paulus disebut "kasih karunia", dan dalam pasal 15:17 dia berkata bahwa kemegahannya ada "dalam Kristus Yesus". Dalam nats ini dia menegaskan bahwa dia hanya merupakan sebuah alat di tangan Tuhan Yesus, karena yang menjadi kebanggaannya dikerjakan Kristus melalui, atau oleh dia. Mungkinkah Rasul Paulus pernah mendengar orang yang bermegah karena pelayanannya di mana ada kesan bahwa orang itu memuji dirinya secara tidak langsung? Paulus tidak memberi kesan itu.898
Dalam II Korintus 10:13-17 Rasul Paulus menulis nats yang mirip dengan nats ini, karena di situ ada kemegahan dengan batasan yang jelas, ada penjelasan bahwa dia tidak mau memberitakan Injil di tempat orang lain, dan ada harapan bahwa di kemudian hari dia dapat memberitakan Injil di tempat yang lebih jauh lagi.
...oleh perkataan dan perbuatan,
Keseimbangan yang layak antara perkataan dan perbuatan seorang hamba Tuhan diceritakan dalam I Tesalonika 2:7-12.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Rm 15:18 - -- 15:18 Sebab aku tidak akan berani berkata-kata tentang sesuatu yang lain, kecuali tentang apa yang telah dikerjakan Kristus olehku, yaitu untuk memim...
15:18 Sebab aku tidak akan berani berkata-kata tentang sesuatu yang lain, kecuali tentang apa yang telah dikerjakan Kristus olehku, yaitu untuk memimpin bangsa-bangsa lain kepada ketaatan,897 oleh perkataan dan perbuatan,
Dalam pasal 15:15 pelayanan Paulus disebut "kasih karunia", dan dalam pasal 15:17 dia berkata bahwa kemegahannya ada "dalam Kristus Yesus". Dalam nats ini dia menegaskan bahwa dia hanya merupakan sebuah alat di tangan Tuhan Yesus, karena yang menjadi kebanggaannya dikerjakan Kristus melalui, atau oleh dia. Mungkinkah Rasul Paulus pernah mendengar orang yang bermegah karena pelayanannya di mana ada kesan bahwa orang itu memuji dirinya secara tidak langsung? Paulus tidak memberi kesan itu.898
Dalam II Korintus 10:13-17 Rasul Paulus menulis nats yang mirip dengan nats ini, karena di situ ada kemegahan dengan batasan yang jelas, ada penjelasan bahwa dia tidak mau memberitakan Injil di tempat orang lain, dan ada harapan bahwa di kemudian hari dia dapat memberitakan Injil di tempat yang lebih jauh lagi.
...oleh perkataan dan perbuatan,
Keseimbangan yang layak antara perkataan dan perbuatan seorang hamba Tuhan diceritakan dalam I Tesalonika 2:7-12.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Rm 15:19 - -- 15:19 dengan kuasa tanda-tanda dan mujizat-mujizat899 dan dengan kuasa Roh, sehingga dari Yerusalem keliling sampai Ilirikum900 aku telah memberitak...
15:19 dengan kuasa tanda-tanda dan mujizat-mujizat899 dan dengan kuasa Roh, sehingga dari Yerusalem keliling sampai Ilirikum900 aku telah memberitakan sepenuhnya Injil Kristus.901
Memang pelayanan pemberitaan Injil disertai dengan keajaiban-keajaiban, tetapi keajaiban itu tidak menjadi bukti bahwa Paulus mempunyai dasar untuk memegahkan dirinya. Adanya tanda-tanda dan mujizat-mujizat menyatakan bahwa segala yang dia hasilkan memang "dikerjakan Kristus", dan merupakan "kasih karunia".
...aku telah memberitakan sepenuhnya Injil Kristus.
