Teks -- Yohanes 9:1-31 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Yoh 9:3
Full Life: Yoh 9:3 - PEKERJAAN-PEKERJAAN ALLAH HARUS DINYATAKAN.
Nas : Yoh 9:3
Di sini Yesus membetulkan pemahaman salah para murid bahwa setiap
penyakit yang berat adalah akibat suatu dosa. Kadang-kadang penyaki...
Nas : Yoh 9:3
Di sini Yesus membetulkan pemahaman salah para murid bahwa setiap penyakit yang berat adalah akibat suatu dosa. Kadang-kadang penyakit disebabkan oleh dosa serius (Yoh 5:14), tetapi tidak selalu. Kadang-kadang penderitaan diizinkan Allah karena maksud ilahi, yaitu untuk menunjukkan kemurahan, kasih, dan kuasa Allah. Di dalam dunia sering kali orang yang tidak bersalah akan menderita sedangkan orang jahat tidak (bd. Mazm 73:1-14;
lihat art. PENDERITAAN ORANG BENAR).
Ialah "tanda-tanda", bdk Yoh 2:11+.
Var: Aku harus
Jerusalem: Yoh 9:4 - akan datang malam Kehidupan Yesus tak ubahnya dengan sehari kerja, Yoh 5:17, yang berakhir dengan malam kematian. Bdk Luk 13:32.
Jerusalem: Yoh 9:5 - terang dunia Keterangan ini lebih dahulu sudah menjelaskan tentang makna mujizat, bdk Yoh 9:37.
Keterangan ini lebih dahulu sudah menjelaskan tentang makna mujizat, bdk Yoh 9:37.
Jerusalem: Yoh 9:7 - kolam Siloam Di sana orang menimba air selama perayaan Pondok-Daun. Air itu melambangkan berkat zaman Mesias. Selanjutnya berkat itu diberikan melalui Yesus. "Yang...
Di sana orang menimba air selama perayaan Pondok-Daun. Air itu melambangkan berkat zaman Mesias. Selanjutnya berkat itu diberikan melalui Yesus. "Yang diutus" Ini sebuah gelar Yesus yang khususnya digemari Yohanes, bdk Yoh 4:34+.
Pekerjaan ini terlarang pada hari Sabat.
Jerusalem: Yoh 9:18 - bahwa tadinya ia buta dan baru dapat melihat lagi Sejumlah naskah tidak memuat bagian kalimat ini.
Sejumlah naskah tidak memuat bagian kalimat ini.
Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini.
Jerusalem: Yoh 9:24 - Katakanlah kebenaran di hadapan Allah Harafiah: berikanlah hormat kepada Allah. Ini suatu rumus alkitabiah untuk menyumpah seseorang supaya berkata benar atau memulihkan kesalahan terhadap...
Ende: Yoh 9:2 - -- Siapakah jang berdosa". Orang Jahudi umumnja beranggapan dan malah diadjarkan
oleh para nabi, bahwa segala bentjana, kemelaratan, penjakit dan tjatjat...
Siapakah jang berdosa". Orang Jahudi umumnja beranggapan dan malah diadjarkan oleh para nabi, bahwa segala bentjana, kemelaratan, penjakit dan tjatjat badan adalah hukuman Allah atas dosa orang jang bersangkutan.
selama Aku sebagai tjahaja dunia masih kelihatan dibumi.
Ende: Yoh 9:5 - Akulah tjahaja dunia Setelah Jesus bersabda demikian, Iapun mulai
bertindak memberikan tjahaja djasmani kepada orang jang lahir buta itu. Tetapi
pemberian tjahaja djasmani...
Setelah Jesus bersabda demikian, Iapun mulai bertindak memberikan tjahaja djasmani kepada orang jang lahir buta itu. Tetapi pemberian tjahaja djasmani itu didjadikan Jesus pelambang pemberian jang lebih penting lagi, jaitu tjahaja Ilahi jang abadi. Jesus menggunakan mukdjizat ini sebagai kesempatan untuk menginsjafkan orang Jahudi akan kebutaan hati mereka, terhadap tjahaja kebenaran jang njata datang dari Allah.
Ende: Yoh 9:7 - Siloam Inilah sebuah kolam besar dikaki bukit Sion, jang mendapat airnja
dari mataair jang djauh, melalui suatu saluran jang digali dibawah tanah oleh
radja ...
Inilah sebuah kolam besar dikaki bukit Sion, jang mendapat airnja dari mataair jang djauh, melalui suatu saluran jang digali dibawah tanah oleh radja Ezechias dalam tahun 700 seb. Kr. Sebenarnja saluran jang bernama Siloam. Kata Siloam berarti "pengirim" atau "pembawa", tetapi Joanes menafsirkan sebagai "jang diutus", lambang Jesus jang menjalurkan tjahaja abadi (keselamatan abadi) kedunia.
Ende: Yoh 9:13-34 - -- Pertjakapan ini diberikan oleh Joanes begitu terperintji untuk menondjolkan
keragu-raguan dan kegelisahan orang Jahudi, jang njata kehilangan akal, da...
Pertjakapan ini diberikan oleh Joanes begitu terperintji untuk menondjolkan keragu-raguan dan kegelisahan orang Jahudi, jang njata kehilangan akal, dan meraba-raba takkeruan dalam kegelapan pembentjiannja.
Ref. Silang FULL: Yoh 9:2 - Rabi // berbuat dosa // orang ini // orang tuanya · Rabi: Mat 23:7; Mat 23:7
· berbuat dosa: Yoh 9:34; Luk 13:2; Kis 28:4
· orang ini: Yeh 18:20
· orang tuanya: Kel 20:5; A...
· masih siang: Yoh 11:9; 12:35
· Ia meludah: Mr 7:33; 8:23
Ref. Silang FULL: Yoh 9:7 - kolam Siloam // sudah melek · kolam Siloam: Yoh 9:11; 2Raj 5:10; Luk 13:4
· sudah melek: Yes 35:5; Yoh 11:37
· selalu mengemis: Kis 3:2,10
· hari Sabat: Mat 12:1-14; Yoh 5:9
Ref. Silang FULL: Yoh 9:16 - hari Sabat // membuat mujizat // timbullah pertentangan · hari Sabat: Mat 12:2; Mat 12:2
· membuat mujizat: Yoh 2:11; Yoh 2:11
· timbullah pertentangan: Yoh 6:52; Yoh 6:52
Ref. Silang FULL: Yoh 9:22 - orang-orang Yahudi // akan dikucilkan // akan dikucilkan · orang-orang Yahudi: Yoh 7:13; Yoh 7:13
· akan dikucilkan: Yoh 9:34; Luk 6:22
· akan dikucilkan: Yoh 12:42; 16:2
· orang-orang Yahudi: Yoh 7:13; [Lihat FULL. Yoh 7:13]
· akan dikucilkan: Yoh 9:34; Luk 6:22
· akan dikucilkan: Yoh 12:42; 16:2
· kepadanya sendiri: Yoh 9:21
Ref. Silang FULL: Yoh 9:24 - hadapan Allah // orang berdosa · hadapan Allah: Yos 7:19
· orang berdosa: Yoh 9:16
· Telah kukatakan: Yoh 9:15
· murid-murid Musa: Yoh 5:45
Ref. Silang FULL: Yoh 9:31 - melakukan kehendak-Nya · melakukan kehendak-Nya: Kej 18:23-32; Mazm 34:16,17; 66:18; 145:19,20; Ams 15:29; Yes 1:15; 59:1,2; Yoh 15:7; Yak 5:16-18; 1Yoh 5:14,15
· melakukan kehendak-Nya: Kej 18:23-32; Mazm 34:16,17; 66:18; 145:19,20; Ams 15:29; Yes 1:15; 59:1,2; Yoh 15:7; Yak 5:16-18; 1Yoh 5:14,15
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg -> Yoh 9:1; Yoh 9:1-12; Yoh 9:1; Yoh 9:1-41; Yoh 8:12--10:42; Yoh 1:19--10:42; Yoh 9:2; Yoh 9:2; Yoh 9:3; Yoh 9:3; Yoh 9:4; Yoh 9:4; Yoh 9:5; Yoh 9:5; Yoh 9:6; Yoh 9:6; Yoh 9:7; Yoh 9:7; Yoh 9:8; Yoh 9:8; Yoh 9:9; Yoh 9:9; Yoh 9:10; Yoh 9:10; Yoh 9:11; Yoh 9:11; Yoh 9:12; Yoh 9:12; Yoh 9:13-34; Yoh 9:14; Yoh 9:14; Yoh 9:15; Yoh 9:15; Yoh 9:16; Yoh 9:16; Yoh 9:17; Yoh 9:17; Yoh 9:18-19; Yoh 9:18-19; Yoh 9:20; Yoh 9:20; Yoh 9:21; Yoh 9:21; Yoh 9:22-23; Yoh 9:22-23; Yoh 9:24; Yoh 9:24; Yoh 9:25; Yoh 9:25; Yoh 9:26; Yoh 9:26; Yoh 9:27; Yoh 9:27; Yoh 9:28; Yoh 9:28; Yoh 9:29; Yoh 9:29; Yoh 9:30; Yoh 9:30; Yoh 9:31; Yoh 9:31
Hagelberg: Yoh 9:1 - -- 9:1 Waktu Yesus sedang lewat, Ia melihat seorang yang buta sejak lahirnya.
