Teks -- 1 Timotius 2:1-14 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: 1Tim 2:4 - YANG MENGHENDAKI SUPAYA SEMUA ORANG DISELAMATKAN.
Nas : 1Tim 2:4
Alkitab menyatakan dua aspek kehendak Allah untuk manusia berhubung
dengan masalah keselamatan: kehendak-Nya yang sempurna dan kehen...
Nas : 1Tim 2:4
Alkitab menyatakan dua aspek kehendak Allah untuk manusia berhubung dengan masalah keselamatan: kehendak-Nya yang sempurna dan kehendak-Nya yang mengizinkan (lih. Mat 7:21; Luk 7:30; 13:34; Yoh 7:17; Kis 7:51;
lihat art. KEHENDAK ALLAH).
- 1) Kehendak Allah yang sempurna sungguh-sungguh menginginkan "supaya semua orang diselamatkan". Allah tidak mau seorang pun binasa, "melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat" (2Pet 3:9). Aspek kehendak Allah ini berkaitan dengan apa yang diinginkan oleh-Nya, dan bukan apa yang diizinkan-Nya.
- 2) Kehendak Allah yang mengizinkan berkaitan dengan apa yang dibiarkan atau diizinkan oleh-Nya, dan bukan apa yang sebenarnya diinginkan-Nya. Bahwa banyak orang tetap terhilang dalam dosa berhubungan dengan aspek kehendak Allah ini dan bukan karena kehendak-Nya yang sempurna. Kalau ada orang yang memilih untuk tetap tidak selamat, Allah akan mengizinkan hal itu karena Dia tidak memaksa mereka yang menolak untuk menerima keselamatan dari Anak-Nya. Dengan demikian, banyak hal yang terjadi di dunia ini sebenarnya bertentangan dengan kehendak Allah yang sempurna (yaitu dosa, hawa nafsu, kekerasan, kebencian, dan ketegaran hati), tetapi dalam kehendak-Nya yang mengizinkan.
- 3) Kedua aspek kehendak Allah ini juga berfungsi dalam pengalaman hidup yang menyedihkan dan mendukakan. Banyak penderitaan dan kesulitan pribadi diizinkan Allah, tetapi belum tentu menjadi maksud atau kehendak-Nya yang utama untuk orang itu. Karena dosa, pemberontakan, dan kesembronoan, maka kesulitan dan kesukaran dapat terjadi tanpa diinginkan Allah. Penderitaan pribadi kadang-kadang dapat disebabkan karena prinsip ilahi "yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya" (Gal 6:7).
Full Life: 1Tim 2:5 - ESA PULA DIA YANG MENJADI PENGANTARA.
Nas : 1Tim 2:5
Kita harus mendekati Allah melalui Yesus Kristus saja
(Ibr 7:25), bersandar pada kematian-Nya sebagai korban untuk menutupi
dosa kit...
Nas : 1Tim 2:5
Kita harus mendekati Allah melalui Yesus Kristus saja (Ibr 7:25), bersandar pada kematian-Nya sebagai korban untuk menutupi dosa kita dan berdoa dengan iman memohon kekuatan dan belas kasihan untuk menolong kita dengan semua kebutuhan kita (Ibr 4:4-16). Kita tidak boleh membiarkan makhluk ciptaan apa pun menggantikan kedudukan Kristus ini dengan berdoa kepadanya (lih. Ibr 8:6; 9:15; 12:24).
Full Life: 1Tim 2:6 - TEBUSAN BAGI SEMUA MANUSIA.
Nas : 1Tim 2:6
Lihat cat. --> Mat 20:28.
[atau ref. Mat 20:28]
Full Life: 1Tim 2:8 - DI MANA-MANA ORANG LAKI-LAKI BERDOA DENGAN MENADAHKAN TANGAN YANG SUCI.
Nas : 1Tim 2:8
Dalam penyembahan umum gereja PB, rupanya sudah biasa doa diucapkan
dengan suara keras (lih. Kis 4:24-31; bd. Ezr 3:12-13). Agar
ber...
