TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

1 Raja-raja 8:60

Konteks
8:60 supaya segala bangsa e  di bumi tahu, bahwa Tuhanlah Allah, dan tidak ada yang lain, f 

1 Raja-raja 3:8

Konteks
3:8 Demikianlah hamba-Mu ini berada di tengah-tengah umat-Mu yang Kaupilih, d  suatu umat yang besar, yang tidak terhitung e  dan tidak terkira banyaknya.

1 Raja-raja 18:10

Konteks
18:10 Demi TUHAN, Allahmu, yang hidup, sesungguhnya tidak ada bangsa atau kerajaan, yang tidak didatangi suruhan tuanku Ahab untuk mencari g  engkau. Dan apabila orang berkata: Ia tidak ada, maka ia menyuruh kerajaan atau bangsa itu bersumpah, bahwa engkau tidak ditemukan di sana.

1 Raja-raja 4:34

Konteks
4:34 Maka datanglah orang dari segala bangsa mendengarkan hikmat Salomo, dan ia menerima upeti dari semua raja-raja y  di bumi, yang telah mendengar tentang hikmatnya itu.

1 Raja-raja 16:21

Konteks
Omri, raja Israel
16:21 Pada waktu itu bangsa Israel terbagi dua. Sebagian dari bangsa itu mengikuti Tibni bin Ginat, dan bermaksud mengangkat dia menjadi raja, dan sebagian lagi mengikuti Omri.

1 Raja-raja 21:8

Konteks
21:8 Kemudian ia menulis surat d  atas nama Ahab, memeteraikannya e  dengan meterai raja, lalu mengirim surat itu kepada tua-tua dan pemuka-pemuka yang diam sekota dengan Nabot.

1 Raja-raja 21:11

Konteks
21:11 Orang-orang sekotanya, yakni tua-tua dan pemuka-pemuka, yang diam di kotanya itu, melakukan seperti yang diperintahkan Izebel kepada mereka, seperti yang tertulis dalam surat yang dikirimkannya kepada mereka.

1 Raja-raja 4:31

Konteks
4:31 Ia lebih bijaksana u  dari pada semua orang, dari pada Etan, orang Ezrahi itu, dan dari pada Heman, Kalkol dan Darda, anak-anak Mahol; sebab itu ia mendapat nama di antara segala bangsa sekelilingnya.

1 Raja-raja 8:53

Konteks
8:53 Sebab Engkaulah yang memisahkan mereka bagi-Mu menjadi milik kepunyaan-Mu y  dari antara segala bangsa di bumi, seperti yang telah Kaufirmankan dengan perantaraan Musa, hamba-Mu, pada waktu Engkau membawa nenek moyang kami keluar dari Mesir, ya Tuhan ALLAH!"

1 Raja-raja 5:7

Konteks
5:7 Maka segera sesudah Hiram mendengar pesan dari Salomo itu, ia sangat bersukacita serta berkata: "Terpujilah TUHAN i  pada hari ini, karena Ia telah memberikan kepada Daud seorang anak yang bijaksana untuk mengepalai bangsa yang besar ini."

1 Raja-raja 9:7

Konteks
9:7 maka Aku akan melenyapkan orang Israel dari atas tanah d  yang telah Kuberikan kepada mereka, dan rumah yang telah Kukuduskan bagi nama-Ku e  itu, akan Kubuang 1  dari hadapan-Ku, maka Israel akan menjadi kiasan f  dan sindiran g  di antara segala bangsa.

1 Raja-raja 11:2

Konteks
11:2 padahal tentang bangsa-bangsa itu TUHAN telah berfirman kepada orang Israel: "Janganlah kamu bergaul s  dengan mereka 2  dan merekapun janganlah bergaul dengan kamu, sebab sesungguhnya mereka akan mencondongkan hatimu kepada allah-allah mereka." Hati Salomo telah terpaut kepada mereka dengan cinta.

1 Raja-raja 8:43

Konteks
8:43 maka Engkaupun kiranya mendengarkannya di sorga, tempat kediaman-Mu yang tetap, dan Engkau kiranya bertindak sesuai dengan segala yang diserukan kepada-Mu oleh orang asing itu, supaya segala bangsa di bumi mengenal f  nama-Mu, sehingga mereka takut g  akan Engkau sama seperti umat-Mu Israel dan sehingga mereka tahu, bahwa nama-Mu h  telah diserukan atas rumah yang telah kudirikan ini.

