Teks -- Matius 11:7-30 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Mat 11:7 - YOHANES.
Nas : Mat 11:7
Ketika Yesus mengatakan bahwa Yohanes bukanlah "buluh yang
digoyangkan angin kian kemari," Ia sedang menunjuk kepada watak Yohanes
y...
Nas : Mat 11:7
Ketika Yesus mengatakan bahwa Yohanes bukanlah "buluh yang digoyangkan angin kian kemari," Ia sedang menunjuk kepada watak Yohanes yang benar dan kepada reputasinya sebagai pengkhotbah yang tidak mau berkompromi keyakinannya. Yohanes memberitakan kebenaran Allah tanpa takut akan orang lain dan tidak pernah menyerah kepada pendapat umum. Dosa Herodes diabaikan begitu saja oleh para pemuka Yahudi, tetapi Yohanes tidak mendiamkannya. Ia bangkit mengecam Herodes, dan dengan demikian menunjukkan kesetiaan penuh kepada Allah dan Firman-Nya. Yohanes berpihak kepada Allah melawan dosa, sekalipun ia harus kehilangan nyawanya (Mat 14:3-12). Biarlah setiap pemberita Firman Allah memperhatikannya, karena Kristus akan menilai pelayanan, perangai dan pendirian terhadap dosa
(lihat cat. --> Luk 1:17).
[atau ref. Luk 1:17]
Full Life: Mat 11:11 - SEORANG YANG LEBIH BESAR.
Nas : Mat 11:11
Pernyataan ini dapat berarti bahwa hak istimewa orang yang terkecil
dari umat perjanjian yang baru masih lebih besar daripada Yohan...
Nas : Mat 11:11
Pernyataan ini dapat berarti bahwa hak istimewa orang yang terkecil dari umat perjanjian yang baru masih lebih besar daripada Yohanes Pembaptis
(lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU).
Umat perjanjian baru memiliki harta penyataan yang lebih besar lagi yang diberikan oleh Allah (bd. Mat 13:16-17) dan akan mengalami berbagai mukjizat yang lebih besar lagi (Mat 11:5), menyaksikan kematian dan kebangkitan Kristus, serta menerima pencurahan Roh Kudus pada hari Pentakosta (Kis 2:4).
Full Life: Mat 11:12 - ORANG YANG MENYERONGNYA MENCOBA MENGUASAINYA.
Nas : Mat 11:12
Lihat art. KERAJAAN ALLAH.
Nas : Mat 11:12
Lihat art. KERAJAAN ALLAH.
Full Life: Mat 11:19 - PELAHAP DAN PEMINUM.
Nas : Mat 11:19
Lihat cat. --> Luk 7:34
[atau ref. Luk 7:34]
Full Life: Mat 11:28 - MARILAH KEPADAKU.
Nas : Mat 11:28
Undangan Yesus yang begitu manis ditujukan kepada semua orang yang
"letih lesu dan berbeban berat" oleh persoalan hidup serta beban...
Nas : Mat 11:28
Undangan Yesus yang begitu manis ditujukan kepada semua orang yang "letih lesu dan berbeban berat" oleh persoalan hidup serta beban dosa mereka sendiri. Dengan datang kepada Yesus, menjadi hamba-Nya serta menaati petunjuk-Nya, maka Ia akan membebaskan saudara dari semua beban yang tidak dapat diatasi dan memberikan perhentian, kedamaian, dan Roh Kudus-Nya untuk menuntun saudara dalam kehidupan ini. Segala pencobaan dan persoalan hidup saudara dapat ditanggung dengan bantuan dan kasih karunia-Nya (lih. Ibr 4:16).
Jerusalem -> Mat 11:11; Mat 11:12; Mat 11:14; Mat 11:16-19; Mat 11:19; Mat 11:21; Mat 11:25-27; Mat 11:28; Mat 11:29; Mat 11:29
Jerusalem: Mat 11:11 - lebih besar dari padanya Ini hanya oleh karena termasuk ke dalam Kerajaan, sedangkan Yohanes sebagai perintis hanya di depan pintunya. Perkataan Yesus ini tidak memperlawankan...
