Teks -- Kejadian 19:26-38 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Kej 19:26 - ISTERI LOT ... MENOLEH KE BELAKANG, LALU MENJADI TIANG GARAM.
Nas : Kej 19:26
Istri Lot tidak menganggap serius peringatan kedua malaikat itu
(ayat Kej 19:17), dan matilah dia. Rupanya hatinya masih terikat ke...
Nas : Kej 19:26
Istri Lot tidak menganggap serius peringatan kedua malaikat itu (ayat Kej 19:17), dan matilah dia. Rupanya hatinya masih terikat kepada kesenangan-kesenangan Sodom. Yesus mengingatkan orang percaya agar "ingat akan isteri Lot" (Luk 17:32), yang artinya bahwa mereka yang hatinya terikat pada sistem dunia yang tercemar ini tidak akan lolos dari murka Allah dan kebinasaan yang akan dialami oleh orang yang tidak beriman (bd. Yeh 3:20; Rom 8:13; Ibr 4:1;
lihat art. KEMURTADAN PRIBADI; dan
lihat art. HUBUNGAN ORANG KRISTEN DENGAN DUNIA).
Full Life: Kej 19:28 - ASAP DARI DAPUR PELEBURAN.
Nas : Kej 19:28
Rasul Petrus menyatakan bahwa pembinasaan Sodom dan Gomora adalah
contoh mengenai apa yang akan terjadi atas semua orang fasik
(2Pe...
Nas : Kej 19:28
Rasul Petrus menyatakan bahwa pembinasaan Sodom dan Gomora adalah contoh mengenai apa yang akan terjadi atas semua orang fasik (2Pet 2:6,9). PB mengingatkan bahwa hari akhir murka Allah makin dekat
(lihat art. KESENGSARAAN BESAR).
Full Life: Kej 19:33 - MEMBERI AYAH MEREKA MINUM ANGGUR.
Nas : Kej 19:33
Kedua putri Lot salah karena melakukan dosa berzina dengan ayahnya
dan Lot salah karena mabuk.
1) Rupanya pergaulan akrab gadi...
Nas : Kej 19:33
Kedua putri Lot salah karena melakukan dosa berzina dengan ayahnya dan Lot salah karena mabuk.
- 1) Rupanya pergaulan akrab gadis-gadis itu dengan orang fasik di Sodom, yang dibiarkan oleh ayahnya (ayat Kej 19:14), telah menyebabkan mereka menerima standar moral yang sangat rendah. Karena Lot membiarkan orang fasik itu, ia kehilangan keluarganya dan keturunannya menjadi orang kafir.
- 2) Lot tetap merupakan contoh dari seorang ayah beriman yang imannya
dan penyerahannya adalah cukup untuk menyelamatkan dirinya sendiri,
namun tidak cukup untuk menyelamatkan keluarganya. Dia sadar terlambat
bahwa jalan iman yang sejati ialah mengajar keluarganya menjauhi diri
dan "tidak mengasihi dunia" (1Yoh 2:15,17;
lihat cat. --> 2Kor 6:14).
[atau ref. 2Kor 6:14]
seluruh negeri atau seluruh bumi.
Moab: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "dari ayahku".
BIS: Kej 19:38 - Ben-Ami Ben-Ami: Nama ini dalam bahasa Ibrani berarti: "anak dari sanak saudaraku", dan bunyinya seperti kata Ibrani untuk "orang Amon".
Ben-Ami: Nama ini dalam bahasa Ibrani berarti: "anak dari sanak saudaraku", dan bunyinya seperti kata Ibrani untuk "orang Amon".
Jerusalem: Kej 19:1-29 - -- Kisah ini berhubungan erat dengan bab 18, di mana sudah disiapkan, Kej 18:16-32. Di sinipun asal-usul rahasia. Kedua malaikat itu, Kej 19:1, ialah ked...
Kisah ini berhubungan erat dengan bab 18, di mana sudah disiapkan, Kej 18:16-32. Di sinipun asal-usul rahasia. Kedua malaikat itu, Kej 19:1, ialah kedua "orang" yang berpisah dengan Tuhan, Kej 18:22, setelah "tiga orang" bertamu kepada Abraham, Kej 18:2. Tetapi sepanjang bab 19 ini kedua orang tsb tetapi disebut "orang" saja dan bukan malaikat. Mereka berbicara atau dibicarakan sekali dalam bentuk tunggal dan sekali dalam bentuk jamak, sebagai wakil Tuhan yang sendiri tidak tampil ke muka. Mulai dengan nas tua ini Kitab Suci menekankan ciri moril agama Israel dan kuasa Tuhan yang merangkum dunia semesta. Ajaran cerita yang mengerikan ini kerap kali dikemukakan, lih khususnya Ula 29:23; Yes 1:9; 13:19; Yer 49:18; 50:40; Ams 4:11; Wis 10:6-7; Mat 10:15; 11:23-24; Luk 17:28 dst; 2Pe 2:6; Yud 7.
Jerusalem: Kej 19:26 - tiang garam Cerita ini secara kerakyatan menerangkan asal-usul sebuah wadas di daerah itu, sebuah bukit batu yang aneh bentuknya dan mengandung zat garam.
Cerita ini secara kerakyatan menerangkan asal-usul sebuah wadas di daerah itu, sebuah bukit batu yang aneh bentuknya dan mengandung zat garam.
