kecilkan semua  

Teks -- Imamat 1:3-17 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
1:3 Jikalau persembahannya merupakan korban bakaran dari lembu, haruslah ia mempersembahkan seekor jantan yang tidak bercela. Ia harus membawanya ke pintu Kemah Pertemuan, supaya TUHAN berkenan akan dia. 1:4 Lalu ia harus meletakkan tangannya ke atas kepala korban bakaran itu, sehingga baginya persembahan itu diperkenan untuk mengadakan pendamaian baginya. 1:5 Kemudian haruslah ia menyembelih lembu itu di hadapan TUHAN, dan anak-anak Harun, imam-imam itu, harus mempersembahkan darah lembu itu dan menyiramkannya pada sekeliling mezbah yang di depan pintu Kemah Pertemuan. 1:6 Kemudian haruslah ia menguliti korban bakaran itu dan memotong-motongnya menurut bagian-bagian tertentu. 1:7 Anak-anak imam Harun haruslah menaruh api di atas mezbah dan menyusun kayu di atas api itu. 1:8 Dan mereka harus mengatur potongan-potongan korban itu dan kepala serta lemaknya di atas kayu yang sedang menyala di atas mezbah. 1:9 Tetapi isi perutnya dan betisnya haruslah dibasuh dengan air dan seluruhnya itu harus dibakar oleh imam di atas mezbah sebagai korban bakaran, sebagai korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN. 1:10 Jikalau persembahannya untuk korban bakaran adalah dari kambing domba, baik dari domba, maupun dari kambing, haruslah ia mempersembahkan seekor jantan yang tidak bercela. 1:11 Haruslah ia menyembelihnya pada sisi mezbah sebelah utara di hadapan TUHAN, lalu haruslah anak-anak Harun, imam-imam itu, menyiramkan darahnya pada mezbah sekelilingnya. 1:12 Kemudian haruslah ia memotong-motongnya menurut bagian-bagian tertentu, dan bersama-sama kepalanya dan lemaknya diaturlah semuanya itu oleh imam di atas kayu yang sedang menyala di atas mezbah. 1:13 Isi perut dan betisnya haruslah dibasuhnya dengan air, dan seluruhnya itu haruslah dipersembahkan oleh imam dan dibakar di atas mezbah: itulah korban bakaran, suatu korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN. 1:14 Jikalau persembahannya kepada TUHAN merupakan korban bakaran dari burung, haruslah ia mempersembahkan korbannya itu dari burung tekukur atau dari anak burung merpati. 1:15 Imam harus membawanya ke mezbah, lalu memulas kepalanya dan membakarnya di atas mezbah. Darahnya harus ditekan ke luar pada dinding mezbah. 1:16 Temboloknya serta dengan bulunya haruslah disisihkan dan dibuang ke samping mezbah sebelah timur, ke tempat abu. 1:17 Dan ia harus mencabik burung itu pada pangkal sayapnya, tetapi tidak sampai terpisah; lalu imam harus membakarnya di atas mezbah, di atas kayu yang sedang terbakar; itulah korban bakaran, suatu korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Harun a son of Amram; brother of Moses,son of Amram (Kohath Levi); patriarch of Israel's priests,the clan or priestly line founded by Aaron


Topik/Tema Kamus: Korban | Imam | Sembah, Persembahan | Imamat, Kitab | Hukum Musa | Korban Bakaran | Pendamaian Menurut Taurat | Mezbah Korban Bakaran | Tangan | Gambaran, Teladan Kristus | Kayu | Burung | Domba | Merpati | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kel 35:1--Im 3:4 - INILAH FIRMAN YANG DIPERINTAHKAN. Nas : Kel 35:1-40:38 Pasal-pasal ini secara umum mengulang materi pasal Kel 25:1-31:18, kecuali di sini petunjuk-petunjuk yang diberikan kepada Mus...

Nas : Kel 35:1-40:38

Pasal-pasal ini secara umum mengulang materi pasal Kel 25:1-31:18, kecuali di sini petunjuk-petunjuk yang diberikan kepada Musa mengenai Kemah Suci dilaksanakan. Bagian ini dimaksudkan untuk menekankan bahwa sangat penting umat Allah menanggapi pengarahan-Nya dengan sungguh-sungguh dan menaatinya dengan tekun.