Penjelasan waktu ini, Waktu Yesus sedang lewat, begitu luas, sehingga tangg...
9:1 Waktu Yesus sedang lewat, Ia melihat seorang yang buta sejak lahirnya.
Penjelasan waktu ini, Waktu Yesus sedang lewat, begitu luas, sehingga tanggal peristiwa ini tidak dapat dipastikan. Pasal 8 terjadi pada akhir hari raya Pondok Daun, dan pasal 10:22-39 terjadi tiga bulan kemudian pada hari raya Pentahbisan Bait Allah. Namun peristiwa ini menjembatani dua pasal tersebut, karena Terang Dunia yang ditolak dalam pasal 8 bercahaya dalam pasal 9 untuk menyatakan sikap hati Gembala yang Baik dan sikap hati pencuri dan perampok.
Banyak orang buta disembuhkan dalam Injil Sinoptik, tetapi tidak disebutkan bahwa mereka buta sejak lahir seperti orang ini.
Hagelberg: Yoh 9:1-12 - -- a. Tanda itu sendiri (9:1-12)
Dalam seluruh Perjanjian Lama tidak ada penyembuhan orang buta. Hanya Tuhan Yesus yang mecelikkan mata orang buta sejak ...
a. Tanda itu sendiri (9:1-12)
Dalam seluruh Perjanjian Lama tidak ada penyembuhan orang buta. Hanya Tuhan Yesus yang mecelikkan mata orang buta sejak lahir dalam Perjanjian Baru.753 Dalam Keluaran 4:11 dan Mazmur 146:8, penyembuhan orang buta adalah karya Allah sendiri. Dalam Yesaya 29:18; 35:5; dan 42:7 penyembuhan orang buta adalah tanda zaman Mesias.754 Tradisi rabi-rabi Yahudi juga mengaku hal yang sama.755 Oleh karena itu, maka penyembuhan orang buta adalah tanda yang istimewa bagi orang Yahudi.
Hagelberg: Yoh 9:1 - -- 9:1 Waktu Yesus sedang lewat, Ia melihat seorang yang buta sejak lahirnya.
Penjelasan waktu ini, Waktu Yesus sedang lewat, begitu luas, sehingga tangg...
9:1 Waktu Yesus sedang lewat, Ia melihat seorang yang buta sejak lahirnya.
Penjelasan waktu ini, Waktu Yesus sedang lewat, begitu luas, sehingga tanggal peristiwa ini tidak dapat dipastikan. Pasal 8 terjadi pada akhir hari raya Pondok Daun, dan pasal 10:22-39 terjadi tiga bulan kemudian pada hari raya Pentahbisan Bait Allah. Namun peristiwa ini menjembatani dua pasal tersebut, karena Terang Dunia yang ditolak dalam pasal 8 bercahaya dalam pasal 9 untuk menyatakan sikap hati Gembala yang Baik dan sikap hati pencuri dan perampok.
Banyak orang buta disembuhkan dalam Injil Sinoptik, tetapi tidak disebutkan bahwa mereka buta sejak lahir seperti orang ini.
Hagelberg: Yoh 9:1-41 - -- 2. Yesus menyembuhkan orang yang buta sejak lahir (9:1-41)
Tema utama dari perdebatan tadi, pasal 8:12-59, adalah bahwa Tuhan Yesus adalah Terang, dan...
2. Yesus menyembuhkan orang yang buta sejak lahir (9:1-41)
Tema utama dari perdebatan tadi, pasal 8:12-59, adalah bahwa Tuhan Yesus adalah Terang, dan mereka yang melawan Dia adalah pendusta dan pembunuh. Pasal ini membuktikan pokok yang sama melalui suatu mukjizat serta reaksi mereka.
Suasana pasal ini lebih tenang daripada suasana akhir pasal 9, tetapi pada pasal 10:39 mereka berusaha lagi untuk mengangkap Dia.752
Hagelberg: Yoh 8:12--10:42 - -- D. Konfrontasi yang Radikal: puncak tanda, perbuatan, dan kata (8:12-10:42)
D. Konfrontasi yang Radikal: puncak tanda, perbuatan, dan kata (8:12-10:42)
II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)
Hagelberg: Yoh 9:2 - -- 9:2 Murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya, "Rabi, siapakah yang berbuat dosa, orang ini sendiri atau orangtuanya, sehingga ia dilahirkan buta?"
Rabi Amm...
9:2 Murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya, "Rabi, siapakah yang berbuat dosa, orang ini sendiri atau orangtuanya, sehingga ia dilahirkan buta?"
Rabi Ammi berkata, "Tidak ada kematian tanpa dosa, dan tidak ada penderitaan tanpa pelanggaran." Dia mendukung pernyataan tersebut dengan Mazmur 89:32, yang berkata, "...Aku akan membalas pelanggaran mereka dengan gada, dan kesalahan mereka dengan pukulan-pukulan."756 Menurut theologia mereka, penderitaan pasti merupakan akibat dosa. Murid-murid-Nya agak bingung dalam kasus ini, karena mereka mengerti bahwa orang itu buta sejak lahir. Jika demikian, keadaannya bukan merupakan akibat dosa orang ini sendiri, karena dia buta sebelum dia dapat berdosa. Alternatifnya juga tidak mudah diterima, yaitu bahwa dia buta karena dosa orangtuanya. Namun rabi-rabi Israel mengajar bahwa dosa orangtua dapat menyebabkan penderitaan anaknya.757
Hagelberg: Yoh 9:2 - -- 9:2 Murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya, "Rabi, siapakah yang berbuat dosa, orang ini sendiri atau orangtuanya, sehingga ia dilahirkan buta?"
Rabi Amm...
9:2 Murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya, "Rabi, siapakah yang berbuat dosa, orang ini sendiri atau orangtuanya, sehingga ia dilahirkan buta?"
