TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Kisah Para Rasul 2:13

Konteks
2:13 Tetapi orang lain menyindir: "Mereka sedang mabuk oleh anggur manis 1 . h "

Kisah Para Rasul 2:44

Konteks
2:44 Dan semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama, b 

Kisah Para Rasul 3:4-5

Konteks
3:4 Mereka menatap dia dan Petrus berkata: "Lihatlah kepada kami." 3:5 Lalu orang itu menatap mereka dengan harapan akan mendapat sesuatu dari mereka.

Kisah Para Rasul 4:15

Konteks
4:15 Dan setelah mereka menyuruh rasul-rasul itu meninggalkan ruang sidang, p  berundinglah mereka,

Kisah Para Rasul 5:1

Konteks
Ananias dan Safira
5:1 Ada seorang lain yang bernama Ananias. Ia beserta isterinya Safira menjual sebidang tanah.

Kisah Para Rasul 5:6

Konteks
5:6 Lalu datanglah beberapa orang muda; mereka mengapani mayat itu, g  mengusungnya ke luar dan pergi menguburnya.

Kisah Para Rasul 5:13-14

Konteks
5:13 Orang-orang lain tidak ada yang berani menggabungkan diri kepada mereka. Namun mereka sangat dihormati orang banyak. p  5:14 Dan makin lama makin bertambahlah jumlah q  orang yang percaya kepada Tuhan, baik laki-laki maupun perempuan,

Kisah Para Rasul 5:27

Konteks
5:27 Mereka membawa keduanya dan menghadapkan mereka kepada Mahkamah Agama. f  Imam Besar mulai menanyai mereka,

Kisah Para Rasul 5:33

Konteks
5:33 Mendengar perkataan itu sangatlah tertusuk hati r  mereka dan mereka bermaksud membunuh rasul-rasul itu.

Kisah Para Rasul 6:4

Konteks
6:4 dan supaya kami sendiri dapat memusatkan pikiran dalam doa 2  m  dan pelayanan Firman."

Kisah Para Rasul 7:12

Konteks
7:12 Tetapi ketika Yakub mendengar, bahwa di tanah Mesir ada gandum, ia menyuruh nenek moyang kita ke sana. Itulah kunjungan mereka yang pertama; z 

Kisah Para Rasul 7:15

Konteks
7:15 Lalu pergilah Yakub ke tanah Mesir. Di situ ia meninggal, e  ia dan nenek moyang kita;

Kisah Para Rasul 8:2

Konteks
8:2 Orang-orang saleh menguburkan mayat Stefanus serta meratapinya dengan sangat.

Kisah Para Rasul 8:5

Konteks
8:5 Dan Filipus t  pergi ke suatu kota di Samaria 3  dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ.

Kisah Para Rasul 8:11

Konteks
8:11 Dan mereka mengikutinya, karena sudah lama ia mentakjubkan mereka oleh perbuatan sihirnya.

Kisah Para Rasul 9:23

Konteks
9:23 Beberapa hari kemudian orang Yahudi merundingkan suatu rencana untuk membunuh Saulus. j 

Kisah Para Rasul 9:29

Konteks
9:29 Ia juga berbicara dan bersoal jawab dengan orang-orang Yahudi yang berbahasa Yunani, q  tetapi mereka itu berusaha membunuh dia. r 

Kisah Para Rasul 9:42--10:1

Konteks
9:42 Peristiwa itu tersiar di seluruh Yope dan banyak orang menjadi percaya kepada Tuhan. j  9:43 Kemudian dari pada itu Petrus tinggal beberapa hari di Yope, di rumah seorang yang bernama Simon, k  seorang penyamak kulit.
Petrus dan Kornelius
10:1 Di Kaisarea l  ada seorang yang bernama Kornelius, seorang perwira pasukan yang disebut pasukan Italia.

Kisah Para Rasul 10:14

Konteks
10:14 Tetapi Petrus menjawab: "Tidak, Tuhan, y  tidak, sebab aku belum pernah makan sesuatu yang haram dan yang tidak tahir. z "

Kisah Para Rasul 10:16

Konteks
10:16 Hal ini terjadi sampai tiga kali dan segera sesudah itu terangkatlah benda itu ke langit.