Full Life: Im 1:3 - KORBAN BAKARAN. Nas : Im 1:3 Istilah Ibrani untuk korban bakaran berarti "yang naik ke atas" kepada Allah. Seluruh korban dibakar habis, yang menunjukkan bahwa pen...

Nas : Im 1:3

Istilah Ibrani untuk korban bakaran berarti "yang naik ke atas" kepada Allah. Seluruh korban dibakar habis, yang menunjukkan bahwa penyerahan menyeluruh kepada Allah diperlukan dalam ibadah yang sejati. Pada saat bersama, terliput juga pengampunan (ayat Im 1:4), menekankan bahwa sebelum para penyembah dapat mengabdikan diri kepada Allah, mereka harus disucikan dari dosa (bd. Mat 5:23-24). Menurut penulis surat Ibrani, Yesus adalah penggenapan sempurna dari korban bakaran (Ibr 10:5-10).

Full Life: Im 1:4 - MELETAKKAN TANGANNYA KE ATAS KEPALA. Nas : Im 1:4 Seorang Israel yang mempersembahkan seekor binatang meletakkan tangannya ke atas binatang itu, yang menunjukkan bahwa ia menyatukan di...

Nas : Im 1:4

Seorang Israel yang mempersembahkan seekor binatang meletakkan tangannya ke atas binatang itu, yang menunjukkan bahwa ia menyatukan diri dengan binatang yang mewakilinya. Tindakan ini mengungkapkan ide penggantian (bd. Im 16:21-22; 24:14). Ketika binatang itu mati, seakan-akan orang yang mempersembahkannya juga ikut mati, namun juga tetap hidup untuk melayani Allah. Demikian pula, orang Kristen mempercayakan diri kepada Kristus dan menjadi satu dalam kematian-Nya (Rom 6:3-11; bd. 2Kor 5:21; Ibr 9:14). Dengan demikian mereka dipanggil untuk hidup sebagai umat yang bangkit dari kematian dan mempersembahkan diri sebagai persembahan yang hidup kepada Allah (Rom 12:1; Ibr 13:15).

Full Life: Im 1:5 - MENYEMBELIH LEMBU ITU. Nas : Im 1:5 Lihat cat. --> Im 9:8. [atau ref. Im 9:8]

Nas : Im 1:5

Lihat cat. --> Im 9:8.

[atau ref. Im 9:8]

Full Life: Im 1:9 - BAUNYA MENYENANGKAN BAGI TUHAN. Nas : Im 1:9 Allah sangat senang dengan korban yang dipersembahkan seseorang dalam iman yang taat. Paulus memakai gambaran ini untuk korban yang di...

Nas : Im 1:9

Allah sangat senang dengan korban yang dipersembahkan seseorang dalam iman yang taat. Paulus memakai gambaran ini untuk korban yang dipersembahkan Kristus (Ef 5:2) dan perbuatan-perbuatan baik orang percaya (Fili 4:18; bd. Ibr 13:16).

Jerusalem: Im 1:1--7:38 - -- Bagian ini boleh diberi judul: "Tata Upacara Korban". Oleh kitab Imamat seluruh tata upacara itu dihubungkan dengan masa tinggalnya Israel di padang g...

Bagian ini boleh diberi judul: "Tata Upacara Korban". Oleh kitab Imamat seluruh tata upacara itu dihubungkan dengan masa tinggalnya Israel di padang gurun dan ditempatkan di bawah kewibawaan Musa. Pada kenyataannya bagian ini memang memuat beberapa aturan kuno tetapi juga sejumlah penetapan yang berasal dari zaman jauh kemudian dari masa Musa. Sesudah pembuangan barulah tata upacara ini disusun. Maka Ima 1:1-7 sebenarnya menyajikan tata upacara korban yang menjadi pegangan bagi ibadah yang diselenggarakan dalam bait Allah yang didirikan sesudah masa pembuangan Israel ke Babel. Mengenai ibadah suku-suku Israel yang sebagai Badui mengembara di gurun tidak banyak yang dapat diketahui. Nas-nas yang tua usianya hanya memberi petunjuk mengenai perayaan Paskah, bdk catatan pada Kel 12:1,23,39. Tata upacara terperinci yang disajikan Taurat oleh tradisi Kristen diartikan sebagai persiapan dan pralambang korban tunggal penebus, bdk Ibr 8 dst, dan sakramen-sakramen Gereja.