Maksud dari kata memberitakan sepenuhnya Injil Kristus menjadi jelas dalam empat ayat yang berikut. Tidak ada ruangan lagi bagi dia dalam wilayah itu, karena panggilan dia adalah panggilan pada perintisan Injil Kristus. Paulus "menanam, Apolos menyiram..." (I Korintus 3:6). Dia tidak dipanggil untuk menyelesaikan penginjilan di suatu daerah, sehingga semua penghuni sudah mantap dalam Kristus, tetapi dia dipanggil untuk merintis di kota-kota besar yang kemudian harus menjadi basis penjangkauan wilayah itu. Menurut panggilan yang spesifik itu, dia sudah memberitakan sepenuhnya Injil Kristus. Jemaat yang sudah dirintis harus diserahkan kepada penatua-penatua di setiap tempat (seperti dalam Titus 1:5). Jemaat-jemaat baru bertanggung jawab untuk menjangkau daerah di sekitar mereka (KPR 19:10; II Korintus 1:1; dan I Tesalonika 1:8) dan Paulus sendiri meneruskan perjalanannya ke wilayah yang belum dirintis orang. Dengan pengertian itu, dalam seluruh wilayah dari Yerusalem sampai ke perbatasan Ilirikum Injil Yesus Kristus sudah diberitakan sepenuhnya.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Rm 15:19 - -- 15:19 dengan kuasa tanda-tanda dan mujizat-mujizat899 dan dengan kuasa Roh, sehingga dari Yerusalem keliling sampai Ilirikum900 aku telah memberitak...
15:19 dengan kuasa tanda-tanda dan mujizat-mujizat899 dan dengan kuasa Roh, sehingga dari Yerusalem keliling sampai Ilirikum900 aku telah memberitakan sepenuhnya Injil Kristus.901
Memang pelayanan pemberitaan Injil disertai dengan keajaiban-keajaiban, tetapi keajaiban itu tidak menjadi bukti bahwa Paulus mempunyai dasar untuk memegahkan dirinya. Adanya tanda-tanda dan mujizat-mujizat menyatakan bahwa segala yang dia hasilkan memang "dikerjakan Kristus", dan merupakan "kasih karunia".
...aku telah memberitakan sepenuhnya Injil Kristus.
Maksud dari kata memberitakan sepenuhnya Injil Kristus menjadi jelas dalam empat ayat yang berikut. Tidak ada ruangan lagi bagi dia dalam wilayah itu, karena panggilan dia adalah panggilan pada perintisan Injil Kristus. Paulus "menanam, Apolos menyiram..." (I Korintus 3:6). Dia tidak dipanggil untuk menyelesaikan penginjilan di suatu daerah, sehingga semua penghuni sudah mantap dalam Kristus, tetapi dia dipanggil untuk merintis di kota-kota besar yang kemudian harus menjadi basis penjangkauan wilayah itu. Menurut panggilan yang spesifik itu, dia sudah memberitakan sepenuhnya Injil Kristus. Jemaat yang sudah dirintis harus diserahkan kepada penatua-penatua di setiap tempat (seperti dalam Titus 1:5). Jemaat-jemaat baru bertanggung jawab untuk menjangkau daerah di sekitar mereka (KPR 19:10; II Korintus 1:1; dan I Tesalonika 1:8) dan Paulus sendiri meneruskan perjalanannya ke wilayah yang belum dirintis orang. Dengan pengertian itu, dalam seluruh wilayah dari Yerusalem sampai ke perbatasan Ilirikum Injil Yesus Kristus sudah diberitakan sepenuhnya.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Rm 15:20 - -- 15:20 Demikianlah aku mencita-citakan902 untuk memberitakan Injil bukan di mana nama Kristus telah disebut,903 supaya jangan atas dasar orang lain ak...
15:20 Demikianlah aku mencita-citakan902 untuk memberitakan Injil bukan di mana nama Kristus telah disebut,903 supaya jangan atas dasar orang lain aku membangun,
Dalam pasal 15:19 Paulus berkata bahwa dia "telah memberitakan sepenuhnya Injil Kristus" di seluruh wilayah itu, tetapi pernyataan ini tidak berarti bahwa pekerjaan Tuhan sudah selesai di wilayah tersebut. Paulus hanya menjelaskan bahwa bagi dia, oleh karena panggilan dan cita-cita dia, pelayanannya sudah selesai, dan dia siap maju ke arah barat.
...bukan di mana nama Kristus telah disebut...
Kalau nama Allah atau dewa disebut, maka Allah atau dewa itu dipanggil untuk menolong orang itu. Jadi Paulus "mencita-citakan untuk memberitakan Injil" di tempat di mana Kristus belum disembah. Tidak ada kesan di sini bahwa dia berkeberatan pergi memberitakan Injil di tempat di mana nama Kristus sudah disebut oleh orang yang belum mengenal Kristus. Juga, pernyataan ini tidak merupakan peraturan tetapi beban dan panggilan. Paulus mau pergi ke Roma untuk menguatkan mereka, tetapi setelah ke sana, dia mencita-cita untuk meneruskan perjalanan ke Spanyol.
