TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Ayub 32:17

Konteks
32:17 Akupun hendak memberi sanggahan pada giliranku, akupun akan mengemukakan pendapatku. l 

Ayub 38:4

Konteks
38:4 Di manakah engkau, ketika Aku meletakkan dasar bumi 1 ? f  Ceritakanlah, kalau engkau mempunyai pengertian 2 ! g 

Ayub 32:6

Konteks
32:6 Lalu berbicaralah Elihu bin Barakheel, orang Bus itu: "Aku masih muda dan kamu sudah berumur tinggi; w  oleh sebab itu aku malu dan takut mengemukakan pendapatku kepadamu.

Ayub 42:11

Konteks
42:11 Kemudian datanglah kepadanya semua saudaranya laki-laki dan perempuan dan semua kenalannya yang lama, f  dan makan bersama-sama dengan dia di rumahnya. Mereka menyatakan turut berdukacita dan menghibur dia oleh karena segala malapetaka yang telah ditimpakan TUHAN kepadanya, g  dan mereka masing-masing memberi dia uang satu kesita dan sebuah cincin emas.

Ayub 2:11

Konteks
2:11 Ketika ketiga sahabat Ayub 3  mendengar kabar tentang segala malapetaka yang menimpa dia, maka datanglah mereka dari tempatnya masing-masing, yakni: Elifas, orang Teman, q  dan Bildad, orang Suah, r  serta Zofar, orang Naama. s  Mereka bersepakat untuk mengucapkan belasungkawa kepadanya dan menghibur dia. t 

Ayub 6:24

Konteks
6:24 Ajarilah aku, maka aku akan diam; c  dan tunjukkan kepadaku dalam hal apa aku tersesat. d 

Ayub 21:34

Konteks
21:34 Alangkah hampanya penghiburanmu bagiku! d  Semua jawabanmu hanyalah tipu daya belaka! e "

Ayub 28:14

Konteks
28:14 Kata samudera raya: f  Ia tidak terdapat di dalamku, dan kata laut: g  Ia tidak ada padaku.

Ayub 28:22

Konteks
28:22 Kebinasaan u  dan maut v  berkata: Hanya desas-desusnya yang sampai ke telinga kami.

Ayub 41:9

Konteks
41:9 (40-28) Sesungguhnya, harapanmu hampa! Baru saja melihat dia, orang sudah terbanting. d 

Ayub 15:28

Konteks
15:28 ia menetap di kota-kota yang telah hancur, di rumah-rumah yang tidak dapat didiami r  orang, yang ditentukan untuk tetap menjadi reruntuhan. s 

Ayub 33:3

Konteks
33:3 Perkataanku keluar dari hati x  yang jujur, dan bibirku menyatakan dengan terang apa yang diketahui. y 

Ayub 20:27

Konteks
20:27 Langit menyingkapkan kesalahannya, dan bumi bangkit melawan dia. u 

Ayub 9:20

Konteks
9:20 Sekalipun aku benar, mulutku sendiri akan menyatakan aku tidak benar; sekalipun aku tidak bersalah, Ia akan menyatakan aku bersalah. i 

Ayub 36:33

Konteks
36:33 Pekik perang-Nya memberitakan kedatangan-Nya, e  f  kalau dengan murka Ia berjuang melawan kecurangan."

Ayub 6:28

Konteks
6:28 Tetapi sekarang, berpalinglah kepadaku; aku tidak akan berdusta di hadapanmu. i 

Ayub 24:25

Konteks
24:25 Jikalau tidak demikian halnya, siapa berani menyanggah aku dan meniadakan k  perkataanku?"

Ayub 32:10

Konteks
32:10 Oleh sebab itu aku berkata: Dengarkanlah aku, e  akupun akan mengemukakan pendapatku. f 

Ayub 38:18

Konteks
38:18 Apakah engkau mengerti luasnya bumi? g  Nyatakanlah, kalau engkau tahu semuanya itu. h 

Ayub 12:8

Konteks
12:8 Atau bertuturlah kepada bumi, maka engkau akan diberinya pengajaran, bahkan ikan di laut akan bercerita kepadamu.

Ayub 26:3

Konteks
26:3 Alangkah baiknya nasihatmu w  kepada orang yang tidak mempunyai hikmat, dan pengertian yang kauajarkan dengan limpahnya!

Ayub 28:27

Konteks
28:27 ketika itulah Ia melihat hikmat, lalu memberitakannya, menetapkannya, bahkan menyelidikinya; d 

Ayub 31:37

Konteks
31:37 Setiap langkahku e  akan kuberitahukan kepada-Nya, selaku pemuka f  aku akan menghadap Dia.