Jerusalem: Im 1:1-7 - -- Korban bakaran yang diuraikan di sini ialah korban yang seluruhnya dibakar. Peletakan tangan ke atas binatang korban itu mengakibatkan bahwa itu benar...

Korban bakaran yang diuraikan di sini ialah korban yang seluruhnya dibakar. Peletakan tangan ke atas binatang korban itu mengakibatkan bahwa itu benar-benar korban orang yang bersangkutan, lalu korban itu dipersembahkan oleh imam. Dalam Pentateukh ada ceritera-ceritera dan hukum yang menegaskan bahwa korban macam itu sudah dipersembahkan waktu Israel di gurun, Kel 18:12; Bil 7:15, dan bahkan di zaman para bapa leluhur, Kel 8:20; 22:9-10. Tetapi berita tertua yang mempunyai nilai historis mengenai korban bakaran berasal dari zaman para Hakim, bdk Hak 6:26; 11:31; 13:15-20. Rupanya korban bakaran Israel terpengaruh oleh ibadat penduduk negeri Kanaan (bdk 1Ra 18; korban bakaran yang dipersembahkan para nabi Baal serupa dengan yang dipersembahkan oleh nabi Elia). Karena itu nampaknya korban bakaran baru mulai dipraktekkan Israel setelah menetap di tanah Kanaan. Dalam Imamat korban bakaran dianggap korban pendamaian, padahal di zaman dahulu dianggap korban syukur, bdk 1Sa 6:14; 10:8; 2Sa 6:17, atau korban perubahan karunia Tuhan, 1Sa 7:9; 13:9; 1Sa 3:4.

Jerusalem: Im 1:4 - pendamaian Pendamaian yang tercapai melalui korban itu berarti: seorang yang berdosa karena melanggar perjanjian, kembali direlai Tuhan. Binatang yang dipersemba...

Pendamaian yang tercapai melalui korban itu berarti: seorang yang berdosa karena melanggar perjanjian, kembali direlai Tuhan. Binatang yang dipersembahkan sebagai korban. Binatang yang dipersembahkan sebagai korban (Ibraninya: kipper) diartikan sebagai tebusan (Ibraninya: koper), bdk Kel 30:12. dalam korban pendamaian itu upacara sekitar darah memegang peranan utama, Ima 17:11; bdk Ima 4:1+; Ima 4:12+. Korban pendamaian semacam itu juga dikenal pada bangsa Babel dan Asyur. tetapi pada bangsa Israel pendamaian itu terkait pada dasar-dasar hukum Taurat. Dalam Perjanjian Baru pendamaian itu tidak dianggap sebagai tebusan atau pengganti, tetapi sebagai karunia Allah yang menghidupkan manusia, Rom 3:25-26.

Jerusalem: Im 1:5 - haruslah ia menyembelih Yeh 44:11 menetapkan bahwa para kaum Lewi menyembelih binatang. Para imam baru berperan dalam menyiramkan (memercikkan dsb) darah pada mezbah. Ini seb...

Yeh 44:11 menetapkan bahwa para kaum Lewi menyembelih binatang. Para imam baru berperan dalam menyiramkan (memercikkan dsb) darah pada mezbah. Ini sebuah penetapan yang menyangkut semua korban. Hanya imam saja yang naik ke atas mezbah

Jerusalem: Im 1:5 - darah darah dianggap mengandung daya kehidupan, Kel 9:4; bdk Ula 12:16,23; Maz 30:10. Karena itu darah berdaya untuk mengadakan pendamaian, bdk Ima 17:11, d...

darah dianggap mengandung daya kehidupan, Kel 9:4; bdk Ula 12:16,23; Maz 30:10. Karena itu darah berdaya untuk mengadakan pendamaian, bdk Ima 17:11, dan darahlah unsur yang paling penting dalam upacara korban dan upacara pengikat perjanjian, Kel 24. Ini ciri khas ibadat umat Israel yang tidak ditemukan dalam ibadat penduduk negeri Kanaan. Sesuai dengan adat kuno maka setiap penyembelihan termasuk ibadat dan perlu dibuat di atas sebuah mezbah, 1Sa 14:32-35, dan setelah hukum Ima 17:3 dst dikeluarkan, semua binatang mesti disembelih di tempat kudus, bdk Ima 17:4.