1 Raja-raja 14:2

Konteks
14:2 Lalu Yerobeam berkata kepada isterinya: "Berkemaslah! Menyamarlah, supaya jangan diketahui orang, bahwa engkau isteri Yerobeam, dan pergilah ke Silo. Bukankah di sana tinggal nabi Ahia! u  Dialah yang telah mengatakan tentang aku, bahwa aku akan menjadi raja atas bangsa ini.

1 Raja-raja 20:31

Konteks
20:31 Lalu berkatalah pegawai-pegawainya kepadanya: "Ketahuilah, kami telah mendengar, bahwa raja-raja kaum Israel itu adalah raja-raja pemurah. h  Marilah kita menaruh kain kabung i  pada pinggang kita dan tali pada kepala kita, dan dengan demikian keluar menghadap raja Israel; barangkali ia akan menyelamatkan nyawamu."

1 Raja-raja 11:28

Konteks
11:28 Yerobeam adalah seorang tangkas; v  ketika Salomo melihat, bahwa orang muda itu seorang yang rajin w  bekerja, maka ditempatkannyalah dia mengawasi semua pekerja wajib dari keturunan Yusuf.

1 Raja-raja 11:3

Konteks
11:3 Ia mempunyai tujuh ratus isteri dari kaum bangsawan dan tiga ratus gundik; t  isteri-isterinya itu menarik u  hatinya dari pada TUHAN.

1 Raja-raja 11:8

Konteks
11:8 Demikian juga dilakukannya bagi semua isterinya, orang-orang asing itu, yang mempersembahkan korban ukupan dan korban sembelihan kepada allah-allah mereka.

1 Raja-raja 9:20

Konteks
9:20 Semua orang yang masih tinggal dari orang Amori, orang Het, y  orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus, z  yang tidak termasuk orang Israel,

1 Raja-raja 14:24

Konteks
14:24 Bahkan ada pelacuran x  bakti 3  di negeri itu. Mereka berlaku sesuai dengan segala perbuatan keji y  bangsa-bangsa yang telah dihalau TUHAN dari orang Israel.

1 Raja-raja 11:5

Konteks
11:5 Demikianlah Salomo mengikuti Asytoret, x  dewi orang Sidon, dan mengikuti Milkom 4 , y  dewa kejijikan sembahan orang Amon,

1 Raja-raja 21:26

Konteks
21:26 Bahkan ia telah berlaku sangat keji dengan mengikuti berhala-berhala, tepat seperti yang dilakukan oleh orang Amori x  yang telah dihalau TUHAN dari depan orang Israel.

1 Raja-raja 5:2

Konteks
5:2 Lalu Salomo mengutus orang kepada Hiram dengan pesan:

1 Raja-raja 3:28

Konteks
3:28 Ketika seluruh orang Israel mendengar keputusan hukum yang diberikan raja, maka takutlah mereka kepada raja, sebab mereka melihat, bahwa hikmat x  dari pada Allah ada dalam hatinya untuk melakukan keadilan.

1 Raja-raja 11:1

Konteks
Salomo jatuh ke dalam penyembahan berhala
11:1 Adapun raja Salomo mencintai banyak perempuan q  asing 5 . Di samping anak Firaun ia mencintai perempuan-perempuan Moab, Amon, r  Edom, Sidon dan Het,

1 Raja-raja 11:32

Konteks
11:32 Tetapi satu suku akan tetap padanya oleh karena a  hamba-Ku Daud dan oleh karena Yerusalem, kota yang Kupilih itu dari segala suku Israel.

1 Raja-raja 12:27

Konteks
12:27 Jika bangsa itu pergi mempersembahkan korban sembelihan di rumah TUHAN di Yerusalem, k  maka tentulah hati bangsa ini akan berbalik kepada tuan mereka, yaitu Rehabeam, raja Yehuda, kemudian mereka akan membunuh aku dan akan kembali kepada Rehabeam, raja Yehuda."

1 Raja-raja 8:14

Konteks
TUHAN menepati janji-Nya kepada Daud
8:14 Kemudian berpalinglah raja lalu memberkati i  seluruh jemaah Israel, sedang segenap jemaah Israel berdiri.