Rabi Ammi berkata, "Tidak ada kematian tanpa dosa, dan tidak ada penderitaan tanpa pelanggaran." Dia mendukung pernyataan tersebut dengan Mazmur 89:32, yang berkata, "...Aku akan membalas pelanggaran mereka dengan gada, dan kesalahan mereka dengan pukulan-pukulan."756 Menurut theologia mereka, penderitaan pasti merupakan akibat dosa. Murid-murid-Nya agak bingung dalam kasus ini, karena mereka mengerti bahwa orang itu buta sejak lahir. Jika demikian, keadaannya bukan merupakan akibat dosa orang ini sendiri, karena dia buta sebelum dia dapat berdosa. Alternatifnya juga tidak mudah diterima, yaitu bahwa dia buta karena dosa orangtuanya. Namun rabi-rabi Israel mengajar bahwa dosa orangtua dapat menyebabkan penderitaan anaknya.757
Hagelberg: Yoh 9:3 - -- 9:3 Jawab Yesus, "Bukan dia dan bukan juga orangtuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia.
Tuhan Yesus tidak menya...
9:3 Jawab Yesus, "Bukan dia dan bukan juga orangtuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia.
Tuhan Yesus tidak menyangkal bahwa penderitaan kadang-kadang disebabkan oleh dosa. Kepada orang yang disembuhkan di Kolam Betesda Ia berkata, "Engkau telah sembuh; jangan berbuat dosa lagi, supaya padamu jangan terjadi yang lebih buruk" (Yohanes 5:14). Tuhan Yesus menyangkal bahwa penderitaan dan kesakitan selalu merupakan akibat dosa pribadi.758 Demikianlah dalam kasus ini.
Sebagai Terang Dunia, Dia menyatakan pekerjaan Allah dalam peristiwa ini. Namun "kegelapan" tidak akan memahaminya.
Hagelberg: Yoh 9:3 - -- 9:3 Jawab Yesus, "Bukan dia dan bukan juga orangtuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia.
Tuhan Yesus tidak menya...
9:3 Jawab Yesus, "Bukan dia dan bukan juga orangtuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia.
Tuhan Yesus tidak menyangkal bahwa penderitaan kadang-kadang disebabkan oleh dosa. Kepada orang yang disembuhkan di Kolam Betesda Ia berkata, "Engkau telah sembuh; jangan berbuat dosa lagi, supaya padamu jangan terjadi yang lebih buruk" (Yohanes 5:14). Tuhan Yesus menyangkal bahwa penderitaan dan kesakitan selalu merupakan akibat dosa pribadi.758 Demikianlah dalam kasus ini.
Sebagai Terang Dunia, Dia menyatakan pekerjaan Allah dalam peristiwa ini. Namun "kegelapan" tidak akan memahaminya.
Hagelberg: Yoh 9:4 - -- 9:4 Saya759 harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorangpun yang dapat bekerja....
9:4 Saya759 harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorangpun yang dapat bekerja.
Terang Dunia akan menyatakan pekerjaan Allah selama Dia berada di dunia ini. Namun malam mendekat, di mana tidak ada seorangpun yang dapat bekerja. Peringatan ini, bahwa Dia harus meninggalkan mereka, lebih jelas daripada pasal 3:14. Musuh-Nya semakin berani melawan Dia, seperti apa yang telah terjadi dalam pasal 8.
Setelah Dia disalibkan, ada masa yang dikiaskan sebagai malam. Akhir masa itu tidak disebutkan, tetapi pada kedatangan Roh Kudus pada Hari Pentakosta suatu masa baru mulai, di mana mereka dapat melayani.
Hagelberg: Yoh 9:4 - -- 9:4 Saya759 harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorangpun yang dapat bekerja....
9:4 Saya759 harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorangpun yang dapat bekerja.
Terang Dunia akan menyatakan pekerjaan Allah selama Dia berada di dunia ini. Namun malam mendekat, di mana tidak ada seorangpun yang dapat bekerja. Peringatan ini, bahwa Dia harus meninggalkan mereka, lebih jelas daripada pasal 3:14. Musuh-Nya semakin berani melawan Dia, seperti apa yang telah terjadi dalam pasal 8.
Setelah Dia disalibkan, ada masa yang dikiaskan sebagai malam. Akhir masa itu tidak disebutkan, tetapi pada kedatangan Roh Kudus pada Hari Pentakosta suatu masa baru mulai, di mana mereka dapat melayani.
Hagelberg: Yoh 9:5 - -- 9:5 Selama Aku di dalam dunia, Akulah terang dunia."
Tema ini diulangi dari pasal 8:12,760 dan merupakan suatu tema yang pokok bagi pasal 8 dan 9.
Hagelberg: Yoh 9:5 - -- 9:5 Selama Aku di dalam dunia, Akulah terang dunia."
Tema ini diulangi dari pasal 8:12,760 dan merupakan suatu tema yang pokok bagi pasal 8 dan 9.
Hagelberg: Yoh 9:6 - -- 9:6 Setelah Ia mengatakan semuanya itu, Ia meludah ke tanah, dan mengaduk ludahnya itu dengan tanah, lalu mengoleskannya pada mata orang buta tadi
Pem...
9:6 Setelah Ia mengatakan semuanya itu, Ia meludah ke tanah, dan mengaduk ludahnya itu dengan tanah, lalu mengoleskannya pada mata orang buta tadi
Pemakaian ludah dan tanah dalam penyembuhan ini sulit dimengerti. Dalam Markus 7:33 dan 8:23 ludah juga dipakai, tetapi bukan tanah. Carson761 membahas suatu penjelasan, yaitu bahwa apa yang keluar dari tubuh manusia adalah najis buat orang-orang Yahudi (lihat Imamat 15:8 dan 19) dan banyak suku yang lain, namun zat itu, jika dipakai oleh orang yang memiliki kuasa tertentu, dapat menyampaikan berkat, dan bukan kenajisan. Dengan demikian ludah dan tanah menyembuhkan, dan darah menyelamatkan. Situasi ini mirip waktu Tuhan Yesus menyentuh orang sakit kusta; orang itu sembuh dan tahir, dan Tuhan Yesus tidak dinajiskan (Matius 8:3).
Hagelberg: Yoh 9:6 - -- 9:6 Setelah Ia mengatakan semuanya itu, Ia meludah ke tanah, dan mengaduk ludahnya itu dengan tanah, lalu mengoleskannya pada mata orang buta tadi
Pem...
9:6 Setelah Ia mengatakan semuanya itu, Ia meludah ke tanah, dan mengaduk ludahnya itu dengan tanah, lalu mengoleskannya pada mata orang buta tadi
Pemakaian ludah dan tanah dalam penyembuhan ini sulit dimengerti. Dalam Markus 7:33 dan 8:23 ludah juga dipakai, tetapi bukan tanah. Carson761 membahas suatu penjelasan, yaitu bahwa apa yang keluar dari tubuh manusia adalah najis buat orang-orang Yahudi (lihat Imamat 15:8 dan 19) dan banyak suku yang lain, namun zat itu, jika dipakai oleh orang yang memiliki kuasa tertentu, dapat menyampaikan berkat, dan bukan kenajisan. Dengan demikian ludah dan tanah menyembuhkan, dan darah menyelamatkan. Situasi ini mirip waktu Tuhan Yesus menyentuh orang sakit kusta; orang itu sembuh dan tahir, dan Tuhan Yesus tidak dinajiskan (Matius 8:3).
Hagelberg: Yoh 9:7 - -- 9:7 dan berkata kepadanya, "Pergilah, basuhlah dirimu dalam kolam Siloam." Siloam artinya: "Yang diutus." Maka pergilah orang itu, ia membasuh dirinya...
9:7 dan berkata kepadanya, "Pergilah, basuhlah dirimu dalam kolam Siloam." Siloam artinya: "Yang diutus." Maka pergilah orang itu, ia membasuh dirinya lalu kembali dengan matanya sudah melek.