Ayub 7:11

Konteks
7:11 Oleh sebab itu akupun tidak akan menahan i  mulutku, aku akan berbicara dalam kesesakan j  jiwaku 4 , mengeluh k  dalam kepedihan hatiku. l 

Ayub 10:16

Konteks
10:16 Kalau aku mengangkat kepalaku, maka seperti singa s  Engkau akan memburu aku 5 , dan menunjukkan kembali kuasa-Mu yang ajaib kepadaku. t 

Ayub 23:7

Konteks
23:7 Orang jujurlah h  yang akan membela diri di hadapan-Nya, i  dan aku akan bebas dari Hakimku j  untuk selama-lamanya.

Ayub 37:13

Konteks
37:13 Ia membuatnya mencapai tujuannya, baik untuk menjadi pentung bagi isi bumi-Nya e  maupun untuk menyatakan kasih f  setia.

Ayub 9:29

Konteks
9:29 Aku dinyatakan bersalah, apa gunanya aku menyusahkan diri dengan sia-sia? a 

Ayub 11:5

Konteks
11:5 Tetapi, mudah-mudahan Allah sendiri berfirman, p  dan membuka mulut-Nya terhadap engkau,

Ayub 13:5

Konteks
13:5 Sekiranya kamu menutup mulut, c  itu akan dianggap kebijaksanaan d  dari padamu.

Ayub 13:17

Konteks
13:17 Dengarkanlah baik-baik perkataanku, x  perhatikanlah keteranganku.

Ayub 15:3

Konteks
15:3 Apakah ia menegur dengan percakapan yang tidak berguna, dan dengan perkataan yang tidak berfaedah? w 

Ayub 16:2

Konteks
16:2 "Hal seperti itu telah acap kali kudengar. Penghibur n  sialan kamu semua! o 

Ayub 16:17

Konteks
16:17 sungguhpun tidak ada kelaliman s  pada tanganku, dan doaku bersih. t 

Ayub 21:31

Konteks
21:31 Siapa yang akan langsung menggugat kelakuannya, dan mengganjar perbuatannya? z 

Ayub 26:4

Konteks
26:4 Atas anjuran siapakah engkau mengucapkan perkataan-perkataan itu, dan gagasan siapakah yang kaunyatakan? x 

Ayub 36:2-3

Konteks
36:2 "Bersabarlah sebentar, aku akan mengajar engkau, karena masih ada yang hendak kukatakan demi Allah. 36:3 Aku akan meraih pengetahuanku dari jauh o  dan membenarkan Pembuatku; p 

Ayub 33:23

Konteks
33:23 Jikalau di sampingnya ada malaikat, penengah, o  satu di antara seribu, untuk menyatakan jalan yang benar kepada manusia, p 

Ayub 35:14

Konteks
35:14 Lebih-lebih lagi kalau engkau berkata, bahwa engkau tidak melihat Dia, h  bahwa perkaramu i  sudah diadukan kehadapan-Nya, tetapi masih juga engkau menanti-nantikan Dia! j 

Ayub 6:25

Konteks
6:25 Alangkah kokohnya kata-kata e  yang jujur! Tetapi apakah maksud celaan dari pihakmu itu?

Ayub 6:29

Konteks
6:29 Berbaliklah, janganlah terjadi kecurangan, j  berbaliklah, aku pasti benar. k  l 

Ayub 9:11

Konteks
9:11 Apabila Ia melewati aku, aku tidak melihat-Nya, dan bila Ia lalu, aku tidak mengetahui. q 

Ayub 10:2

Konteks
10:2 Aku akan berkata kepada Allah: r  Jangan mempersalahkan aku; beritahukanlah aku, mengapa Engkau beperkara s  dengan aku 6 . t 

Ayub 11:18

Konteks
11:18 Engkau akan merasa aman, sebab ada harapan, dan sesudah memeriksa kiri kanan, engkau akan pergi tidur q  dengan tenteram; r 

Ayub 13:1

Konteks
Ayub membela perkaranya di hadapan Allah
13:1 "Sesungguhnya, semuanya itu v  telah dilihat mataku, didengar dan dipahami telingaku.

Ayub 13:7

Konteks
13:7 Sudikah kamu berbohong untuk Allah, f  sudikah kamu mengucapkan dusta untuk Dia?

