Teks -- Yohanes 17:22-26 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Yoh 17:22
Full Life: Yoh 17:22 - KEMULIAAN, YANG ENGKAU BERIKAN KEPADA-KU.
Nas : Yoh 17:22
"Kemuliaan" Kristus adalah kehidupan-Nya yang merupakan pelayanan
yang mengorbankan diri dan kematian di kayu salib untuk menebus u...
Nas : Yoh 17:22
"Kemuliaan" Kristus adalah kehidupan-Nya yang merupakan pelayanan yang mengorbankan diri dan kematian di kayu salib untuk menebus umat manusia. Demikian pula "kemuliaan" para pengikut-Nya adalah mengikuti jalan pelayanan yang rendah hati dan memikul salib (bd.
lihat cat. --> Luk 9:23).
[atau ref. Luk 9:23]
Kerendahan hati, penyangkalan diri, dan kesediaan untuk menderita bagi Kristus akan memastikan persatuan sejati orang percaya dan akan membawa kepada kemuliaan sejati
(lihat art. KEMULIAAN ALLAH).
Jerusalem: Yoh 13:2--17:26 - -- Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang...
Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang diucapkan Yesus dalam bab 13-17. Sebagaimana disajikan oleh Yohanes wejangan-wejangan itu mempersatukan berbagai wejangan yang disampaikan Yesus pada waktu yang berbeda-beda.Bab 16 adalah majemuk sekali dan agaknya hanya dalam bentuk lain menyajikan sekali lagi apa yang dikatakan Yesus dalam bab 14. Wejangan-wejangan itu oleh Yohanes ditempatkan di sini, yakni pada saat Yesus beralih dari hidup di dunia ke hidup sorgawiNya, dengan maksud menyingkapkan makna hidup Yesus yang terdalam.
Jerusalem: Yoh 17:1-26 - -- Inilah doa agung Juruselamat yang pada saat korbanNya mempersembahkan diriNya dan mendoakan semua manusia.
Inilah doa agung Juruselamat yang pada saat korbanNya mempersembahkan diriNya dan mendoakan semua manusia.
Jerusalem: Yoh 17:20-26 - -- Akhirnya Yesus mendoakan Gereja orang-orang yang percaya, yang dikumpulkan melalui kesaksian para rasul, Yoh 3:11+; Yoh 15:27; bdk Rom 1:1+. Maksud do...
Var: Aku mengasihi mereka.
Ende -> Yoh 17:22
Ende: Yoh 17:22 - Kemuliaan disini tentu berarti pernjataan Allah tentang DiriNja, jang
disampaikan Jesus kepada para muridnja. Bdl. Yoh 17:6,11,26 (nama
Allah) dan Yoh 17:6,8,14...
disini tentu berarti pernjataan Allah tentang DiriNja, jang disampaikan Jesus kepada para muridnja. Bdl. Yoh 17:6,11,26 (nama Allah) dan Yoh 17:6,8,14 mengenai Sabda Allah. Djadi persatuan jang dimaksudkan disini ialah persatuan dalam kepertjajaan.
Ref. Silang FULL: Yoh 17:22 - berikan kepada-Ku // adalah satu · berikan kepada-Ku: Yoh 1:14
· adalah satu: Yoh 14:20; Yoh 14:20
Ref. Silang FULL: Yoh 17:23 - mengutus Aku // mengasihi mereka · mengutus Aku: Yoh 17:3,8,18,21,25; Yoh 3:17; Yoh 3:17
· mengasihi mereka: Yoh 16:27
· mengutus Aku: Yoh 17:3,8,18,21,25; Yoh 3:17; [Lihat FULL. Yoh 3:17]
· mengasihi mereka: Yoh 16:27
Ref. Silang FULL: Yoh 17:24 - Aku berada // berikan kepada-Ku // memandang kemuliaan-Ku // dunia dijadikan · Aku berada: Yoh 12:26; Yoh 12:26
· berikan kepada-Ku: Yoh 17:2; Yoh 17:2
· memandang kemuliaan-Ku: Yoh 1:14
· dunia dija...
