TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Amsal 4:25

Konteks
4:25 Biarlah matamu h  memandang terus ke depan dan tatapan matamu tetap ke muka.

Amsal 6:4

Konteks
6:4 janganlah membiarkan matamu k  tidur, dan kelopak matamu mengantuk;

Amsal 30:13

Konteks
30:13 Ada keturunan yang berpandangan angkuh, e  yang terangkat kelopak matanya.

Amsal 17:24

Konteks
17:24 Pandangan orang berpengertian tertuju pada hikmat, tetapi mata r  orang bebal melayang sampai ke ujung bumi.

Amsal 1:17

Konteks
1:17 Sebab percumalah jaring dibentangkan di depan mata segala yang bersayap,

Amsal 23:33

Konteks
23:33 Lalu matamu akan melihat hal-hal yang aneh, dan hatimu mengucapkan kata-kata yang kacau.

Amsal 4:21

Konteks
4:21 janganlah semuanya itu menjauh dari matamu, d  simpanlah itu di lubuk hatimu.

Amsal 6:17

Konteks
6:17 mata sombong, c  lidah dusta, d  tangan yang menumpahkan darah e  orang yang tidak bersalah,

Amsal 6:25

Konteks
6:25 Janganlah menginginkan kecantikannya dalam hatimu, janganlah terpikat oleh bulu matanya.

Amsal 6:13

Konteks
6:13 yang mengedipkan matanya, u  yang bermain kaki dan menunjuk-nunjuk dengan jari, v 

Amsal 7:2

Konteks
7:2 Berpeganglah pada perintahku, dan engkau akan hidup; a  simpanlah ajaranku seperti biji matamu.

Amsal 20:12

Konteks
20:12 Telinga yang mendengar dan mata yang melihat, kedua-duanya e  dibuat oleh TUHAN.

Amsal 10:26

Konteks
10:26 Seperti cuka bagi gigi dan asap f  bagi mata, demikian si pemalas bagi orang yang menyuruhnya. g 

Amsal 10:10

Konteks
10:10 Siapa mengedipkan mata, g  menyebabkan kesusahan, siapa bodoh bicaranya, akan jatuh.

Amsal 17:8

Konteks
17:8 Hadiah suapan 1  adalah seperti mestika di mata yang memberinya, ke mana juga ia memalingkan muka, ia beruntung. a 

Amsal 20:13

Konteks
20:13 Janganlah menyukai tidur, supaya engkau tidak jatuh miskin, f  bukalah matamu dan engkau akan makan sampai kenyang.

Amsal 29:13

Konteks
29:13 Si miskin dan si penindas bertemu, dan TUHAN membuat mata kedua orang itu bersinar. w 

Amsal 15:30

Konteks
15:30 Mata yang bersinar-sinar menyukakan hati, dan kabar yang baik menyegarkan tulang. n 

Amsal 21:4

Konteks
21:4 Mata yang congkak g  dan hati yang sombong, yang menjadi pelita orang fasik, adalah dosa.

Amsal 22:12

Konteks
22:12 Mata TUHAN menjaga pengetahuan, tetapi Ia membatalkan perkataan si pengkhianat.

Amsal 5:21

Konteks
5:21 Karena segala jalan orang terbuka di depan mata z  TUHAN 2 , dan segala langkah a  orang diawasi-Nya. b 

Amsal 12:19

Konteks
12:19 Bibir yang mengatakan kebenaran tetap untuk selama-lamanya, tetapi lidah dusta hanya untuk sekejap mata.

Amsal 15:3

Konteks
15:3 Mata v  TUHAN ada di segala tempat, w  mengawasi orang jahat dan orang baik. x 

Amsal 20:8

Konteks
20:8 Raja yang bersemayam di atas kursi pengadilan y  dapat mengetahui segala yang jahat dengan matanya. z 

Amsal 23:26

Konteks
23:26 Hai anakku, r  berikanlah hatimu kepadaku, biarlah matamu senang dengan jalan-jalanku. s 

Amsal 27:20

Konteks
27:20 Dunia orang mati dan kebinasaan tak akan puas, r  demikianlah mata manusia s  tak akan puas.

Amsal 25:26

Konteks
25:26 Seperti mata air yang keruh dan sumber yang kotor, demikianlah orang benar yang kuatir di hadapan orang fasik.