Ini hanya oleh karena termasuk ke dalam Kerajaan, sedangkan Yohanes sebagai perintis hanya di depan pintunya. Perkataan Yesus ini tidak memperlawankan orang, melainkan dua zaman: zaman Kerajaan secara mutlak melampaui yang mendahului dan menyiapkannya.
Jerusalem: Mat 11:12 - -- Perkataan ini ditafsirkan dengan macam-macam cara. Boleh jadi artinya:
1) orang yang dengan kekerasan suci berusaha mendapat Kerajaan Allah,
meskip...
Perkataan ini ditafsirkan dengan macam-macam cara. Boleh jadi artinya: 1) orang yang dengan kekerasan suci berusaha mendapat Kerajaan Allah, meskipun harus menyangkal dirinya dengan hebat dan keras; 2) orang yang dengan kehendak jahat berusaha menegakkan Kerajaan dengan kekerasan senjata (kaum Zelot); 3) kekuasaan-kekuasaan setani yang lalim atau para pendukungnya di bumi yang berusaha menghambat perluasan Kerajaan Allah. Ada juga yang menterjemahkan: Kerajaan Sorga membuka jalannya dengan kekerasan, artinya: dengan kekuasaannya kendati segala macam rintangan.
Jerusalem: Mat 11:14 - ialah Elia Yohanes Pembaptis datang menutup tata penyelamatan Perjanjian Lama, dan begitu menjadi pengganti nabi yang terakhir ialah Maleakhi. Yohanes menggenapi...
Yohanes Pembaptis datang menutup tata penyelamatan Perjanjian Lama, dan begitu menjadi pengganti nabi yang terakhir ialah Maleakhi. Yohanes menggenapi nubuat Maleakhi yang paling akhir, Mal 3:18.
Jerusalem: Mat 11:16-19 - -- Seperti anak-anak merajuk yang menolak segenap permainan (di sini: permainan nikah dan penguburan), demikian orang Yahudi menolak segala tawaran Allah...
Seperti anak-anak merajuk yang menolak segenap permainan (di sini: permainan nikah dan penguburan), demikian orang Yahudi menolak segala tawaran Allah, baik ulah tapa Yohanes, maupun kelembutan hati Yesus. Namun dua-duanya adalah tepat, karena sesuai dengan hubungan antara Yohanes Pembaptis dengan zaman Mesias dan hubungan Yesus dengannya, bdk Mat 9:14-15; Mat 11:11-13. Kendati kedegilan hati manusia rencana Hikmat Allah terlaksana dan rencana itu membenarkan dirinya dengan kelakuan yang diilhamkan Hikmat Allah kepada Yohanes dan kepada Yesus. Khususnya "perbuatan-perbuatan" (var: anak-anaknya, bdk Luk 7:35) Yesus, ialah mujizat-mujizatNya, Mat 11:2, berupa kesaksian yang meyakinkan atau menghukum Mat 11:6, dan Mat 11:20-24. Yesus juga diserupakan dengan Hikmat Allah dalam Mat 11:28-30; Mat 12:42; Mat 23:34 dsj; Yoh 6:35+; 1Ko 1:24 - Ada tafsir lain yang menganggap Mat 11:19 sebagai sebuah peribahasa saja yang dipergunakan untuk menyatakan bahwa hikmat palsu orang Yahudi, bdk Mat 11:25, akan mendapat ganjarannya, yakni hukuman dari pihak Allah, Mat 11:20-24.
Var: oleh anak-anaknya, bdk Luk 7:35.
Jerusalem: Mat 11:21 - Tirus dan Sidon Oleh karena dahulu sering diancam oleh para nabi, Amo 1:9-10; Yes 23; Yeh 26-28; Zak 9:2-4, kota-kota ini sudah menjadi lambang kedurhakaan.