Ref. Silang FULL: Yoh 17:25 - mengenal Engkau // mengutus Aku · mengenal Engkau: Yoh 15:21; 16:3
· mengutus Aku: Yoh 17:3,8,18,21,23; Yoh 3:17; Yoh 3:17; Yoh 16:27
· mengenal Engkau: Yoh 15:21; 16:3
· mengutus Aku: Yoh 17:3,8,18,21,23; Yoh 3:17; [Lihat FULL. Yoh 3:17]; Yoh 16:27
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg -> Yoh 17:22; Yoh 17:20-23; Yoh 17:22; Yoh 17:1-26; Yoh 13:1--20:31; Yoh 17:23; Yoh 17:23; Yoh 17:24; Yoh 17:24-26; Yoh 17:24; Yoh 17:25; Yoh 17:25; Yoh 17:26; Yoh 17:26
Hagelberg: Yoh 17:22 - -- 17:22 Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu:
Menu...
17:22 Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu:
Menurut Morris,1193 kemuliaan yang dimaksudkan adalah kemuliaan yang terdapat dalam kerendahhatian dan ketaatan pada panggilan, yaitu panggilan Tuhan Yesus pada kayu salib, dan panggilan kita masing-masing pada tugas yang diberikan kepada kita masing-masing oleh Tuhan kita. Jika mereka setia pada panggilan masing-masing, yaitu panggilan supaya melayani sesuai dengan kehendak Allah dalam segala kerendahhatian, maka mereka berhasil menjadi satu.
Demikian juga Barrett1194 menegaskan bahwa kemuliaan yang diterima oleh mereka harus diterima melalui iman dalam kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus, dan mereka menyatakan kemulian itu melalui kerendahhatian dan penderitaan.
Hagelberg: Yoh 17:20-23 - -- 3. Yesus mendoakan semua yang akan percaya (17:20-23)
Visi Tuhan Yesus untuk menjangkau seluruh dunia sudah nyata dalam beberapa nas yang lain (misaln...
3. Yesus mendoakan semua yang akan percaya (17:20-23)
Visi Tuhan Yesus untuk menjangkau seluruh dunia sudah nyata dalam beberapa nas yang lain (misalnya pasal 10:16; 11:52; dan 12:20-26) didukung oleh nas ini. Dia mendoakan semua kita yang percaya oleh karena pemberitaan murid-murid yang semula, suatu pemberitaan yang masa kini diberitakan ulang di setiap negara.
Hagelberg: Yoh 17:22 - -- 17:22 Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu:
Menu...
17:22 Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu:
Menurut Morris,1193 kemuliaan yang dimaksudkan adalah kemuliaan yang terdapat dalam kerendahhatian dan ketaatan pada panggilan, yaitu panggilan Tuhan Yesus pada kayu salib, dan panggilan kita masing-masing pada tugas yang diberikan kepada kita masing-masing oleh Tuhan kita. Jika mereka setia pada panggilan masing-masing, yaitu panggilan supaya melayani sesuai dengan kehendak Allah dalam segala kerendahhatian, maka mereka berhasil menjadi satu.
Demikian juga Barrett1194 menegaskan bahwa kemuliaan yang diterima oleh mereka harus diterima melalui iman dalam kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus, dan mereka menyatakan kemulian itu melalui kerendahhatian dan penderitaan.
Hagelberg: Yoh 17:1-26 - -- D. Doa Yesus (17:1-26)
Sejak abad keenambelas, doa ini disebutkan "Doa Tuhan Yesus sebagai Imam Besar", namun juga dapat dijuluki "Doa Penyerahan" ata...
D. Doa Yesus (17:1-26)
Sejak abad keenambelas, doa ini disebutkan "Doa Tuhan Yesus sebagai Imam Besar", namun juga dapat dijuluki "Doa Penyerahan" atau "Doa Kemenangan". Morris1149 menekankan suasana kemenangan yang ditekankan dalam doa ini. Tuhan Yesus menang, karena Dia berhasil melakukan tugas yang ditetapkan bagi Dia oleh Allah Bapa.
Pesan perpisahan dapat disertai dengan doa, seperti dalam Kejadian 49, sehingga doa ini tidak boleh dipisahkan dari konteks salib. Tuhan Yesus telah mengajar dan menghiburkan murid-murid-Nya. Melalui doa ini Dia juga meneguhkan iman mereka.
