kecilkan semua  

Teks -- Kisah Para Rasul 6:1-15 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Tujuh orang dipilih untuk melayani orang miskin
6:1 Pada masa itu, ketika jumlah murid makin bertambah, timbullah sungut-sungut di antara orang-orang Yahudi yang berbahasa Yunani terhadap orang-orang Ibrani, karena pembagian kepada janda-janda mereka diabaikan dalam pelayanan sehari-hari. 6:2 Berhubung dengan itu kedua belas rasul itu memanggil semua murid berkumpul dan berkata: "Kami tidak merasa puas, karena kami melalaikan Firman Allah untuk melayani meja. 6:3 Karena itu, saudara-saudara, pilihlah tujuh orang dari antaramu, yang terkenal baik, dan yang penuh Roh dan hikmat, supaya kami mengangkat mereka untuk tugas itu, 6:4 dan supaya kami sendiri dapat memusatkan pikiran dalam doa dan pelayanan Firman." 6:5 Usul itu diterima baik oleh seluruh jemaat, lalu mereka memilih Stefanus, seorang yang penuh iman dan Roh Kudus, dan Filipus, Prokhorus, Nikanor, Timon, Parmenas dan Nikolaus, seorang penganut agama Yahudi dari Antiokhia. 6:6 Mereka itu dihadapkan kepada rasul-rasul, lalu rasul-rasul itupun berdoa dan meletakkan tangan di atas mereka. 6:7 Firman Allah makin tersebar, dan jumlah murid di Yerusalem makin bertambah banyak; juga sejumlah besar imam menyerahkan diri dan percaya.
Tuduhan terhadap Stefanus
6:8 Dan Stefanus, yang penuh dengan karunia dan kuasa, mengadakan mujizat-mujizat dan tanda-tanda di antara orang banyak. 6:9 Tetapi tampillah beberapa orang dari jemaat Yahudi yang disebut jemaat orang Libertini -- anggota-anggota jemaat itu adalah orang-orang dari Kirene dan dari Aleksandria -- bersama dengan beberapa orang Yahudi dari Kilikia dan dari Asia. Orang-orang itu bersoal jawab dengan Stefanus, 6:10 tetapi mereka tidak sanggup melawan hikmatnya dan Roh yang mendorong dia berbicara. 6:11 Lalu mereka menghasut beberapa orang untuk mengatakan: "Kami telah mendengar dia mengucapkan kata-kata hujat terhadap Musa dan Allah." 6:12 Dengan jalan demikian mereka mengadakan suatu gerakan di antara orang banyak serta tua-tua dan ahli-ahli Taurat; mereka menyergap Stefanus, menyeretnya dan membawanya ke hadapan Mahkamah Agama. 6:13 Lalu mereka memajukan saksi-saksi palsu yang berkata: "Orang ini terus-menerus mengucapkan perkataan yang menghina tempat kudus ini dan hukum Taurat, 6:14 sebab kami telah mendengar dia mengatakan, bahwa Yesus, orang Nazaret itu, akan merubuhkan tempat ini dan mengubah adat istiadat yang diwariskan oleh Musa kepada kita." 6:15 Semua orang yang duduk dalam sidang Mahkamah Agama itu menatap Stefanus, lalu mereka melihat muka Stefanus sama seperti muka seorang malaikat.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Antiokhia a city in Syria located 15 miles inland from the Mediterranean Sea on the Orontes River,a principal city of the province of Pisidia in Asia Minor, west of Iconium.
 · Asia A Roman province on the west side of Asia Minor.
 · bahasa Ibrani an ancient Jewish language used in the Old Testament
 · bangsa Ibrani a person descended from Heber; an ancient Jew; a Hebrew speaking Jew,any Jew, but particularly one who spoke the Hebrew language
 · Filipus a man who was one of the twelve apostles,a son of Herod the Great; husband of Herodias; ruler of Iturea and Traconitis north and west of Galilee,a man who was one of the seven chosen to serve tables at the church at Jerusalem
 · Ibrani a person descended from Heber; an ancient Jew; a Hebrew speaking Jew,any Jew, but particularly one who spoke the Hebrew language
 · jemaat a building (synagogue) in Jerusalem where Jews with a history of slavery and exile congregated
 · Kilikia a region of SE Asia Minor
 · Kirene an inhabitant of Cyrene.
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · Nazaret a town in lower Galilee about halfway between the Sea of Galilee and the Mediterranean Sea
 · Nikanor one of seven men chosen by the church at Jerusalem to look after the distribution of food
 · orang Ibrani a person descended from Heber; an ancient Jew; a Hebrew speaking Jew,any Jew, but particularly one who spoke the Hebrew language
 · orang-orang Ibrani a person descended from Heber; an ancient Jew; a Hebrew speaking Jew,any Jew, but particularly one who spoke the Hebrew language
 · Parmenas one of seven men chosen by the church at Jerusalem to look after the distribution of food
 · perempuan Ibrani a person descended from Heber; an ancient Jew; a Hebrew speaking Jew,any Jew, but particularly one who spoke the Hebrew language
 · Prokhorus one of seven men chosen by the church at Jerusalem to look after the distribution of food
 · seorang Ibrani a person descended from Heber; an ancient Jew; a Hebrew speaking Jew,any Jew, but particularly one who spoke the Hebrew language
 · seorang muda Ibrani a person descended from Heber; an ancient Jew; a Hebrew speaking Jew,any Jew, but particularly one who spoke the Hebrew language
 · Stefanus the man who became the first Christian martyr
 · Timon one of seven men chosen by the church at Jerusalem to look after the distribution of food
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin


Topik/Tema Kamus: Stefanus | Herodes | Yohanes (Rasul) | Bait Allah /Bait Suci | Pembela Sidang | Filipus | Diaken | Setia, Kesetiaan (Percaya) | Antiokhia | Kuasa Roh Kudus | Hujat, Penghujatan | Roh Kudus Yang Mendiami | Musa | Orang Yahudi | Iman | Janda | Mualaf | Mujizat | Nikanor | Jemaah Israel | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kis 6:3 - PENUH ROH DAN HIKMAT. Nas : Kis 6:3 Para rasul menetapkan bahwa ketujuh orang yang terpilih itu membuktikan bahwa mereka senantiasa berada di bawah pengaruh Roh Kudus. R...

Nas : Kis 6:3

Para rasul menetapkan bahwa ketujuh orang yang terpilih itu membuktikan bahwa mereka senantiasa berada di bawah pengaruh Roh Kudus. Rupanya para rasul ini menganggap bahwa tidak semua orang percaya senantiasa penuh dengan Roh. Dengan kata lain, mereka yang gagal untuk hidup setia dalam Roh (Gal 5:16-25) tidak akan penuh dengan Roh lagi. Mengenai istilah "penuh dengan Roh Kudus," dan "dipenuhi dengan Roh Kudus" perhatikan yang berikut ini:

  1. 1) Ungkapan "penuh dengan Roh Kudus" (bd. Kis 6:5; 11:24) mengungkapkan suatu sifat atau keadaan yang berkesinambungan di dalam orang percaya yang diakibatkan oleh kepenuhan Roh Kudus dan yang memungkinkan mereka untuk melayani dengan kuasa Roh serta bernubuat dengan ilham sebagaimana diberikan Roh.
  2. 2) Istilah "dipenuhi dengan Roh Kudus" dipakai dengan tiga pengertian:
    1. (a) untuk menunjukkan penerimaan baptisan dalam Roh Kudus (Kis 1:5; 2:4; 9:17; 11:16);
    2. (b) untuk menunjukkan pemberian kuasa kepada seorang atau orang-orang percaya pada saat tertentu untuk berbicara di bawah dorongan Roh Kudus (Kis 4:8; 13:9; Luk 1:41-45,67-79); dan
    3. (c) untuk menunjukkan suatu pelayanan nubuat umum yang diilhami atau diurapi Roh Kudus tanpa menyebutkan masa pelayanan tersebut (Kis 4:31-33; 13:52; Luk 1:15).
  3. 3) Setelah menerima baptisan dalam Roh pertama kali, orang percaya yang dengan setia hidup dalam Roh, sambil mematikan perbuatan daging (Rom 8:13-14), dapat digambarkan sebagai "penuh dengan Roh Kudus", yaitu, memelihara kepenuhan Roh yang mendiami diri mereka (mis. ketujuh orang yang terpilih itu, khususnya Stefanus, ayat Kis 6:3,5; 7:55; atau Barnabas, Kis 11:24). Juga, mereka yang memelihara kepenuhan Roh, boleh menerima pengisian baru dengan Roh untuk suatu maksud atau tugas tertentu, khususnya suatu kesanggupan ilahi untuk berbicara dibawah dorongan Roh Kudus.