Tidak dijelaskan kepada kita mengapa Tuhan Yesus memilih cara ini untuk mecelikkan mata orang itu, tetapi salah satu akibat adalah bahwa orang itu sudah dipisahkan dari Tuhan Yesus pada saat dia sadar bahwa dia dapat melihat. Tanpa Tuhan Yesus dia harus menghadapi tetangga-tetangga dan orang-orang Farisi.
Tampaknya penjelasan Siloam artinya: "Yang diutus" merupakan suatu petunjuk bahwa nama kolam itu sudah digenapi. Seolah-olah kolam Siloam diadakan khusus sebagai persiapan peristiwa ini.762
Kolam ini disebut dalam Nehemia 3:15 ("kolam penumpang air saluran" dalam Terjemahan Baru). Terowongan yang membawa air padanya disebutkan Syiloah dalam Yesaya 8:6. Dalam 2 Raja-raja 20:20 diceritakan bahwa Raja Hizkia "membuat kolam dan saluran air dan mengalirkan air ke dalam kota". Air yang dicurahkan dalam upacara hari raya Pondok Daun diambil dari kolam Siloam. Air masih mengalir dalam terowongan itu sampai zaman ini.
Hagelberg: Yoh 9:7 - -- 9:7 dan berkata kepadanya, "Pergilah, basuhlah dirimu dalam kolam Siloam." Siloam artinya: "Yang diutus." Maka pergilah orang itu, ia membasuh dirinya...
9:7 dan berkata kepadanya, "Pergilah, basuhlah dirimu dalam kolam Siloam." Siloam artinya: "Yang diutus." Maka pergilah orang itu, ia membasuh dirinya lalu kembali dengan matanya sudah melek.
Tidak dijelaskan kepada kita mengapa Tuhan Yesus memilih cara ini untuk mecelikkan mata orang itu, tetapi salah satu akibat adalah bahwa orang itu sudah dipisahkan dari Tuhan Yesus pada saat dia sadar bahwa dia dapat melihat. Tanpa Tuhan Yesus dia harus menghadapi tetangga-tetangga dan orang-orang Farisi.
Tampaknya penjelasan Siloam artinya: "Yang diutus" merupakan suatu petunjuk bahwa nama kolam itu sudah digenapi. Seolah-olah kolam Siloam diadakan khusus sebagai persiapan peristiwa ini.762
Kolam ini disebut dalam Nehemia 3:15 ("kolam penumpang air saluran" dalam Terjemahan Baru). Terowongan yang membawa air padanya disebutkan Syiloah dalam Yesaya 8:6. Dalam 2 Raja-raja 20:20 diceritakan bahwa Raja Hizkia "membuat kolam dan saluran air dan mengalirkan air ke dalam kota". Air yang dicurahkan dalam upacara hari raya Pondok Daun diambil dari kolam Siloam. Air masih mengalir dalam terowongan itu sampai zaman ini.
Hagelberg: Yoh 9:8 - -- 9:8 Tetapi tetangga-tetangganya dan mereka, yang dahulu mengenalnya sebagai pengemis, berkata:763 "Bukankah dia ini, yang selalu mengemis?"
Pada waktu...
Hagelberg: Yoh 9:8 - -- 9:8 Tetapi tetangga-tetangganya dan mereka, yang dahulu mengenalnya sebagai pengemis, berkata:763 "Bukankah dia ini, yang selalu mengemis?"
Pada waktu...
Hagelberg: Yoh 9:9 - -- 9:9 Ada yang berkata, "Benar, dialah ini." Ada pula yang berkata, "Bukan, tetapi ia serupa dengan dia." Orang itu sendiri berkata, "Benar, akulah itu....
9:9 Ada yang berkata, "Benar, dialah ini." Ada pula yang berkata, "Bukan, tetapi ia serupa dengan dia." Orang itu sendiri berkata, "Benar, akulah itu."
Pendapat mereka terbagi dua. Ada yang siap percaya bahwa orang itu, yang sekarang dapat melihat, adalah sama dengan dia yang buta tadi pagi. Ada juga oran g yang tidak siap percaya. Mereka menduga bahwa orang ini hanya serupa dengan dia.
Seperti apa yang sering tercatat dalam Injil Yohanes, ada persilisihan antara mereka.764 Namun perdebatan mereka disela oleh kesaksian orang itu sendiri: Benar, akulah itu.
Hagelberg: Yoh 9:9 - -- 9:9 Ada yang berkata, "Benar, dialah ini." Ada pula yang berkata, "Bukan, tetapi ia serupa dengan dia." Orang itu sendiri berkata, "Benar, akulah itu....
9:9 Ada yang berkata, "Benar, dialah ini." Ada pula yang berkata, "Bukan, tetapi ia serupa dengan dia." Orang itu sendiri berkata, "Benar, akulah itu."
Pendapat mereka terbagi dua. Ada yang siap percaya bahwa orang itu, yang sekarang dapat melihat, adalah sama dengan dia yang buta tadi pagi. Ada juga oran g yang tidak siap percaya. Mereka menduga bahwa orang ini hanya serupa dengan dia.
Seperti apa yang sering tercatat dalam Injil Yohanes, ada persilisihan antara mereka.764 Namun perdebatan mereka disela oleh kesaksian orang itu sendiri: Benar, akulah itu.
Hagelberg: Yoh 9:10 - -- 9:10 Kata mereka kepadanya, "Bagaimana matamu menjadi melek?"
Tampaknya mereka tidak mencurigai dia, tetapi mereka bertanya dengan tulus hati, bagaima...
9:10 Kata mereka kepadanya, "Bagaimana matamu menjadi melek?"
Tampaknya mereka tidak mencurigai dia, tetapi mereka bertanya dengan tulus hati, bagaimana dia dapat mengalami mukjizat itu.
Hagelberg: Yoh 9:10 - -- 9:10 Kata mereka kepadanya, "Bagaimana matamu menjadi melek?"
Tampaknya mereka tidak mencurigai dia, tetapi mereka bertanya dengan tulus hati, bagaima...
9:10 Kata mereka kepadanya, "Bagaimana matamu menjadi melek?"
Tampaknya mereka tidak mencurigai dia, tetapi mereka bertanya dengan tulus hati, bagaimana dia dapat mengalami mukjizat itu.
Hagelberg: Yoh 9:11 - -- 9:11 Jawabnya, "Orang yang disebut Yesus itu mengaduk tanah, mengoleskannya pada mataku dan berkata kepadaku: Pergilah ke Siloam dan basuhlah dirimu. ...
9:11 Jawabnya, "Orang yang disebut Yesus itu mengaduk tanah, mengoleskannya pada mataku dan berkata kepadaku: Pergilah ke Siloam dan basuhlah dirimu. Lalu aku pergi dan setelah aku membasuh diriku, aku dapat melihat."
Dia tidak dapat memberi laporan yang rinci, dan dia hanya mengenal Dia yang mecelikkan matanya sebagai orang yang disebut Yesus itu. Namun kesaksiannya jujur dan benar.
Hagelberg: Yoh 9:11 - -- 9:11 Jawabnya, "Orang yang disebut Yesus itu mengaduk tanah, mengoleskannya pada mataku dan berkata kepadaku: Pergilah ke Siloam dan basuhlah dirimu. ...
9:11 Jawabnya, "Orang yang disebut Yesus itu mengaduk tanah, mengoleskannya pada mataku dan berkata kepadaku: Pergilah ke Siloam dan basuhlah dirimu. Lalu aku pergi dan setelah aku membasuh diriku, aku dapat melihat."
Dia tidak dapat memberi laporan yang rinci, dan dia hanya mengenal Dia yang mecelikkan matanya sebagai orang yang disebut Yesus itu. Namun kesaksiannya jujur dan benar.