Ayub 15:6

Konteks
15:6 Mulutmu sendirilah yang mempersalahkan engkau, bukan aku; bibirmu sendiri menjadi saksi menentang engkau. b 

Ayub 15:32

Konteks
15:32 Sebelum genap masanya, d  ajalnya akan sampai; e  dan rantingnyapun tidak akan menghijau. f 

Ayub 18:5

Konteks
18:5 Bagaimanapun juga terang orang fasik tentu padam, v  dan nyala apinya tidak tetap bersinar. w 

Ayub 19:28

Konteks
19:28 Kalau kamu berkata: Kami akan menuntut o  dia dan mendapatkan padanya sebab perkaranya!,

Ayub 20:5

Konteks
20:5 bahwa sorak-sorai orang fasik v  hanya sebentar saja, dan sukacita orang durhaka w  hanya sekejap mata? x 

Ayub 20:20

Konteks
20:20 Sesungguhnya, ia tidak mengenal ketenangan dalam batinnya, e  dan ia tidak akan terluput dengan membawa harta bendanya. f 

Ayub 23:4

Konteks
23:4 Maka akan kupaparkan perkaraku c  di hadapan-Nya, dan kupenuhi mulutku dengan kata-kata pembelaan. d 

Ayub 27:11

Konteks
27:11 Aku akan mengajari kamu tentang tangan Allah, apa yang dimaksudkan i  oleh Yang Mahakuasa tidak akan kusembunyikan. j 

Ayub 31:6

Konteks
31:6 biarlah aku ditimbang v  di atas neraca w  yang teliti, maka Allah akan mengetahui, bahwa aku tidak bersalah. x 

Ayub 32:1

Konteks
Elihu merasa juga berhak untuk mengemukakan pendapat
32:1 Maka ketiga orang itu menghentikan sanggahan mereka terhadap Ayub, n  karena ia menganggap dirinya benar. o 

Ayub 32:20

Konteks
32:20 Aku harus berbicara, supaya merasa lega, aku harus membuka mulutku dan memberi sanggahan. p 

Ayub 33:16

Konteks
33:16 maka Ia membuka telinga z  manusia dan mengejutkan mereka a  dengan teguran-teguran b 

Ayub 34:12

Konteks
34:12 Sungguh, Allah tidak berlaku curang, j  Yang Mahakuasa tidak membengkokkan keadilan. k 

Ayub 34:36

Konteks
34:36 Ah, kiranya Ayub diuji terus-menerus, karena ia menjawab seperti orang-orang jahat! g 

Ayub 36:9

Konteks
36:9 maka Ia memperingatkan mereka kepada perbuatan mereka, dan kepada pelanggaran mereka, karena mereka berlaku congkak, d 

Ayub 38:3

Konteks
38:3 Bersiaplah engkau sebagai laki-laki 7 ! Aku akan menanyai engkau, supaya engkau memberitahu Aku. e 

Ayub 42:4

Konteks
42:4 Firman-Mu: Dengarlah, maka Akulah yang akan berfirman; Aku akan menanyai engkau, supaya engkau memberitahu Aku. m 

Ayub 6:15

Konteks
6:15 Saudara-saudaraku tidak dapat dipercaya seperti sungai, s  seperti dasar dari pada sungai yang mengalir lenyap,

Ayub 10:13

Konteks
10:13 Tetapi inilah yang Kausembunyikan di dalam hati-Mu; aku tahu, bahwa inilah maksud-Mu: l 

Ayub 15:7

Konteks
15:7 Apakah engkau dilahirkan c  sebagai manusia yang pertama, atau dijadikan lebih dahulu dari pada bukit-bukit? d 

Ayub 15:17

Konteks
15:17 Aku hendak menerangkan sesuatu kepadamu, dengarkanlah aku, dan apa yang telah kulihat, x  hendak kuceritakan,

Ayub 32:8

Konteks
32:8 Tetapi roh y  yang di dalam manusia 8 , dan nafas Yang Mahakuasa, z  itulah yang memberi kepadanya pengertian. a 

Ayub 37:5

Konteks
37:5 Allah mengguntur o  dengan suara-Nya yang mengagumkan; p  Ia melakukan perbuatan-perbuatan besar yang tidak tercapai oleh pengetahuan q  kita;

Ayub 38:17

Konteks
38:17 Apakah pintu gerbang maut e  tersingkap bagimu, atau pernahkah engkau melihat pintu gerbang kelam pekat? f 

Ayub 40:7

Konteks
40:7 (40-2) "Bersiaplah engkau sebagai laki-laki; Aku akan menanyai engkau, dan engkau memberitahu Aku. n 

Ayub 2:12

Konteks
2:12 Ketika mereka memandang dari jauh, mereka tidak mengenalnya u  lagi. Lalu menangislah mereka dengan suara nyaring. v  Mereka mengoyak jubahnya, w  dan menaburkan debu di kepala x  terhadap langit.