Urutan kata ini menekankan istilah bukan, mungkin karena ada orang lain yang suka membuntuti dia dan "melayani" atau merusak jemaat yang baru didirikan oleh Paulus.904
...supaya jangan atas dasar orang lain aku membangun,
Dalam I Korintus 3:10-12 dan Efesus 2:20 gambaran ini dikembangkan, dan dalam II Korintus 10:15-16 Paulus menegaskan ciri khas cita-cita yang disebut di sini.
Dalam pasal 12:3-6 di atas Paulus sudah menulis, "...janganlah kamu menganggap dirimu sendiri lebih tinggi dari pada yang patut kamu anggap, tetapi anggaplah dirimu secara yang bersikap sedang,905 sebagaimana Allah telah membagi ukuran iman kepada kamu masing-masing. Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama, demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; dan kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain. Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita: jika karunia kita adalah untuk bernubuat maka kita melakukannya seukur dengan iman kita." Kita dapat menambah, "jika karunia kita adalah untuk merintis jemaat baru di tempat yang belum dijangkau maka kita melakukannya seukur dengan iman kita." Ternyata iman Rasul Paulus cukup kuat dan besar, sehingga dia mengimani perintisan pendirian jemaat Kristus di Spanyol.
Rasul Paulus mengetahui panggilannya, dan dia mengerti secara persis apa yang harus dia kerjakan bagi Tuhan, sehingga waktunya tidak tersita oleh pekerjaan dan tugas yang lain. Ini tidak berarti bahwa kita semua harus pergi melakukan apa yang dia lakukan, tetapi kita harus berjuang supaya kita dapat memperoleh pengertian mengenai panggilan dan tugas kita masing-masing. Kalau pengertian tersebut sudah diperoleh, maka kita harus menjaga waktu dan tenaga kita untuk menggenapi panggilan kita masing-masing, walaupun ada keluhan dari "Roma" bahwa kita tidak ada waktu untuk mengujungi mereka.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Rm 15:20 - -- 15:20 Demikianlah aku mencita-citakan902 untuk memberitakan Injil bukan di mana nama Kristus telah disebut,903 supaya jangan atas dasar orang lain ak...
15:20 Demikianlah aku mencita-citakan902 untuk memberitakan Injil bukan di mana nama Kristus telah disebut,903 supaya jangan atas dasar orang lain aku membangun,
Dalam pasal 15:19 Paulus berkata bahwa dia "telah memberitakan sepenuhnya Injil Kristus" di seluruh wilayah itu, tetapi pernyataan ini tidak berarti bahwa pekerjaan Tuhan sudah selesai di wilayah tersebut. Paulus hanya menjelaskan bahwa bagi dia, oleh karena panggilan dan cita-cita dia, pelayanannya sudah selesai, dan dia siap maju ke arah barat.
...bukan di mana nama Kristus telah disebut...
Kalau nama Allah atau dewa disebut, maka Allah atau dewa itu dipanggil untuk menolong orang itu. Jadi Paulus "mencita-citakan untuk memberitakan Injil" di tempat di mana Kristus belum disembah. Tidak ada kesan di sini bahwa dia berkeberatan pergi memberitakan Injil di tempat di mana nama Kristus sudah disebut oleh orang yang belum mengenal Kristus. Juga, pernyataan ini tidak merupakan peraturan tetapi beban dan panggilan. Paulus mau pergi ke Roma untuk menguatkan mereka, tetapi setelah ke sana, dia mencita-cita untuk meneruskan perjalanan ke Spanyol.
Urutan kata ini menekankan istilah bukan, mungkin karena ada orang lain yang suka membuntuti dia dan "melayani" atau merusak jemaat yang baru didirikan oleh Paulus.904
...supaya jangan atas dasar orang lain aku membangun,
Dalam I Korintus 3:10-12 dan Efesus 2:20 gambaran ini dikembangkan, dan dalam II Korintus 10:15-16 Paulus menegaskan ciri khas cita-cita yang disebut di sini.