Pasal ini merupakan doa Tuhan Yesus yang Dia sungguh doakan kepada Bapa-Nya, namun unsur ajaran1150 terlihat dalam ayat 13, yang berbunyi, "Tetapi sekarang, Aku datang kepada-Mu dan Aku mengatakan semuanya ini sementara Aku masih ada di dalam dunia, supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka". Unsur ajaran juga terlihat dalam doa-Nya yang tercantum dalam pasal 11:42, yaitu doa Tuhan Yesus di kubur Lazarus: "Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku."
Injil Yohanes hanya menceritakan isi tiga doa Tuhan Yesus,1151 tetapi doa-Nya di Taman Getsemani tidak dicatat dalam Injil Yohanes. Doa ini dapat dibandingkan dengan doa Tuhan Yesus di Taman Getsemani. Dua doa tersebut saling mengisi. Dalam Yohanes pasal 17 Tuhan Yesus lebih memikirkan pekerjaan-Nya seperti yang diperintahkan oleh Bapa-Nya, dan keadaan murid-murid-Nya yang Dia serahankan ke dalam perlindungan Bapa-Nya.
Hagelberg: Yoh 13:1--20:31 - -- IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah b...
IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah berakhir. Dia meninggalkan orang banyak, dan Dia memperhatikan murid-murid-Nya. Tema kematian-Nya semakin jelas dalam perkataan-Nya kepada mereka.
Hagelberg: Yoh 17:23 - -- 17:23 Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa...
17:23 Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.
Kesatuan mereka dengan Tuhan Yesus (Aku di dalam mereka) dan kesatuan antara Tuhan Yesus dan Allah Bapa (Engkau di dalam Aku) memungkin kesatuan umat Allah (mereka sempurna menjadi satu). Tersirat dalam kesatuan antara Tuhan Yesus dan Allah Bapa adalah bahwa Dia berhasil di kayu salib, yaitu tugas yang diberikan kepada-Nya oleh Allah Bapa.
Kesatuan yang sempurna itu menghasilkan keyakinan di hati orang yang belum percaya, yaitu dunia, bahwa Allah mengutus Tuhan Yesus, seperti apa yang sudah dikatakan dalam ayat 21. Namun lebih dari itu, dunia dapat mengetahui bahwa Allah Bapa mengasihi mereka, sama seperti Dia mengasihi Tuhan Yesus! Alangkah indahnya jika kita sendiri mengetahui bahwa Allah Bapa mengasihi kita, sama seperti Dia mengasihi Tuhan Yesus, lebih-lebih jika dunia dapat mengetahuinya!
Hagelberg: Yoh 17:23 - -- 17:23 Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa...
17:23 Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.
Kesatuan mereka dengan Tuhan Yesus (Aku di dalam mereka) dan kesatuan antara Tuhan Yesus dan Allah Bapa (Engkau di dalam Aku) memungkin kesatuan umat Allah (mereka sempurna menjadi satu). Tersirat dalam kesatuan antara Tuhan Yesus dan Allah Bapa adalah bahwa Dia berhasil di kayu salib, yaitu tugas yang diberikan kepada-Nya oleh Allah Bapa.
Kesatuan yang sempurna itu menghasilkan keyakinan di hati orang yang belum percaya, yaitu dunia, bahwa Allah mengutus Tuhan Yesus, seperti apa yang sudah dikatakan dalam ayat 21. Namun lebih dari itu, dunia dapat mengetahui bahwa Allah Bapa mengasihi mereka, sama seperti Dia mengasihi Tuhan Yesus! Alangkah indahnya jika kita sendiri mengetahui bahwa Allah Bapa mengasihi kita, sama seperti Dia mengasihi Tuhan Yesus, lebih-lebih jika dunia dapat mengetahuinya!
Hagelberg: Yoh 17:24 - -- 17:24 Ya Bapa, Aku mau supaya, di manapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku,1195 agar...