Kisah Para Rasul 11:2

Konteks
11:2 Ketika Petrus tiba di Yerusalem, orang-orang dari golongan yang bersunat u  berselisih pendapat dengan dia.

Kisah Para Rasul 11:7-8

Konteks
11:7 Lalu aku mendengar suara berkata kepadaku: Bangunlah, hai Petrus, sembelihlah dan makanlah! 11:8 Tetapi aku berkata: Tidak, Tuhan, tidak, sebab belum pernah sesuatu yang haram dan yang tidak tahir masuk ke dalam mulutku.

Kisah Para Rasul 11:10

Konteks
11:10 Hal itu terjadi sampai tiga kali, lalu semuanya ditarik kembali ke langit.

Kisah Para Rasul 11:27

Konteks
11:27 Pada waktu itu datanglah beberapa nabi 4  c  dari Yerusalem ke Antiokhia.

Kisah Para Rasul 12:13

Konteks
12:13 Dan ketika ia mengetuk pintu gerbang, datanglah seorang hamba perempuan bernama Rode untuk mengetahui siapa yang mengetuk itu. c 

Kisah Para Rasul 12:22

Konteks
12:22 Dan rakyatnya bersorak membalasnya: "Ini suara allah dan bukan suara manusia!"

Kisah Para Rasul 12:24

Konteks
Barnabas dan Saulus diutus
12:24 Maka firman Tuhan o  makin tersebar p  dan makin banyak didengar orang.

Kisah Para Rasul 13:9

Konteks
13:9 Tetapi Saulus, juga disebut Paulus, yang penuh dengan Roh Kudus 5 , p  menatap dia,

Kisah Para Rasul 13:37

Konteks
13:37 Tetapi Yesus, yang dibangkitkan u  Allah, tidak demikian.

Kisah Para Rasul 13:49

Konteks
13:49 Lalu firman Tuhan i  disiarkan di seluruh daerah itu.

Kisah Para Rasul 13:51

Konteks
13:51 Akan tetapi Paulus dan Barnabas mengebaskan debu kaki k  mereka sebagai peringatan bagi orang-orang itu, lalu pergi ke Ikonium. l 

Kisah Para Rasul 15:33

Konteks
15:33 Dan sesudah beberapa waktu keduanya tinggal di situ, saudara-saudara itu melepas mereka dalam damai d  untuk kembali kepada mereka yang mengutusnya.

Kisah Para Rasul 15:37

Konteks
15:37 Barnabas ingin membawa juga Yohanes yang disebut Markus; i 

Kisah Para Rasul 15:41

Konteks
15:41 berangkatlah ia mengelilingi Siria m  dan Kilikia n  sambil meneguhkan jemaat-jemaat o  di situ.

Kisah Para Rasul 16:11

Konteks
16:11 Lalu kami bertolak dari Troas j  dan langsung berlayar ke Samotrake, dan keesokan harinya tibalah kami di Neapolis;

Kisah Para Rasul 17:8

Konteks
17:8 Ketika orang banyak dan pembesar-pembesar kota mendengar semuanya itu, mereka menjadi gelisah.

Kisah Para Rasul 18:4

Konteks
18:4 Dan setiap hari Sabat i  Paulus berbicara dalam rumah ibadat j  dan berusaha meyakinkan orang-orang Yahudi dan orang-orang Yunani.

Kisah Para Rasul 18:11

Konteks
18:11 Maka tinggallah Paulus di situ selama satu tahun enam bulan dan ia mengajarkan firman Allah a  di tengah-tengah mereka.

Kisah Para Rasul 18:20

Konteks
18:20 Mereka minta kepadanya untuk tinggal lebih lama di situ, tetapi ia tidak mengabulkannya.

Kisah Para Rasul 19:3

Konteks
19:3 Lalu kata Paulus kepada mereka: "Kalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?" Jawab mereka: "Dengan baptisan Yohanes."

Kisah Para Rasul 19:5

Konteks
19:5 Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis 6  dalam nama Tuhan Yesus. h 

Kisah Para Rasul 19:14

Konteks
19:14 Mereka yang melakukan hal itu ialah tujuh orang anak dari seorang imam kepala Yahudi yang bernama Skewa.