1 Raja-raja 11:35

Konteks
11:35 Tetapi dari tangan anaknyalah Aku akan mengambil kerajaan itu dan akan memberikannya kepadamu, yakni sepuluh suku.

1 Raja-raja 18:20

Konteks
Elia di gunung Karmel
18:20 Ahab mengirim orang ke seluruh Israel dan mengumpulkan nabi-nabi itu ke gunung Karmel. p 

1 Raja-raja 8:66

Konteks
8:66 Pada hari yang kedelapan disuruhnya bangsa itu pergi, maka mereka memohon berkat untuk raja, lalu pulang ke kemah mereka sambil bersukacita dan bergembira atas segala kebaikan q  yang telah dilakukan TUHAN kepada Daud, hamba-Nya, dan kepada orang Israel, umat-Nya.

1 Raja-raja 11:33

Konteks
11:33 Sebabnya ialah karena ia telah meninggalkan Aku dan sujud menyembah b  kepada Asytoret, dewi orang Sidon, kepada Kamos, allah orang Moab dan kepada Milkom, allah bani Amon, dan ia tidak hidup c  menurut jalan yang Kutunjukkan dengan melakukan apa yang benar di mata-Ku dan dengan tetap mengikuti segala ketetapan d  dan peraturan-Ku, seperti Daud, ayahnya.

1 Raja-raja 3:2

Konteks
3:2 Hanya, bangsa itu masih mempersembahkan korban di bukit-bukit pengorbanan 6 , q  sebab belum ada didirikan rumah untuk nama r  TUHAN sampai pada waktu itu.

1 Raja-raja 4:20

Konteks
4:20 Orang Yehuda dan orang Israel jumlahnya seperti pasir b  di tepi laut. Mereka makan dan minum serta bersukaria. c 

1 Raja-raja 9:21

Konteks
9:21 yakni mereka yang masih tinggal a  di negeri itu dari keturunan bangsa-bangsa itu dan yang tidak dapat ditumpas b  oleh orang Israel, merekalah yang dikerahkan Salomo untuk menjadi budak rodi; c  demikianlah mereka sampai hari ini.

1 Raja-raja 12:31

Konteks
12:31 Ia membuat juga kuil-kuil q  di atas bukit-bukit pengorbanan, dan mengangkat imam-imam r  dari kalangan rakyat yang bukan dari bani Lewi 7 .

1 Raja-raja 4:21

Konteks
Kebesaran Salomo
4:21 Maka Salomo berkuasa d  atas segala kerajaan mulai dari sungai Efrat e  sampai negeri orang Filistin dan sampai ke tapal batas Mesir. f  Mereka menyampaikan upeti g  dan tetap takluk kepada Salomo seumur hidupnya.

1 Raja-raja 8:1

Konteks
Tabut perjanjian dipindahkan dan kemuliaan TUHAN memenuhi Bait Suci
8:1 Pada waktu itu raja Salomo menyuruh para tua-tua Israel dan semua kepala suku, yakni para pemimpin o  puak orang Israel, berkumpul di hadapannya di Yerusalem, untuk mengangkut tabut perjanjian p  TUHAN 8  dari kota Daud, q  yaitu Sion.

1 Raja-raja 20:23

Konteks
Pertempuran dekat kota Afek
20:23 Pegawai-pegawai raja Aram berkata kepadanya: "Allah mereka ialah allah y  gunung; itulah sebabnya mereka lebih kuat dari pada kita. Tetapi apabila kita berperang melawan mereka di tanah rata, pastilah kita lebih kuat dari pada mereka.

1 Raja-raja 20:42

Konteks
20:42 Kata nabi itu kepadanya: "Beginilah firman TUHAN: Oleh karena engkau t  telah membiarkan lolos orang yang dikhususkan bagi-Ku untuk ditumpas, u  maka nyawamu adalah ganti nyawanya v  dan rakyatmu ganti rakyatnya."

1 Raja-raja 8:22

Konteks
Doa Salomo
8:22 Kemudian berdirilah Salomo di depan mezbah TUHAN di hadapan segenap jemaah Israel, ditadahkannyalah tangannya u  ke langit,

1 Raja-raja 8:41

Konteks
8:41 Juga apabila seorang asing, c  yang tidak termasuk umat-Mu Israel, datang dari negeri jauh oleh karena nama-Mu, --

1 Raja-raja 8:61

Konteks
8:61 dan hendaklah kamu berpaut g  kepada TUHAN, Allah kita, dengan sepenuh hatimu h  dan dengan hidup menurut segala ketetapan-Nya dan dengan tetap mengikuti segala perintah-Nya seperti pada hari ini."