Hagelberg: Yoh 9:12 - -- 9:12 Lalu mereka berkata kepadanya, "Di manakah Dia?" Jawabnya, "Aku tidak tahu."
Dia tidak tahu mengenai Tuhan Yesus, tetapi kesadarannya mengenai ke...
9:12 Lalu mereka berkata kepadanya, "Di manakah Dia?" Jawabnya, "Aku tidak tahu."
Dia tidak tahu mengenai Tuhan Yesus, tetapi kesadarannya mengenai kepentingan Tuhan Yesus semakin bertumbuh, sampai pengakuannya dalam ayat 38. Sifat orang ini jauh lebih baik daripada orang yang disembuhkan di kolam Betesda dalam pasal 5.
Hagelberg: Yoh 9:12 - -- 9:12 Lalu mereka berkata kepadanya, "Di manakah Dia?" Jawabnya, "Aku tidak tahu."
Dia tidak tahu mengenai Tuhan Yesus, tetapi kesadarannya mengenai ke...
9:12 Lalu mereka berkata kepadanya, "Di manakah Dia?" Jawabnya, "Aku tidak tahu."
Dia tidak tahu mengenai Tuhan Yesus, tetapi kesadarannya mengenai kepentingan Tuhan Yesus semakin bertumbuh, sampai pengakuannya dalam ayat 38. Sifat orang ini jauh lebih baik daripada orang yang disembuhkan di kolam Betesda dalam pasal 5.
Hagelberg: Yoh 9:13-34 - -- b. Penyelidikan orang-orang Farisi (9:13-34)
Semula orang-orang Farisi itu berusaha untuk menyangkal bahwa sebuah tanda terjadi. Namun adanya mukjizat...
b. Penyelidikan orang-orang Farisi (9:13-34)
Semula orang-orang Farisi itu berusaha untuk menyangkal bahwa sebuah tanda terjadi. Namun adanya mukjizat ini tidak dapat disangkal. (Secara tidak langsung mereka mengakui adanya mukjizat dalam penghinaan yang mereka lemparkan kepada orang yang disembuhkan dalam ayat 34.) Karena adanya tanda itu tidak dapat disankal, mereka berusaha untuk menyangkal apa yang ditandai oleh tanda itu. Mereka berusaha untuk membuktikan bahwa Yesus itu adalah orang berdosa.
Dalam bagian ini orang-orang Farisi membuktikan bahwa mereka tidak mencari kebenaran. Mereka membuktikan bahwa mereka buta secara rohani. Apa yang dibahas dalam pasal 8 dinyatakan dalam bagian ini. Justru itu yang dimaksudkan oleh Tuhan Yesus.
i. Penyelidikan yang pertama (9:13-17)
9:13 Lalu mereka membawa orang yang tadinya buta itu kepada orang-orang Farisi.
Tujuan mereka tidak dijelaskan, tetapi kita tidak harus berpikir bahwa mereka mempunyai tujuan yang negatif. Mereka hanya merasa bahwa sebaiknya ahli agama, yaitu orang-orang Farisi, diberitahu tentang peristiwa ini yang luar biasa. Mereka tidak pergi kepada orang-orang Saduki, karena mereka tidak mau mengadili dia. Rupanya mereka hanya membawa orang yang disembuhkan kepada pemimpin rumah ibadah mereka.
Hagelberg: Yoh 9:14 - -- 9:14 Adapun hari waktu Yesus mengaduk tanah dan memelekkan mata orang itu, adalah hari Sabat.
Rasul Yohanes menolong kita supaya kita memahami bahwa p...
9:14 Adapun hari waktu Yesus mengaduk tanah dan memelekkan mata orang itu, adalah hari Sabat.
Rasul Yohanes menolong kita supaya kita memahami bahwa penyelidikan ini bukan hanya tentang mukjizat, tetapi tentang pelanggaran hari Sabat juga.
Pada hari Sabat, dilarang menyembuhkan, kecuali untuk menyelamatkan orang dari maut. Juga dilarang menguli tepung. Tuhan Yesus membuat lumpur, suatu pekerjaan yang harus disamakan dengan menguli tepung. Lagi pula beberapa rabi melarang mengoleskan sesuatu di mata orang. Menurut perhitungan mereka, Tuhan Yesus melanggar dua atau tiga peraturan hari Sabat.765
Hagelberg: Yoh 9:14 - -- 9:14 Adapun hari waktu Yesus mengaduk tanah dan memelekkan mata orang itu, adalah hari Sabat.
Rasul Yohanes menolong kita supaya kita memahami bahwa p...
9:14 Adapun hari waktu Yesus mengaduk tanah dan memelekkan mata orang itu, adalah hari Sabat.
Rasul Yohanes menolong kita supaya kita memahami bahwa penyelidikan ini bukan hanya tentang mukjizat, tetapi tentang pelanggaran hari Sabat juga.
Pada hari Sabat, dilarang menyembuhkan, kecuali untuk menyelamatkan orang dari maut. Juga dilarang menguli tepung. Tuhan Yesus membuat lumpur, suatu pekerjaan yang harus disamakan dengan menguli tepung. Lagi pula beberapa rabi melarang mengoleskan sesuatu di mata orang. Menurut perhitungan mereka, Tuhan Yesus melanggar dua atau tiga peraturan hari Sabat.765
Hagelberg: Yoh 9:15 - -- 9:15 Karena itu orang-orang Farisipun bertanya kepadanya, bagaimana matanya menjadi melek. Jawabnya, "Ia mengoleskan adukan tanah pada mataku, lalu ak...
9:15 Karena itu orang-orang Farisipun bertanya kepadanya, bagaimana matanya menjadi melek. Jawabnya, "Ia mengoleskan adukan tanah pada mataku, lalu aku membasuh diriku, dan sekarang aku dapat melihat."
Oleh karena mereka mau menjada peraturan hari Sabat, mereka menanya bagaimana caranya orang itu disembuhkan. Jawaban orang itu hampir sama dengan jawaban yang dia berikan kepada tetangga-tetangga dalam ayat 11.
Hagelberg: Yoh 9:15 - -- 9:15 Karena itu orang-orang Farisipun bertanya kepadanya, bagaimana matanya menjadi melek. Jawabnya, "Ia mengoleskan adukan tanah pada mataku, lalu ak...
9:15 Karena itu orang-orang Farisipun bertanya kepadanya, bagaimana matanya menjadi melek. Jawabnya, "Ia mengoleskan adukan tanah pada mataku, lalu aku membasuh diriku, dan sekarang aku dapat melihat."
Oleh karena mereka mau menjada peraturan hari Sabat, mereka menanya bagaimana caranya orang itu disembuhkan. Jawaban orang itu hampir sama dengan jawaban yang dia berikan kepada tetangga-tetangga dalam ayat 11.
Hagelberg: Yoh 9:16 - -- 9:16 Maka kata sebagian orang-orang Farisi itu, "Orang ini tidak datang dari Allah, sebab Ia tidak memelihara hari Sabat." Sebagian pula berkata, "Bag...
9:16 Maka kata sebagian orang-orang Farisi itu, "Orang ini tidak datang dari Allah, sebab Ia tidak memelihara hari Sabat." Sebagian pula berkata, "Bagaimanakah seorang berdosa dapat membuat mukjizat yang demikian?" Maka timbullah pertentangan di antara mereka.
Ada persilisihan766 antara mereka yang mencerminkan pola argumentasi mereka masing-masing.767 Kelompok yang pertama yakin bahwa pengertian mereka mengenai peraturan hari Sabat benar, sehingga mereka tidak dapat membenarkan "pelanggaran" Tuhan Yesus. Mukjizat juga dapat dilakukan oleh nabi palsu, menurut Ulangan 13:1-5.
