![](images/minus.gif)
Teks -- Ibrani 10:1-21 (TB)
![](images/arrow_open.gif)
![](images/advanced.gif)
![](images/advanced.gif)
![](images/advanced.gif)
![](images/advanced.gif)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
![](images/arrow_open.gif)
![](images/information.gif)
![](images/cmt_minus_head.gif)
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Ibr 10:1 - KORBAN YANG SAMA ... TERUS-MENERUS DIPERSEMBAHKAN.
Nas : Ibr 10:1
Pembahasan mengenai maksud-maksud upacara korban PL, dapat dilihat
dalam
lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU.
Nas : Ibr 10:1
Pembahasan mengenai maksud-maksud upacara korban PL, dapat dilihat dalam
lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU.
![](images/cmt_minus.gif)
Full Life: Ibr 10:4 - DARAH LEMBU JANTAN.
Nas : Ibr 10:4
Darah binatang hanyalah merupakan persediaan atau pendamaian sesaat
bagi dosa-dosa umat itu; pada hakikatnya, diperlukan manusia unt...
Nas : Ibr 10:4
Darah binatang hanyalah merupakan persediaan atau pendamaian sesaat bagi dosa-dosa umat itu; pada hakikatnya, diperlukan manusia untuk dipersembahkan sebagai pengganti seluruh umat manusia
(lihat art. HARI PENDAMAIAN).
Oleh karena itu Kristus datang ke bumi dan lahir sebagai manusia supaya Ia dapat mempersembahkan diri-Nya sebagai kurban menggantikan kita
(lihat cat. --> Ibr 2:9;
lihat cat. --> Ibr 2:14).
[atau ref. Ibr 2:9,14]
Selanjutnya, hanya seorang yang bebas dari dosa yang dapat mengambil alih hukuman atas dosa-dosa kita (Ibr 2:14-18; 4:15) sehingga dengan demikian memuaskan secara sempurna tuntutan kekudusan Allah (bd. Rom 3:25-26).
![](images/cmt_minus.gif)
Full Life: Ibr 10:5-10 - KORBAN DAN PERSEMBAHAN.
Nas : Ibr 10:5-10
Mazm 40:7-9 dikutip untuk membuktikan bahwa korban Yesus Kristus
yang dilakukan dengan sukarela dan taat itu merupakan korban yan...
Nas : Ibr 10:5-10
Mazm 40:7-9 dikutip untuk membuktikan bahwa korban Yesus Kristus yang dilakukan dengan sukarela dan taat itu merupakan korban yang lebih baik daripada korban binatang dalam PL;
lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU.
![](images/cmt_minus.gif)
Full Life: Ibr 10:14 - TELAH MENYEMPURNAKAN UNTUK SELAMA-LAMANYA MEREKA YANG IA KUDUSKAN.
Nas : Ibr 10:14
Korban satu-satunya yang dipersembahkan Kristus di salib dan
manfaatnya (yaitu, keselamatan sempurna) berhasil guna untuk
selama-la...
Nas : Ibr 10:14
Korban satu-satunya yang dipersembahkan Kristus di salib dan manfaatnya (yaitu, keselamatan sempurna) berhasil guna untuk selama-lamanya. Keselamatan sempurna di dalam Kristus diberi kepada semua orang yang dikuduskan ketika menghampiri Allah melalui Kristus (ayat Ibr 10:22; 7:25). Perhatikan bahwa kata Yunani yang diterjemahkan "dikuduskan" dalam ayat ini dan ayat Ibr 10:10 adalah partisip bentuk masa kini, yang berarti menekankan tindakan berkelanjutan pada masa sekarang.
![](images/cmt_minus.gif)
Full Life: Ibr 10:19 - KITA SEKARANG PENUH KEBERANIAN.
Nas : Ibr 10:19
Bertentangan dengan orang Israel yang tak dapat menghampiri Allah
dengan leluasa, maka Kristus dengan mempersembahkan nyawa-Nya seb...
Nas : Ibr 10:19
Bertentangan dengan orang Israel yang tak dapat menghampiri Allah dengan leluasa, maka Kristus dengan mempersembahkan nyawa-Nya sebagai kurban yang sempurna, telah membuka jalan ke hadapan Allah dan takhta kasih karunia. Oleh karena itu, sebagai orang-orang percaya kita dengan penuh syukur dapat senantiasa menghampiri Allah di dalam doa.
Jerusalem: Ibr 10:4 - -- Dengan melampaui tuntutan-tuntutan para nabi yang menekankan perlunya hati bersih buat beribadat, Yes 1:11-13; Yer 6:20; 11:15; Hos 6:6; Amo 5:21-25, ...
Dengan melampaui tuntutan-tuntutan para nabi yang menekankan perlunya hati bersih buat beribadat, Yes 1:11-13; Yer 6:20; 11:15; Hos 6:6; Amo 5:21-25, surat Ibrani menyatakan bahwa korban-korban dahulu sama sekali tidak berdaya, bdk Ibr 9:13-14. Hanya korban Kristus yang seluruhnya rohani mampu menguduskan manusia, Ibr 10:12-14.
![](images/cmt_minus.gif)
Jerusalem: Ibr 10:19 - dapat masuk ke dalam tempat kudus Hanya imam besar setahun sekali dapat memasuki Tempat Mahakudus. Tetapi sekarang semua orang beriman dapat mendekati Allah melalui Kristus. Bdk Ibr 4:...
Hanya imam besar setahun sekali dapat memasuki Tempat Mahakudus. Tetapi sekarang semua orang beriman dapat mendekati Allah melalui Kristus. Bdk Ibr 4:14-16; 7:19,25; 9:11; 10:9; Rom 5:2; Efe 1:4; 2:18; 3:12; Kol 1:22.