Nas : 1Tim 2:8
Dalam penyembahan umum gereja PB, rupanya sudah biasa doa diucapkan dengan suara keras (lih. Kis 4:24-31; bd. Ezr 3:12-13). Agar berkenan kepada-Nya, doa harus dipanjatkan oleh mereka yang hidupnya kudus dan benar di hadapan Allah, yaitu dengan "tangan yang suci".
Full Life: 1Tim 2:9 - HENDAKNYA PEREMPUAN ... BERDANDAN DENGAN PANTAS.
Nas : 1Tim 2:9
Allah menghendaki wanita Kristen berdandan dengan pantas dan sopan.
1) Kata "pantas" (Yun. _aidos_) mengandung arti merasa malu...
Nas : 1Tim 2:9
Allah menghendaki wanita Kristen berdandan dengan pantas dan sopan.
- 1) Kata "pantas" (Yun. _aidos_) mengandung arti merasa malu bila menampakkan bagian tubuh. Kata ini meliputi penolakan untuk berdandan sedemikian rupa sehingga menarik perhatian kepada tubuh dan melewati batas-batas kesenonohan yang patut. Sumber kesenonohan seseorang terletak di dalam sifat atau batin. Dengan kata lain, kesenonohan adalah manifestasi lahir dari kemurnian batin.
- 2) Berdandan secara tidak pantas yang mungkin menggairahkan keinginan
yang tidak suci merupakan kesalahan yang sama besarnya dengan keinginan
mesum yang terangsang. Tidak ada aktivitas atau keadaan yang membenarkan
hal berpakaian secara tidak pantas yang akan memperlihatkan tubuh
sehingga merangsang hawa nafsu dalam orang lain (bd. Gal 5:13;
Ef 4:27; Tit 2:11-12;
lihat cat. --> Mat 5:28).
[atau ref. Mat 5:28]
- 3) Adalah suatu kesaksian yang menyedihkan jikalau gereja mengabaikan standar alkitabiah untuk berdandan dengan pantas dan malah menerima mode duniawi. Pada dewasa ini yang serba membolehkan di bidang seksual, gereja harus bertindak dan berdandan berbeda dari masyarakat yang bobrok yang mengabaikan dan mencemoohkan keinginan Roh untuk kesenonohan, kemurnian, dan pengekangan yang saleh (bd. Rom 12:1-2).
Full Life: 1Tim 2:9 - JANGAN BERKEPANG-KEPANG, JANGAN MEMAKAI EMAS.
Nas : 1Tim 2:9
Frasa ini mungkin berarti mengepang rambut dengan menggunakan emas
atau perhiasan lain yang mewah.
Nas : 1Tim 2:9
Frasa ini mungkin berarti mengepang rambut dengan menggunakan emas atau perhiasan lain yang mewah.
Full Life: 1Tim 2:13 - ADAM YANG PERTAMA DIJADIKAN.
Nas : 1Tim 2:13
Argumentasi Paulus untuk tanggung jawab laki-laki sebagai pimpinan
dan pembina rohani, baik di rumah maupun di gereja
(li...
Nas : 1Tim 2:13
Argumentasi Paulus untuk tanggung jawab laki-laki sebagai pimpinan dan pembina rohani, baik di rumah maupun di gereja
(lihat cat. --> Ef 5:23;
[atau ref. Ef 5:23]
lihat art. ORANG-TUA DAN ANAK-ANAK),
mempunyai dua landasan.
- 1) Didasarkan pada maksud Allah dalam penciptaan. Allah menciptakan laki-laki dahulu, dan dengan demikian menyatakan maksud-Nya bahwa laki-laki harus mengatur dan memberi pimpinan kepada wanita dan keluarga. Wanita, yang diciptakan setelah laki-laki, direncanakan sebagai pendamping dan penolong dalam memenuhi kehendak Allah bagi kehidupan mereka (Kej 2:18; 1Kor 11:8-9; 14:34).