Dalam pasal 12:3-6 di atas Paulus sudah menulis, "...janganlah kamu menganggap dirimu sendiri lebih tinggi dari pada yang patut kamu anggap, tetapi anggaplah dirimu secara yang bersikap sedang,905 sebagaimana Allah telah membagi ukuran iman kepada kamu masing-masing. Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama, demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; dan kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain. Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita: jika karunia kita adalah untuk bernubuat maka kita melakukannya seukur dengan iman kita." Kita dapat menambah, "jika karunia kita adalah untuk merintis jemaat baru di tempat yang belum dijangkau maka kita melakukannya seukur dengan iman kita." Ternyata iman Rasul Paulus cukup kuat dan besar, sehingga dia mengimani perintisan pendirian jemaat Kristus di Spanyol.
Rasul Paulus mengetahui panggilannya, dan dia mengerti secara persis apa yang harus dia kerjakan bagi Tuhan, sehingga waktunya tidak tersita oleh pekerjaan dan tugas yang lain. Ini tidak berarti bahwa kita semua harus pergi melakukan apa yang dia lakukan, tetapi kita harus berjuang supaya kita dapat memperoleh pengertian mengenai panggilan dan tugas kita masing-masing. Kalau pengertian tersebut sudah diperoleh, maka kita harus menjaga waktu dan tenaga kita untuk menggenapi panggilan kita masing-masing, walaupun ada keluhan dari "Roma" bahwa kita tidak ada waktu untuk mengujungi mereka.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Rm 15:21 - -- 15:21 tetapi sesuai dengan yang ada tertulis:
"Mereka, yang belum pernah menerima berita tentang Dia, akan melihat Dia,
dan mereka, yang tidak pernah...
15:21 tetapi sesuai dengan yang ada tertulis:
"Mereka, yang belum pernah menerima berita tentang Dia, akan melihat Dia,
dan mereka, yang tidak pernah mendengarnya, akan mengertinya."906
Sesuai dengna polanya, Paulus menutup tema panggilannya dengaan mengutip dari Perjanjian Lama. Menurut ayat ini, penggenapan Yesaya 52:15 diteruskan oleh pelayaan Rasul Paulus di mana dia memberitakan Injil kepada orang yang belum mengenal Kristus. Bagi Rasul Paulus, pendirian jemaat yang bersifat perintisan merupakan suatu kehormatan yang begitu besar, sehingga seluruh hidupnya terikat pada perintisan tersebut.
Sebenarnya kita tidak dapat menentukan apakah beban hati Rasul Paulus lahir dari Yesaya 52:13-53:12, diteguhkan dari situ, atau hanya diringkas di situ, tetapi sungguh jelas bahwa nubuatan Perjanjian Lama yang sedemikian indah dapat menggerakkan orang untuk meningkatkan penyerahan.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Rm 15:21 - -- 15:21 tetapi sesuai dengan yang ada tertulis:
"Mereka, yang belum pernah menerima berita tentang Dia, akan melihat Dia,
dan mereka, yang tidak pernah...
15:21 tetapi sesuai dengan yang ada tertulis:
"Mereka, yang belum pernah menerima berita tentang Dia, akan melihat Dia,
dan mereka, yang tidak pernah mendengarnya, akan mengertinya."906
Sesuai dengna polanya, Paulus menutup tema panggilannya dengaan mengutip dari Perjanjian Lama. Menurut ayat ini, penggenapan Yesaya 52:15 diteruskan oleh pelayaan Rasul Paulus di mana dia memberitakan Injil kepada orang yang belum mengenal Kristus. Bagi Rasul Paulus, pendirian jemaat yang bersifat perintisan merupakan suatu kehormatan yang begitu besar, sehingga seluruh hidupnya terikat pada perintisan tersebut.
Sebenarnya kita tidak dapat menentukan apakah beban hati Rasul Paulus lahir dari Yesaya 52:13-53:12, diteguhkan dari situ, atau hanya diringkas di situ, tetapi sungguh jelas bahwa nubuatan Perjanjian Lama yang sedemikian indah dapat menggerakkan orang untuk meningkatkan penyerahan.