Ende -> Ibr 10:1; Ibr 10:5-11; Ibr 10:12; Ibr 10:13; Ibr 10:14; Ibr 10:16-17; Ibr 10:20; Ibr 10:20; Ibr 10:21
Ende: Ibr 10:1 - Harta-harta dunia jang akan datang jaitu segalanja jang akan dinikmati dalam
bahagia surgawi jang abadi.
jaitu segalanja jang akan dinikmati dalam bahagia surgawi jang abadi.
![](images/cmt_minus.gif)
Ende: Ibr 10:5-11 - -- Dengan kutipan dari Maz 40:7-9 ini pengarang hendak membuktikan bahwa
inti dan hakekat kurban Jesus ialah ketaatan kepada BapaNja, dan bahwa ketaatan
...
Dengan kutipan dari Maz 40:7-9 ini pengarang hendak membuktikan bahwa inti dan hakekat kurban Jesus ialah ketaatan kepada BapaNja, dan bahwa ketaatan ini djauh lebih berharga daripada segala kurban ibadat Jahudi. Bdl. Ibr 5:8 dan Fili 4:18:
![](images/cmt_minus.gif)
Ende: Ibr 10:12 - Tetap duduk Duduk, tetapi tetap djuga melandjutkan pengurbananNja disalib
sebagai "leiturgos" didalam kemah Allah disurga. Ia tunggu sampai hasil
pengurbananNja p...
Duduk, tetapi tetap djuga melandjutkan pengurbananNja disalib sebagai "leiturgos" didalam kemah Allah disurga. Ia tunggu sampai hasil pengurbananNja penuh. Bdl. Ibr 7:24-25; 9-24 dan Rom 8:34.
![](images/cmt_minus.gif)
Ende: Ibr 10:13 - Musuh MusuhNja ialah dosa dan segala kakitangan dosa, seperti para penentang
Indjil.
MusuhNja ialah dosa dan segala kakitangan dosa, seperti para penentang Indjil.
![](images/cmt_minus.gif)
Ende: Ibr 10:14 - Menjempurnakan Dari pihak Kristus penjelamatan umat manusia selesai, tetapi
belum dalam masing-masing manusia. Mereka masih harus dikuduskan terus-menerus
dengan rah...
Dari pihak Kristus penjelamatan umat manusia selesai, tetapi belum dalam masing-masing manusia. Mereka masih harus dikuduskan terus-menerus dengan rahmat jang dianugerahkan sebagai buah hasil kurban Jesus disalib.
![](images/cmt_minus.gif)
Ende: Ibr 10:20 - Djalan baru Bahasa kiasan jang padat dalam ajat ini sukar untuk ditafsirkan
agak tepat. Dari beberapa tafsiran kami pilih jang berikut.
Djalan itu disebut baru da...
Bahasa kiasan jang padat dalam ajat ini sukar untuk ditafsirkan agak tepat. Dari beberapa tafsiran kami pilih jang berikut.
Djalan itu disebut baru dalam perbandingan dengan djalan Perdjandjian Lama. Lagi baru sebab dahulu tidak dikenal, malahan tidak ada.
![](images/cmt_minus.gif)
Ende: Ibr 10:20 - Jang hidup Djalan itu Kristus, seperti Ia sendiri menamakan Dirinja dalam
Yoh 14:6. Bagi kita djalan itu hidup dalam sengsara, kematian dan
kebangkitanNja. Denga...
Djalan itu Kristus, seperti Ia sendiri menamakan Dirinja dalam Yoh 14:6. Bagi kita djalan itu hidup dalam sengsara, kematian dan kebangkitanNja. Dengan itu pula Ia telah menundjukkan djalan jang harus kita tempuh, jaitu melalui berkurban dan sengsara masuk kemuliaan abadi disurga. Kristus adalah pelopor kita (Ibr 6:20) Ia telah membuka djalan "melalui tirai tubuhNja". TubuhNja harus dikurbankan atau didjatuhkan dahulu. Dan peristiwa bahwa ketika wafatNja tirai kenisah tiba-tiba terbuka terbelah dua, melambangkan djuga bahwa waktu itu Ruangan jang Mahakudus didalam surga terbuka bagi kita, asalkan kita tetap mengikuti Jesus.
Ref. Silang FULL: Ibr 10:1 - terdapat bayangan // dari keselamatan // itu sendiri // mungkin menyempurnakan // mengambil bagian · terdapat bayangan: Kol 2:17; Ibr 8:5
· dari keselamatan: Ibr 9:11
· itu sendiri: Ibr 9:23
· mungkin menyempurnakan: Ibr ...
![](images/cmt_minus.gif)
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Ibr 10:4 - domba jantan // menghapuskan dosa · domba jantan: Ibr 9:12,13
· menghapuskan dosa: Ibr 10:1,11
· domba jantan: Ibr 9:12,13
· menghapuskan dosa: Ibr 10:1,11
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Ibr 10:5 - ke dunia // tubuh bagiku · ke dunia: Ibr 1:6
· tubuh bagiku: Ibr 2:14; 1Pet 2:24
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Ibr 10:7 - gulungan kitab // ya Allah-Ku · gulungan kitab: Ezr 6:2; Yer 36:2
· ya Allah-Ku: Mazm 40:7-9; Mat 26:39; Mat 26:39
· gulungan kitab: Ezr 6:2; Yer 36:2
· ya Allah-Ku: Mazm 40:7-9; Mat 26:39; [Lihat FULL. Mat 26:39]
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Ibr 10:8 - berkenan kepadanya · berkenan kepadanya: Ibr 10:5,6; Mr 12:33; Mr 12:33
· berkenan kepadanya: Ibr 10:5,6; Mr 12:33; [Lihat FULL. Mr 12:33]
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Ibr 10:10 - telah dikuduskan // untuk selama-lamanya // persembahan tubuh · telah dikuduskan: Ibr 10:14; Ef 5:26; Ef 5:26
· untuk selama-lamanya: Ibr 7:27; Ibr 7:27
· persembahan tubuh: Ibr 2:14; 1Pet 2:...