Ayub 31:35

Konteks
31:35 Ah, sekiranya ada yang mendengarkan aku! a  --Inilah tanda tanganku! Hendaklah Yang Mahakuasa menjawab aku! --Sekiranya ada surat tuduhan b  yang ditulis lawanku!
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[38:4]  1 Full Life : DASAR BUMI.

Nas : Ayub 38:4

Perkataan Allah hanya membahas dunia alami dari ciptaan dan alam. Ia melukiskan rahasia dan kerumitan semesta alam sambil menyatakan bahwa caranya mengatur dunia jauh melampaui jangkauan pemahaman kita. Allah ingin Ayub mengerti bahwa kegiatan-Nya di alam semesta itu dapat dibandingkan dengan pemerintahan-Nya dalam tatanan moral dan rohani semesta alam ini, dan pengertian lengkap mengenai cara-cara Allah tidak akan dijumpai dalam hidup ini. Tetapi kitab Ayub menyatakan bahwa apabila semua kebenaran telah diketahui, cara-cara dan tindakan-tindakan Allah akan tampak sebagai adil dan benar.

[38:4]  2 Full Life : CERITAKANLAH KALAU ENGKAU MEMPUNYAI PENGERTIAN.

Nas : Ayub 38:4

Allah menegur Ayub karena berbicara tanpa pengetahuan (ayat Ayub 38:2) dan merendahkan dia dengan membuat hamba-Nya yang menderita itu sadar bahwa nalar manusia bukan tandingan bagi Allah yang tak terbatas dan kekal (bd. Ayub 39:34-38). Tanpa menolak pernyataan Ayub mengenai integritas moralnya, Allah mempersoalkan gagasan Ayub bahwa Dia mungkin tidak memerintah dunia ini dengan adil (mis. pasal Ayub 21:1-34; Ayub 24:1-25). Tetapi Allah selanjutnya memastikan Ayub bahwa dalam dialognya dengan para penasihatnya, ia telah mengatakan yang benar tentang Allah (Ayub 42:7). Dengan kata lain, Allah menilai kesalahan pemahaman Ayub sebagai datangnya dari kekurangan pengertian dan bukan dari kegagalan iman atau kurang mengasihi Tuhan.

[2:11]  3 Full Life : KETIGA SAHABAT AYUB.

Nas : Ayub 2:11

Setelah mendengar tentang kemalangan Ayub, tiga orang sahabatnya datang untuk menyatakan simpati dan menghiburnya. Kitab Ayub mencatat dialog mereka dengan penderita itu. Pandangan mereka merupakan teologi yang populer tetapi tidak lengkap, karena mereka beranggapan bahwa orang saleh hanya mengalami hal-hal yang baik sedangkan penderitaan senantiasa menunjukkan adanya dosa di dalam kehidupan seseorang. Mereka sungguh-sungguh berusaha menolong Ayub dengan mendorongnya untuk mengakui adanya dosa yang hebat. Pada akhirnya Allah menegur mereka karena kesalahan itu (Ayub 42:7).

[7:11]  4 Full Life : KESESAKAN JIWAKU.

Nas : Ayub 7:11

Ayub sering kali berbicara tentang kesedihan dan kegetiran roh dan jiwanya (bd. Ayub 10:1; 27:2). Ia menjadi orang yang sangat menderita pada seluruh aspek hidupnya.

  1. 1) Secara jasmaniah ia kehilangan kekayaan, anak-anak, dan kesehatannya (Ayub 1:13-19; 2:7-8).
  2. 2) Secara sosial ia diasingkan dari semua sahabat dan keluarganya (Ayub 2:7-8; 19:13-19). Ia dicemooh oleh masyarakat umum (Ayub 16:10; 30:1-10) serta dikhianati oleh sahabat-sahabat karibnya (Ayub 6:14-23).
  3. 3) Secara rohani ia merasa ditinggalkan oleh Allah, karena percaya bahwa Tuhan telah berbalik melawan dia (ayat Ayub 7:17-19; 6:4).
  4. 4) Karena disiksa dalam bermacam-macam cara, Ayub mengalami berbagai macam perasaan: kekhawatiran (ayat Ayub 7:4,13-14), ketidaktentuan (Ayub 9:20), penolakan dan pengkhianatan (Ayub 10:3; 12:4), ketakutan (Ayub 6:4; 9:28), kesepian (Ayub 19:13-19), dan keputusasaan yang membuatnya ingin mati (pasal Ayub 3:1-26).