- 2) Argumentasi Paulus ini juga didasarkan pada akibat yang merusak apabila laki-laki dan wanita mengabaikan peranan yang diberikan Allah kepada mereka dalam Taman Eden. Hawa, yang bertindak terlepas dari Adam sebagai kepala, memakan buah terlarang itu. Adam, dengan mengabaikan tanggung jawabnya sebagai pemimpin di bawah Allah, menyetujui ketidaktaatan Hawa. Sebagai akibatnya dia jatuh juga dan membawa dosa dan kematian atas seluruh umat manusia (ayat 1Tim 2:14; Kej 3:6,12; Rom 5:12).
Var: menasihatkanlah.
Jerusalem: 1Tim 2:2 - raja Yang terutama dimaksudkan: Kaisar di Roma. Mengenai sikap tulus-ikhlas Paulus terhadap pemerintah. bdk Rom 13:1-7. Waktu itu Nero menjabat Kaisar. Bag...
Yang terutama dimaksudkan: Kaisar di Roma. Mengenai sikap tulus-ikhlas Paulus terhadap pemerintah. bdk Rom 13:1-7. Waktu itu Nero menjabat Kaisar. Bagian kedua ayat ini barangkali dilatar-belakangi kekhawatiran Paulus untuk masa depan.
Jerusalem: 1Tim 2:4 - -- Ayat ini mengungkapkan, 1Ti 4:10, ajaran teologis yang penting sekali. Ia dapat menolong untuk dengan tepat menafsirkan beberapa nas dari surat kepada...
Ayat ini mengungkapkan, 1Ti 4:10, ajaran teologis yang penting sekali. Ia dapat menolong untuk dengan tepat menafsirkan beberapa nas dari surat kepada jemaat di Roma, bdk Rom 9:18,21; dll. Ajaran itu dilandaskan, 1Ti 2:5, pada keesaan Allah, bdk Mar 12:29+; Rom 3:29-30; Efe 4:6, dan pada kedudukan tunggal Kristus, Allah dan manusia, bdk Ibr 2:17; 8:6+. Dari Tuhan sendiri 1Ti 2:7, Paulus menerima tugas memberitakan keselamatan yang ditawarkan kepada semua manusia, Rom 1:1+; Kis 9:15+;
Jerusalem: 1Tim 2:4 - kebenaran Keselamatan menyangkut pengetahuan akan kebenaran, 1Ti 4:3; 2Ti 2:25; 3:7; Tit 1:1. Tetapi pengetahuan itu menyangkut seluruh hidup, bdk Hos 2:22; Yoh...
Jerusalem: 1Tim 2:6 - itu kesaksian Bdk 1Ti 6:13. Oleh karena dengan rela mati bagi semua manusia Kristus telah memberi kesaksian di hadapan dunia tentang rencana Allah untuk menyelamatk...
Bdk 1Ti 6:13. Oleh karena dengan rela mati bagi semua manusia Kristus telah memberi kesaksian di hadapan dunia tentang rencana Allah untuk menyelamatkan manusia. Dengan hidupNya Kristus menjadi saksi Bapa, dan kesaksianNya memuncak dalam wafatNya (saksi dan martir menterjemahkan kata Yunani yang sama). Bdk Yoh 3:11+; Wah 1:5; 3:14.
Ende: 1Tim 2:2 - -- Pemerintahan Romawi dan para pegawainja dewasa itu sangat mengganggu dan
menghambat kebebasan dan perkembangan agama, sehingga sukar semua manusia
men...
Pemerintahan Romawi dan para pegawainja dewasa itu sangat mengganggu dan menghambat kebebasan dan perkembangan agama, sehingga sukar semua manusia mendengar Indjil dan diselamatkan.
Ende: 1Tim 2:5 - Allah adalah esa Paulus menekankan ke-esa-an Allah dan Kristus sebagai
Penebus, untuk mengesankan bahwa bangsa manusia merupakan satu keesaan pula,
jang seluruhnja dit...
Paulus menekankan ke-esa-an Allah dan Kristus sebagai Penebus, untuk mengesankan bahwa bangsa manusia merupakan satu keesaan pula, jang seluruhnja ditentukan Allah untuk diselamatkan.