1 Raja-raja 9:22

Konteks
9:22 Tetapi orang Israel tidak ada yang dijadikan budak d  oleh Salomo, melainkan mereka menjadi prajurit, pegawai, pembesar, perwira, atau panglima atas pasukan kereta dan pasukan berkuda.

1 Raja-raja 11:13

Konteks
11:13 Namun demikian, kerajaan itu tidak seluruhnya akan Kukoyakkan dari padanya, satu suku j  akan Kuberikan kepada anakmu oleh karena k  hamba-Ku Daud dan oleh karena Yerusalem yang telah Kupilih. l "

1 Raja-raja 11:31

Konteks
11:31 dan ia berkata kepada Yerobeam: "Ambillah bagimu sepuluh koyakan, sebab beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Sesungguhnya Aku akan mengoyakkan z  kerajaan itu dari tangan Salomo dan akan memberikan kepadamu sepuluh suku.

1 Raja-raja 12:23

Konteks
12:23 "Katakanlah kepada Rehabeam, anak Salomo, raja Yehuda, dan kepada segenap kaum Yehuda dan Benyamin dan kepada selebihnya dari bangsa itu:

1 Raja-raja 14:7

Konteks
14:7 Pergilah, katakan kepada Yerobeam: Beginilah firman x  TUHAN, Allah Israel: Aku telah meninggikan engkau dari tengah-tengah bangsa itu, dan mengangkat engkau menjadi raja y  atas umat-Ku Israel;

1 Raja-raja 14:22

Konteks
14:22 Tetapi orang Yehuda s  melakukan apa yang jahat 9  di mata TUHAN dan mereka menimbulkan cemburu-Nya t  dengan dosa yang diperbuat mereka, lebih dari pada segala yang dilakukan nenek moyang mereka.

1 Raja-raja 18:37

Konteks
18:37 Jawablah aku, ya TUHAN, jawablah aku, supaya bangsa ini mengetahui, l  bahwa Engkaulah Allah, ya TUHAN, dan Engkaulah yang membuat hati mereka tobat kembali 10 ."

1 Raja-raja 22:11

Konteks
22:11 maka Zedekia n  bin Kenaana membuat tanduk-tanduk o  besi, lalu berkata: "Beginilah firman TUHAN: Dengan ini engkau akan menanduk Aram sampai engkau menghabiskan mereka."

1 Raja-raja 22:28

Konteks
22:28 Tetapi jawab Mikha: "Jika benar-benar engkau pulang dengan selamat, tentulah TUHAN tidak berfirman e  dengan perantaraanku!" Lalu disambungnya: "Dengarlah, hai bangsa-bangsa sekalian!"

1 Raja-raja 22:52

Konteks
22:52 (22-53) Ia melakukan apa yang jahat s  di mata TUHAN dan hidup menurut kelakuan ayahnya dan ibunya dan Yerobeam bin Nebat, yang telah mengakibatkan orang Israel berdosa.

1 Raja-raja 14:21

Konteks
Sambungan riwayat Rehabeam
14:21 Adapun Rehabeam, anak Salomo, ia memerintah di Yehuda. Rehabeam berumur empat puluh satu tahun pada waktu ia menjadi raja, dan tujuh belas tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem, kota yang dipilih TUHAN dari antara segala suku Israel untuk membuat nama-Nya tinggal di sana. Nama ibunya ialah Naama, seorang perempuan Amon. r 

1 Raja-raja 3:9

Konteks
3:9 Maka berikanlah kepada hamba-Mu ini hati yang faham 11  f  menimbang perkara untuk menghakimi umat-Mu dengan dapat membedakan g  antara yang baik dan yang jahat, sebab siapakah yang sanggup h  menghakimi umat-Mu yang sangat besar ini?"