Amsal 28:27

Konteks
28:27 Siapa memberi kepada orang miskin 3  tak akan berkekurangan, b  tetapi orang yang menutup matanya akan sangat dikutuki. c 

Amsal 22:9

Konteks
22:9 Orang yang baik hati akan diberkati 4 , z  karena ia membagi rezekinya dengan si miskin. a 

Amsal 21:5

Konteks
21:5 Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, h  tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan.

Amsal 12:15

Konteks
12:15 Jalan orang bodoh lurus dalam anggapannya sendiri, x  tetapi siapa mendengarkan nasihat, ia bijak. y 

Amsal 23:29

Konteks
23:29 Siapa mengaduh? Siapa mengeluh? Siapa bertengkar? Siapa berkeluh kesah? Siapa mendapat cidera tanpa sebab? Siapa merah matanya?

Amsal 30:17

Konteks
30:17 Mata yang mengolok-olok m  ayah, dan enggan mendengarkan ibu 6  akan dipatuk gagak lembah dan dimakan anak rajawali. n 

Amsal 25:7

Konteks
25:7 Karena lebih baik orang berkata kepadamu: "Naiklah ke mari, i " dari pada engkau direndahkan di hadapan orang mulia. Apa matamu lihat,

Amsal 3:7

Konteks
3:7 Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri h  bijak, takutlah akan TUHAN i  dan jauhilah kejahatan; j 

Amsal 30:12

Konteks
30:12 Ada keturunan yang menganggap dirinya tahir, c  tetapi belum dibasuh dari kotorannya d  sendiri.

Amsal 16:2

Konteks
16:2 Segala jalan orang adalah bersih menurut pandangannya sendiri 7 , u  tetapi Tuhanlah v  yang menguji w  hati.

Amsal 16:11

Konteks
16:11 Timbangan dan neraca yang betul adalah kepunyaan TUHAN, segala batu timbangan di dalam pundi-pundi adalah buatan-Nya. k 

Amsal 21:2

Konteks
21:2 Setiap jalan orang adalah lurus menurut pandangannya sendiri, tetapi Tuhanlah yang menguji hati. e 

Amsal 21:10

Konteks
21:10 Hati orang fasik mengingini kejahatan dan ia tidak menaruh belas kasihan kepada sesamanya.

Amsal 23:31

Konteks
23:31 Jangan melihat kepada anggur 8 , kalau merah menarik warnanya, dan mengilau dalam cawan, yang mengalir masuk dengan nikmat,

Amsal 24:33

Konteks
24:33 "Tidur sebentar lagi, mengantuk sebentar lagi, melipat tangan sebentar lagi untuk tinggal berbaring, a "

Amsal 26:12

Konteks
26:12 Jika engkau melihat orang yang menganggap dirinya bijak 9 , k  harapan bagi orang bebal lebih banyak dari pada bagi orang itu. l 

Amsal 26:16

Konteks
26:16 Si pemalas menganggap dirinya lebih bijak dari pada tujuh orang yang menjawab dengan bijaksana.

Amsal 28:11

Konteks
28:11 Orang kaya menganggap dirinya bijak, tetapi orang miskin yang berpengertian mengenal dia.

Amsal 20:15

Konteks
20:15 Sekalipun ada emas dan permata banyak, tetapi yang paling berharga ialah bibir yang berpengetahuan.

Amsal 16:30

Konteks
16:30 Siapa memejamkan m  matanya, merencanakan tipu muslihat; siapa mengatupkan bibirnya, sudah melakukan kejahatan.

Amsal 5:4

Konteks
5:4 tetapi kemudian ia pahit seperti empedu, n  dan tajam seperti pedang bermata dua.

Amsal 3:21

Konteks
3:21 Hai anakku, e  janganlah pertimbangan dan kebijaksanaan itu menjauh dari matamu, f  peliharalah itu,

Amsal 8:11

Konteks
8:11 Karena hikmat lebih berharga b  dari pada permata, apapun yang diinginkan orang, tidak dapat menyamainya. c 

Amsal 8:24

Konteks
8:24 Sebelum air samudera raya ada, aku telah lahir, sebelum ada sumber-sumber yang sarat dengan air. s 

Amsal 2:4

Konteks
2:4 jikalau engkau mencarinya seperti mencari perak, dan mengejarnya seperti mengejar harta terpendam, a 

Amsal 3:15

Konteks
3:15 Ia lebih berharga dari pada permata; u  apapun yang kauinginkan, tidak dapat menyamainya. v 

Amsal 5:16

Konteks
5:16 Patutkah mata airmu meluap ke luar seperti batang-batang air ke lapangan-lapangan?