Tampaknya kelompok yang kedua mau percaya karena tanda-tanda, sesuai dengan apa yang akan dikatakan oleh Tuhan Yesus dalam pasal 10:38. Mereka tidak siap mempertimbangkan Ulangan 13:1-5. Pendapat mereka tidak muncul lagi dalam pasal ini.
Tuhan Yesus sungguh datang dari Allah (pasal 1:14), tetapi bukan itu yang mereka sangkal. Mereka menyangkal bahwa Ia datang dari Allah, sama seperti mereka menyangkal bahwa Yohanes Pembaptis datang dari Allah (pasal 1:6).768
Hagelberg: Yoh 9:16 - -- 9:16 Maka kata sebagian orang-orang Farisi itu, "Orang ini tidak datang dari Allah, sebab Ia tidak memelihara hari Sabat." Sebagian pula berkata, "Bag...
9:16 Maka kata sebagian orang-orang Farisi itu, "Orang ini tidak datang dari Allah, sebab Ia tidak memelihara hari Sabat." Sebagian pula berkata, "Bagaimanakah seorang berdosa dapat membuat mukjizat yang demikian?" Maka timbullah pertentangan di antara mereka.
Ada persilisihan766 antara mereka yang mencerminkan pola argumentasi mereka masing-masing.767 Kelompok yang pertama yakin bahwa pengertian mereka mengenai peraturan hari Sabat benar, sehingga mereka tidak dapat membenarkan "pelanggaran" Tuhan Yesus. Mukjizat juga dapat dilakukan oleh nabi palsu, menurut Ulangan 13:1-5.
Tampaknya kelompok yang kedua mau percaya karena tanda-tanda, sesuai dengan apa yang akan dikatakan oleh Tuhan Yesus dalam pasal 10:38. Mereka tidak siap mempertimbangkan Ulangan 13:1-5. Pendapat mereka tidak muncul lagi dalam pasal ini.
Tuhan Yesus sungguh datang dari Allah (pasal 1:14), tetapi bukan itu yang mereka sangkal. Mereka menyangkal bahwa Ia datang dari Allah, sama seperti mereka menyangkal bahwa Yohanes Pembaptis datang dari Allah (pasal 1:6).768
Hagelberg: Yoh 9:17 - -- 9:17 Lalu kata mereka pula kepada orang buta itu, "Dan engkau, apakah katamu tentang Dia, karena Ia telah memelekkan matamu?" Jawabnya, "Ia adalah seo...
9:17 Lalu kata mereka pula kepada orang buta itu, "Dan engkau, apakah katamu tentang Dia, karena Ia telah memelekkan matamu?" Jawabnya, "Ia adalah seorang nabi."
Tampaknya mereka bingung, atau bahasan mereka macet, sehingga mereka berpaling kepada dia yang dulunya buta, dan menanyakan pendapatnya, bukan karena dia ahli hukum, tetapi karena Ia telah memelekkan mata-nya. Mau tidak mau, orang itu harus memihak. Dia segera memihak pada Tuhan Yesus, dan mengaku Dia sebagai nabi. Pengakuan ini belum sempurna, tetapi sudah lebih mantap daripada apa yang dia katakan dalam ayat 11 ("orang yang disebut Yesus"). Dia semakin sadar pada identitas Tuhan Yesus, sedangkan orang-orang Farisi itu semakin "buta".769
ii. Orangtuanya diselidiki (9:18-23)
Hagelberg: Yoh 9:17 - -- 9:17 Lalu kata mereka pula kepada orang buta itu, "Dan engkau, apakah katamu tentang Dia, karena Ia telah memelekkan matamu?" Jawabnya, "Ia adalah seo...
9:17 Lalu kata mereka pula kepada orang buta itu, "Dan engkau, apakah katamu tentang Dia, karena Ia telah memelekkan matamu?" Jawabnya, "Ia adalah seorang nabi."
Tampaknya mereka bingung, atau bahasan mereka macet, sehingga mereka berpaling kepada dia yang dulunya buta, dan menanyakan pendapatnya, bukan karena dia ahli hukum, tetapi karena Ia telah memelekkan mata-nya. Mau tidak mau, orang itu harus memihak. Dia segera memihak pada Tuhan Yesus, dan mengaku Dia sebagai nabi. Pengakuan ini belum sempurna, tetapi sudah lebih mantap daripada apa yang dia katakan dalam ayat 11 ("orang yang disebut Yesus"). Dia semakin sadar pada identitas Tuhan Yesus, sedangkan orang-orang Farisi itu semakin "buta".769
ii. Orangtuanya diselidiki (9:18-23)
Hagelberg: Yoh 9:18-19 - -- 9:18-19 Tetapi orang-orang Yahudi itu tidak percaya, bahwa tadinya ia buta dan baru dapat melihat lagi, sampai mereka memanggil orangtuanya dan bertan...
9:18-19 Tetapi orang-orang Yahudi itu tidak percaya, bahwa tadinya ia buta dan baru dapat melihat lagi, sampai mereka memanggil orangtuanya dan bertanya kepada mereka, "Inikah anakmu, yang kamu katakan bahwa ia lahir buta? Kalau begitu bagaimanakah ia sekarang dapat melihat?"
Orang-orang Farisi itu (disebut orang-orang Yahudi itu dalam ayat ini) berada dalam situasi yang rumit. Karena persilisihan, mereka tidak dapat melawan Tuhan Yesus dengan kesatuan. Mungkin untuk mengatasi masalah ini, mereka menyelidiki kasus ini secara saksama. Tetangga-tetangga itu mungkin keliru mengenai identitas orang yang katanya disembuhkan, tetapi orangtuanya pasti tidak keliru. Dan merekalah yang mengetahui apa dia lahir buta.
Hagelberg: Yoh 9:18-19 - -- 9:18-19 Tetapi orang-orang Yahudi itu tidak percaya, bahwa tadinya ia buta dan baru dapat melihat lagi, sampai mereka memanggil orangtuanya dan bertan...
9:18-19 Tetapi orang-orang Yahudi itu tidak percaya, bahwa tadinya ia buta dan baru dapat melihat lagi, sampai mereka memanggil orangtuanya dan bertanya kepada mereka, "Inikah anakmu, yang kamu katakan bahwa ia lahir buta? Kalau begitu bagaimanakah ia sekarang dapat melihat?"
Orang-orang Farisi itu (disebut orang-orang Yahudi itu dalam ayat ini) berada dalam situasi yang rumit. Karena persilisihan, mereka tidak dapat melawan Tuhan Yesus dengan kesatuan. Mungkin untuk mengatasi masalah ini, mereka menyelidiki kasus ini secara saksama. Tetangga-tetangga itu mungkin keliru mengenai identitas orang yang katanya disembuhkan, tetapi orangtuanya pasti tidak keliru. Dan merekalah yang mengetahui apa dia lahir buta.
Hagelberg: Yoh 9:20 - -- 9:20 Jawab orangtua itu, "Yang kami tahu ialah, bahwa dia ini anak kami dan bahwa ia lahir buta,
Jawaban orangtuanya hanya membuktikan kenyataan yang ...
9:20 Jawab orangtua itu, "Yang kami tahu ialah, bahwa dia ini anak kami dan bahwa ia lahir buta,
Jawaban orangtuanya hanya membuktikan kenyataan yang sudah jelas. Orang itu memang lahir buta.
Hagelberg: Yoh 9:20 - -- 9:20 Jawab orangtua itu, "Yang kami tahu ialah, bahwa dia ini anak kami dan bahwa ia lahir buta,
Jawaban orangtuanya hanya membuktikan kenyataan yang ...
9:20 Jawab orangtua itu, "Yang kami tahu ialah, bahwa dia ini anak kami dan bahwa ia lahir buta,
Jawaban orangtuanya hanya membuktikan kenyataan yang sudah jelas. Orang itu memang lahir buta.