Full Life: Kis 6:4 - MEMUSATKAN PIKIRAN DALAM DOA. Nas : Kis 6:4 Baptisan dalam Roh Kudus saja tidak cukup untuk kepemimpinan Kristen yang efektif. Para pemimpin gereja harus senantiasa bertekun dal...

Nas : Kis 6:4

Baptisan dalam Roh Kudus saja tidak cukup untuk kepemimpinan Kristen yang efektif. Para pemimpin gereja harus senantiasa bertekun dalam doa dan penyampaian Firman Allah. Kata kerja yang diterjemahkan dengan "memusatkan pikiran" (Yun. _proskartereo_) menunjukkan suatu kesetiaan yang terarah dan tetap sambil memberikan banyak waktu kepada suatu tindakan tertentu. Para rasul menyadari bahwa doa dan pelayanan Firman merupakan tugas tertinggi para pemimpin Kristen. Perhatikan betapa seringnya doa disebutkan dalam kitab ini (lih. Kis 1:14,24; 2:42; 4:24-31; 6:4,6; 9:40; 10:2,4,9,31; Kis 11:5; 12:5; 13:3; 14:23; 16:25; 22:17; 28:8).

Full Life: Kis 6:6 - MELETAKKAN TANGAN DI ATAS MEREKA. Nas : Kis 6:6 Dalam PB, penumpangan tangan dipakai dalam lima cara: (1) dalam hubungan dengan mukjizat penyembuhan (Kis 28:8; Mat 9:18;...

Nas : Kis 6:6

Dalam PB, penumpangan tangan dipakai dalam lima cara:

  1. (1) dalam hubungan dengan mukjizat penyembuhan (Kis 28:8; Mat 9:18; Mr 5:23; 6:5);
  2. (2) dalam memberkati orang lain (Mat 19:13,15);
  3. (3) dalam hubungan dengan baptisan dalam Roh (Kis 8:17,19; Kis 19:6);
  4. (4) dalam mengangkat orang untuk tugas khusus (ayat Kis 6:6; Kis 13:3); dan
  5. (5) dalam memberikan karunia-karunia rohani oleh para penatua (1Tim 4:14). Sebagai salah satu cara yang dipakai Allah untuk menyalurkan karunia dan berkat kepada orang lain, penumpangan tangan menjadi doktrin mendasar dalam gereja mula-mula (Ibr 6:2). Tindakan ini jangan dilepaskan dari doa karena doa menunjukkan bahwa karunia-karunia kasih karunia, penyembuhan atau baptisan dalam Roh berasal dari Allah dan bukan dari mereka yang menumpangkan tangan itu. Menahbiskan tujuh orang itu berarti dua hal.
  6. 1) Ini merupakan kesaksian umum dari pihak gereja bahwa ketujuh orang ini memiliki sejarah ketekunan dalam kesalehan dan kesetiaan terhadap pimpinan Roh (bd. 1Tim 3:1-10).
  7. 2) Ini merupakan tindakan untuk mengkhususkan ketujuh orang ini bagi pekerjaan Allah dan suatu kesaksian akan kesediaan mereka untuk menerima tanggung jawab dari panggilan Allah.

Full Life: Kis 6:8 - STEFANUS, YANG PENUH DENGAN KARUNIA DAN KUASA. Nas : Kis 6:8 Roh Kudus memberikan kuasa kepada Stefanus untuk "mengadakan mukjizat-mukjizat dan tanda-tanda di antara orang banyak" sambil memberi...

Nas : Kis 6:8

Roh Kudus memberikan kuasa kepada Stefanus untuk "mengadakan mukjizat-mukjizat dan tanda-tanda di antara orang banyak" sambil memberi hikmat luar biasa untuk memberitakan Injil sedemikian rupa sehingga lawan-lawannya tidak dapat menyangkal argumentasinya (ayat Kis 6:10; bd. Kel 4:15; Luk 21:15).

BIS: Kis 6:9 - Orang-orang Bebas Orang-orang Bebas: Mereka adalah orang Yahudi yang dahulunya budak belian, tetapi telah membayar untuk kemerdekaannya atau telah dibebaskan.

Orang-orang Bebas: Mereka adalah orang Yahudi yang dahulunya budak belian, tetapi telah membayar untuk kemerdekaannya atau telah dibebaskan.

Jerusalem: Kis 6:1 - murid Sebutan baru untuk menyebut orang Kristen ini hanya terdapat dalam bagian-bagian Kisah para rasul tertentu saja (tanda bahwa sumber tertentu diperguna...