1 Raja-raja 6:1

Konteks
Salomo mendirikan Bait Suci
6:1 Dan terjadilah pada tahun keempat ratus delapan puluh sesudah 12  orang Israel keluar dari tanah Mesir, pada tahun keempat sesudah Salomo menjadi raja atas Israel, dalam bulan Ziw, yakni bulan yang kedua, v  maka Salomo mulai mendirikan rumah bagi TUHAN. w 

1 Raja-raja 8:9

Konteks
8:9 Dalam tabut itu tidak ada apa-apa selain dari kedua loh batu c  yang diletakkan Musa ke dalamnya di gunung Horeb, yakni loh-loh batu bertuliskan perjanjian yang diadakan TUHAN dengan orang Israel pada waktu perjalanan mereka keluar dari tanah Mesir.

1 Raja-raja 8:16

Konteks
8:16 Sejak Aku membawa umat-Ku Israel keluar dari Mesir, k  tidak ada kota yang Kupilih di antara segala suku Israel untuk mendirikan rumah di sana sebagai tempat kediaman nama-Ku, l  tetapi Aku telah memilih m  Daud n  untuk berkuasa atas umat-Ku Israel."

1 Raja-raja 10:9

Konteks
10:9 Terpujilah w  TUHAN, Allahmu, yang telah berkenan kepadamu sedemikian, hingga Ia mendudukkan engkau di atas takhta kerajaan Israel! Karena TUHAN mengasihi x  orang Israel untuk selama-lamanya, maka Ia telah mengangkat engkau menjadi raja untuk melakukan keadilan y  dan kebenaran."

1 Raja-raja 12:28

Konteks
12:28 Sesudah menimbang-nimbang, maka raja membuat dua anak lembu l  jantan dari emas dan ia berkata kepada mereka: "Sudah cukup lamanya kamu pergi ke Yerusalem. Hai Israel, lihatlah sekarang allah-allahmu 13 , yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir. m "

1 Raja-raja 16:15

Konteks
Zimri, raja Israel
16:15 Dalam tahun kedua puluh tujuh zaman Asa, raja Yehuda, Zimri menjadi raja. Ia memerintah tujuh hari lamanya di Tirza, sedang rakyat berkemah mengepung Gibeton m  yang termasuk wilayah orang Filistin.

1 Raja-raja 20:25

Konteks
20:25 Lalu kerahkanlah tentara sebanyak tentara yang telah gugur dari pihakmu itu, demikian pula kuda dan kereta sebanyak yang dahulu. Marilah kita berperang melawan mereka di tanah rata, pastilah kita lebih kuat dari pada mereka." Raja mendengarkan usul mereka, dan bertindak demikian.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[9:7]  1 Full Life : RUMAH YANG TELAH KUKUDUSKAN ... AKAN KUBUANG.

Nas : 1Raj 9:7

Allah mengatakan bahwa Ia tidak akan lagi menyatakan kehadiran, kuasa, dan kemuliaan-Nya di dalam Bait Suci jikalau bangsa itu tidak mengikuti jalan-jalan-Nya dengan sungguh-sungguh (ayat 1Raj 9:6-9); peringatan ini juga berlaku pada zaman perjanjian yang baru. Jikalau gereja gagal mengikuti perkataan Kristus dan ajaran para rasul PB, berbalik kepada doktrin-doktrin palsu dan cara-cara dunia yang fasik, maka Roh Allah dan kuasa-Nya akan ditarik daripadanya, dan Allah akan menyingkirkannya dari kerajaan-Nya

(lihat cat. --> Wahy 2:5).

[atau ref. Wahy 2:5]

[11:2]  2 Full Life : JANGANLAH KAMU BERGAUL DENGAN MEREKA

Nas : 1Raj 11:2

(versi Inggris NIV -- jangan saling menikah dengan mereka). Dengan mempunyai banyak istri Salomo bukan saja mengabaikan perintah Allah bagi para raja untuk tidak mengambil banyak istri (bd. Ul 17:17), tetapi juga melanggar perintah Allah untuk tidak menikahi istri-istri asing dari bangsa Kanaan (Kel 34:12-16; Yos 23:12-13). Jelaslah, Salomo gagal untuk merenungkan dengan cermat perintah Allah "untuk belajar takut akan Tuhan, Allahnya, dengan berpegang pada segala isi hukum dan ketetapan ini untuk dilakukannya" (Ul 17:19).