Jerusalem: Kej 19:30-38 - -- Ceritera mengenai asal-usul bangsa Moab dan Amon ini merupakan sebuah tambahan pada bab 19. Ia berasal dari tradisi bangsa Moab dan Amon, bdk Bil 22:3...
Ceritera mengenai asal-usul bangsa Moab dan Amon ini merupakan sebuah tambahan pada bab 19. Ia berasal dari tradisi bangsa Moab dan Amon, bdk Bil 22:36, yang dapat membangkitkan asal usulnya itu. Anak-anak perempuan Lot (sama seperti Tamar dalam Kej 38) sekali-kali tidak digambarkan sebagai perempuan sundal. Mereka hanya ingin meneruskan keturunan. Mereka hanya ingin meneruskan keturunan. Kej 19:31 mengandaikan bahwa hanya Lot serta kedua anaknya itu diselamatkan dari pemusnahan. Ceritera tentang pemusnahan Sodom dan Gomora itu yang bersama penduduknya dibasmi karena dosa, mungkin aslinya sebuah ceritera yang sejalan dengan kisah mengenai air bah. Hanya ceritera kedua itu terdapat pada penduduk daerah di seberang sungai Yordan.
Jerusalem: Kej 19:37 - Moab Secara kerakyatan nama Moab dan Amos diterangkan. Moab dihubungkan dengan kata Ibrani me'ab, artinya (berasal) dari ayah. Nama bani Amon dihubungkan d...
Secara kerakyatan nama Moab dan Amos diterangkan. Moab dihubungkan dengan kata Ibrani me'ab, artinya (berasal) dari ayah. Nama bani Amon dihubungkan dengan ben'ammi artinya: anak-anak sanak saudara.
Ende: Kej 19:26 - -- Ini adalah tradisi jang disebut "etiologis", artinja: keterangan populer tentang
asal sesuatu. Suatu formasi garam jang bentuknja seperti badan manus...
Ini adalah tradisi jang disebut "etiologis", artinja: keterangan populer tentang asal sesuatu. Suatu formasi garam jang bentuknja seperti badan manusia, dipandang sebagai isteri Lot jang telah berubah mendjadi artja batu, karena menengok kebelakang kearah Laut. Tradisi ini sampai sekarang masih terdapat dikalangan penduduk Arab.
Maksudnja: mendjelaskan, bahwa kekurangan kepertjajaan terhadap peringatan dari Tuhan disiksa (lihat Wis 10:7; Luk 17:32).
Ende: Kej 19:38 - -- Moab disini berarti "dari bapa"; Ben-Ammi artinja "anak bapaku".
Bangsa Moabit dan Ammonit bermusuhan dengan Israel. Dalam tjerita ini asal-usul
merek...
Moab disini berarti "dari bapa"; Ben-Ammi artinja "anak bapaku".
Bangsa Moabit dan Ammonit bermusuhan dengan Israel. Dalam tjerita ini asal-usul mereka memberi kesan jang tidak baik.
tidak ada dalam teks Hibrani.
diperbaiki. Tertulis: "kearah seluruh daerah lembah".
Ref. Silang FULL: Kej 19:26 - ke belakang // tiang garam · ke belakang: Kej 19:17; Kej 19:17
· tiang garam: Luk 17:32
Ref. Silang FULL: Kej 19:28 - dapur peleburan · dapur peleburan: Kej 15:17; Kel 19:18; Wahy 9:2; 18:9
· dapur peleburan: Kej 15:17; Kel 19:18; Wahy 9:2; 18:9
Ref. Silang FULL: Kej 19:29 - Lembah Yordan // Allah ingat // tengah-tengah tempat // yang ditunggangbalikkan · Lembah Yordan: Kej 13:12; Kej 13:12
· Allah ingat: Kej 8:1; Kej 8:1
· tengah-tengah tempat: Kej 14:12; Yeh 14:16
· yang ...
Ref. Silang FULL: Kej 19:30 - dari Zoar // di pegunungan · dari Zoar: Kej 19:22; Kej 13:10; Kej 13:10
· di pegunungan: Kej 19:19; Kej 19:19; Kej 14:10; Kej 14:10
Ref. Silang FULL: Kej 19:32 - menyambung keturunan // dari ayah · menyambung keturunan: Kej 16:2; Kej 16:2
· dari ayah: Kej 19:34,36; Kej 38:18
· menyambung keturunan: Kej 16:2; [Lihat FULL. Kej 16:2]
· dari ayah: Kej 19:34,36; Kej 38:18
Ref. Silang FULL: Kej 19:35 - minum anggur // ia bangun · minum anggur: Kej 9:21
· ia bangun: Kej 19:33
Ref. Silang FULL: Kej 19:37 - menamainya Moab // orang Moab · menamainya Moab: Kej 36:35; Kel 15:15; Bil 25:1; Yes 15:1; 25:10; Yer 25:21; 48:1; Yeh 25:8; Zef 2:9
· orang Moab: Bil 22:4; 24:17; Ul...
· menamainya Moab: Kej 36:35; Kel 15:15; Bil 25:1; Yes 15:1; 25:10; Yer 25:21; 48:1; Yeh 25:8; Zef 2:9
· orang Moab: Bil 22:4; 24:17; Ul 2:9; Hak 3:28; Rut 1:4,22; 1Sam 14:47; 22:3-4; 2Sam 8:2; 2Raj 1:1; 3:4; Ezr 9:1; Mazm 108:10; Yer 48:1