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Ibr 10:11 - mempersembahkan korban // menghapuskan dosa · mempersembahkan korban: Ibr 5:1
· menghapuskan dosa: Ibr 10:1,4
· mempersembahkan korban: Ibr 5:1
· menghapuskan dosa: Ibr 10:1,4
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Ibr 10:12 - karena dosa // kanan Allah · karena dosa: Ibr 5:1
· kanan Allah: Mr 16:19; Mr 16:19
![](images/cmt_minus.gif)
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Ibr 10:14 - telah menyempurnakan // Ia kuduskan · telah menyempurnakan: Ibr 10:1
· Ia kuduskan: Ibr 10:10; Ef 5:26; Ef 5:26
![](images/cmt_minus.gif)
![](images/cmt_minus.gif)
![](images/cmt_minus.gif)
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Ibr 10:19 - penuh keberanian // tempat kudus · penuh keberanian: Ef 3:12; Ef 3:12
· tempat kudus: Im 16:2; Ef 2:18; Ibr 9:8,12,25
· penuh keberanian: Ef 3:12; [Lihat FULL. Ef 3:12]
· tempat kudus: Im 16:2; Ef 2:18; Ibr 9:8,12,25
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Ibr 10:20 - membuka jalan // melalui tabir · membuka jalan: Ibr 9:8
· melalui tabir: Ibr 6:19; 9:3
· membuka jalan: Ibr 9:8
· melalui tabir: Ibr 6:19; 9:3
![](images/cmt_minus_head.gif)
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg -> Ibr 8:1--10:18; Ibr 7:1--10:18; Ibr 5:1--10:39; Ibr 10:4; Ibr 10:4; Ibr 10:10; Ibr 10:10; Ibr 10:19-25; Ibr 10:19-39
Hagelberg: Ibr 8:1--10:18 - -- 2. Pelayanan yang lebih baik (8:1-10:18)
Kalau di atas imamat dan Imam Besar dibicarakan, di dalam bagian ini pelayanan dari Imam Besar kita dibicara...
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Ibr 7:1--10:18 - -- C. Imam yang lebih baik dengan Pelayanan yang lebih baik (7:1-10:18)
Inti dari bagian ini ialah: Imam Besar yang kita punya adalah sangat mulia.
Ayat...
C. Imam yang lebih baik dengan Pelayanan yang lebih baik (7:1-10:18)
Inti dari bagian ini ialah: Imam Besar yang kita punya adalah sangat mulia.
Ayat terakhir dari pasal 6 menyebut peraturan Melkisedek, dan kata-kata itu menjadi suatu peralihan untuk bagian ini di mana Yesus dikaitkan dengan Melkisedek. Kejadian 14 merupakan latar belakang dari diskusi ini.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Ibr 5:1--10:39 - -- III. Bagian Kedua: Anak/Imam Allah (pasal 5:1-10:39)
Bagian yang pertama sudah menguraikan kepada kita dua kebenaran. 1) bahwa Yesus, yang ditahbis...
III. Bagian Kedua: Anak/Imam Allah (pasal 5:1-10:39)
Bagian yang pertama sudah menguraikan kepada kita dua kebenaran. 1) bahwa Yesus, yang ditahbiskan sebagai Raja oleh Allah, memiliki suatu posisi dan masa depan yang sangat mulia, dan 2) bahwa kita yang mengikuti Dia dengan setia akan menikmati suatu kemenangan/warisan yang mulia. Di dalam bagian itu Yesus direnungkan terutama sebagai Raja kita yang merintis kemenangan. Di dalam bagian yang kedua ini Yesus akan direnungkan terutama sebagai Imam Besar kita. Bukannya unsur ini tidak ada di dalam bagian pertama. Ada juga unsur ini (2:17, 3:1-6, dan 4:14-16), tetapi tidak menonjol sebagai tema utama. Sekarang, di dalam bagian kedua ini, peranan Yesus sebagai Imam Besar kita akan direnungkan, dan, sama dengan apa yang ada dalam bagian pertama, beberapa peringatan akan disisipkan di dalam renungan ini.
Pada hakekatnya bagian ini (pasal 5-10) berkata bahwa Yesus adalah Imam Besar Agung, yang layak, yang lebih baik, dan yang menjadi dasar yang kuat bagi pahala kita, maka kita harus mendekati Tuhan Allah kita.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Ibr 10:4 - -- 10:4 Sebab tidak mungkin darah lembu jantan... menghapuskan dosa.
Ayat ini mengingatkan kita bahwa tidak mungkin pengorbanan binatang dapat memungkin...
10:4 Sebab tidak mungkin darah lembu jantan... menghapuskan dosa.