Sebutan baru untuk menyebut orang Kristen ini hanya terdapat dalam bagian-bagian Kisah para rasul tertentu saja (tanda bahwa sumber tertentu dipergunakan). Sebutan itu menyamakan semua orang Kristen dengan kelompok kecil yang tetap setia pada Yesus dan yang oleh injil-injil disebutkan murid-muridNya

Jerusalem: Kis 6:1 - orang-orang Ibrani Ialah orang-orang Yahudi yang berbahasa Ibrani dalam ibadat dan berbahasa Aram dalam pergaulan sehari-hari, sedangkan orang-orang Yahudi yang berbahas...

Ialah orang-orang Yahudi yang berbahasa Ibrani dalam ibadat dan berbahasa Aram dalam pergaulan sehari-hari, sedangkan orang-orang Yahudi yang berbahasa Yunani ialah mereka yang lama hidup di luar negeri Palestina dan menggunakan bahasa Yunani. Di Yerusalem mereka mempunyai rumah ibadat khusus, tempat Alkitab dibacakan dalam bahasa Yunani. Perbedaan tsb. dipindahkan juga ke dalam jemaat Kristen semula. Prakarsa pewartaan Injil kepada orang-orang bukan Yahudi justru diambil oleh mereka yang berbahasa Yunani.

Jerusalem: Kis 6:3 - pilihlah Var: "Baiklah kami (kita?) memilih..."

Var: "Baiklah kami (kita?) memilih..."

Jerusalem: Kis 6:3 - tujuh orang Jumlah duabelas adalah jumlah suku-suku Israel, Kis 3:14+; jumlah tujuh ialah jumlah bangsa-bangsa lain yang mendiami negeri Kanaan, Kis 13:19.

Jumlah duabelas adalah jumlah suku-suku Israel, Kis 3:14+; jumlah tujuh ialah jumlah bangsa-bangsa lain yang mendiami negeri Kanaan, Kis 13:19.

Jerusalem: Kis 6:4 - doa dan pelayanan Firman Inilah kedua tugas yang dijalankan para rasul dalam perkumpulan jemaat untuk beribadat, yakni: mengucapkan sembahyang dan memberikan pengajaran.

Inilah kedua tugas yang dijalankan para rasul dalam perkumpulan jemaat untuk beribadat, yakni: mengucapkan sembahyang dan memberikan pengajaran.

Jerusalem: Kis 6:5 - mereka memilih Lukas tidak menyebutkan orang-orang itu dengan istilah "diaken", tetapi sehubungan dengan dengan tugas mereka dipakai kata "pelayanan" (diakonia); bdk...

Lukas tidak menyebutkan orang-orang itu dengan istilah "diaken", tetapi sehubungan dengan dengan tugas mereka dipakai kata "pelayanan" (diakonia); bdk Fili 1:1+; Tit 1:5+

Jerusalem: Kis 6:5 - Stefanus Ketujuh orang yang dipilih itu mempunyai nama Yunani semua; yang disebutkan paling akhir adalah seorang "proselit" (penganut agama Yahudi), bdk Kis 2:...

Ketujuh orang yang dipilih itu mempunyai nama Yunani semua; yang disebutkan paling akhir adalah seorang "proselit" (penganut agama Yahudi), bdk Kis 2:11+. Dengan diangkatnya tujuh orang itu, maka kelompok orang-orang Kristen yang berbahasa Yunani mendapat organisasinya sendiri di samping kelompok orang-orang yang berasal dari Yerusalem.

Jerusalem: Kis 6:6 - rasul-rasul itupun Naskah Yunani hanya berkata: mereka. Yang dimaksudkan mungkin jemaat, bdk Kis 13:1-3, tetapi paling tepat kiranya rasul-rasul saja.

Naskah Yunani hanya berkata: mereka. Yang dimaksudkan mungkin jemaat, bdk Kis 13:1-3, tetapi paling tepat kiranya rasul-rasul saja.

Jerusalem: Kis 6:7 - -- Sebuah ulangan lain lagi, lihat Kis 12:24; 19:20; bdk Luk 1:80+, yang ditambahkan pada ulangan yang lama, lihat Kis 2:41+.

Sebuah ulangan lain lagi, lihat Kis 12:24; 19:20; bdk Luk 1:80+, yang ditambahkan pada ulangan yang lama, lihat Kis 2:41+.