Jerusalem: Im 1:9 - korban api-apian Ungkapan ini tidak hanya dipakai sehubungan dengan korban bakaran, tetapi juga sehubungan dengan bagian korban manapun yang dibakar bagi Tuhan. Persem...

Ungkapan ini tidak hanya dipakai sehubungan dengan korban bakaran, tetapi juga sehubungan dengan bagian korban manapun yang dibakar bagi Tuhan. Persembahan tidak dianggap sebagai makanan jasmaniah yang dihidangkan kepada Allah, lalu dimakan olehNya bersama dengan manusia, bdk Ula 18:1+. Sebaliknya, persembahan itu disamakan dengan asap korban bakaran dan ukupan, yang "baunya menyenangkan bagi Tuhan", bdk Kel 29:18+.

Ende: Im 1:1--7:38 - -- Dalam bagian pertama ini disadjikan peraturan mengenai pelbagai djenis kurban dan mengenai ibadah umat Allah (lihat pendahuluan hal IX-XI) Kurban-kurb...

Dalam bagian pertama ini disadjikan peraturan mengenai pelbagai djenis kurban dan mengenai ibadah umat Allah (lihat pendahuluan hal IX-XI) Kurban-kurban ini didjaman persiapan itu adalah alat dan djalan jang ditentukan Jahwe sendiri, supaja manusia dapat menghadapiNja dan dengan djalan itu memperoleh berkah ilahi serta mengambil bagian dalam kekudusan tuhan. Manusia sendiri tidak tahu dan tidak mampu pula membuat djalan itu. Maka dari itu Allah berdjandji sendiri menetapkan djalan itu. Meskipun tidak sedikit dari upatjara itu sesungguhnja diambil alih oleh agama Israil dari bangsa-bangsa lain, namun kesemuanja disahkan oleh Allah dan dengan demikian dibuatNja mendjadi bertenaga djuga. Kitab Sutji menghubungkan semua dengan Musa, bukan oleh sebab Musa sendiri (sebagai pengantar Allah)memberikan undang-undang itu, melainkan oleh sebab Musalah pendiri agama Israil jang sedjati. Apa jang dimaksudkan kurban Perdjandjian Lama jang bermatjam ragam itu diketemukan kembali dalam satu Kurban Perdjandjian Baru, jakni kurban Kristus, sebagaimana ditegaskan dalam surat kepada orang-orang Hibrani (pasal 8-9(Ima 8-9), jang menafsirkan kurban-kurban itu sebagai perlambang kurban sedjati itu).

Ende: Im 1:3 - -- Pada pintu kemah itu berdirilah mesbah untuk kurban-kurban bakar; hanja disitu sadjalah kurban-kurban boleh dipersembahkan (bdk. Ima 17:3-5).

Pada pintu kemah itu berdirilah mesbah untuk kurban-kurban bakar; hanja disitu sadjalah kurban-kurban boleh dipersembahkan (bdk. Ima 17:3-5).

Ende: Im 1:4 - -- Apa maknanja "menumpangkan tangan" atas kurban itu kurang djelas. Mungkin maksudnja sebagai berikut. Dengan djalan (lambang) ini dosa seakan-akan dipi...

Apa maknanja "menumpangkan tangan" atas kurban itu kurang djelas. Mungkin maksudnja sebagai berikut. Dengan djalan (lambang) ini dosa seakan-akan dipindahkan kepada binatang-binatang itu, jang sebagai ganti si pendosa disamping kepada Allah dan dengan demikian menghapus dosa. Tetapi jang menghapus dosa bukan kurban, melainkan Allah. mungkin djuga artinja: Dengan upatjara itu ditundjukkanlah kurban itu sesungguhnja kurban orang jang membawanja dan bukan kurban imam jang mengadakan upatjara, meskipun hanja dialah jang dapat mengadakannja.