Oleh karena dahulu sering diancam oleh para nabi, Amo 1:9-10; Yes 23; Yeh 26-28; Zak 9:2-4, kota-kota ini sudah menjadi lambang kedurhakaan.
Jerusalem: Mat 11:25-27 - -- Bagian ini tidak bersangkutan dengan apa yang mendahului atau menyusul (bdk tempatnya yang berbeda dalam Lukas). Maka ungkapan "semuanya" itu (Mat 11:...
Bagian ini tidak bersangkutan dengan apa yang mendahului atau menyusul (bdk tempatnya yang berbeda dalam Lukas). Maka ungkapan "semuanya" itu (Mat 11:25) tidak mengenai apa yang dikatakan lebih dahulu, tetapi harus dimengerti secara umum yaitu: rahasia Kerajaan, Mat 13:11. Rahasia itu disingkirkan kepada "orang kecil", ialah para murid, bdk Mat 10:42, sedangkan tersembunyi bagi "yang bijak dan yang pandai", ialah orang Farisi serta ahli-ahli Kitabnya. Baik pernyataan Yesus tentang hubunganNya yang erat dengan Allah, Mat 11:26-27, maupun seruanNya supaya orang menjadi muridNya, Mat 11:28-30, mengingatkan beberapa nas dari Kitab-kitab Kebijaksanaan, Ams 8:22-36; Sir 24:3-9,19-20; Wis 8:3-4; Wis 9:9-18, dll. Dengan demikian Yesus mengatakan bahwa Ia berperan seperti Hikmat Allah, bdk Mat 11:19+, tetapi dengan cara yang unggul. Hikmat Allah itu tidak lagi pempribadian (=personifikasi), tetapi Pribadi, yakni Anak Bapa yang tunggal, bdk Mat 4:3+. Seluruh bagian ini bernada Yohanes, bdk Yoh 1:18; Yoh 3:11,35; Yoh 6:46; Yoh 10:15, dll, dan termasuk dalam lapisan paling tua dari tradisi sinoptik. Di dalamnya terungkap kesadarannya Yesus akan dirinya sebagai anak Allah, sebagaimana juga terungkap dalam Injil Yohanes.
Jerusalem: Mat 11:28 - berbeban berat Beban berat itu ialah hukum Taurat yang masih ditambah oleh apa yang dibebankan oleh orang Farisi, Mat 23:4; bdk Mat 5:17+.
Jerusalem: Mat 11:29 - kuk "Kuk hukum Taurat" adalah kiasan yang lazim di antara para rabi Yahudi, lihat Zef 3:9 (LXX); Rat 3:27; Yer 2:20; Yer 5:5; bdk Yes 14:25; Sir 6:24-30; ...
Jerusalem: Mat 11:29 - Aku lemah lembut... Sifat-sifat ini adalah sifat-sifat "orang miskin" yang lazim dalam Perjanjian Lama, Bdk Zef 2:3, 11-12; Yes 49:13; 57:14-21; 66:2; Maz 22:27; 34:3-4; ...
Sifat-sifat ini adalah sifat-sifat "orang miskin" yang lazim dalam Perjanjian Lama, Bdk Zef 2:3, 11-12; Yes 49:13; 57:14-21; 66:2; Maz 22:27; 34:3-4; 37:11-12; 69:34; 74:19; 149:4; Aza 1:65. Yesus menyatakan bahwa Ia memiliki sikap keagamaan itu dan karenanya menjadi Guru Hikmat bagi orang miskin. Begitulah dinubuatkan tentang Hamba Tuhan, Yes 61:1-2 dan Luk 4:18; lihat juga Mat 12:18-21; Mat 21:5. Memang kepada orang miskin Yesus menyampaikan ucapan-ucapan bahagia, Mat 5:3+, dan beberapa wejangan lain dari Kabar Gembira.
Ende: Mat 11:11 - Jang terketjil Barangkali Jesus maksudkan dengan ungkapan itu, para rasul.