Ayat ini mengingatkan kita bahwa tidak mungkin pengorbanan binatang dapat memungkinkan pengampunan dosa. Jadi korban-korban yang diatur dalam Perjanjian Lama tidak menghapuskan dosa, karena hanya darah Kristus yang dapat menghapuskan dosa. Darah korban-korban dalam Perjanjian Lama dapat dianggap seperti suatu catatan yang menyatakan bahwa hutang ini akan dibayar nanti, dengan darah Korban yang Sempurna. Tahun lepas tahun mereka mengorbankan lembu dan domba, jadi seolah-olah tahun lepas tahun mereka menulis catatan hutang itu. Seharusnya mereka rindu untuk melunasi hutang mereka. Justru itulah maksud dari hukum Taurat, supaya mereka yang di bawah hukum itu rindu kepada Mesias dan Perjanjian Baru. Masalahnya banyak dari mereka menjadi keras hati, dan tidak mau meninggalkan sistem agama mereka.
Hal ini dimengerti oleh Tuhan Yesus, maka waktu "Ia masuk ke dunia, Ia berkata: 'Korban dan persembahan tidak Engkau kehendaki....'" Dia mengerti bahwa Dia datang sebagai Korban yang sempurna. Dia tahu bahwa tujuan utama untuk Dia adalah menebus dosa kita.
Ada masalah dengan kutipan dalam pasal 10:5 ini, karena di dalam Mazmur 40:7-9a, yang dikatakan adalah "Engkau telah menggali telingaKu...." Dalam versi Septuaginta ini dianggap sebagai suatu kiasan di mana bukan saja telinga yang disediakan, tetapi tubuh juga, sehingga diterjemahkan, "Tetapi Engkau telah menyediakan tubuh bagiKu." Penulis Surat Ibrani menganggap pengertian dan terjemahan itu tepat, sehingga dipakai di sini.
Dengan membaca pasal 10:9, "Yang pertama Ia hapuskan," para pembaca akan mengerti apa yang dikatakan juga oleh Rasul Paulus di dalam Kolose 2:14, bahwa ketentuan hukum yang mendakwa kita "ditiadakanNya dengan memakukannya pada kayu salib." Perjanjian Lama, yaitu hukum Taurat, tidak berlaku lagi sebagai sistem hukum atas umat Allah. Bukan Perjanjian Lama tidak berguna untuk dipelajari, tetapi sebagai suatu sistem undang-undang yang harus kita taati seperti bangsa Israel zaman dahulu, Perjanjian Lama tidak berlaku lagi.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Ibr 10:4 - -- 10:4 Sebab tidak mungkin darah lembu jantan... menghapuskan dosa.
Ayat ini mengingatkan kita bahwa tidak mungkin pengorbanan binatang dapat memungkin...
10:4 Sebab tidak mungkin darah lembu jantan... menghapuskan dosa.
Ayat ini mengingatkan kita bahwa tidak mungkin pengorbanan binatang dapat memungkinkan pengampunan dosa. Jadi korban-korban yang diatur dalam Perjanjian Lama tidak menghapuskan dosa, karena hanya darah Kristus yang dapat menghapuskan dosa. Darah korban-korban dalam Perjanjian Lama dapat dianggap seperti suatu catatan yang menyatakan bahwa hutang ini akan dibayar nanti, dengan darah Korban yang Sempurna. Tahun lepas tahun mereka mengorbankan lembu dan domba, jadi seolah-olah tahun lepas tahun mereka menulis catatan hutang itu. Seharusnya mereka rindu untuk melunasi hutang mereka. Justru itulah maksud dari hukum Taurat, supaya mereka yang di bawah hukum itu rindu kepada Mesias dan Perjanjian Baru. Masalahnya banyak dari mereka menjadi keras hati, dan tidak mau meninggalkan sistem agama mereka.
Hal ini dimengerti oleh Tuhan Yesus, maka waktu "Ia masuk ke dunia, Ia berkata: 'Korban dan persembahan tidak Engkau kehendaki....'" Dia mengerti bahwa Dia datang sebagai Korban yang sempurna. Dia tahu bahwa tujuan utama untuk Dia adalah menebus dosa kita.
Ada masalah dengan kutipan dalam pasal 10:5 ini, karena di dalam Mazmur 40:7-9a, yang dikatakan adalah "Engkau telah menggali telingaKu...." Dalam versi Septuaginta ini dianggap sebagai suatu kiasan di mana bukan saja telinga yang disediakan, tetapi tubuh juga, sehingga diterjemahkan, "Tetapi Engkau telah menyediakan tubuh bagiKu." Penulis Surat Ibrani menganggap pengertian dan terjemahan itu tepat, sehingga dipakai di sini.
Dengan membaca pasal 10:9, "Yang pertama Ia hapuskan," para pembaca akan mengerti apa yang dikatakan juga oleh Rasul Paulus di dalam Kolose 2:14, bahwa ketentuan hukum yang mendakwa kita "ditiadakanNya dengan memakukannya pada kayu salib." Perjanjian Lama, yaitu hukum Taurat, tidak berlaku lagi sebagai sistem hukum atas umat Allah. Bukan Perjanjian Lama tidak berguna untuk dipelajari, tetapi sebagai suatu sistem undang-undang yang harus kita taati seperti bangsa Israel zaman dahulu, Perjanjian Lama tidak berlaku lagi.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Ibr 10:10 - -- 10:10 ...kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh Yesus Kristus.
Ayat ini berkata bahwa "kita telah dikuduskan." ...
10:10 ...kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh Yesus Kristus.
Ayat ini berkata bahwa "kita telah dikuduskan." Kalau penulis surat ini memakai istilah "kudus," maksudnya lain dari arti yang dimaksudkan oleh Rasul Paulus. Dalam tulisan Paulus, orang percaya dapat menjadi semakin kudus, karena istilah ini dipakai berkaitan dengan sikap hati dan perbuatan kita sebagai orang percaya. Tetapi kalau kata yang sama dipakai dalam Surat Ibrani, kata itu berarti bahwa orang percaya sudah menjadi kudus, secara total (dengan harapan bahwa perbuatannya juga ikut menjadi kudus!) Paulus memakai kata ini dalam diskusi pengkudusan, sedangkan dalam Surat Ibrani kata ini dipakai dalam diskusi penebusan.
