Daftar Isi
GAMBAR: Sidon
BROWNING: SIDON
ENSIKLOPEDIA: SIDON

Sidonians

Dalam versi-versi Alkitab:

orang Sidon: BIS FAYH TB TL
orang Zidoni: TL
Sidon: BIS FAYH TB
Sidoni: TL
Zidoni: TL

Gambar

Sidon: selebihnya..
Topik: A Prophecy against Sidon

SIDON [browning]

Sebuah kota pantai di Fenisia dan sering dihubungkan dengan *Tires (Yer. 25:22), ¦ 35 km di sebelah selatannya (di Libanon modern). Pada zaman PB Sidon dikenal sebagai kota kecanggihan dan kemakmuran, dan Yesus mestinya berkeliling di daerah ini (Mrk. 7:24) dan juga Rasul Paulus (Kis. 27:1).

SIDON [ensiklopedia]

(Ibrani tsidon, tsidon). Kota pelabuhan Fenisia kuno, dikelilingi tembok, di Libanon modern. Sidon (nama sekarang, Saida) dulu mempunyai pelabuhan kembar dan terbagi dua menjadi kota Sidon Besar (Yos 11:8) dan Sidon Kecil.

Menurut tradisi, Sidon ialah kota Fenisia yg pertama dibangun (*FENISIA) dan menjadi kubu pertahanan utama bangsa Kanaan (Kej 10:19; 1 Taw 1:13). Selama beberapa abad pelabuhan ini dalam kekuasaan Wangsa Mesir yg ke-18-19. Karena menciutnya kekuasaan militer Mesir, kota itu berontak sewaktu Zimri-ada menjadi penguasanya kr 1390 sM (demikian keterangan lempeng-lempeng Amarna). Mungkin juga, sewaktu ada usaha untuk merebut kampung Dor di Sidon, timbullah perang dengan orang Filistin, yg merampok Sidon kr 1150 sM, dan penduduk kota ini melarikan diri ke Tirus. Tapi kota itu cukup kuat untuk menentang Israel (Hak 10:12) dan selama suatu masa penjajahan yg mantap, agaknya usaha penduduknya untuk bermukim di Lais di Yordan Hulu, gagal (Hak 18:7, 27).

Perlawanan terhadap pengembangan kekuasaan Fenisia timbul juga dari pihak bangsa Asyur, yg pada pemerintahan Tiglat-Pileser I, kr 1110 sM mulai mengharuskan upeti dari pelabuhan-pelabuhan, termasuk Sidon. Asyurnarsipal II (kr 880 sM) menyatakan kota itu menjadi kota taklukannya, dan pada thn 841 sM bergeraklah Salmaneser III ke S Dog untuk menerima upeti dari Tirus, Sidon dan Israel (*YEHU), dan melukiskan peristiwa ini di gerbang-gerbang kuilnya di Balawat (sekarang di Museum Britania). Tuntutan-tuntutan orang Asyur bertambah-tambah dan orang Sidon memberontak. Maka Tiglat-Pileser III menaklukkan Tirus dan barangkali juga Sidon pada thn 739-738 (H Tadmor, Scripta Hierosolymitana 8, 1961, hlm 269, mengenakan Za 9:2 kepada zaman ini). Waktu Sanherib bergerak dalam suatu serangan yg dinubuatkan oleh nabi Yesaya (Yes 23:2-12), larilah Luli dan mati di pembuangan, diganti oleh Etbaal (Tuba'lu), sewaktu Sidon Besar dan Sidon Kecil telah ditaklukkan.

Setelah Sanherib mati, sekali lagi Sidon memberontak. Tapi Esar-Hadon menyerang Sidon dan membunuh penguasanya, yaitu Abdi-Milkuti. Ia menjarah pelabuhan itu dan memindahkan penduduknya ke Kar-Esar-Hadon, dan para tahanan dari Elam dan Babel untuk mengganti penduduk yg sudah dipindahkan itu.

Sidon kembali memperoleh kemerdekaannya karena surutnya kekuasaan Asyur. Tapi kemudian dikepung lagi dan ditaklukkan oleh Nebukadnezar kr 587 sM, seperti dinubuatkan oleh Yeremia (Yer 25:22; 27:3; 47:4). Dalam zaman pemerintahan Persia, bagian terbesar armada Persia disediakan oleh Sidon (bnd Za 9:2). Sekitar thn 350 sM, dengan pimpinan Tabnit II (Tanes), Sidon memimpin pemberontakan Fenisia dan Kitim (Siprus) melawan Artasasta III (Okhus). Kota itu dikhianati dan 40.000 orang tewas, dan yg masih hidup membakar kota dan armadanya. Kubu-kubu pertahanannya tak pernah lagi dibangun kembali. Waktu pemerintahan Strato II kota itu menyerah kepada Iskandar Agung tanpa perlawanan dan membantu Iskandar mengepung Tirus.

Waktu pemerintahan Antiokhus III, Sidon merupakan daerah makmur dari kerajaan Ptolomeus, yg kemudian diserahkan kepada golongan Seleukus lalu kepada orang Roma. Kemudian Roma memberi kota itu otonomi setempat. Sepanjang seluruh sejarah kota ini, kuil utamanya ialah kuil Esymun, dewa penyembuhan. Maka agak mencolok maknanya, karena justru di daerah Sidonlah putri dari perempuan Siro-Fenisia disembuhkan oleh Yesus Kristus (Mrk 7:24-31; bnd Mat 11:21). Banyak orang Sidon mendengarkan ajaran-Nya (Mrk 3:8; Luk 6:17; 10:13-14). Herodes Agripa I menerima perutusan dari Sidon di Kaisarea (Kis 12:20), dan Paulus mengunjungi temannya di kota itu waktu ia menuju ke Roma (Kis 27:3). Penduduk Sidon -- yg terkenal sebagai pusat pendidikan filsafat terutama ialah orang Yunani (bnd Mrk 7:26). Banyak mata uang memakai tulisan ukir penguasa-penguasa Sidon; ada puing-puing dari Zaman Tembaga Tengah, dan di daerah itu ditemukan peti mati dari batu, milik Esymunazar, dengan tulisan ukir (kr 300 sM), dan gedung-gedung di daerah pelabuhan dari zaman PB (A Poidebard dan J Lauffray, Sidon, 1951). Mengenai tulisan ukir Fenisia dari Sidon, lih G. A Cooke, North Semitic Inscriptions, 1903, hlm 26-43, 401-403. Drn/MHS/HAO




TIP #08: Klik ikon untuk memisahkan teks alkitab dan catatan secara horisontal atau vertikal. [SEMUA]
dibuat dalam 0.08 detik
dipersembahkan oleh YLSA