Kalau demikian maka dasar perbandingan bukan keunggulan pribadi, melainkan
keagungan tugas...
Barangkali Jesus maksudkan dengan ungkapan itu, para rasul. Kalau demikian maka dasar perbandingan bukan keunggulan pribadi, melainkan keagungan tugas. Tetapi mungkin pula Jesus ingat akan martabat (kekudusan) ataskodrati setiap "anak Allah" dalam Keradjaan Allah jang baru, sedangkan "kekudusan" Joanes Pemandi masih bersifat kebenaran Perdjandjian Lama.
Bagaimanapun djuga, maksud utama Jesus tentulah menekankan keutamaan Perdjandjian Baru diatas jang Lama.
Ende: Mat 11:14 - Elias Menurut nubuat Mal 4:5 nabi Elias hendak diutus untuk
menjediakan djalan bagi Keradjaan Allah jang baru. Jesus menerangkan, bahwa
dengan "Elias" seben...
Menurut nubuat Mal 4:5 nabi Elias hendak diutus untuk menjediakan djalan bagi Keradjaan Allah jang baru. Jesus menerangkan, bahwa dengan "Elias" sebenarnja dimaksud Joanes Pemandi. Bdl. Mat 17:10-13 dan Luk 1:17.
Ende: Mat 11:16-19 - Kaum zaman ini ialah kaum Jahudi, chususnja kaum parisi, jang bagaikan
kanak-kanak, tidak berpikir dan mengedjar sadja kesenangan hidup, tanpa tahu
membedakan apa ja...
ialah kaum Jahudi, chususnja kaum parisi, jang bagaikan kanak-kanak, tidak berpikir dan mengedjar sadja kesenangan hidup, tanpa tahu membedakan apa jang bernilai benar.
Kemudian akan kentara siapa jang bidjaksana benar.
Ende: Mat 11:21 - Korazin "Betsaida" dan "Kafarnaum" terletak disebelah utara tasik
Genesaret. Penduduk disitu banjak sekali mendapat kesempatan untuk mendengarkan
pengadjaran ...
"Betsaida" dan "Kafarnaum" terletak disebelah utara tasik Genesaret. Penduduk disitu banjak sekali mendapat kesempatan untuk mendengarkan pengadjaran Jesus dan menjaksikan mukdjizat-mukdjizatNja, tetapi njatalah kebanjakan mereka tak atjuh dan tidak bertobat.
Ende: Mat 11:25 - Hal-hal itu jakni rahasia-rahasia (nilai-nilai dan kebidjaksanaan) Keradjaan
Allah. "Orang-orang ketjil", jaitu orang biasa dan rendah kedudukannja, jang
rendah h...
jakni rahasia-rahasia (nilai-nilai dan kebidjaksanaan) Keradjaan Allah. "Orang-orang ketjil", jaitu orang biasa dan rendah kedudukannja, jang rendah hati pula, menaruh roh kemiskinan, jang berdukatjita, jang lembut hati, dan golongan-golongan lain jang disebut berbahagia dalam Mat 5:2-11.
Disini Jesus pertama kali menjatakan dengan terang, bahwa ia Putera Allah.
Ende: Mat 11:28 - Berbeban berat Hukum taurat dan adat-istiadat Jahudi dengan tak terhitung
ketentuan-ketentuannja pun didalam Perdjandjian Lama sering disebut beban, dan
itu menurut ...
Hukum taurat dan adat-istiadat Jahudi dengan tak terhitung ketentuan-ketentuannja pun didalam Perdjandjian Lama sering disebut beban, dan itu menurut tafsiran umum dimaksudkan dengan istilah itu disini djuga.
Ende: Mat 11:29 - Kuk Itulah kaju bertjabang dua, jang dipasang pada leher hewan guna menarik
badjak atau gerobak, sebagaimana terdapat dibeberapa daerah tanah-air kita
dju...