Ini sesuai dengan pemakaiannya di dalam ayat 10, di mana dikatakan bahwa kita "dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya." Kita sudah dikuduskan, dan tidak usah mengharapkan apa-apa dari korban bakaran di Bait Allah di Yerusalem.
Pasal 10:11-12 ada suatu kontras yang kuat di antara Imam Besar kita, yang sekarang sudah selesai dengan pelayanan pengorbananNya, sehingga Dia "duduk," dan imam-imam yang "berdiri" dan melayani "tiap-tiap hari" dan "berulang-ulang" kali. Hanya dalam terjemahan bahasa Indonesia istilah "berdiri" tidak kelihatan, sehingga kontrasnya kurang kelihatan. Tidak ada kursi di dalam Bait Allah di Yerusalem, karena pekerjaan imam-imam di dalam pelayanan itu tidak akan selesai dengan korban-korban binatang. Ini juga menjadi bukti bahwa pelayanan Yesus jauh lebih mulia dari pada pelayanan yang diatur dalam Perjanjian Lama. Mereka harus mengorbankan binatang terus-menerus, sedangkan "oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan."
Untuk menutup bagian ini sekali lagi dia mengutip dari Yeremia 31:33-34. Kutipan ini sangat menegaskan bahwa melalui Perjanjian Baru, di luar hukum Taurat, mereka akan mendapat berkat yang jauh lebih indah, dan dosa mereka akan diampuni.
Pasal 10:18 menegaskan bahwa kalau ada "pengampunan" seperti dijanjikan dalam Yeremia 31:34, maka tidak ada apa-apa lagi yang "dipersembahkan karena dosa," karena dosa manusia sudah dibereskan di hadapan Tuhan Allah. Pernyataan ini akan menjadi titik tolak bagi peringatan yang berikut, karena para pembaca pertama digodai untuk meninggalkan Korban yang Sempurna itu, walaupun sama sekali tidak ada korban yang lain di hadapan Allah yang hidup. Dalam peringatan yang berikut, yaitu pasal 10:19-39, bahaya yang mereka hadapi akan digambarkan.
Bagian ini (7:1-10:18) sudah membuktikan bahwa Imam Besar yang kita punyai adalah sangat mulia.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Ibr 10:10 - -- 10:10 ...kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh Yesus Kristus.
Ayat ini berkata bahwa "kita telah dikuduskan." ...
10:10 ...kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh Yesus Kristus.
Ayat ini berkata bahwa "kita telah dikuduskan." Kalau penulis surat ini memakai istilah "kudus," maksudnya lain dari arti yang dimaksudkan oleh Rasul Paulus. Dalam tulisan Paulus, orang percaya dapat menjadi semakin kudus, karena istilah ini dipakai berkaitan dengan sikap hati dan perbuatan kita sebagai orang percaya. Tetapi kalau kata yang sama dipakai dalam Surat Ibrani, kata itu berarti bahwa orang percaya sudah menjadi kudus, secara total (dengan harapan bahwa perbuatannya juga ikut menjadi kudus!) Paulus memakai kata ini dalam diskusi pengkudusan, sedangkan dalam Surat Ibrani kata ini dipakai dalam diskusi penebusan.
Ini sesuai dengan pemakaiannya di dalam ayat 10, di mana dikatakan bahwa kita "dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya." Kita sudah dikuduskan, dan tidak usah mengharapkan apa-apa dari korban bakaran di Bait Allah di Yerusalem.
Pasal 10:11-12 ada suatu kontras yang kuat di antara Imam Besar kita, yang sekarang sudah selesai dengan pelayanan pengorbananNya, sehingga Dia "duduk," dan imam-imam yang "berdiri" dan melayani "tiap-tiap hari" dan "berulang-ulang" kali. Hanya dalam terjemahan bahasa Indonesia istilah "berdiri" tidak kelihatan, sehingga kontrasnya kurang kelihatan. Tidak ada kursi di dalam Bait Allah di Yerusalem, karena pekerjaan imam-imam di dalam pelayanan itu tidak akan selesai dengan korban-korban binatang. Ini juga menjadi bukti bahwa pelayanan Yesus jauh lebih mulia dari pada pelayanan yang diatur dalam Perjanjian Lama. Mereka harus mengorbankan binatang terus-menerus, sedangkan "oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan."
Untuk menutup bagian ini sekali lagi dia mengutip dari Yeremia 31:33-34. Kutipan ini sangat menegaskan bahwa melalui Perjanjian Baru, di luar hukum Taurat, mereka akan mendapat berkat yang jauh lebih indah, dan dosa mereka akan diampuni.
Pasal 10:18 menegaskan bahwa kalau ada "pengampunan" seperti dijanjikan dalam Yeremia 31:34, maka tidak ada apa-apa lagi yang "dipersembahkan karena dosa," karena dosa manusia sudah dibereskan di hadapan Tuhan Allah. Pernyataan ini akan menjadi titik tolak bagi peringatan yang berikut, karena para pembaca pertama digodai untuk meninggalkan Korban yang Sempurna itu, walaupun sama sekali tidak ada korban yang lain di hadapan Allah yang hidup. Dalam peringatan yang berikut, yaitu pasal 10:19-39, bahaya yang mereka hadapi akan digambarkan.