![](images/cmt_minus_head.gif)
buka semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry -> Rm 15:14-16; Rm 15:17-21
Matthew Henry: Rm 15:14-16 - Paulus Memuji Saudara-saudara Paulus Memuji Saudara-saudara (Roma 15:14-16)
Dalam perikop di atas,
I. Paulus memuji orang-orang Kristen di Roma ini sebagai memiliki tabi...
![](images/cmt_minus.gif)
Matthew Henry: Rm 15:17-21 - Jerih Payah Rasul Paulus Jerih Payah Rasul Paulus (Roma 15:17-21)
Dalam perikop ini Rasul Paulus memberikan sedikit banyak penjelasan tentang dirinya sendiri dan masalah-m...
SH: Rm 15:14-21 - Dasar dan buah Pelayanan Paulus. (Minggu, 02 Agustus 1998) Dasar dan buah Pelayanan Paulus.
Tanpa segan atau ragu Paulus memuji kelebihan dan keistimewaan Jemaat Roma. Mereka penuh dengan segala kebaikan, mem...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Rm 15:14-24 - Hak dan kewajiban (Sabtu, 2 September 2006) Hak dan kewajiban
Mungkin ada jemaat Roma yang mempersoalkan surat Paulus, dengan nada
kurang simpatik, "Mengapa Paulus begitu nyinyir dalam sur...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Rm 15:14-21 - Tidak radikal, tidak berdaya jangkau! (Rabu, 28 April 2010) Tidak radikal, tidak berdaya jangkau!
Apa-apaan Paulus ini? Sampai dua pasal membicarakan pentingnya sikap
tidak menghakimi agar tidak menjadika...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Rm 15:14-21 - Fokus dan fokus (Kamis, 11 April 2013) Fokus dan fokus
Dari Yerusalem sampai ke Ilirikum, Injil Kristus (19) telah diberitakan oleh Rasul Paulus. Pemberitaan ini merupakan hasil pemahaman ...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Rm 15:14-21 - Alasan Paulus Menulis Suratnya (Senin, 21 November 2016) Alasan Paulus Menulis Suratnya
Hingga kini masih banyak orang yang salah mengerti alasan Paulus menulis surat Roma. Surat yang satu ini merupakan sal...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Rm 15:14-21 - Hak yang Sama (Rabu, 20 Juli 2022) Hak yang Sama
Paulus adalah salah seorang rasul Allah yang giat memberitakan Injil. Fokus pelayanannya adalah untuk memberitakan Injil kepada bangsa-...
Utley -> Rm 15:14-21
Utley: Rm 15:14-21 - --NASKAH NASB (UPDATED): Rom 15:14-2114 Saudara-saudaraku, aku sendiri memang yakin tentang kamu, bahwa kamu juga telah penuh dengan kebaikan dan dengan...
Topik Teologia: Rm 15:14 - -- Roh Kudus
Roh Kudus dalam Diri Orang-orang Percaya
Buah Roh
Kebaikan
Gal 5:22 Maz 23:6 Rom 8:28 Rom 15:14 Efe 5:8-9 I...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Rm 15:15 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam
Tanggung Jawab Terhadap Sesama
Tugas Terhadap Orang Lain Pada Umumnya atau Terh...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Rm 15:16 - -- Allah yang Berpribadi
Allah sebagai Tritunggal
Ketritunggalan Allah
Tritunggal dalam Pengajaran Perjanjian Baru
Mat 3...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Rm 15:17 - -- Yesus Kristus
Keilahian Kristus
Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus
Yesus Disejajarkan dengan Allah
Kita Dimuliak...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Rm 15:18 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah
Pemeliharaan Allah
Mujizat-mujizat sebagai Pemeliharaan Khusus dari Allah
Tujuan Mujizat-mujizat Itu
...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Rm 15:19 - -- Roh Kudus
Sifat Ilahi Roh Kudus
Pekerjaan-Pekerjaan Allah
Pemeliharaan Allah
Mujizat-mujizat sebagai Pemeliharaan Khusus dari Alla...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Rm 15:20 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam
Tanggung Jawab Terhadap Sesama
Tugas Terhadap Orang Lain Pada Umumnya atau Terh...
TFTWMS -> Rm 15:14-33; Rm 15:14-21
TFTWMS: Rm 15:14-33 - Pelayanan Paulus Kepada Bangsa-bangsa Lain PELAYANAN PAULUS KEPADA BANGSA-BANGSA LAIN (Roma 15:14-33)
Komentar tentang 15:1-13 menuntaskan pelajaran kita tentang isi surat Paulus kepada jemaat...
![](images/cmt_minus.gif)