Amsal 8:28

Konteks
8:28 ketika Ia menetapkan awan-awan di atas, y  dan mata air z  samudera raya meluap dengan deras,

Amsal 14:27

Konteks
14:27 Takut akan TUHAN adalah sumber kehidupan e  sehingga orang terhindar dari jerat maut. f 

Amsal 23:2

Konteks
23:2 Taruhlah sebuah pisau pada lehermu, bila besar nafsumu!

Amsal 3:17

Konteks
3:17 Jalannya adalah jalan penuh bahagia, segala jalannya sejahtera y  semata-mata.

Amsal 10:11

Konteks
10:11 Mulut orang benar adalah sumber kehidupan 10 , h  tetapi mulut orang fasik i  menyembunyikan kelaliman.

Amsal 11:23

Konteks
11:23 Keinginan orang benar mendatangkan bahagia semata-mata, harapan orang fasik mendatangkan murka.

Amsal 13:14

Konteks
13:14 Ajaran orang bijak adalah sumber kehidupan, i  sehingga orang terhindar dari jerat-jerat maut. j 

Amsal 18:4

Konteks
18:4 Perkataan mulut orang adalah seperti air y  yang dalam, tetapi sumber hikmat adalah seperti batang air yang mengalir.

Amsal 26:8

Konteks
26:8 Seperti orang menaruh batu di umban, demikianlah orang yang memberi hormat kepada orang bebal. g 

Amsal 28:22

Konteks
28:22 Orang yang kikir tergesa-gesa mengejar harta, dan tidak mengetahui bahwa ia akan mengalami kekurangan. t 

Amsal 31:10

Konteks
Puji-pujian untuk isteri yang cakap
31:10 Isteri yang cakap 11  e  siapakah akan mendapatkannya? f  Ia lebih berharga dari pada permata.

Amsal 15:16

Konteks
15:16 Lebih baik sedikit barang dengan disertai takut akan TUHAN dari pada banyak harta dengan disertai kecemasan. s 

Amsal 16:22

Konteks
16:22 Akal budi adalah sumber kehidupan bagi yang mempunyainya, a  tetapi siksaan bagi orang bodoh ialah kebodohannya.

Amsal 23:6

Konteks
23:6 Jangan makan roti orang yang kikir, jangan ingin akan makanannya yang lezat. z 

Amsal 3:35

Konteks
3:35 Orang yang bijak akan mewarisi kehormatan, tetapi orang yang bebal akan menerima cemooh.

Amsal 4:23

Konteks
4:23 Jagalah f  hatimu 12  dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. g 

Amsal 5:14

Konteks
5:14 Aku nyaris terjerumus ke dalam tiap malapetaka 13  u  di tengah-tengah jemaah v  dan perkumpulan."

Amsal 5:18

Konteks
5:18 Diberkatilah kiranya sendangmu, w  bersukacitalah dengan isteri masa mudamu: x 

Amsal 14:12

Konteks
14:12 Ada jalan yang disangka orang k  lurus 14 , tetapi ujungnya menuju maut. l 

Amsal 16:25

Konteks
16:25 Ada jalan yang disangka lurus, f  tetapi ujungnya menuju maut. g 

Amsal 16:33

Konteks
16:33 Undi dibuang o  di pangkuan 15 , tetapi setiap keputusannya p  berasal dari pada TUHAN. q 

Amsal 24:27

Konteks
24:27 Selesaikanlah pekerjaanmu di luar, siapkanlah itu di ladang; baru kemudian dirikanlah rumahmu.

Amsal 3:13

Konteks
3:13 Berbahagialah orang yang mendapat hikmat, orang yang memperoleh kepandaian,

Amsal 3:20

Konteks
3:20 dengan pengetahuan-Nya air samudera raya berpencaran dan awan menitikkan embun.

