: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Onan | Onesimus | Onesiphorus | Ono | Ophel | Ophir | Ophni | Ophrah | Opra | Orakel | Orang Asing
Daftar Isi
ENSIKLOPEDIA: MURNI OFIR
BROWNING: OFIR

Ophir

Dalam versi-versi Alkitab:

murni: BIS
Ofir: BIS FAYH TB TL

MURNI [ensiklopedia]

Biasanya menerjemahkan kata akar tsaraph, tapi juga terjemahan bagi salah satu kata-kata berikut: tahor, barar, katharos, hagnos dan eilekrineia. Kata ini dipakai juga untuk adolos, yg hanya satu kali terdapat dalam PB (1 Ptr 2:2) dan untuk aproskopos, yg terdapat tiga kali. Kata zak yg kurang biasa untuk pemurnian logam, juga diterjemahkan 'murni' (ump, Ayb 11:4).

Dalam dunia kuno logam tambang biasanya dilebur untuk menyingkirkan kotorannya, kemudian dituangkan ke dalam cetakan (alat-alat, senjata, patung, dsb). Logam itu dilebur di kuali tanah fiat dalam dapur penempaan (Yes 48:10), dan puputan sering dipakai untuk mendapat embusan angin keras, supaya temperatur tinggi dan besar.

Allah, seperti ahli pemurni logam mencari logam murni, memurnikan hati manusia; kadang-kadang Istilah yg dipakai ialah 'menguji'. Lih Hak 7:4; Mzm 17; 26:2; 66:10; Yes 48:10; Yer 9:7; Za 13:9; Mal 3:2-3. Allah berusaha memurnikan umat-Nya dari dosa, seperti tukang pemurni memurnikan perak dari campuran timah (Yes 1:25). Tapi api yg diembus dengan puputan pun tidak mampu memurnikannya (Yer 6:29-30). Cobaan kadang-kadang dipakai untuk memurnikan hati manusia, dan orang bijaksana mengadakan pemurnian terhadap dirinya sendiri (Dan 11:35; 12:10). PB memakai kiasan itu dalam 1 Ptr 1:7; Why 3:18. Firman Allah dan janji-janji-Nya murni (Mzm 12:7; Ams 30:5).

Jika dikenakan kepada manusia ada sedikit perbedaan arti 'murni' dari 'suci'; kedua kata itu dipakai untuk menerjemahkan kata-kata yg sama dalam bahasa aslinya. KAK/MHS/HAO

OFIR [ensiklopedia]

(Ibrani 'ofir, Kej 10:29; 'ofir, 1 Raj 10:11).

1. Nama anak Yoktan dalam silsilah Sem (Kej 10:29 = 1 Taw 1:23). Suku ini terkenal dari prasasti-prasasti zaman pra Islam (G Ryckmans, Les noms propres sud-semitiques, 1934, hlm 298, 339 dst). Wilayah mereka terletak antara Saba di Yaman dan Hawilah (Hawlan) seperti digambarkan dalam Kej 10:29. Tradisi Islam menyamakan Yoktan dengan Qahtan, seorang anak Ismael dan 'ayah semua orang Arab'.

2. Negeri dari mana emas murni diimpor ke Yudea (2 Taw 8:18; Ayb 22:24; 28:16; Mzm 45:9; Yes 13:12), kadang-kadang dalam jumlah besar (1 Taw 29:4), dan kayu cendana (1 Raj 10:11), perak, gading, dan dua jenis kera (1 Raj 10:22), dan batu-batu permata yg mahal (2 Taw 9:10). Iring-iringan kapal Salomo sampai ke Ofir dari Ezion-Geber di Teluk Akaba (1 Raj 9:28), menggunakan 'kapal-kapal Tarsis', barangkali kapal-kapal yg biasanya dipakai mengangkut biji-biji besi (1 Raj 22:49). Pelayaran ini memakan waktu 'tiga tahun'; ini barangkali hanya satu tahun penuh ditambah beberapa waktu dari kedua tahun lainnya. Perdagangan ini cukup terkenal, sebab Ofir searti dengan emas halus, yg merupakan hasilnya yg utama (Ayb 22:24). Dalam Yes 13:12 Ofir disejajarkan dengan 'ogir, yg berarti 'saya akan membuat mahal' (Hebrew Union College Annual, 12-13, 1937-1938, hlm 61). Penegasan dagang ini terdapat dalam suatu lempengan yg ditemukan di Tell Qasileh (Afek) timur laut Tel Aviv thn 1946, dituliskan zhb fr lbyt khrn sy = 'emas dari Ofir untuk Bet-Horon 30 syikal' (JNES, 10, 1951, hlm 265-267).

Berbagai teori telah dikemukakan mengenai tempat Ofir:

a. Barat daya Arabia seperti di atas (1). R North mengidentikkan Ofir dengan Parvaim di Yaman sebagai sumber emas Seba (bnd Mzm 72:15; Yes 60:6).

b. Arabia Tenggara: Oman. Ini tidak jauh dari Ezion-Geber dan harus dianggap: pertama, bahwa pelayaran 3 thn itu mencakup penggalangan kapal selama musim panas; dan kedua, bahwa beberapa barang dagangan (mis kera) yg tidak ada di Arabia Selatan, dibawa ke Ofir sebagai tempat penyaluran barang dari tempat-tempat yg agak jauh.

c. Pantai Afrika Timur laut: tanah Somali, yaitu Punt bh Mesir, sumber kemenyan dan mur dan barang-barang yg ditulis berasal dari Ofir (W. F Albright, Archaeology and the Religion of Israel, 1953, hlm 133-135, 212; van Beek, JAOS, 78, 1958, hlm 146).

d. (S)upara, 75 km di Utara Bombay, India. Josefus (Ant., 8.164) dan LXX (Ayb 28:16) menafsirkan Ofir sebagai India. Untuk mendukung penafsiran ini adalah kenyataan-kenyataan, bahwa semua barang yg disebut dikenal di India purba, dan diketahui juga, bahwa mulai dari milenium 2 sM ada perdagangan laut yg giat di antara Teluk Persia dan India.

e. Saran-saran lain, tapi agak diragukan, mencakup Apir, Baluchistan (Meluhha kuno, bnd BSOAS 36, 1973, hlm 554-587) dan Zimbabwe, Rhodesia Selatan.

KEPUSTAKAAN. V Christides, RB 77, 1970, hlm 240-247; R North, Fourth World Congress of Jewish Studies, Papers 1, 1967, hlm 197-202. DJW/AL/HAO

OFIR [browning]

Suatu tempat yang letaknya agak kurang pasti, tetapi dapat dicapai dengan kapal (1Raj. 9:2 8), terkenal karena tambang emasnya. (1Raj. 10:11).




TIP #01: Selamat Datang di Antarmuka dan Sistem Belajar Alkitab SABDA™!! [SEMUA]
dibuat dalam 0.08 detik
dipersembahkan oleh YLSA