[14:24]  3 Full Life : PELACURAN BAKTI

Nas : 1Raj 14:24

(versi Inggris NIV -- pelacur laki-laki di kuil). Kemurtadan Yehuda menimbulkan dosa homoseksualitas dan pelacuran laki-laki yang menjijikkan (bd. Rom 1:25-28). Umat Allah menerima "segala perbuatan keji bangsa-bangsa yang telah dihalau Tuhan" sehingga mereka dikalahkan oleh bangsa-bangsa fasik itu (ayat 1Raj 14:25-26). Kristus menekankan kembali prinsip hukuman ini untuk orang percaya yang menyesuaikan diri dengan dunia

(lihat cat. --> Mat 5:13).

[atau ref. Mat 5:13]

[11:5]  4 Full Life : SALOMO MENGIKUTI ASYTORET ... MOLOKH.

Nas : 1Raj 11:5-7

Pada mulanya Salomo bersikap toleran terhadap dewa-dewa palsu para istrinya, kemudian hatinya sendiri condong kepada dewa-dewa palsu itu (ayat 1Raj 11:2-9).

  1. 1) Di samping penyembahannya kepada Tuhan, Salomo menambahkan penyembahan kepada dewi orang Sidon yang bernama Asytoret (meliputi upacara-upacara mesum dan penyembahan bintang-bintang), dewa orang Moab, Molokh (meliputi pengorbanan anak-anak, bd. Im 18:21; 20:1-5), dan dewa orang Amon, Kamos (dewa matahari). Salomo kini tidak lagi dapat mengatakan bahwa Tuhan perjanjian merupakan Allah yang esa dan benar (bd. Ul 6:4).
  2. 2) Kemurtadan Salomo menunjukkan bahwa sekedar pengetahuan akan Allah dan firman-Nya bukanlah pertahanan yang memadai terhadap dosa dan kemurtadan. Dosa bersumber dari hati dan hanya dapat ditolak selama hati seseorang condong kepada Allah di dalam iman dan kasih (Ul 6:4-9; bd.

    lihat cat. --> 1Raj 3:9).

    [atau ref. 1Raj 3:9]

    Salomo, pengkhotbah yang memperingatkan orang lain, jatuh ke dalam dosa yang begitu menyolok sehingga secara langsung ia mengizinkan spiritisme, menganjurkan kebejatan dan kekejaman, mencemarkan Israel dan menghina Allah yang esa dan benar.

[11:1]  5 Full Life : SALOMO MENCINTAI BANYAK PEREMPUAN ASING.

Nas : 1Raj 11:1

Pasal 1Raj 11:1-43 menguraikan kemerosotan rohani Salomo dan berbagai akibatnya.

  1. 1) Salomo mulai sebagai orang yang mengasihi Tuhan, berjalan menurut ketetapan-ketetapan Allah dan membangun bait-Nya (1Raj 3:3; 6:1). Ia mengalami kasih, kasih karunia, dan keselamatan Allah; kepadanya diberikan pengertian rohani yang khusus (1Raj 3:10-14; 2Sam 12:24), dan ia menulis sebagian Alkitab di bawah ilham Roh Kudus

    (lihat cat. --> 1Raj 4:29-34).

    [atau ref. 1Raj 4:29-34]

  2. 2) Sekalipun demikian, hati Salomo mengeras akibat tipu daya dosa dan berbalik dari Tuhan untuk menyembah dewa-dewa lain; ia membangkitkan murka Tuhan dan oleh karena itu dihukum oleh Allah (ayat 1Raj 11:1-13; Ul 29:14-21; 30:15-20; Ibr 3:12-14).
  3. 3) Kesalahan Salomo yang fatal ialah berusaha mencari kuasa, keberhasilam, kekayaan, pemuasan nafsu dengan jalan berkompromi dengan dan bertoleransi terhadap penyembahan berhala dan dosa. Salomo mencari
    1. (a) persekutuan-persekutuan yang tidak kudus dengan bangsa-bangsa asing (Tirus, 1Raj 9:10-14; Mesir, 1Raj 3:1; 10:28-29; dan bangsa-bangsa lainnya, 1Raj 9:25-10:13),
    2. (b) banyak istri dan gundik untuk memeteraikan persekutuan-persekutuan itu (ayat 1Raj 11:1-8;

      lihat cat. --> 1Raj 11:2 selanjutnya;

      lihat cat. --> Kej 29:28), dan

      [atau ref. 1Raj 11:2; Kej 29:28]

    3. (c) lebih banyak kekayaan dan kemuliaan (1Raj 10:14-19; bd. 1Tim 6:9).
  4. 4) Bacalah Ul 17:14-20 mengenai perintah-perintah Allah bagi raja-raja tentang bersekutu dengan orang asing, memperoleh kuda-kuda dari Mesir, beristri banyak, dan mengumpulkan banyak perak dan emas. Alkitab sama sekali tidak mengatakan bahwa Salomo pernah bertobat dari dosa-dosanya itu

    (lihat cat. --> 1Raj 11:43).