Hagelberg: Yoh 9:21 - -- 9:21 tetapi bagaimana ia sekarang dapat melihat, kami tidak tahu, dan siapa yang memelekkan matanya, kami tidak tahu juga. Tanyakanlah kepadanya sendi...
9:21 tetapi bagaimana ia sekarang dapat melihat, kami tidak tahu, dan siapa yang memelekkan matanya, kami tidak tahu juga. Tanyakanlah kepadanya sendiri, ia sudah dewasa, ia dapat berkata-kata untuk dirinya sendiri."
Mereka pasti telah mendengar kesaksian anak merekasendiri, bahwa Ia yang "disebut Yesus" menyembuhkan anak mereka, tetapi mereka tidak mau dilibatkan dalam perkara ini.
Hagelberg: Yoh 9:21 - -- 9:21 tetapi bagaimana ia sekarang dapat melihat, kami tidak tahu, dan siapa yang memelekkan matanya, kami tidak tahu juga. Tanyakanlah kepadanya sendi...
9:21 tetapi bagaimana ia sekarang dapat melihat, kami tidak tahu, dan siapa yang memelekkan matanya, kami tidak tahu juga. Tanyakanlah kepadanya sendiri, ia sudah dewasa, ia dapat berkata-kata untuk dirinya sendiri."
Mereka pasti telah mendengar kesaksian anak merekasendiri, bahwa Ia yang "disebut Yesus" menyembuhkan anak mereka, tetapi mereka tidak mau dilibatkan dalam perkara ini.
Hagelberg: Yoh 9:22-23 - -- 9:22-23 Orangtuanya berkata demikian, karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi, sebab orang-orang Yahudi itu telah sepakat770 bahwa setiap orang ...
9:22-23 Orangtuanya berkata demikian, karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi, sebab orang-orang Yahudi itu telah sepakat770 bahwa setiap orang yang mengaku Dia sebagai Mesias, akan dikucilkan.771 Itulah sebabnya maka orangtuanya berkata, "Ia telah dewasa, tanyakanlah kepadanya sendiri."
Sesuai dengan kebiasaannya, Rasul Yohanes memberi penjelasan untuk menolong para pembaca. Sudah ada keputusan bahwa orang yang mengaku Kristus dilarang mengikuti acara-acara di rumah ibadah Yahudi. Jangkauan persepakatan itu tidak dijelaskan. Mungkin itu berlaku di semua rumah ibadah Yahudi di Israel, atau hanya di rumah ibadah di tempat itu. Menurut Ezra 10:8, mengucilkan sudah merupakan kebiasaan jauh sebelum peristiwa ini.
Bagi para pembaca Injil Yohanes yang belum percaya kepada Tuhan Yesus, orang yang disembuhkan menjadi teladan yang mantap, dan orangtuanya menjadi contoh orang yang tidak berani menghadapi penganiayaan.
iii. Penyelidikan yang kedua (9:24-34)
Hagelberg: Yoh 9:22-23 - -- 9:22-23 Orangtuanya berkata demikian, karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi, sebab orang-orang Yahudi itu telah sepakat770 bahwa setiap orang ...
9:22-23 Orangtuanya berkata demikian, karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi, sebab orang-orang Yahudi itu telah sepakat770 bahwa setiap orang yang mengaku Dia sebagai Mesias, akan dikucilkan.771 Itulah sebabnya maka orangtuanya berkata, "Ia telah dewasa, tanyakanlah kepadanya sendiri."
Sesuai dengan kebiasaannya, Rasul Yohanes memberi penjelasan untuk menolong para pembaca. Sudah ada keputusan bahwa orang yang mengaku Kristus dilarang mengikuti acara-acara di rumah ibadah Yahudi. Jangkauan persepakatan itu tidak dijelaskan. Mungkin itu berlaku di semua rumah ibadah Yahudi di Israel, atau hanya di rumah ibadah di tempat itu. Menurut Ezra 10:8, mengucilkan sudah merupakan kebiasaan jauh sebelum peristiwa ini.
Bagi para pembaca Injil Yohanes yang belum percaya kepada Tuhan Yesus, orang yang disembuhkan menjadi teladan yang mantap, dan orangtuanya menjadi contoh orang yang tidak berani menghadapi penganiayaan.
iii. Penyelidikan yang kedua (9:24-34)
Hagelberg: Yoh 9:24 - -- 9:24 Lalu mereka memanggil sekali lagi orang yang tadinya buta itu dan berkata kepadanya, "Katakanlah kebenaran di hadapan Allah;772 kami tahu bahwa o...
9:24 Lalu mereka memanggil sekali lagi orang yang tadinya buta itu dan berkata kepadanya, "Katakanlah kebenaran di hadapan Allah;772 kami tahu bahwa orang itu orang berdosa."
Dengan demikian tujuan mereka dinyatakan, yaitu, untuk membuktikan bahwa Yesus itu adalah orang berdosa. Mereka menekankan dia secara keras, dengan suatu sumpah.
Hagelberg: Yoh 9:24 - -- 9:24 Lalu mereka memanggil sekali lagi orang yang tadinya buta itu dan berkata kepadanya, "Katakanlah kebenaran di hadapan Allah;772 kami tahu bahwa o...
9:24 Lalu mereka memanggil sekali lagi orang yang tadinya buta itu dan berkata kepadanya, "Katakanlah kebenaran di hadapan Allah;772 kami tahu bahwa orang itu orang berdosa."
Dengan demikian tujuan mereka dinyatakan, yaitu, untuk membuktikan bahwa Yesus itu adalah orang berdosa. Mereka menekankan dia secara keras, dengan suatu sumpah.
Hagelberg: Yoh 9:25 - -- 9:25 Jawabnya, "Apakah orang itu orang berdosa, aku tidak tahu; tetapi satu hal aku tahu, yaitu bahwa aku tadinya buta, dan sekarang dapat melihat."
W...
9:25 Jawabnya, "Apakah orang itu orang berdosa, aku tidak tahu; tetapi satu hal aku tahu, yaitu bahwa aku tadinya buta, dan sekarang dapat melihat."
Walaupun ditekankan, dia sama sekali tidak mundur. Orang ini tidak siap mengkompromikan kebenaran. Tekanan mereka tidak berhasil, malahan tekanan itu menguatkan pahamnya.
Hagelberg: Yoh 9:25 - -- 9:25 Jawabnya, "Apakah orang itu orang berdosa, aku tidak tahu; tetapi satu hal aku tahu, yaitu bahwa aku tadinya buta, dan sekarang dapat melihat."
W...
9:25 Jawabnya, "Apakah orang itu orang berdosa, aku tidak tahu; tetapi satu hal aku tahu, yaitu bahwa aku tadinya buta, dan sekarang dapat melihat."
Walaupun ditekankan, dia sama sekali tidak mundur. Orang ini tidak siap mengkompromikan kebenaran. Tekanan mereka tidak berhasil, malahan tekanan itu menguatkan pahamnya.
Hagelberg: Yoh 9:26 - -- 9:26 Kata mereka kepadanya, "Apakah yang diperbuat-Nya padamu? Bagaimana Ia memelekkan matamu?"
Orang yang dulunya buta sudah tekad. Mereka boleh bert...
9:26 Kata mereka kepadanya, "Apakah yang diperbuat-Nya padamu? Bagaimana Ia memelekkan matamu?"
Orang yang dulunya buta sudah tekad. Mereka boleh bertanya-tanya, tetapi sudah jelas dia tidak dapat menolong mereka.
Hagelberg: Yoh 9:26 - -- 9:26 Kata mereka kepadanya, "Apakah yang diperbuat-Nya padamu? Bagaimana Ia memelekkan matamu?"
Orang yang dulunya buta sudah tekad. Mereka boleh bert...