17:24 Ya Bapa, Aku mau supaya, di manapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku,1195 agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan.1196
Dia rindu supaya misi mereka berhasil, karena Dia rindu supaya setiap orang yang telah diberikan kepada-Nya oleh Allah Bapa, yaitu setiap orang yang akan percaya dan selamat, dapat menyaksikan - bahkan menikmati - kemuliaan-Nya. Dia berkehendak supaya sebanyak mungkin orang dapat berada di sana, namun ada syarat, yaitu bahwa setiap mereka harus "dikuduskan dalam kebenaran", sesuai dengan ayat 17-19. Begitu bangga Dia, bahwa Allah Bapa mengasihi Dia, maka Dia hendak mencanangkan kasih Allah bagi Dia yang telah Dia nikmati sejak sebelum dunia dijadikan. Demikianlah kerinduan dan pengharapan kita juga.
Di awal doa ini, dalam pasal 14:2-3, Tuhan Yesus menyatakan bahwa Dia "akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada" sehingga doa ini dibuka dan ditutup dengan pernyataan bahwa Dia rindu supaya kita ikut bersama Dia di tempat itu!
Hagelberg: Yoh 17:24-26 - -- 4. Yesus berdoa supaya setiap orang percaya disempurnakan sehingga dapat melihat kemuliaan-Nya (17:24-26)
Dalam tiga ayat ini Tuhan Yesus meringkaskan...
4. Yesus berdoa supaya setiap orang percaya disempurnakan sehingga dapat melihat kemuliaan-Nya (17:24-26)
Dalam tiga ayat ini Tuhan Yesus meringkaskan doa ini serta seluruh tujuan-Nya sebagai yang diutus oleh Allah Bapa.
Hagelberg: Yoh 17:24 - -- 17:24 Ya Bapa, Aku mau supaya, di manapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku,1195 agar...
17:24 Ya Bapa, Aku mau supaya, di manapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku,1195 agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan.1196
Dia rindu supaya misi mereka berhasil, karena Dia rindu supaya setiap orang yang telah diberikan kepada-Nya oleh Allah Bapa, yaitu setiap orang yang akan percaya dan selamat, dapat menyaksikan - bahkan menikmati - kemuliaan-Nya. Dia berkehendak supaya sebanyak mungkin orang dapat berada di sana, namun ada syarat, yaitu bahwa setiap mereka harus "dikuduskan dalam kebenaran", sesuai dengan ayat 17-19. Begitu bangga Dia, bahwa Allah Bapa mengasihi Dia, maka Dia hendak mencanangkan kasih Allah bagi Dia yang telah Dia nikmati sejak sebelum dunia dijadikan. Demikianlah kerinduan dan pengharapan kita juga.
Di awal doa ini, dalam pasal 14:2-3, Tuhan Yesus menyatakan bahwa Dia "akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada" sehingga doa ini dibuka dan ditutup dengan pernyataan bahwa Dia rindu supaya kita ikut bersama Dia di tempat itu!
Hagelberg: Yoh 17:25 - -- 17:25 Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku;...
17:25 Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku;
Dalam dua ayat terakhir ini Tuhan Yesus meringkaskan seluruh doa-Nya. Dia sungguh mengenal Allah Bapa. Kebenaran ini dinyatakan tiga kali secara terus-terang dalam pasal 7:29; 8:55; dan 10:15. (Dalam pasal 7:28; 8:19, 55; dan 15:21 kita membaca bahwa dunia tidak mengenal Allah.)
Dalam doa ini kita membaca enam kali bahwa Tuhan Yesus diutus oleh Allah Bapa. Mereka yang mengetahui ini, sungguh memahami hubungan antara Tuhan Yesus dan Allah Bapa, serta tugas Tuhan Yesus di dunia ini. Dan dalam ayat 8 kita membaca, "Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku."
Hagelberg: Yoh 17:25 - -- 17:25 Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku;...
17:25 Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku;
Dalam dua ayat terakhir ini Tuhan Yesus meringkaskan seluruh doa-Nya. Dia sungguh mengenal Allah Bapa. Kebenaran ini dinyatakan tiga kali secara terus-terang dalam pasal 7:29; 8:55; dan 10:15. (Dalam pasal 7:28; 8:19, 55; dan 15:21 kita membaca bahwa dunia tidak mengenal Allah.)