Bagian ini (7:1-10:18) sudah membuktikan bahwa Imam Besar yang kita punyai adalah sangat mulia.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Ibr 10:19-25 - -- 1. Dorongan untuk berpegang teguh (10:19-25)
Oleh karena mereka sudah diampuni, maka dia berani menyampaikan dorongan. Dorongan ini didasari pada du...
1. Dorongan untuk berpegang teguh (10:19-25)
Oleh karena mereka sudah diampuni, maka dia berani menyampaikan dorongan. Dorongan ini didasari pada dua kenyataan.
Kenyataan yang pertama adalah bahwa kita dapat memiliki suatu "keberanian masuk ke tempat yang kudus." Tidak berarti kita harus memberanikan diri untuk mengganggu upacara-upacara yang diadakan di Bait Allah di Yerusalem (ingatlah, Bait Allah itu hanya gambaran!), tetapi kita boleh "masuk ke tempat yang kudus" di sorga!
Waktu Tuhan Yesus mati di kayu salib, tabir yang menutup jalan masuk ke tempat yang kudus di Bait Allah koyak (Mt. 27:51, Mk. 15:38, dan Lk. 23:45). Koyaknya tabir itu melambangkan bahwa jalan masuk ke tempat yang kudus di sorga sudah dibuka dengan kematian Tuhan Yesus. Kita boleh masuk, mendekati Dia.
Kenyataan yang kedua adalah bahwa kita mempunyai "seorang Imam Besar," seperti sudah ditegaskan dan dimantapkan dalam bagian yang sebelumnya. Berkat pelayanan Imam Besar kita, "hati nurani" kita sudah "dibersihkan," dan "tubuh kita telah dibasuh dengan air yang murni." Dengan mengingat bahwa Dialah Imam Besar kita, dan kita boleh masuk ke tempat yang kudus, seperti imam-imam, mungkin "tubuh yang dibasuh dengan air" dimaksudkan untuk mengingatkan kita bahwa kita adalah imam-imam di dalam "Bait Allah" yang sesungguhnya.
Inti dari dorongan itu adalah beban utama dari seluruh surat ini: "marilah kita menghadap Allah." "Menghadap" di sini (prosercomai/proserxomai) lebih baik diterjemahkan "datang kepada," sama seperti terjemahan yang tepat dalam 4:16. Bukti untuk terjemahan ini bagian ada di Appendix. Mari kita menghampiri Dia. "Hati nurani" kita dan "tubuh" kita sudah dibereskan. Tidak ada alasan untuk menolak dorongan ini.
Pasal 10:23 adalah dorongan yang kedua. Dengan "teguh" kita harus "berpegang pada pengakuan" kita. Pengakuan ini adalah mengenai "pengharapan kita." Justru pengharapan yang diceritakan dalam surat ini dapat hilang, kecuali mereka berpegang teguh.
Pasal 10:24-25 adalah dorongan yang ketiga. Kita didorong untuk "saling memperhatikan." Ayat ini mirip sekali dengan 3:13. Nats ini memang dapat dipakai untuk menegur orang yang "menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita," tetapi yang diharapkan dengan dua ayat ini adalah jauh lebih besar dari pada kehadiran di gereja pada hari Minggu pagi. Yang diharapkan di sini adalah hubungan pribadi di antara warga jemaat di mana ada "saling menasihati" (parakalew/parakaleo). Istilah ini sudah dipakai dalam pasal 3:13, dan artinya sudah diuraikan di tempatnya di atas. Kedatangan Tuhan Yesus "yang mendekat" menjadi dorongan yang semakin kuat, oleh karena apa yang akan terjadi kepada kita pada "hari Tuhan," yaitu penghakiman.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Ibr 10:19-39 - -- D. Peringatan Keempat (10:19-39)
Peringatan ini adalah peringatan yang paling tegas dalam surat ini. Sebagai puncak dari perkembangan pikiran penuli...
D. Peringatan Keempat (10:19-39)
Peringatan ini adalah peringatan yang paling tegas dalam surat ini. Sebagai puncak dari perkembangan pikiran penulis surat, peringatan ini harus ditafsirkan dengan mempertimbangkan peringatan-peringatan yang mendahuluinya. Peringatan ini didahului dengan uraian panjang mengenai Imam Besar kita, dan pelayananNya bagi kita. Peringatan ini mengembangkan dan menerapkan beberapa unsur dari uraian tersebut bagi para pembaca pertama dan juga bagi kita. Sesuai dengan pola yang biasa dipakai oleh penulis surat ini, selain memperingatkan mereka (10:26-31), dia juga membesarkan hati mereka (10:32-39).
Inti dari peringatan ini ialah:
Kita yang punya jalan masuk ke hadirat Allah yang begitu luar biasa diperingatkan bahwa dosa yang tetap dipelihara akan menghasilkan disiplin yang amat tegas dari Tuhan, tetapi bukan neraka.
![](images/cmt_minus_head.gif)
buka semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry: Ibr 10:1-6 - Imamat Kristus
Rasul Paulus mengetahui dengan sangat baik bahwa orang-orang Ibrani, yang kepada mereka ia menulis suratnya, luar biasa senang dengan imamat Lewi,...
![](images/cmt_minus.gif)
Matthew Henry: Ibr 10:7-18 - Imamat Kristus Imamat Kristus (10:7-18)
Dalam perikop ini Rasul Paulus mengangkat dan meninggikan Tuhan Yesus Kristus, setinggi-tingginya seperti ia juga sudah me...