Amsal 6:12

Konteks
6:12 Tak bergunalah dan jahatlah orang yang hidup dengan mulut serong,

Amsal 11:7

Konteks
11:7 Pengharapan orang fasik gagal b  pada kematiannya, dan harapan orang jahat menjadi sia-sia. c 

Amsal 15:6

Konteks
15:6 Di rumah orang benar ada banyak harta benda 16 , c  tetapi penghasilan orang fasik membawa kerusakan. d 

Amsal 23:5

Konteks
23:5 Kalau engkau mengamat-amatinya, lenyaplah x  ia, karena tiba-tiba ia bersayap, lalu terbang ke angkasa seperti rajawali. y 

Amsal 8:27

Konteks
8:27 Ketika Ia mempersiapkan w  langit, aku di sana, ketika Ia menggaris kaki langit x  pada permukaan air samudera raya,

Amsal 12:9

Konteks
12:9 Lebih baik menjadi orang kecil, tetapi bekerja untuk diri sendiri, dari pada berlagak orang besar, tetapi kekurangan makan.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[17:8]  1 Full Life : SUAPAN.

Nas : Ams 17:8

Suapan kadang-kadang akan menghasilkan keberhasilan dan kekayaan sementara. Akan tetapi, menyuap adalah dosa; karena itu suap dilarang keras dalam Alkitab sebab menghalangi terwujudnya keadilan (ayat Ams 17:23; Ams 15:27; 1Sam 12:3; Yes 1:23; 1Tim 6:10).

[5:21]  2 Full Life : SEGALA JALAN ORANG TERBUKA DI DEPAN MATA TUHAN.

Nas : Ams 5:21

Satu alasan yang diberikan Amsal untuk menolak kedursilaan seksual ialah bahwa Allah melihat dan mengetahui semua perbuatan dosa kita (bd. Ams 15:3; Ayub 31:4; 34:21; Yer 16:17) dan akan menghakimi kita sesuai dengan itu. Dia "akan segera menjadi saksi terhadap ... orang-orang berzinah" (Mal 3:5). Karena semua kegiatan kita "terbuka di depan mata Tuhan", tidak seorang pezina pun akan lolos dari akibatnya yang mengerikan

(lihat cat. --> 2Sam 12:9;

lihat cat. --> 2Sam 12:10;

lihat cat. --> 2Sam 12:11-12;

lihat cat. --> 2Sam 12:12;

lihat cat. --> 2Sam 12:13).

[atau ref. 2Sam 12:9-13]

[28:27]  3 Full Life : MEMBERI KEPADA ORANG MISKIN.

Nas : Ams 28:27

Allah akan memelihara orang yang membantu orang yang miskin dan kekurangan (bd. Ams 11:24-25; 14:21; 19:17; 21:26;

lihat art. PEMELIHARAAN ORANG MISKIN DAN MELARAT).

Berkat-berkat Allah melimpah atas mereka yang memberi untuk memenuhi kebutuhan jasmaniah atau rohaniah orang lain

(lihat cat. --> 2Kor 8:2;

lihat cat. --> 2Kor 9:6;

lihat cat. --> 2Kor 9:8).

[atau ref. 2Kor 8:2; 9:6-8]

[22:9]  4 Full Life : ORANG YANG BAIK HATI AKAN DIBERKATI

Nas : Ams 22:9

(versi Inggris NIV -- orang yang murah hati). Allah memberkati orang dermawan

(lihat cat. --> Ams 11:24-25).

[atau ref. Ams 11:24-25]

[23:29]  5 Full Life : ANGGUR CAMPURAN.

Nas : Ams 23:29-35

Ayat-ayat ini berisi perintah pertama yang jelas di dalam pengembangan penyataan Allah yang dengan nyata melarang semua umat-Nya menginginkan dan meminum anggur yang difermentasi

(lihat cat. --> Ams 23:31 berikutnya).

[atau ref. Ams 23:31]

Di sini Allah mengajar mengenai minuman beralkohol dan pengaruhnya yang merusak (untuk pembahasan yang lebih lengkap mengenai hal ini,

lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA).

[30:17]  6 Full Life : MENGOLOK-OLOK AYAH ... IBU.

Nas : Ams 30:17

Allah menuntut agar orang muda menghormati dan menaati orang-tua mereka. Menghormati orang-tua akan membawa berkat Allah (Kel 20:12; Ul 5:16; Ef 6:1-3); tidak taat dan mencemooh mereka dan didikan mereka akan mendatangkan kutukan Allah.