Itulah kaju bertjabang dua, jang dipasang pada leher hewan guna menarik badjak atau gerobak, sebagaimana terdapat dibeberapa daerah tanah-air kita djuga. Kuk disini pelambang kewadjiban-kewadjiban "hukum" Indjil pula. Kewadjiban-kewadjiban itu ringan dan "enak", sebab dilakukan dengan gembira, kalau didjiwai tjinta-kasih.
Ref. Silang FULL: Mat 11:7 - murid-murid Yohanes // padang gurun · murid-murid Yohanes: Mat 3:1; Mat 3:1
· padang gurun: Mat 3:1
· Melihat nabi: Mat 14:5; 21:26; Luk 1:76; 7:26
Ref. Silang FULL: Mat 11:10 - mendahului Engkau // di hadapan-Mu · mendahului Engkau: Yoh 3:28
· di hadapan-Mu: Mal 3:1; Mr 1:2; Luk 7:27
· tampilnya Yohanes: Luk 16:16
Ref. Silang FULL: Mat 11:14 - datang itu · datang itu: Mal 4:5; Mat 17:10-13; Mr 9:11-13; Luk 1:17; Yoh 1:21
· datang itu: Mal 4:5; Mat 17:10-13; Mr 9:11-13; Luk 1:17; Yoh 1:21
Ref. Silang FULL: Mat 11:15 - ia mendengar · ia mendengar: Mat 13:9,43; Mr 4:23; Luk 14:35; Wahy 2:7; Wahy 2:7
· ia mendengar: Mat 13:9,43; Mr 4:23; Luk 14:35; Wahy 2:7; [Lihat FULL. Wahy 2:7]
Ref. Silang FULL: Mat 11:18 - tidak makan // tidak minum · tidak makan: Mat 3:4
· tidak minum: Luk 1:15; Luk 1:15
Ref. Silang FULL: Mat 11:21 - engkau Betsaida // di Sidon // dan berkabung · engkau Betsaida: Mr 6:45; 8:22; Luk 9:10; Yoh 1:44; 12:21
· di Sidon: Yoel 3:4; Am 1:9; Mat 15:21; Mr 3:8; Luk 6:17; Kis 12:20
·...
· engkau Betsaida: Mr 6:45; 8:22; Luk 9:10; Yoh 1:44; 12:21
· di Sidon: Yoel 3:4; Am 1:9; Mat 15:21; Mr 3:8; Luk 6:17; Kis 12:20
· dan berkabung: Yun 3:5-9
Ref. Silang FULL: Mat 11:23 - engkau Kapernaum // orang mati · engkau Kapernaum: Mat 4:13; Mat 4:13
· orang mati: Yes 14:13-15
· engkau Kapernaum: Mat 4:13; [Lihat FULL. Mat 4:13]
· orang mati: Yes 14:13-15
Ref. Silang FULL: Mat 11:25 - kepada-Mu, Bapa // orang kecil · kepada-Mu, Bapa: Mat 16:17; Luk 22:42; 23:34; Yoh 11:41; 12:27,28
· orang kecil: Mat 13:11; Mat 13:11; 1Kor 1:26-29
· kepada-Mu, Bapa: Mat 16:17; Luk 22:42; 23:34; Yoh 11:41; 12:27,28
· orang kecil: Mat 13:11; [Lihat FULL. Mat 13:11]; 1Kor 1:26-29
Ref. Silang FULL: Mat 11:27 - diserahkan kepada-Ku // oleh Bapa-Ku // berkenan menyatakannya · diserahkan kepada-Ku: Mat 28:18; Mat 28:18
· oleh Bapa-Ku: Yoh 3:35; Yoh 3:35
· berkenan menyatakannya: Yoh 10:15; 17:25,26
· diserahkan kepada-Ku: Mat 28:18; [Lihat FULL. Mat 28:18]
· oleh Bapa-Ku: Yoh 3:35; [Lihat FULL. Yoh 3:35]
· berkenan menyatakannya: Yoh 10:15; 17:25,26