![](images/cmt_minus.gif)
Matthew Henry: Ibr 10:19-39 - Jalan yang Disucikan; Peringatan terhadap Kemurtadan; Ketekunan Ditanamkan Jalan yang Disucikan; Peringatan terhadap Kemurtadan; Ketekunan Ditanamkan (10:19-39)
I. Di sini Rasul Paulus mengemukakan martabat-martabat y...
SH: Ibr 10:1-18 - Karya Kristus bagi masa lalu dan masa depan Anda (Selasa, 2 Mei 2000) Karya Kristus bagi masa lalu dan masa depan Anda
Sebuah pertanyaan kritis dan menentukan bagi sebuah agama adalah
bukan apa yang diminta oleh ag...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Ibr 10:1-10 - Bukan kurban melainkan iman (Sabtu, 5 November 2005) Bukan kurban melainkan iman
Tidak perlu menjadi orang pintar untuk mengetahui bahwa manusia lebih
tinggi dan mulia daripada binatang. Oleh kar...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Ibr 10:1-18 - Sudah Ada Kristus, Cukuplah! (Kamis, 24 Agustus 2017) Sudah Ada Kristus, Cukuplah!
Mengikut Kristus adalah keputusan yang harus dijalani dengan tekad yang kuat. Karena hal itu menyangkut perubahan cara h...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Ibr 10:1-18 - Garansi Seumur Hidup (Senin, 3 Juli 2023) Garansi Seumur Hidup
Setiap barang dibuat untuk bertahan dalam jangka waktu tertentu. Kita jarang menjumpai barang yang dijual dengan garansi seumur ...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Ibr 10:11-18 - Dibebaskan secara sempurna (Minggu, 6 November 2005) Dibebaskan secara sempurna
Orang yang menyandarkan diri kepada Hukum Taurat untuk keselamatannya,
akan mendapatkan diri terus-menerus dituntut...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Ibr 10:19-25 - Kekudusan dalam Kekristenan (Rabu, 3 Mei 2000) Kekudusan dalam Kekristenan
Kekristenan bukanlah suatu teori namun kebenaran yang aplikatif.
Karena itu iman kristen dipraktekkan dan diekspresi...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Ibr 10:19-25 - Berani masuk ke hadirat Tuhan (Senin, 7 November 2005) Berani masuk ke hadirat Tuhan
Dengan paparan yang jelas akan imamat Kristus yang sempurna itu,
penulis Ibrani menantang para pembaca surat Ibr...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Ibr 10:19-31 - Bukan Bebal, tetapi Handal (Jumat, 25 Agustus 2017) Bukan Bebal, tetapi Handal
Ada peribahasa yang mengatakan, "Keledai tidak akan jatuh ke dalam lubang yang sama untuk kedua kalinya." Setelah menjadi ...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Ibr 10:19-39 - Tahan untuk Beriman (Selasa, 4 Juli 2023) Tahan untuk Beriman
Beriman kepada Tuhan berarti memberi hidup kita kepada-Nya dan siap mengikuti perintah Tuhan dengan setia. Dalam realitasnya, kit...
Utley: Ibr 10:1-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 10:1-101 Di dalam hukum Taurat hanya terdapat bayangan saja dari keselamatan yang akan datang, dan bukan hakekat dari kesel...
![](images/cmt_minus.gif)
Utley: Ibr 10:11-18 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 10:11-1811 Selanjutnya setiap imam melakukan tiap-tiap hari pelayanannya dan berulang-ulang mempersembahkan korban yang sam...
![](images/cmt_minus.gif)
Utley: Ibr 10:19-25 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 10:19-2519 Jadi, saudara-saudara, oleh darah Yesus kita sekarang penuh keberanian dapat masuk ke dalam tempat kudus, 20 kar...
Topik Teologia: Ibr 10:1 - -- Umat Manusia Pada Umumnya
Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral
Manusia Memiliki Kesadaran Moral
Mereka dengan Sah Merasakan Be...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Ibr 10:3 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah
Memuliakan Allah
Beribadah kepada Allah
Sikap dalam Beribadah
Beribadah d...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Ibr 10:4 - -- Yesus Kristus
Kristus dalam Perjanjian Lama
Kristus dalam Paralel
Sistem Imamat Lewi yang Diparalelkan dengan Kristus
Ob...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Ibr 10:5 - -- Yesus Kristus
Kambing Jantan
Ima 16:20-22 Yes 53:6,12 Ibr 10:4-6
Yesus Memiliki Tubuh Jasmaniah
Yo...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Ibr 10:6 - -- Yesus Kristus
Kristus dalam Perjanjian Lama
Kristus dalam Paralel
Sistem Imamat Lewi yang Diparalelkan dengan Kristus
Ob...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Ibr 10:7 - -- Keselamatan
Kematian Kristus sebagai Tindakan Penyelamatan
Kematian Kristus adalah Penebusan yang Sempurna
Ajaran Perjanjian Baru ...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Ibr 10:8 - -- Yesus Kristus
Kristus dalam Perjanjian Lama
Kristus dalam Paralel
Sistem Imamat Lewi yang Diparalelkan dengan Kristus
Je...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Ibr 10:10 - -- Yesus Kristus
Bakaran
Ima 1:2,4 Ibr 10:8-10
Yesus Memiliki Tubuh Jasmaniah
Yoh 1:14 Yoh 2:21 Kis 2...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Ibr 10:11 - -- Keselamatan
Kematian Kristus sebagai Tindakan Penyelamatan
Kematian Kristus adalah Penebusan yang Sempurna
Ajaran Perjanjian Baru ...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Ibr 10:12 - -- Yesus Kristus
Penggenapan
Kis 2:32 Kis 5:31 Kis 7:55-56 Efe 1:20 Fili 2:9-11 Kol 3:1 Ibr 1:3 Ibr 8:1 Ibr 10:12 1Pe 3:22...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Ibr 10:14 - -- Keselamatan
Keselamatan Dinyatakan Secara Pribadi
Kel 14:13 Kel 15:2 2Sa 22:3 Maz 13:6 Maz 27:1 Maz 62:2 Maz 86:13 Maz 118:14 Maz 1...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Ibr 10:15 - -- Roh Kudus
Roh yang Bersaksi
Yoh 15:26 Kis 5:32 Rom 8:16 Ibr 10:15 1Yo 4:2 1Yo 5:6-8
Sifat Ilahi Roh Kudus
Wahyu Allah
...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Ibr 10:16 - -- Roh Kudus
Sifat Ilahi Roh Kudus
Wahyu Allah
Wahyu Melalui Kitab Suci
Maz 1:1-3 Maz 19:7-11 Maz 119:1-4 Maz 119:13-16 Maz 11...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Ibr 10:19 - -- Yesus Kristus
Kristus dalam Perjanjian Lama
Kristus dalam Pelambangan
Objek yang Melambangkan Kristus
Tabir Penudung
...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Ibr 10:21 - -- Yesus Kristus
Kristus dalam Perjanjian Lama
Kristus dalam Paralel
Jabatan yang Diparalelkan dengan Kristus
Imam
...