    [atau ref. 1Raj 11:43]

[3:2]  6 Full Life : MEMPERSEMBAHKAN KORBAN DI BUKIT-BUKIT PENGORBANAN.

Nas : 1Raj 3:2

Sebelum Bait Suci dibangun di Yerusalem sebagai pusat mempersembahkan korban, Israel mempersembahkan kurban kepada Allah di bukit-bukit atau dataran tinggi, kadang-kadang di tempat bekas penyembahan berhala bangsa Kanaan. Mempersembahkan korban di tempat-tempat semacam itu dilarang oleh hukum PL, karena semua tempat penyembahan Kanaan harus dimusnahkan (Im 17:3-5; Ul 7:5; 12:3). Mezbah-mezbah untuk penyembahan dan persembahan korban hanya boleh didirikan di tempat-tempat yang ditentukan Allah (Kel 20:24; Ul 12:5,8,13-14).

[12:31]  7 Full Life : MENGANGKAT IMAM-IMAM ... YANG BUKAN DARI BANI LEWI.

Nas : 1Raj 12:31

Yerobeam mengangkat imam-imam yang tidak memenuhi syarat sesuai dengan standar-standar Allah dalam Bil 3:6-9; 8:5-20. Di bawah perjanjian yang baru sistem keimaman Lewi tidak berlaku lagi, tetapi Allah telah menetapkan berbagai syarat yang perlu bagi mereka yang akan dilantik untuk menjadi gembala sidang atau pemimpin jemaat; syarat-syarat rohani dan moral ini terdaftar dalam 1Tim 3:1-7 dan Tit 1:5-9

(lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL BAGI PENILIK JEMAAT)

[8:1]  8 Full Life : TABUT PERJANJIAN TUHAN.

Nas : 1Raj 8:1

Tabut perjanjian menjadi satu-satunya perabot di Tempat Yang Mahakudus. Tabut itu merupakan sebuah kotak sepanjang 1 m 14 cm, lebar 68.5 cm dan setinggi 68.5 cm, terbuat dari kayu penaga dan dilapisi dalam dan luar dengan emas murni. Tabut itu mula-mula berisi tiga benda pengingat bahwa Allah adalah raja atas Israel:

  1. (1) loh-loh batu yang berukir Kesepuluh Hukum (bd. Kel 25:16,21; Kel 40:20;

    lihat cat. --> Kel 25:10);

    [atau ref. Kel 25:10]

  2. (2) sebuah buli-buli emas penuh dengan manna, yaitu makanan yang disediakan Allah setiap hari untuk Israel selama mereka mengembara di padang gurun; dan
  3. (3) tongkat Harun yang bertunas secara adikodrati. Akan tetapi, pada zaman Salomo tabut perjanjian hanya berisi dua loh batu (2Taw 5:10). Tabut itu ditutup dengan "tutup pendamaian," tempat darah dipercikkan setiap tahun sekali oleh imam besar pada Hari Raya Pendamaian. Dua kerub emas diukir seiras, ditempatkan dengan muka saling menghadap dengan sayap terbentang ke depan, sambil menudungi tutup tabut dalam bentuk lingkungan. Pada tengah tutup pendamaian, kehadiran Allah dilambangkan oleh terang adikodrati yang sangat cemerlang disebut shekinah

    (lihat art. KEMULIAAN ALLAH).

[14:22]  9 Full Life : ORANG YEHUDA MELAKUKAN APA YANG JAHAT.

Nas : 1Raj 14:22

Suku Yehuda di bawah pemerintahan Rehabeam (ayat 1Raj 14:21) hanya sedikit lebih baik daripada kesepuluh suku kerajaan Israel; mereka juga meninggalkan Tuhan dan menyerahkan dirinya kepada dosa yang hebat

(lihat cat. --> 1Raj 14:24 selanjutnya;

[atau ref. 1Raj 14:24]

bd. pasal 2Taw 11:1-12:16).