[16:2]  7 Full Life : BERSIH MENURUT PANDANGANNYA SENDIRI.

Nas : Ams 16:2

Orang percaya sering kali tak dapat melihat kesalahan dan kemiskinan rohani mereka sendiri. Jikalau kita jujur ketika datang kepada Allah di dalam doa, Ia akan menyatakan keadaan hati kita yang sesungguhnya supaya kita bisa benar-benar bersih dan mengikuti pimpinan Roh Kudus dengan lebih baik (Luk 16:15; 1Kor 4:4-5; Ibr 4:12).

[23:31]  8 Full Life : JANGAN MELIHAT KEPADA ANGGUR.

Nas : Ams 23:31

Ayat ini memperingatkan akan bahaya anggur (Ibr. _yayin_) ketika sudah dalam tahap fermentasi; jadi, yayin yang dibicarakan dalam perikop ini harus dibedakan dari yayin yang tidak difermentasi (lih. Yes 16:10;

lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA).

Fermentasi adalah proses di mana unsur gula dalam sari anggur berubah menjadi alkohol dan karbon dioksida.

  1. 1) Kata "melihat" (Ibr. _ra'ah_) adalah kata umum yang artinya "memandang, memperhatikan" (bd. Kej 27:1); ra'ah dapat digunakan dengan arti "memilih", yang memberikan kesan bahwa anggur yang difermentasi tidak boleh dipandang dengan keinginan. Allah memerintahkan umat-Nya untuk bahkan tidak memikirkan tentang meminum anggur yang difermentasi; tidak ada peluang untuk minum dalam jumlah sedikit sekalipun.
  2. 2) Kata sifat "merah" (Ibr. _'adem_) artinya "kemerah-merahan, merah jambu". Menurut Lexicon Gesenius kata ini mengacu kepada "kilauan" anggur di dalam cawan, yaitu hasil fermentasi.

[26:12]  9 Full Life : MENGANGGAP DIRINYA BIJAK.

Nas : Ams 26:12

Keangkuhan dan merasa diri penting menyebabkan orang menggangap dirinya bijak menurut pendapat sendiri sehingga dengan angkuh mempercayai pikirannya sendiri. Tetapi, hikmat dan kebenaran bukan dibentuk oleh nalar manusia, tetapi oleh menerima apa yang dikatakan dan dinyatakan Allah dalam seluruh Alkitab. Dengan jujur mengakui kemungkinan untuk menipu di dalam hati kita, tidak berarti kita boleh dengan sendirinya beranggapan bahwa standar-standar benar dan salah kita adalah standar Allah

(lihat cat. --> Yer 17:9);

[atau ref. Yer 17:9]

sebaliknya, Allah memanggil kita dengan rendah hati untuk menaklukkan semua pikiran kita kepada kekuasaan penyataan-Nya dan pelayanan Roh Kudus (Yoh 16:8-14), memohon Dia untuk menginsafkan dan membetulkan dalam hal-hal di mana kita salah (bd. Wahy 3:17).

[10:11]  10 Full Life : SUMBER KEHIDUPAN

Nas : Ams 10:11

(versi Inggris NIV -- Air mancur kehidupan). Orang yang mengetahui dan mengikuti jalan-jalan Allah akan menuntun orang lain kepada kepenuhan hidup yang diberikan Allah. Bandingkan Yeh 47:1-12 dengan Yoh 4:14; Yoh 7:38, di mana Roh yang tinggal di dalam orang percaya dipandang sebagai sumber air hidup. Ketika air hidup ini mengalir melalui orang percaya, itu membawa hidup kekal bagi orang lain. Orang percaya harus berdoa agar Roh Kudus memungkinkan mereka melaksanakan tugas besar ini (lih. 1Kor 12:4-10; 14:1-40).

[31:10]  11 Full Life : ISTRI YANG CAKAP.