Ende: 1Tim 2:6 - Kesaksian Kristus datang memberi kesaksian dengan adjaran-adjaran, tjara
hidup dan kematianNja, bahwa rentjana Allah (rahasia Allah dari kekal) untuk
menjelamat...
Kristus datang memberi kesaksian dengan adjaran-adjaran, tjara hidup dan kematianNja, bahwa rentjana Allah (rahasia Allah dari kekal) untuk menjelamatkan bangsa manusia sudah mulai dilaksanakan.
Ende: 1Tim 2:6 - Waktu jang djitu jang ditetapkan oleh Allah menurut kebidjaksanaanNja
sebagai waktu jang tepat.
jang ditetapkan oleh Allah menurut kebidjaksanaanNja sebagai waktu jang tepat.
Ende: 1Tim 2:9-12 - -- Untuk mengerti sikap dan maksud Paulus dalam fasal ini hendaklah diperhatikan,
bahwa peringatannja disini hanja mengenai sikap dan kelakuan wanita dal...
Untuk mengerti sikap dan maksud Paulus dalam fasal ini hendaklah diperhatikan, bahwa peringatannja disini hanja mengenai sikap dan kelakuan wanita dalam perkumpulan ibadat jang resmi.
Bdl. 1Ko 14:34-35.
· Naikkanlah permohonan: Ef 6:18
Ref. Silang FULL: 1Tim 2:2 - semua pembesar // segala kesalehan · semua pembesar: Ezr 6:10; Rom 13:1
· segala kesalehan: 1Tim 3:16; 4:7,8; 6:3,5,6,11; 2Tim 3:5; Tit 1:1
· semua pembesar: Ezr 6:10; Rom 13:1
· segala kesalehan: 1Tim 3:16; 4:7,8; 6:3,5,6,11; 2Tim 3:5; Tit 1:1
Ref. Silang FULL: 1Tim 2:3 - yang berkenan // Allah, Juruselamat · yang berkenan: 1Tim 5:4; 1Tim 5:4
· Allah, Juruselamat: Luk 1:47; Luk 1:47
Ref. Silang FULL: 1Tim 2:4 - yang menghendaki // semua orang // diselamatkan // akan kebenaran · yang menghendaki: Yeh 18:23,32; 33:11
· semua orang: 1Tim 4:10; Tit 2:11; 2Pet 3:9
· diselamatkan: Yoh 3:17; Yoh 3:17; Rom 11:1...
Ref. Silang FULL: 1Tim 2:5 - Karena Allah // menjadi pengantara // Kristus Yesus · Karena Allah: Ul 6:4; Rom 3:29,30; 10:12
· menjadi pengantara: Gal 3:20; Gal 3:20
· Kristus Yesus: Rom 1:3
· Karena Allah: Ul 6:4; Rom 3:29,30; 10:12
· menjadi pengantara: Gal 3:20; [Lihat FULL. Gal 3:20]
· Kristus Yesus: Rom 1:3
Ref. Silang FULL: 1Tim 2:6 - sebagai tebusan // itu kesaksian // yang ditentukan · sebagai tebusan: Mat 20:28; Mat 20:28
· itu kesaksian: 1Kor 1:6; 1Kor 1:6
· yang ditentukan: 1Tim 6:15; Tit 1:3
Ref. Silang FULL: 1Tim 2:7 - tidak berdusta // sebagai pengajar // bukan Yahudi · tidak berdusta: Rom 9:1; Rom 9:1
· sebagai pengajar: 2Tim 1:11
· bukan Yahudi: Kis 9:15; Kis 9:15
Ref. Silang FULL: 1Tim 2:8 - menadahkan tangan · menadahkan tangan: Mazm 24:4; 63:5; 134:2; 141:2; Luk 24:50
· menadahkan tangan: Mazm 24:4; 63:5; 134:2; 141:2; Luk 24:50
· yang mahal-mahal: 1Pet 3:3
· dengan perbuatan: Ams 31:13
· dengan patuh: 1Pet 3:3,4
· barulah Hawa: Kej 2:7,22; 2Kor 11:8
· dalam dosa: Kej 3:1-6,13; 2Kor 11:3