TFTWMS: Ibr 10:1-10 - Kedudukan Korban Kedudukan Korban (Ibrani 10:1-10)
Sifat tidak memadai korban hewan di bawah perjanjian lama ditekankan dalam 10:1-10. Pemikiran ini ditunjukkan oleh ...
![](images/cmt_minus.gif)
TFTWMS: Ibr 10:1-2 - Korban Adalah Bayangan KORBAN ADALAH BAYANGAN (Ibrani 10:1, 2)
1 [Sebab] di dalam hukum Taurat hanya terdapat bayangan saja dari keselamatan yang akan datang, dan bukan hak...
![](images/cmt_minus.gif)
TFTWMS: Ibr 10:3-4 - Korban Itu Adalah Pengingat KORBAN ITU ADALAH PENGINGAT (Ibrani 10:3, 4)
3 Tetapi justru oleh korban-korban itu setiap tahun orang diperingatkan akan adanya dosa. 4 Sebab tidak ...
![](images/cmt_minus.gif)
TFTWMS: Ibr 10:5-7 - Korban Itu Menggambarkan Korban Yang Sebenarnya KORBAN ITU MENGGAMBARKAN KORBAN YANG SEBENARNYA (Ibrani 10:5-7)
5 Karena itu ketika Ia masuk ke dunia, Ia berkata: " Korban dan persembahan tida...
![](images/cmt_minus.gif)
TFTWMS: Ibr 10:8-10 - Korban Itu Adalah Perjanjian Pertama KORBAN ITU ADALAH PERJANJIAN PERTAMA (Ibrani 10:8-10)
8 Di atas Ia berkata: "Korban dan persembahan, korban bakaran dan korban penghapus dosa ti...
![](images/cmt_minus.gif)
TFTWMS: Ibr 10:11-18 - Dikuduskan Oleh Kristus Dikuduskan Oleh Kristus (Ibrani 10:11-18)
Setelah menekankan ketidakcukupan pelbagai korban binatang, penulis kitab Ibrani itu selanjutnya menunjukka...
![](images/cmt_minus.gif)
TFTWMS: Ibr 10:11-12 - Kristus, Tuhan Kita Yang Duduk KRISTUS, TUHAN KITA YANG DUDUK (Ibrani 10:11, 12)
11 Selanjutnya setiap imam melakukan tiap-tiap hari pelayanannya dan berulang-ulang mempersembahkan...
![](images/cmt_minus.gif)
TFTWMS: Ibr 10:13-14 - Kristus, Imam Kita Yang Menantikan KRISTUS, IMAM KITA YANG MENANTIKAN (Ibrani 10:13, 14)
13 Dan sekarang Ia hanya menantikan saatnya, di mana musuh-musuh-Nya akan dijadikan tumpuan kak...
![](images/cmt_minus.gif)
TFTWMS: Ibr 10:15-18 - Kristus, Penebusan Penuh Kita KRISTUS, PENEBUSAN PENUH KITA (Ibrani 10:15-18)
15 Dan tentang hal itu Roh Kudus juga memberi kesaksian kepada kita, 16 Sebab setelah Ia berfirman: &...
![](images/cmt_minus.gif)
TFTWMS: Ibr 10:19-22 - Pondasi Bagi Agama Kristen Pondasi Bagi Agama Kristen (Ibrani 10:19-22)
Dengan nas ini, kita memulai bagian kitab Ibrani yang bisa disebut "Mari kita bersiap menyembah.&qu...
![](images/cmt_minus.gif)
TFTWMS: Ibr 10:19 - Karena Kita Memiliki Keyakinan KARENA KITA MEMILIKI KEYAKINAN (Ibrani 10:19)
19 Karena itu, saudara-saudara, karena kita memiliki keyakinan untuk masuk ke tampat kudus oleh darah Y...
![](images/cmt_minus.gif)
TFTWMS: Ibr 10:20 - Karena Kita Memiliki Jalan Yang Baru Dan Yang Hidup KARENA KITA MEMILIKI JALAN YANG BARU DAN YANG HIDUP (Ibrani 10:20)
20 Oleh jalan yang baru dan yang hidup yang Ia buka bagi kita melalui tabir, yaitu...
![](images/cmt_minus.gif)