Ende: Im 1:5 - -- Tentang makna darah lihat tjatatan Ima 17:11. Jang membawa kurban itu sendiri menjembelihnja. Baru sesudahnja dimulailah upatjara kurban jang sesunggu...

Tentang makna darah lihat tjatatan Ima 17:11. Jang membawa kurban itu sendiri menjembelihnja. Baru sesudahnja dimulailah upatjara kurban jang sesungguhnja oleh imam. Nabi Jeheskiel (Yeh 44:11) menjerahkan penjembelihan itu kepada kaum Levita.

Ende: Im 1:9 - kurban api lihat pendahuluan hal. IX.

lihat pendahuluan hal. IX.

Ende: Im 1:9 - harum jang memadamkan Dengan istilah ini ditegaskanlah kurban itu tidak "dimakan" oleh Jahwe (seperti halnja dewata kafir makan). Istilah itu berarti: Jahwe berkenan kepada...

Dengan istilah ini ditegaskanlah kurban itu tidak "dimakan" oleh Jahwe (seperti halnja dewata kafir makan).

Istilah itu berarti: Jahwe berkenan kepada kurban itu.

Ende: Im 1:10 - -- Semua kurban resmi harus "tak bertjatjat", oleh karena hanja barang jang terbaik lajak disampaikan kepada Allah jang mahasempurna (bdk. Mal 1:13).

Semua kurban resmi harus "tak bertjatjat", oleh karena hanja barang jang terbaik lajak disampaikan kepada Allah jang mahasempurna (bdk. Mal 1:13).

Ende: Im 1:16 - -- Tembolok tidak boleh dipersembahkan oleh karena isinja mungkin nadjis dan tidak boleh didjadikan kurban.

Tembolok tidak boleh dipersembahkan oleh karena isinja mungkin nadjis dan tidak boleh didjadikan kurban.

Ref. Silang FULL: Im 1:3 - korban bakaran // dari lembu // tidak bercela // pintu Kemah // Tuhan berkenan · korban bakaran: Kej 8:20; Kej 8:20 · dari lembu: Im 1:10; Im 22:27; Ezr 8:35; Mal 1:8 · tidak bercela: Im 1:5; Im 1:5; Kel 12:5...

· korban bakaran: Kej 8:20; [Lihat FULL. Kej 8:20]

· dari lembu: Im 1:10; Im 22:27; Ezr 8:35; Mal 1:8

· tidak bercela: Im 1:5; [Lihat FULL. Im 1:5]; Kel 12:5; [Lihat FULL. Kel 12:5]; Im 22:19,20; [Lihat FULL. Im 22:19]; [Lihat FULL. Im 22:20]; Ibr 9:14; 1Pet 1:19

· pintu Kemah: Im 6:25; 17:9; Bil 6:16; Ul 12:5-6,11

· Tuhan berkenan: Yes 58:5

Ref. Silang FULL: Im 1:4 - atas kepala // korban bakaran // itu diperkenan // mengadakan pendamaian · atas kepala: Kel 29:10,15; Kel 29:10; Kel 29:15 · korban bakaran: Im 1:3; Im 4:29; 6:25; Yeh 45:15 · itu diperkenan: Kej 32:20;...

· atas kepala: Kel 29:10,15; [Lihat FULL. Kel 29:10]; [Lihat FULL. Kel 29:15]

· korban bakaran: Im 1:3; Im 4:29; 6:25; Yeh 45:15

· itu diperkenan: Kej 32:20; [Lihat FULL. Kej 32:20]

· mengadakan pendamaian: Kel 29:36; [Lihat FULL. Kel 29:36]; Kel 32:30; [Lihat FULL. Kel 32:30]

Ref. Silang FULL: Im 1:5 - ia menyembelih // lembu // dan anak-anak // pada sekeliling · ia menyembelih: Kel 29:11; Im 3:2,8 · lembu: Im 1:3; Im 1:3; Kel 29:1; Bil 15:8; Ul 18:3; Mazm 50:9; 69:32 · dan anak-anak: Im ...