9:26 Kata mereka kepadanya, "Apakah yang diperbuat-Nya padamu? Bagaimana Ia memelekkan matamu?"
Orang yang dulunya buta sudah tekad. Mereka boleh bertanya-tanya, tetapi sudah jelas dia tidak dapat menolong mereka.
Hagelberg: Yoh 9:27 - -- 9:27 Jawabnya, "Telah kukatakan kepadamu, dan kamu tidak mendengarkannya; mengapa kamu hendak mendengarkannya lagi? Barangkali kamu mau menjadi murid-...
9:27 Jawabnya, "Telah kukatakan kepadamu, dan kamu tidak mendengarkannya; mengapa kamu hendak mendengarkannya lagi? Barangkali kamu mau menjadi murid-Nya juga?"
Dia yang disembuhkan kurang sabar terhadap mereka. Menurut Carson,773 dia pura-pura tulus, dan bertanya apakah mereka mengajukan pertanyaan mereka lagi karena mereka mau menjadi murid-Nya juga.
Seseorang yang buta sejak lahir, yang tidak berpendidikan, yang hidup sebagai pengemis, mengerti dengan jelas bahwa mereka tidak mendengarkan kebenaran. Di situlah pokok kisah ini. Mata orang itu telah dicelikkan, tetapi telinga orang-orang Yahudi itu tersumbat.
Hagelberg: Yoh 9:27 - -- 9:27 Jawabnya, "Telah kukatakan kepadamu, dan kamu tidak mendengarkannya; mengapa kamu hendak mendengarkannya lagi? Barangkali kamu mau menjadi murid-...
9:27 Jawabnya, "Telah kukatakan kepadamu, dan kamu tidak mendengarkannya; mengapa kamu hendak mendengarkannya lagi? Barangkali kamu mau menjadi murid-Nya juga?"
Dia yang disembuhkan kurang sabar terhadap mereka. Menurut Carson,773 dia pura-pura tulus, dan bertanya apakah mereka mengajukan pertanyaan mereka lagi karena mereka mau menjadi murid-Nya juga.
Seseorang yang buta sejak lahir, yang tidak berpendidikan, yang hidup sebagai pengemis, mengerti dengan jelas bahwa mereka tidak mendengarkan kebenaran. Di situlah pokok kisah ini. Mata orang itu telah dicelikkan, tetapi telinga orang-orang Yahudi itu tersumbat.
Hagelberg: Yoh 9:28 - -- 9:28 Sambil mengejek mereka berkata kepadanya, "Engkau murid orang itu tetapi kami murid-murid Musa.
Mereka tidak dapat menjawab. Mereka hanya dapat m...
Hagelberg: Yoh 9:28 - -- 9:28 Sambil mengejek mereka berkata kepadanya, "Engkau murid orang itu tetapi kami murid-murid Musa.
Mereka tidak dapat menjawab. Mereka hanya dapat m...
Hagelberg: Yoh 9:29 - -- 9:29 Kami tahu, bahwa Allah telah berfirman kepada Musa, tetapi tentang Dia itu kami tidak tahu dari mana Ia datang."
Menurut mereka, Musa diberi huku...
9:29 Kami tahu, bahwa Allah telah berfirman kepada Musa, tetapi tentang Dia itu kami tidak tahu dari mana Ia datang."
Menurut mereka, Musa diberi hukum Taurat yang tertulis (dalam bentuk kelima kitab Musa), dan juga hukum Taurat yang lisan (dalam bentuk tradisi rabi-rabi Yahudi). Tuhan Yesus menolak dan melanggar hukum Taurat yang lisan. Jadi bagi mereka, pertentangan antara Musa dan Yesus tidak dapat didamaikan.774
Mereka berpikir bahwa ketidak tahuan mereka mengenai asal usul Tuhan Yesus menguatkan posisi mereka.
Hagelberg: Yoh 9:29 - -- 9:29 Kami tahu, bahwa Allah telah berfirman kepada Musa, tetapi tentang Dia itu kami tidak tahu dari mana Ia datang."
Menurut mereka, Musa diberi huku...
9:29 Kami tahu, bahwa Allah telah berfirman kepada Musa, tetapi tentang Dia itu kami tidak tahu dari mana Ia datang."
Menurut mereka, Musa diberi hukum Taurat yang tertulis (dalam bentuk kelima kitab Musa), dan juga hukum Taurat yang lisan (dalam bentuk tradisi rabi-rabi Yahudi). Tuhan Yesus menolak dan melanggar hukum Taurat yang lisan. Jadi bagi mereka, pertentangan antara Musa dan Yesus tidak dapat didamaikan.774
Mereka berpikir bahwa ketidak tahuan mereka mengenai asal usul Tuhan Yesus menguatkan posisi mereka.
Hagelberg: Yoh 9:30 - -- 9:30 Jawab orang itu kepada mereka, "Ajaib775 juga bahwa kamu776 tidak tahu dari mana Ia datang, sedangkan Ia telah memelekkan mataku.
Bagi dia yang d...
9:30 Jawab orang itu kepada mereka, "Ajaib775 juga bahwa kamu776 tidak tahu dari mana Ia datang, sedangkan Ia telah memelekkan mataku.
Bagi dia yang disembuhkan, ketidak tahuan mereka melemahkan posisi mereka. Ketidak tahuan (atau kebodohan!) mereka mengherankan dia.
Menurut Morris,777 dia berkata bahwa ketidakpercayaan mereka lebih ajaib daripada penyembuhannya.
Hagelberg: Yoh 9:30 - -- 9:30 Jawab orang itu kepada mereka, "Ajaib775 juga bahwa kamu776 tidak tahu dari mana Ia datang, sedangkan Ia telah memelekkan mataku.
Bagi dia yang d...
9:30 Jawab orang itu kepada mereka, "Ajaib775 juga bahwa kamu776 tidak tahu dari mana Ia datang, sedangkan Ia telah memelekkan mataku.
Bagi dia yang disembuhkan, ketidak tahuan mereka melemahkan posisi mereka. Ketidak tahuan (atau kebodohan!) mereka mengherankan dia.
Menurut Morris,777 dia berkata bahwa ketidakpercayaan mereka lebih ajaib daripada penyembuhannya.
Hagelberg: Yoh 9:31 - -- 9:31 Kita tahu, bahwa Allah tidak mendengarkan orang-orang berdosa, melainkan orang-orang yang saleh dan yang melakukan kehendak-Nya.
Dia merujuk pada...
9:31 Kita tahu, bahwa Allah tidak mendengarkan orang-orang berdosa, melainkan orang-orang yang saleh dan yang melakukan kehendak-Nya.
Dia merujuk pada ajaran yang ada dalam ayat-ayat seperti yang berikut: Ayub 27:8-9; 35:9-13; Mazmur 66:18; 109:6-7; Amsal 15:29; dan Yesaya 1:15.778 Dia sendiri tidak siap mempertimbangkan kemungkinan bahwa ia disembuhkan oleh kuasa Iblis.
Hagelberg: Yoh 9:31 - -- 9:31 Kita tahu, bahwa Allah tidak mendengarkan orang-orang berdosa, melainkan orang-orang yang saleh dan yang melakukan kehendak-Nya.
Dia merujuk pada...
9:31 Kita tahu, bahwa Allah tidak mendengarkan orang-orang berdosa, melainkan orang-orang yang saleh dan yang melakukan kehendak-Nya.
Dia merujuk pada ajaran yang ada dalam ayat-ayat seperti yang berikut: Ayub 27:8-9; 35:9-13; Mazmur 66:18; 109:6-7; Amsal 15:29; dan Yesaya 1:15.778 Dia sendiri tidak siap mempertimbangkan kemungkinan bahwa ia disembuhkan oleh kuasa Iblis.