Jerusalem: Kis 6:9 - orang Libertini Yang dimaksudkan kiranya keturunan orang-orang Yahudi yang dalam tahun 63 seb. Mas. oleh Pompeius dibawa ke Roma, lalu dijual sebagai budak dan akhirn...

Yang dimaksudkan kiranya keturunan orang-orang Yahudi yang dalam tahun 63 seb. Mas. oleh Pompeius dibawa ke Roma, lalu dijual sebagai budak dan akhirnya dimerdekakan.

Jerusalem: Kis 6:13 - menghina tempat kudus Waktu Yesus diadili, ada juga saksi-saksi palsu" yang menuduh kepadaNya bahwa mau merubuhkan Bait Allah. Hasil perkara Stefanus di hadapan pengadilan,...

Waktu Yesus diadili, ada juga saksi-saksi palsu" yang menuduh kepadaNya bahwa mau merubuhkan Bait Allah. Hasil perkara Stefanus di hadapan pengadilan, Kis 7:56-57, sangat serupa juga dengan hasil perkara Yesus, Mat 26:62-66

Jerusalem: Kis 6:13 - dan hukum Taurat Tuduhan menghina hukum Taurat dilontarkan pula terhadap Paulus, Kis 15:1,5; 21:21,28; 25:8; 28:17.

Tuduhan menghina hukum Taurat dilontarkan pula terhadap Paulus, Kis 15:1,5; 21:21,28; 25:8; 28:17.

Jerusalem: Kis 6:15 - muka seorang malaikat Melihat seorang malaikat menimbulkan takut keagamaan, bdk Hak 13:6. Waktu Musa turun dari gunung Sinai maka wajahnya memantulkan kemuliaan Allah dan m...

Melihat seorang malaikat menimbulkan takut keagamaan, bdk Hak 13:6. Waktu Musa turun dari gunung Sinai maka wajahnya memantulkan kemuliaan Allah dan menimbulkan takut yang sama, Kel 34:29-35; 2Ko 3:7-18. Demikianpun halnya dengan wajah Yesus yang berubah rupa, Mat 17:2; Luk 9:29. Anggota-anggota Mahkamah Agama menyaksikan bahwa Stefanus juga berubah rupa dengan memandang kemuliaan Allah Kis 7:55-56. Cerita terputus oleh wejangan Stefanus yang disisipkan, Kis 7:1-54, tetapi diteruskan dalam Kis 7:55.

Ende: Kis 6:1 - Berbahasa Junani jang lahir dan diasuh diluar Palestina.

jang lahir dan diasuh diluar Palestina.

Ende: Kis 6:2 - Melajani medja membagi makanan, tetapi dimaksudkan dalam arti lebih luas: jaitu mengurus segala kepentingan djasmani.

membagi makanan, tetapi dimaksudkan dalam arti lebih luas: jaitu mengurus segala kepentingan djasmani.

Ende: Kis 6:5-6 - -- Djabatan mereka kemudian disebut "diakonia" artinja pelajanan.

Djabatan mereka kemudian disebut "diakonia" artinja pelajanan.

Ende: Kis 6:9 - Sinagoga orang jang dibebaskan Dengan "jang dibebaskan" barangkali dimaksudkan turunan-turunan dari orang Jahudi jang dalam tahun 63 seb. Kr. dibawa ke Roma sebagai budak belian, te...

Dengan "jang dibebaskan" barangkali dimaksudkan turunan-turunan dari orang Jahudi jang dalam tahun 63 seb. Kr. dibawa ke Roma sebagai budak belian, tetapi kemudian dibebaskan dari perbudakan. Sebagian pulang ke Palestina (Jerusalem) dan sebab mereka berbahasa Junani, maka mereka mempunjai sinagoga tersendiri di Jerusalem.

Pidato Stefanus mengandung pembelaan diri terhadap tuduhan-tuduhan jang dilontarkan kepadanja, tetapi lebih bertudjuan menginsjafkan orang Jahudi akan salah paham sikapnja terhadap Jesus.Ia mentjoba membuktikan dari Kitab Kudus, bahwa mereka dengan menolak dan menentang Jesus sebenarnja menentang Allah dan taurat.

Ref. Silang FULL: Kis 6:1 - makin bertambah // orang-orang Yahudi // kepada janda-janda // dalam pelayanan · makin bertambah: Kis 2:41; Kis 2:41 · orang-orang Yahudi: Kis 9:29 · kepada janda-janda: Kis 9:39,41; 1Tim 5:3 · dalam p...