· ia menyembelih: Kel 29:11; Im 3:2,8

· lembu: Im 1:3; [Lihat FULL. Im 1:3]; Kel 29:1; Bil 15:8; Ul 18:3; Mazm 50:9; 69:32

· dan anak-anak: Im 8:2; 10:6; 21:1

· pada sekeliling: Kel 29:20; [Lihat FULL. Kel 29:20]; Ibr 12:24; 1Pet 1:2

Ref. Silang FULL: Im 1:6 - ia menguliti // dan memotong-motongnya · ia menguliti: Im 7:8 · dan memotong-motongnya: Kel 29:17

· ia menguliti: Im 7:8

· dan memotong-motongnya: Kel 29:17

Ref. Silang FULL: Im 1:7 - menyusun kayu · menyusun kayu: Im 1:17; Kej 22:9; Kej 22:9; Im 3:5; 6:12

· menyusun kayu: Im 1:17; Kej 22:9; [Lihat FULL. Kej 22:9]; Im 3:5; 6:12

Ref. Silang FULL: Im 1:8 - serta lemaknya // atas kayu · serta lemaknya: Im 1:12; Kel 29:13; Kel 29:13; Im 8:20 · atas kayu: Im 9:13

· serta lemaknya: Im 1:12; Kel 29:13; [Lihat FULL. Kel 29:13]; Im 8:20

· atas kayu: Im 9:13

Ref. Silang FULL: Im 1:9 - dengan air // dan seluruhnya // atas mezbah // korban bakaran // korban api-apian // bagi Tuhan · dengan air: Kel 29:17; Kel 29:17 · dan seluruhnya: Im 6:22 · atas mezbah: Im 1:13; Kel 29:18; Im 9:14 · korban bakaran: ...

· dengan air: Kel 29:17; [Lihat FULL. Kel 29:17]

· dan seluruhnya: Im 6:22

· atas mezbah: Im 1:13; Kel 29:18; Im 9:14

· korban bakaran: Im 1:3

· korban api-apian: Im 23:8,25,36; Bil 28:6,19

· bagi Tuhan: Im 1:13; Kej 8:21; Im 2:2; 3:5,16; 17:6; Bil 18:17; 28:11-13; Ef 5:2

Ref. Silang FULL: Im 1:10 - dari domba // dari kambing · dari domba: Kej 27:7; Kej 27:7 · dari kambing: Im 1:3; Im 1:3; Kel 12:5; Im 3:12; 4:23,28; 5:6; Bil 15:11

· dari domba: Kej 27:7; [Lihat FULL. Kej 27:7]

· dari kambing: Im 1:3; [Lihat FULL. Im 1:3]; Kel 12:5; Im 3:12; 4:23,28; 5:6; Bil 15:11

Ref. Silang FULL: Im 1:11 - sisi mezbah // mezbah sekelilingnya · sisi mezbah: Kel 29:11; Kel 29:11 · mezbah sekelilingnya: Kel 29:20; Kel 29:20

· sisi mezbah: Kel 29:11; [Lihat FULL. Kel 29:11]

· mezbah sekelilingnya: Kel 29:20; [Lihat FULL. Kel 29:20]

Ref. Silang FULL: Im 1:12 - dan lemaknya · dan lemaknya: Im 1:8; Im 1:8

· dan lemaknya: Im 1:8; [Lihat FULL. Im 1:8]

Ref. Silang FULL: Im 1:13 - dengan air // dan dibakar // atas mezbah // korban bakaran · dengan air: Kel 29:17; Kel 29:17 · dan dibakar: Im 6:22 · atas mezbah: Im 1:9; Im 1:9 · korban bakaran: Ul 12:27

· dengan air: Kel 29:17; [Lihat FULL. Kel 29:17]

· dan dibakar: Im 6:22

· atas mezbah: Im 1:9; [Lihat FULL. Im 1:9]