[18:37]  10 Full Life : MEMBUAT HATI MEREKA TOBAT KEMBALI.

Nas : 1Raj 18:37

Maksud konfrontasi Elia dengan para nabi Baal dan kemudian doanya ialah menyatakan kasih karunia Allah kepada umat itu. Ia ingin membalikkan hati mereka kepada Allah (ayat 1Raj 18:37). Demikian pula, Yohanes Pembaptis, "Elia" PB

(lihat cat. --> 1Raj 17:1)

[atau ref. 1Raj 17:1]

bertujuan membalikkan hati banyak orang kepada Allah sebgai persiapan bagi kedatangan Kristus.

[3:9]  11 Full Life : BERIKANLAH KEPADA HAMBA-MU INI HATI YANG FAHAM.

Nas : 1Raj 3:9

Salomo memulai masa pemerintahannya dengan iman dan kasih kepada Allah (ayat 1Raj 3:3). Ia berdoa memohon hikmat dan hati yang paham (ayat 1Raj 3:5-9); Allah berkenan dengan permohonan ini (ayat 1Raj 3:10) serta mengabulkan doanya (ayat 1Raj 3:11-14). Akan tetapi, karunia hikmat dari Allah tidak menjamin bahwa Salomo akan senantiasa bertekun dalam kesalehan; karena alasan ini Allah menekankan bahwa Dia akan memperpanjang umur Salomo "jika engkau hidup menurut jalan yang Kutunjukkan" (ayat 1Raj 3:14). Ketidaksetiaan Salomo di kemudian hari mencegah realisasi sepenuhnya kehendak Allah bagi hidupnya (1Raj 11:1-8).

[6:1]  12 Full Life : TAHUN KEEMPAT RATUS DELAPAN PULUH SESUDAH.

Nas : 1Raj 6:1

Ayat ini sangat penting untuk menentukan tanggal keluarnya Israel dari Mesir. Salomo mulai membangun Bait Suci sekitar tahun 966 SM; tanggal ini ditetapkan dengan cara menggabungkan data alkitabiah dengan catatan kronologis Asyur. Peristiwa keluaran terjadi 480 tahun sebelum tahun tersebut di atas, sehingga peristiwa keluaran terjadi sekitar tahun 1446 SM (bd. Kis 13:19-20).

[12:28]  13 Full Life : DUA ANAK LEMBU JANTAN DARI EMAS ... LIHATLAH SEKARANG ALLAH-ALLAHMU.

Nas : 1Raj 12:28

Yerobeam dari kerajaan utara menetapkan suatu sistem keagamaan tiruan dengan menawarkan kepada rakyatnya untuk menyembah allah mereka melalui berhala-berhala (ayat 1Raj 12:27-30; bd. Yeh 20:3-4), menurut contoh anak lembu emas yang dibuat oleh Harun (Kel 32:8). Ia mengangkat para imam sekalipun mereka "bukan dari bani Lewi" (ayat 1Raj 12:31), dan dengan demikian melantik orang untuk melayani yang menurut hukum Allah tidak memenuhi syarat

(lihat cat. --> 1Raj 12:31 selanjutnya).

[atau ref. 1Raj 12:31]

Sistem agama palsu ciptaan Yerobeam mengakibatkan dua hal:

  1. 1) Sebagian besar penduduk kerajaan utara menerima penyembahan Baal bersama kelakuan mesumnya yang termasuk pelacuran di kuil.
  2. 2) Kebanyakan dari kaum sisa yang saleh yang ingin tetap setia kepada Allah dan hukum-Nya sangat menderita ketika "meninggalkan tanah penggembalaan mereka" dan pindah ke kerajaan selatan agar dapat menyembah Tuhan sesuai dengan penyataan dan perintah-perintah-Nya yang semula (2Taw 11:13-14). "Dari segenap suku Israel orang datang ke Yerusalem mengikuti orang-orang Lewi itu, yakni orang yang telah membulatkan hatinya untuk mencari Tuhan Allah Israel; dan mereka datang untuk mempersembahkan korban kepada Tuhan, Allah nenek moyang mereka" (2Taw 11:16; bd. 1Raj 15:9).



TIP #10: Klik ikon untuk merubah tampilan teks alkitab menjadi per baris atau paragraf. [SEMUA]
dibuat dalam 0.05 detik
dipersembahkan oleh YLSA