Dalam doa ini kita membaca enam kali bahwa Tuhan Yesus diutus oleh Allah Bapa. Mereka yang mengetahui ini, sungguh memahami hubungan antara Tuhan Yesus dan Allah Bapa, serta tugas Tuhan Yesus di dunia ini. Dan dalam ayat 8 kita membaca, "Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku."
Hagelberg: Yoh 17:26 - -- 17:26 dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam merek...
17:26 dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka."
Pasal 1:18 berkata, "Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya." Tuhan Yesus telah berhasil menyatakan nama-Nya. Demikian juga ayat 4 berkata, "Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya."
Lagipula Dia akan meneruskan pelayanan ini, di mana Dia menyatakan nama Allah kepada orang percaya. Menurut Beasley-Murray1197 janji ini merujuk pada pelayanan Roh Kudus, yang dijanjikan dalam pasal 14:16-17, 25-26; dan 16:7-11. Namun menurut Morris,1198 janji ini merujuk pada salib Tuhan Yesus, di mana nama Allah paling jelas dinyatakan.
Tujuan pertama dari seluruh pelayanan pemberitahuan nama Allah kepada mereka (dan kepada kita) adalah supaya kasih Allah ada di dalam mereka. Dia tidak hanya berkata bahwa Allah mengasihi mereka sama seperti Dia mengashi Tuhan Yesus (hal itu sudah dikatakan dalam ayat 23). Lebih dari itu, Dia berkata bahwa kasih itu ada di dalam mereka. Dengan kata lain, Dia berkata bahwa mereka akan mengasihi dengan kasih ilahi itu!1199
Tujuan kedua dari pelayanan pemberitahuan tersebut adalah supaya Dia di dalam mereka. Oleh karena pelayanan pemberitaan tersebut Tuhan Yesus dapat menyertai kita. Jika salib-Nya dimaksudkan dengan ungkapan dan Aku akan memberitahukannya, maka kita mengerti bahwa hanya orang selamat yang didiami oleh Tuhan Yesus. Jika pelayanan Roh Kudus dimaksudkan dengan ungkapan tersebut, maka tampaknya ungkapan Aku di dalam mereka menceritakan suatu hubungan yang lebih akrab dengan Tuhan Yesus.
Hagelberg: Yoh 17:26 - -- 17:26 dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam merek...
17:26 dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka."
Pasal 1:18 berkata, "Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya." Tuhan Yesus telah berhasil menyatakan nama-Nya. Demikian juga ayat 4 berkata, "Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya."
Lagipula Dia akan meneruskan pelayanan ini, di mana Dia menyatakan nama Allah kepada orang percaya. Menurut Beasley-Murray1197 janji ini merujuk pada pelayanan Roh Kudus, yang dijanjikan dalam pasal 14:16-17, 25-26; dan 16:7-11. Namun menurut Morris,1198 janji ini merujuk pada salib Tuhan Yesus, di mana nama Allah paling jelas dinyatakan.
Tujuan pertama dari seluruh pelayanan pemberitahuan nama Allah kepada mereka (dan kepada kita) adalah supaya kasih Allah ada di dalam mereka. Dia tidak hanya berkata bahwa Allah mengasihi mereka sama seperti Dia mengashi Tuhan Yesus (hal itu sudah dikatakan dalam ayat 23). Lebih dari itu, Dia berkata bahwa kasih itu ada di dalam mereka. Dengan kata lain, Dia berkata bahwa mereka akan mengasihi dengan kasih ilahi itu!1199
Tujuan kedua dari pelayanan pemberitahuan tersebut adalah supaya Dia di dalam mereka. Oleh karena pelayanan pemberitaan tersebut Tuhan Yesus dapat menyertai kita. Jika salib-Nya dimaksudkan dengan ungkapan dan Aku akan memberitahukannya, maka kita mengerti bahwa hanya orang selamat yang didiami oleh Tuhan Yesus. Jika pelayanan Roh Kudus dimaksudkan dengan ungkapan tersebut, maka tampaknya ungkapan Aku di dalam mereka menceritakan suatu hubungan yang lebih akrab dengan Tuhan Yesus.