Kisah Para Rasul 19:23

Konteks
19:23 Kira-kira pada waktu itu timbul huru-hara besar mengenai Jalan Tuhan. j 

Kisah Para Rasul 19:30

Konteks
19:30 Paulus mau pergi ke tengah-tengah rakyat itu, tetapi murid-muridnya s  tidak mengizinkannya.

Kisah Para Rasul 19:39

Konteks
19:39 Dan jika ada sesuatu yang lain yang kamu kehendaki, baiklah kehendakmu itu diselesaikan dalam sidang rakyat yang sah.

Kisah Para Rasul 20:8

Konteks
20:8 Di ruang atas, s  di mana kami berkumpul, dinyalakan banyak lampu.

Kisah Para Rasul 20:12

Konteks
20:12 Sementara itu mereka mengantarkan orang muda itu hidup ke rumahnya, dan mereka semua merasa sangat terhibur.

Kisah Para Rasul 20:14

Konteks
20:14 Ketika ia bertemu dengan kami di Asos, kami membawanya ke kapal, lalu melanjutkan pelayaran kami ke Metilene.

Kisah Para Rasul 20:17

Konteks
Perpisahan Paulus dengan para penatua di Efesus
20:17 Karena itu ia menyuruh seorang dari Miletus b  ke Efesus dengan pesan supaya para penatua c  jemaat datang ke Miletus.

Kisah Para Rasul 21:10

Konteks
21:10 Setelah beberapa hari kami tinggal di situ, datanglah dari Yudea seorang nabi bernama Agabus 7 . c 

Kisah Para Rasul 21:14-15

Konteks
21:14 Karena ia tidak mau menerima nasihat kami, kami menyerah i  dan berkata: "Jadilah j  kehendak Tuhan 8 !"
Pertemuan Paulus dengan Yakobus di Yerusalem
21:15 Sesudah beberapa hari lamanya tinggal di Kaisarea, berkemaslah kami, lalu berangkat ke Yerusalem. k 

Kisah Para Rasul 21:17

Konteks
21:17 Ketika kami tiba di Yerusalem, semua saudara n  menyambut kami dengan suka hati. o 

Kisah Para Rasul 23:2

Konteks
23:2 Tetapi Imam Besar Ananias z  menyuruh orang-orang yang berdiri dekat Paulus menampar mulut a  Paulus.

Kisah Para Rasul 23:4

Konteks
23:4 Dan orang-orang yang hadir di situ berkata: "Engkau mengejek Imam Besar Allah?"

Kisah Para Rasul 23:13

Konteks
23:13 Jumlah mereka yang mengadakan komplotan itu lebih dari pada empat puluh orang.

Kisah Para Rasul 23:32

Konteks
23:32 Pada keesokan harinya mereka membiarkan orang-orang berkuda n  dan Paulus meneruskan perjalanan, dan mereka sendiri pulang ke markas. o 

Kisah Para Rasul 23:34

Konteks
23:34 Dan setelah membaca surat itu, wali negeri itu menanyakan Paulus dari propinsi manakah asalnya. Dan ketika ia mendengar, bahwa Paulus dari Kilikia, s 

Kisah Para Rasul 24:9

Konteks
24:9 Dan juga orang-orang Yahudi menyokong dakwaan e  itu dengan mengatakan, bahwa perkara itu sungguh demikian.

Kisah Para Rasul 24:17

Konteks
24:17 Dan setelah beberapa tahun lamanya aku datang kembali ke Yerusalem untuk membawa pemberian r  bagi bangsaku dan untuk mempersembahkan persembahan-persembahan.

Kisah Para Rasul 26:28

Konteks
26:28 Jawab Agripa: "Hampir-hampir saja kauyakinkan aku menjadi orang Kristen! j "

Kisah Para Rasul 27:14

Konteks
Kapal terkandas
27:14 Tetapi tidak berapa lama kemudian turunlah dari arah pulau itu angin badai, j  yang disebut angin "Timur Laut".