Nas : Ams 31:10-31

Ayat-ayat ini melukiskan istri dan ibu yang ideal. Seluruh hidupnya berkisar pada ketakutan yang menghormat kepada Allah (ayat Ams 31:30), belas kasihan bagi mereka yang mengalami kekurangan (ayat Ams 31:19-20), serta kesetiaan dan kasih kepada keluarga mereka (ayat Ams 31:27). Semua cita-cita yang diajukan di sini mungkin tidak akan digenapi dalam seorang istri atau ibu, tetapi setiap istri bisa berusaha untuk melayani Allah, keluarga, dan sesamanya dengan kemampuan dan sumber-sumber daya yang diberikan Allah kepadanya

(lihat cat. --> Ef 5:22;

lihat cat. --> 1Tim 2:15).

[atau ref. Ef 5:22; 1Tim 2:15]

[4:23]  12 Full Life : JAGALAH HATIMU.

Nas : Ams 4:23

Hati adalah sumber keinginan dan keputusan

(lihat art. HATI).

Mengikut Allah dan mengenal jalan-jalan-Nya meliputi suatu keputusan teguh untuk tetap mengabdi kepada-Nya, mencari dahulu kerajaan-Nya dan kebenaran-Nya (Mat 6:33). Jikalau kita menemukan bahwa dahaga dan lapar akan Allah dan kerajaan-Nya sedang menurun, kita harus menilai kembali prioritas kita, dengan jujur mengakui kesuaman kita, dan dengan sungguh-sungguh berdoa memohon kerinduan baru akan Allah dan perkenan-Nya. Lalai dalam menjaga hati kita akan mengakibatkan kita menyimpang dari jalan yang aman dan terjebak dalam jerat pembinasaan (bd. Ams 7:24-27); menjaga hati kita melebihi segala sesuatu menghasilkan hidup yang mantap pada jalan yang rata karena perkenan dan kasih karunia-Nya (ayat Ams 4:25-27).

[5:14]  13 Full Life : TERJERUMUS KE DALAM TIAP MALAPETAKA.

Nas : Ams 5:14

Allah telah menetapkan bahwa orang yang menyerah kepada kebejatan seksual akan menderita penyesalan yang sangat-baik dalam kehancuran hidup rumah tangga maupun dalam penderitaan pribadi. Seks pranikah dan ketidaksetiaan terhadap ikatan pernikahan berdampak mematikan (ayat Ams 5:5,11). Sesuatu yang mungkin mulai dengan manisnya madu (ayat Ams 5:3) akan berakhir dengan kepahitan. Allah tidak mau dilecehkan (ayat Ams 5:21); yang ditaburkan itu pula yang akan dituai.

[14:12]  14 Full Life : DISANGKA ORANG LURUS.

Nas : Ams 14:12

Hikmat manusiawi adalah landasan yang lemah untuk menentukan benar atau salah, layak atau tidak layak. Penyataan tertulis Allah merupakan satu-satunya sumber tanpa salah untuk menentukan jalan hidup yang benar. Jalan manusia mengandung benih-benih kematian; jalan Allah menuntun kepada hidup kekal.

[16:33]  15 Full Life : UNDI DIBUANG DI PANGKUAN.

Nas : Ams 16:33

Seperti ayat Ams 16:1,9 ayat ini mengacu kepada pemeliharaan dan bimbingan Allah dalam kehidupan orang benar. Ini tidak berarti bahwa Allah secara langsung mengatur dan menentukan setiap detik di dalam hidup ini; ayat ini hanya menyatakan prinsip rohani bahwa orang benar yang menyerahkan hidupnya kepada Tuhan (ayat Ams 16:3,9) dan mengakui Dia akan diarahkan oleh Tuhan sendiri

(lihat cat. --> Ams 3:5;

lihat cat. --> Ams 3:6).

[atau ref. Ams 3:5-6]

[15:6]  16 Full Life : DI RUMAH ORANG BENAR ADA BANYAK HARTA BENDA.

Nas : Ams 15:6

Sekalipun rumah orang benar (secara pribadi atau gabungan) mungkin kekurangan harta duniawi, rumah itu penuh dengan harta rohani yang akan sangat memperkaya dan menopang umat Allah (bd. ayat Ams 15:16-17). Sebaliknya, rumah orang fasik penuh dengan banyak kesulitan dan percekcokan (bd. ayat Ams 15:27; 1:10-19; 10:2).



TIP #20: Untuk penyelidikan lebih dalam, silakan baca artikel-artikel terkait melalui Tab Artikel. [SEMUA]
dibuat dalam 0.06 detik
dipersembahkan oleh YLSA