· korban bakaran: Ul 12:27

Ref. Silang FULL: Im 1:14 - burung merpati · burung merpati: Kej 15:9; Kej 15:9; Luk 2:24

· burung merpati: Kej 15:9; [Lihat FULL. Kej 15:9]; Luk 2:24

Ref. Silang FULL: Im 1:15 - memulas kepalanya // dinding mezbah · memulas kepalanya: Im 5:8 · dinding mezbah: Im 5:9

· memulas kepalanya: Im 5:8

· dinding mezbah: Im 5:9

Ref. Silang FULL: Im 1:16 - tempat abu · tempat abu: Im 4:12; 6:10; Bil 4:13

· tempat abu: Im 4:12; 6:10; Bil 4:13

Ref. Silang FULL: Im 1:17 - sampai terpisah // atas kayu · sampai terpisah: Kej 15:10; Kej 15:10 · atas kayu: Im 1:7; Im 1:7

· sampai terpisah: Kej 15:10; [Lihat FULL. Kej 15:10]

· atas kayu: Im 1:7; [Lihat FULL. Im 1:7]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Im 1:3-9 - Hukum tentang Korban Bakaran Hukum tentang Korban Bakaran (1:3-9) ...

Matthew Henry: Im 1:10-17 - Hukum tentang Korban Bakaran Hukum tentang Korban Bakaran (1:10-17) ...

SH: Im 1:1-17 - Harumnya aroma kurban (Rabu, 4 September 2002) Harumnya aroma kurban Harumnya aroma kurban. Satu dari tiga macam kurban utama dalam kemah pertemuan umat ...

SH: Im 1:1-17 - Kurban bakaran (Minggu, 12 Maret 2006) Kurban bakaran Judul: Kurban bakaran Setelah kemah suci didirikan dan Allah berkenan hadir diteng...

SH: Im 1:1-17 - Kurban bakaran (Senin, 10 Februari 2014) Kurban bakaran Judul: Kurban bakaran Selama beberapa hari mendatang ini kita akan merenungkan bagian p...

SH: Im 1:1-17 - Mempersembahkan yang Terbaik (Minggu, 17 Maret 2019) Mempersembahkan yang Terbaik Kurban bakaran berasal dari ternak yang umumnya dimiliki oleh orang Israel. Oleh kar...

Topik Teologia: Im 1:4 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Kristus dalam Paralel Sistem Imamat Lewi yang Diparalelkan dengan Kris...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Imamat (Pendahuluan Kitab) Penulis : Musa Tema : Kekudusan Tanggal Penulisan: 1445 -- 1405 SM...

Full Life: Imamat (Garis Besar) Garis Besar I. Cara Menghampiri Allah: Pendamaian (...

Matthew Henry: Imamat (Pendahuluan Kitab) Tidak ada peristiwa-peristiwa sejarah dalam keseluruhan Kitab Imamat ini, ke...

Jerusalem: Imamat (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR JUDUL-JUDUL, PEMBAGIAN DAN ISI Kelima buku pertama Kitab Suci me...

Ende: Imamat (Pendahuluan Kitab) LEVITIKA PENDAHULUAN Dengan menjebut kitab ini "Kitab Levitika" maka hanja tradisi kuno sadjanlah jang diteruskan, mesk...

BIS: Imamat (Pendahuluan Kitab) IMAMAT PENGANTAR Buku Imamat berisi peraturan-peraturan untuk ibadat dan upacara-upacara agama bangsa Israel d...

Ajaran: Imamat (Pendahuluan Kitab) Tujuan Agar dengan mengetahui isi kitab Imamat anggota jemaat mengetahui dan mengerti bahwa Allah yang Mahakuasa tela...

Intisari: Imamat (Pendahuluan Kitab) Peraturan mengenai kehidupan dan penyembahan MENGAPA IMAMAT?Sebagian besar isinya menyangkut imam-imam bangsa Lewi, tetap...

Garis Besar Intisari: Imamat (Pendahuluan Kitab) [1] PERSEMBAHAN Ima 1:1-6:23...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #33: Situs ini membutuhkan masukan, ide, dan partisipasi Anda! Klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 0.17 detik
dipersembahkan oleh YLSA