Kisah Para Rasul 27:36-38

Konteks
27:36 Maka kuatlah hati d  semua orang itu, dan merekapun makan juga. 27:37 Jumlah kami semua yang di kapal itu dua ratus tujuh puluh enam jiwa. 27:38 Setelah makan kenyang, mereka membuang muatan gandum ke laut e  untuk meringankan kapal itu.

Kisah Para Rasul 28:24

Konteks
28:24 Ada yang dapat diyakinkan oleh perkataannya, ada yang tetap tidak percaya. n 
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[2:13]  1 Full Life : ANGGUR MANIS.

Nas : Kis 2:13

(Yun. _gleukos_) Pada umumnya yang dimaksudkan adalah sari buah anggur yang tidak difermentasi. Mereka yang mengejek murid-murid Yesus mungkin menggunakan istilah ini dan bukan kata PB yang lebih umum untuk anggur (oinos) karena mereka percaya bahwa murid-murid Yesus hanya menggunakan jenis anggur semacam ini. Dalam hal ini, ejekan mereka diucapkan dengan nada sarkastis.

[6:4]  2 Full Life : MEMUSATKAN PIKIRAN DALAM DOA.

Nas : Kis 6:4

Baptisan dalam Roh Kudus saja tidak cukup untuk kepemimpinan Kristen yang efektif. Para pemimpin gereja harus senantiasa bertekun dalam doa dan penyampaian Firman Allah. Kata kerja yang diterjemahkan dengan "memusatkan pikiran" (Yun. _proskartereo_) menunjukkan suatu kesetiaan yang terarah dan tetap sambil memberikan banyak waktu kepada suatu tindakan tertentu. Para rasul menyadari bahwa doa dan pelayanan Firman merupakan tugas tertinggi para pemimpin Kristen. Perhatikan betapa seringnya doa disebutkan dalam kitab ini (lih. Kis 1:14,24; 2:42; 4:24-31; 6:4,6; 9:40; 10:2,4,9,31; Kis 11:5; 12:5; 13:3; 14:23; 16:25; 22:17; 28:8).

[8:5]  3 Full Life : FILIPUS PERGI KE ... SAMARIA.

Nas : Kis 8:5-24

Perhatikan urutan peristiwa dalam kisah pencurahan Roh atas orang percaya di Samaria.

  1. 1) Filipus memberitakan Injil Kerajaan dan Allah meneguhkan Firman-Nya dengan tanda-tanda yang ajaib (ayat Kis 8:5-7).
  2. 2) Banyak orang Samaria menerima Firman Allah (ayat Kis 8:14), percaya kepada Yesus (ayat Kis 8:12), disembuhkan dan dilepaskan dari kuasa-kuasa kejahatan (ayat Kis 8:7), lalu dibaptis dalam air (ayat Kis 8:12-13). Dengan demikian, mereka mengalami keselamatan, karya pembaharuan Roh Kudus dan kuasa kerajaan Allah

    (lihat cat. --> Kis 8:12).

    [atau ref. Kis 8:12]

  3. 3) Akan tetapi, Roh Kudus "belum turun di atas seorang pun di antara mereka" setelah mereka bertobat dan dibaptis (ayat Kis 8:16).
  4. 4) Beberapa hari setelah pertobatan orang Samaria, Petrus dan Yohanes tiba di Samaria dan berdoa supaya mereka beroleh Roh Kudus (ayat Kis 8:14-15). Jelas adalah selang waktu di antara saat mereka bertobat dan saat mereka menerima baptisan dalam Roh Kudus (ayat Kis 8:16-17; bd. Kis 2:4). Dengan kata lain, penerimaan Roh oleh orang Samaria mengikuti pola pengalaman para murid pada hari Pentakosta

    (lihat art. PEMBAHARUAN PARA MURID; dan

    lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).

  5. 5) Penerimaan Roh Kudus seharusnya disertai suatu penyataan lahiriah, yaitu berbicara dengan bahasa roh dan bernubuat

    (lihat cat. --> Kis 8:18).

    [atau ref. Kis 8:18]

[11:27]  4 Full Life : BEBERAPA NABI.

Nas : Kis 11:27

Peranan nabi-nabi dalam gereja diakui dalam surat-surat Paulus

(lihat art. KARUNIA-KARUNIA PELAYANAN GEREJA).