[10:16]  5 Full Life : SEPERTI SINGA ENGKAU AKAN MEMBURU AKU.

Nas : Ayub 10:16

Karena Ayub sedang menderita kesengsaraan hebat, ia merasa Allah memusuhinya. PB memberikan penyataan yang lebih lengkap mengenai kesulitan, sehingga orang percaya dapat bersukacita dalam penderitaan.

  1. 1) Paulus menulis kepada jemaat Korintus, "Beban yang ditanggungkan atas kami adalah begitu besar dan begitu berat sehingga kami putus asa juga akan hidup kami" (2Kor 1:8). Namun dalam kesulitannya rasul Paulus memuji Allah karena kehadiran dan Roh-Nya menyertai dirinya untuk menghibur (2Kor 1:3-4,22). Akan tetapi, kemuliaan utama dari penderitaan Paulus ialah bahwa pada batas tertentu ia mengambil bagian dalam "kesengsaraan Kristus" (2Kor 1:5; bd. 2Kor 4:10; Fili 3:10; Kol 1:24; 1Pet 4:13).
  2. 2) Semua orang kudus Allah yang ternama telah mengalami kebenaran alkitabiah itu bahwa menjadi satu dengan Allah dan kerajaan-Nya serta berkomitmen kepada jalan-jalan dan standar-standar-Nya belum tentu berarti bebas dari penderitaan di dunia ini, melainkan bebas untuk menderita di dunia ini bersama Kristus (lih. Ibr 13:12-13; Yak 5:10-11; 1Pet 2:21; 4:1).

[10:2]  6 Full Life : MENGAPA ENGKAU BEPERKARA DENGAN AKU.

Nas : Ayub 10:2

Tidak pernah Ayub berdoa memohon kesembuhan untuk tubuhnya. Yang paling menarik perhatiannya ialah "mengapa" ia menderita dan mengapa Allah tampaknya telah meninggalkan hamba-Nya; mengetahui jawaban atas masalah ini lebih penting bagi Ayub daripada kesengsaraan yang sedang dialaminya. Diterima oleh Allah sebagai milik-Nya, bahkan di tengah kesengsaraan, adalah hal yang paling penting di dalam hidupnya.

[38:3]  7 Full Life : BERSIAPLAH ENGKAU SEBAGAI LAKI-LAKI!

Nas : Ayub 38:3

Kata-kata Allah kepada Ayub itu luar biasa baik karena apa yang dikatakan maupun yang tidak dikatakannya.

  1. 1) Sungguh mengherankan bahwa Ayub tidak pernah diberi tahu mengapa dirinya menderita. Ayub tidak pernah mengetahui bahwa penderitaannya mencakup masalah-masalah berat seperti integritas dan pembuktian pekerjaan penebusan Allah di antara umat manusia yang terjatuh

    (lihat cat. --> Ayub 1:8;

    lihat cat. --> Ayub 1:9).

    [atau ref. Ayub 1:8-9]

    Diamnya Allah mengenai hal ini menunjukkan bahwa alasan penderitaan Ayub bukanlah soal terpenting dalam kasus ini.
  2. 2) Allah juga tidak pernah mengacu kepada berbagai pernyataan Ayub yang sembrono dan keterlaluan dalam pembicaraannya. Allah tidak menegur Ayub dengan keras atau menuntut Ayub karena kebebalannya. Dia memahami dan bersimpati dengan penderitaan Ayub serta menimbang kata-kata dan perasaan Ayub dengan belas kasihan.

[32:8]  8 Full Life : ROH YANG DI DALAM MANUSIA.

Nas : Ayub 32:8

Meskipun Elihu menyatakan bahwa ia telah menerima wawasan rohani dari Allah (bd. Ayub 33:4), pernyataan-pernyataan dan pandangan teologisnya tidak tanpa kesalahan. Beberapa di antaranya penuh wawasan, lainnya kurang daripada penyataan alkitabiah.



TIP #30: Klik ikon pada popup untuk memperkecil ukuran huruf, ikon pada popup untuk memperbesar ukuran huruf. [SEMUA]
dibuat dalam 0.06 detik
dipersembahkan oleh YLSA