· makin bertambah: Kis 2:41; [Lihat FULL. Kis 2:41]

· orang-orang Yahudi: Kis 9:29

· kepada janda-janda: Kis 9:39,41; 1Tim 5:3

· dalam pelayanan: Kis 4:35

Ref. Silang FULL: Kis 6:2 - rasul itu // Firman Allah · rasul itu: Kis 11:26; Kis 11:26 · Firman Allah: Ibr 4:12; Ibr 4:12

· rasul itu: Kis 11:26; [Lihat FULL. Kis 11:26]

· Firman Allah: Ibr 4:12; [Lihat FULL. Ibr 4:12]

Ref. Silang FULL: Kis 6:3 - itu, saudara-saudara // penuh Roh // mengangkat mereka · itu, saudara-saudara: Kis 1:16; Kis 1:16 · penuh Roh: Luk 1:15; Luk 1:15 · mengangkat mereka: Kel 18:21; Neh 13:13

· itu, saudara-saudara: Kis 1:16; [Lihat FULL. Kis 1:16]

· penuh Roh: Luk 1:15; [Lihat FULL. Luk 1:15]

· mengangkat mereka: Kel 18:21; Neh 13:13

Ref. Silang FULL: Kis 6:4 - dalam doa · dalam doa: Kis 1:14; Kis 1:14

· dalam doa: Kis 1:14; [Lihat FULL. Kis 1:14]

Ref. Silang FULL: Kis 6:5 - memilih Stefanus // Roh Kudus // dan Filipus · memilih Stefanus: Kis 6:8; Kis 7:55-60; 11:19; 22:20 · Roh Kudus: Luk 1:15; Luk 1:15 · dan Filipus: Kis 8:5-40; 21:8

· memilih Stefanus: Kis 6:8; Kis 7:55-60; 11:19; 22:20

· Roh Kudus: Luk 1:15; [Lihat FULL. Luk 1:15]

· dan Filipus: Kis 8:5-40; 21:8

Ref. Silang FULL: Kis 6:6 - itupun berdoa // atas mereka · itupun berdoa: Kis 1:24; Kis 1:24 · atas mereka: Bil 8:10; 27:18; Kis 9:17; 19:6; 28:8; 1Tim 4:14; Mr 5:23; Mr 5:23

· itupun berdoa: Kis 1:24; [Lihat FULL. Kis 1:24]

· atas mereka: Bil 8:10; 27:18; Kis 9:17; 19:6; 28:8; 1Tim 4:14; Mr 5:23; [Lihat FULL. Mr 5:23]

Ref. Silang FULL: Kis 6:7 - makin tersebar // bertambah banyak · makin tersebar: Kis 12:24; 19:20 · bertambah banyak: Kis 2:41; Kis 2:41

· makin tersebar: Kis 12:24; 19:20

· bertambah banyak: Kis 2:41; [Lihat FULL. Kis 2:41]

Ref. Silang FULL: Kis 6:8 - dan tanda-tanda · dan tanda-tanda: Yoh 4:48; Yoh 4:48

· dan tanda-tanda: Yoh 4:48; [Lihat FULL. Yoh 4:48]

Ref. Silang FULL: Kis 6:9 - dari Kirene // dari Kilikia // dari Asia · dari Kirene: Mat 27:32; Mat 27:32 · dari Kilikia: Kis 15:23,41; 22:3; 23:34 · dari Asia: Kis 2:9; Kis 2:9

· dari Kirene: Mat 27:32; [Lihat FULL. Mat 27:32]

· dari Kilikia: Kis 15:23,41; 22:3; 23:34

· dari Asia: Kis 2:9; [Lihat FULL. Kis 2:9]

Ref. Silang FULL: Kis 6:10 - dia berbicara · dia berbicara: Luk 21:15

· dia berbicara: Luk 21:15

Ref. Silang FULL: Kis 6:11 - mereka menghasut // dan Allah · mereka menghasut: 1Raj 21:10 · dan Allah: Mat 26:59-61

· mereka menghasut: 1Raj 21:10

· dan Allah: Mat 26:59-61

Ref. Silang FULL: Kis 6:12 - Mahkamah Agama · Mahkamah Agama: Mat 5:22; Mat 5:22

· Mahkamah Agama: Mat 5:22; [Lihat FULL. Mat 5:22]