[13:9]  5 Full Life : SAULUS ... PENUH DENGAN ROH KUDUS.

Nas : Kis 13:9

Seseorang boleh dibaptis dalam Roh seperti yang dialami oleh Paulus (Kis 9:17), namun kadang-kadang bila perlu dapat diisi lagi dengan Roh. Kepenuhan yang berulang-ulang diperlukan

  1. (1) dalam menghadapi sanggahan-sanggahan terhadap Injil (Kis 4:8-12),
  2. (2) dalam menyebarluaskan Injil (Kis 4:8,31) dan
  3. (3) dalam menantang langsung kegiatan setan (Kis 13:9,50-52). Kepenuhan berulang-ulang dengan Roh Kudus seharusnya merupakan kebiasaan untuk semua orang percaya yang telah dibaptis dalam Roh Kudus.

[19:5]  6 Full Life : MEREKA MEMBERI DIRI MEREKA DIBAPTIS.

Nas : Kis 19:5

Kenyataan bahwa kedua belas murid di Efesus ini (ayat Kis 19:7) membiarkan diri mereka dibaptis "dalam nama Tuhan Yesus" memperlihatkan bahwa mereka mempunyai iman yang menyelamatkan dan telah dilahirkan kembali oleh Roh Kudus. Hal ini mendahului kepenuhan mereka dengan Roh Kudus (ayat Kis 19:6).

[21:10]  7 Full Life : SEORANG NABI BERNAMA AGABUS.

Nas : Kis 21:10

Agabus, salah satu nabi yang meramalkan kelaparan yang terjadi pada tahun 46 (Kis 11:27-28), kini menubuatkan penawanan dan pemenjaraan Paulus. Makin dekat Paulus dengan Yerusalem makin nyata dan pasti penyataan-penyataannya (ayat Kis 21:11). Nubuat Agabus tidak melarang Paulus pergi ke Yerusalem, tetapi memberi tahu apa yang menantinya kalau dia pergi.

Perhatikan bahwa tidak ada peristiwa tercatat dalam PB di mana karunia nubuat dipakai untuk memberi bimbingan pribadi kepada orang dalam hal-hal yang dapat diputuskan menurut prinsip-prinsip alkitabiah. Keputusan-keputusan yang berhubungan dengan moralitas, membeli atau menjual, perjodohan, dan masalah keluarga harus diambil dengan menerapkan dan menaati prinsip-prinsip Firman Allah dan bukan dengan memakai landasan "nubuat." Ucapan nubuat dalam PB terutama untuk membangun, menasihati, dan menghibur (1Kor 14:3) dan sering kali untuk menuntun dalam misi.

(lihat cat. --> Kis 16:6).

[atau ref. Kis 16:6]

[21:14]  8 Full Life : JADILAH KEHENDAK TUHAN.

Nas : Kis 21:14

Banyak murid (ayat Kis 21:4) dan juga nabi Agabus (ayat Kis 21:11) sudah bernubuat tentang penderitaan yang akan dialami Paulus jikalau ia pergi ke Yerusalem. Orang-orang Kristen ini menganggap nubuat itu sebagai petunjuk pribadi kepada Paulus bahwa ia tidak boleh pergi ke Yerusalem (ayat Kis 21:4,12). Walaupun Paulus mengakui kebenaran penyataan itu (ayat Kis 21:11), ia tidak menerima tafsiran mereka tentang nubuat tersebut (ayat Kis 21:13). Paulus lebih bersandar pada bimbingan pribadi Roh Kudus dan Firman Allah bagi dirinya sendiri untuk suatu keputusan yang begitu penting (Kis 23:11;

lihat cat. --> Kis 21:4).

[atau ref. Kis 21:4]

Mengenai pelayanan kemudian hari, seorang harus menantikan perkataan Allah secara pribadi dan bukan hanya perkataan dari orang-orang lain.



TIP #17: Gunakan Pencarian Universal untuk mencari pasal, ayat, referensi, kata atau nomor strong. [SEMUA]
dibuat dalam 0.07 detik
dipersembahkan oleh YLSA