Ref. Silang FULL: Kis 6:13 - saksi-saksi palsu // kudus ini · saksi-saksi palsu: Kel 23:1; Mazm 27:12 · kudus ini: Mat 24:15; Kis 7:48; 21:28

· saksi-saksi palsu: Kel 23:1; Mazm 27:12

· kudus ini: Mat 24:15; Kis 7:48; 21:28

Ref. Silang FULL: Kis 6:14 - tempat ini // kepada kita · tempat ini: Yoh 2:19; Yoh 2:19 · kepada kita: Kis 15:1; 21:21; 26:3; 28:17

· tempat ini: Yoh 2:19; [Lihat FULL. Yoh 2:19]

· kepada kita: Kis 15:1; 21:21; 26:3; 28:17

Ref. Silang FULL: Kis 6:15 - Mahkamah Agama · Mahkamah Agama: Mat 5:22; Mat 5:22

· Mahkamah Agama: Mat 5:22; [Lihat FULL. Mat 5:22]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kis 6:1-7 - Penetapan Diaken Di dalam pasal ini diceritakan tentang, ...

Matthew Henry: Kis 6:8-15 - Seruan Stefanus Seruan Stefanus ( Kis 6:8-15) ...

SH: Kis 6:1-7 - Serangan terdahsyat (Kamis, 3 Juni 1999) Serangan terdahsyat Serangan terdahsyat. Serangan berikut yang dihadapi oleh gereja mula-mula, men...

SH: Kis 6:1-7 - Menyelesaikan masalah (Senin, 22 Juni 2009) Menyelesaikan masalah Judul: Menyelesaikan masalah Masalah ibarat tamu yang rajin datang ke rumah kita...

SH: Kis 6:1-7 - Mobilisasi jemaat (Senin, 27 Juni 2011) Mobilisasi jemaat Judul: Mobilisasi jemaat Gereja merupakan suatu organisme yang hidup dengan orang-or...

SH: Kis 6:1-7 - Positif terhadap Kritik (Kamis, 31 Mei 2018) Positif terhadap Kritik Apabila sebuah komunitas dapat bertumbuh, maka hal itu mendatangkan sukacita, baik secara...

SH: Kis 6:1-7 - Delegasi (Kamis, 30 Mei 2024) Delegasi Kita semua ingin menjadi seperti superman. Pasalnya, superman bisa melakukan segala sesuatu. Akan tetapi...

SH: Kis 6:8-15 - Stefanus yang mengagumkan (Jumat, 4 Juni 1999) Stefanus yang mengagumkan Stefanus yang mengagumkan. Kualitas pelayanan yang dilakukan oleh Stefanus s...

SH: Kis 6:8-15 - Menghadapi fitnah (Selasa, 23 Juni 2009) Menghadapi fitnah Judul: Menghadapi fitnah Cara jitu apa yang bisa dipakai untuk menjatuhkan orang per...

SH: Kis 6:8-15 - Siap dan kuat (Selasa, 28 Juni 2011) Siap dan kuat Judul: Siap dan kuat Bukti nyata bahwa seseorang sudah percaya kepada Tuhan Yesus Kristu...

SH: Kis 6:8-15 - Menyikapi Tuduhan (Jumat, 1 Juni 2018) Menyikapi Tuduhan A da pepatah jawa: "Jujur Ajur", artinya orang yang jujur akan tertimpa kehancuran atau hal-hal...

Utley: Kis 6:1-6 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 6:1-6...

Utley: Kis 6:7 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 6:77 Firman...

Utley: Kis 6:8-15 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 6:8-15...

Topik Teologia: Kis 6:1 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan dengan Kuasa Pemilihan Mereka Membuat Pilihan Demi Permintaan Orang Lain ...

Topik Teologia: Kis 6:2 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan dengan Kuasa Pemilihan Mereka Membuat Pilihan Demi Permintaan Orang Lain ...

Topik Teologia: Kis 6:3 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Diri Orang-orang Percaya Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan dengan Kuasa P...

Topik Teologia: Kis 6:4 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan dengan Kuasa Pemilihan Mereka Membuat Pilihan Demi Permintaan Orang Lain ...

Topik Teologia: Kis 6:5 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Diri Orang-orang Percaya Kepenuhan Roh Kudus Realitas Kepenuhan Roh ...

Topik Teologia: Kis 6:6 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Tugas Terhadap Kelompok-kelompok Ora...

Topik Teologia: Kis 6:7 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Para Imam Yahudi adalah Teladan karena Iman ...

Topik Teologia: Kis 6:8 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Mujizat-mujizat sebagai Pemeliharaan Khusus dari Allah Pengesahan Muj...

Topik Teologia: Kis 6:9 - -- Roh Kudus Roh yang Dapat Ditolak Kis 6:9-10 ...

Topik Teologia: Kis 6:11 - -- Gereja Masalah-masalah Yang Dihadapi Gereja Masalah dalam Gereja yang Muncul dari Orang Tidak Percaya Kesaksian Pa...

Topik Teologia: Kis 6:15 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Natur dari Para Malaikat Baik Status Para Malaikat Baik ...

TFTWMS: Kis 6:1 - Pada Masa Gereja Mula-mula Orang Jatuh Ke Dalam Rekahan PADA MASA GEREJA MULA-MULA ORANG JATUH KE DALAM REKAHAN (Kis 6:1) "Pada ...

TFTWMS: Kis 6:2-3 - Yang Para Rasul Perbuat Ketika Orang Jatuh Ke Dalam Rekahan YANG PARA RASUL PERBUAT KETIKA ORANG JATUH KE DALAM REKAHAN (Kis 6:2, 3) ...

TFTWMS: Kis 6:3 - Pemimpin Yang Baik Menempatkan Orang Yang Tepat Dalam Tugas Yang Tepat PEMIMPIN YANG BAIK MENEMPATKAN ORANG YANG TEPAT DALAM TUGAS YANG TEPAT (Kis 6:3) ...

TFTWMS: Kis 6:4 - Pemimpin Yang Baik Menekankan Pentingnya Pelbagai Tugas Yang Ditugaskan PEMIMPIN YANG BAIK MENEKANKAN PENTINGNYA PELBAGAI TUGAS YANG DITUGASKAN (Kis 6:4) ...

TFTWMS: Kis 6:5 - Pemimpin Yang Baik Mendapat Kepercayaan Dan Dukungan Jemaat PEMIMPIN YANG BAIK MENDAPAT KEPERCAYAAN DAN DUKUNGAN JEMAAT (Kis 6:5) Respon ...

TFTWMS: Kis 6:5-6 - Pemimpin Yang Baik Memberi Para Pekerja Dukungan—dan Kepercayaan PEMIMPIN YANG BAIK MEMBERI PARA PEKERJA DUKUNGAN—DAN KEPERCAYAAN (Kis 6:5, 6) ...

TFTWMS: Kis 6:8-12 - Iman Yang Layak Untuk Diperdebatkan IMAN YANG LAYAK UNTUK DIPERDEBATKAN (Kis 6:8-12) Kisah kita berawal ...

TFTWMS: Kis 6:13--7:53 - Iman Yang Layak Untuk Dipertahankan IMAN YANG LAYAK UNTUK DIPERTAHANKAN (Kis 6:13-7:53) Sekali lagi ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Penyebaran Injil yang Penuh Keberhasilan Melalui ...

Full Life: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Kis 1:1-11) ...

Matthew Henry: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) ...

Jerusalem: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH PARA RASUL PENGANTAR Injil ketiga dan Kisah para Rasul aslinya merup...

Ende: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL KATA PENGANTAR Tentang isi dan maksud karangan ini umumnja Mula-mula sebagai landjutan ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KETIKA SESUATU JATUH KE DALAM REKAHAN (Kis 6:1-3) Bayangkanlah progra...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 6:1-3) Luangkanlah waktu beberapa saat untuk inventar...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 "Jatuh ke dalam rekahan" adalah suatu ungkapan yang artinya "diabaikan." J...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KEBUTUHAN MENDESAK AKAN PEMIMPIN YANG BAIK (Kis 6:3-7) Jemaat Yerusal...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 6:3-7) Sekali lagi Iblis mencoba menghancurkan gereja...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Lihat komentar pada Kisah 1:21. ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) UNTUK APAKAH ANDA RELA MATI? (Kis 6:8 — 8:4...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 6:8 — 8:4) ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Kita tidak diberitahu mujizat-mujizat dan tanda-tanda apakah yang Stefanus telah adakan. Kita ...

BIS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL PENGANTAR Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tuj...

Ajaran: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kas...

Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Kisah tentang gereja yang bersaksi SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh ju...

Garis Besar Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) [1] PENGANTAR Kis 1:1-26 Masa empat puluh hari dan sesudahnya:...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #33: Situs ini membutuhkan masukan, ide, dan partisipasi Anda! Klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 0.16 detik
dipersembahkan oleh YLSA