Teks -- Yohanes 9:14-41 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Yoh 9:34
Full Life: Yoh 9:34 - MEREKA MENGUSIR DIA KE LUAR.
Nas : Yoh 9:34
Hal yang terbaik yang dialami oleh orang yang lahir buta itu ialah
diusir dari agamanya yang semula. Jikalau diizinkan tinggal dalam...
Nas : Yoh 9:34
Hal yang terbaik yang dialami oleh orang yang lahir buta itu ialah diusir dari agamanya yang semula. Jikalau diizinkan tinggal dalam rumah sembahyang dia akan kembali dalam tradisi Yudaisme dan terpisah dari Kristus dan Injil. Dewasa ini hal yang sama dapat terjadi pada mereka di dalam gereja-gereja yang suam-suam kuku atau organisasi agama yang tidak ikut Alkitab. Apabila mereka tinggal di dalam gereja atau sistem itu, mereka dapat kehilangan kerinduan mereka akan kekristenan alkitabiah yang sejati dan kembali menganut cara-cara formalisme keagamaan. Yang terbaik adalah memisahkan diri dari segala yang tidak berasal dari Allah, supaya Kristus dapat menghampiri kita dalam arti kata yang sesungguhnya (ayat Yoh 9:35-38).
Pekerjaan ini terlarang pada hari Sabat.
Jerusalem: Yoh 9:18 - bahwa tadinya ia buta dan baru dapat melihat lagi Sejumlah naskah tidak memuat bagian kalimat ini.
Sejumlah naskah tidak memuat bagian kalimat ini.
Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini.
Jerusalem: Yoh 9:24 - Katakanlah kebenaran di hadapan Allah Harafiah: berikanlah hormat kepada Allah. Ini suatu rumus alkitabiah untuk menyumpah seseorang supaya berkata benar atau memulihkan kesalahan terhadap...
Jerusalem: Yoh 9:32 - memelekkan mata orang yang lahir buta Penyembuhan orang yang lahir buta itu menurut pandangan penginjil kiranya melambangkan baptisan, kelahiran kembali dari air dan Roh Kudus, Yoh 3:3-7. ...
Penyembuhan orang yang lahir buta itu menurut pandangan penginjil kiranya melambangkan baptisan, kelahiran kembali dari air dan Roh Kudus, Yoh 3:3-7. Ada banyak kesamaan antara Yoh 3:1-21 dan Yoh 9.
Jerusalem: Yoh 9:39 - barangsiapa yang dapat melihat Ialah orang yang puas pada diri dan yang percaya pada terangnya sendiri, bdk Yoh 9:24,29,34. Mereka dilawankan dengan orang yang rendah hati, yang dil...
Ialah orang yang puas pada diri dan yang percaya pada terangnya sendiri, bdk Yoh 9:24,29,34. Mereka dilawankan dengan orang yang rendah hati, yang dilambangkan oleh orang yang lahir buta itu. Bdk Ula 29:3; Yes 6:9 dst.; Yer 5:21; Yeh 12:2.
Artinya mengaku diri sebagai buta.
Ende: Yoh 9:13-34 - -- Pertjakapan ini diberikan oleh Joanes begitu terperintji untuk menondjolkan
keragu-raguan dan kegelisahan orang Jahudi, jang njata kehilangan akal, da...
Pertjakapan ini diberikan oleh Joanes begitu terperintji untuk menondjolkan keragu-raguan dan kegelisahan orang Jahudi, jang njata kehilangan akal, dan meraba-raba takkeruan dalam kegelapan pembentjiannja.
Ende: Yoh 9:36 - -- Membuang keluar". Barangkali berarti bahwa orang itu dikutjilkan dari sinagoge,
jaitu dari segala hubungan keagamaan umat Israel.
Membuang keluar". Barangkali berarti bahwa orang itu dikutjilkan dari sinagoge, jaitu dari segala hubungan keagamaan umat Israel.
Ende: Yoh 9:39 - Untuk menghukum Orang-orang jang insjaf akan kegelapan dalam batinnja dan
ingin melihat, artinja rela pertjaja, akan dibuka matanja dan melihat tjahaja
abadi, sedangk...
Orang-orang jang insjaf akan kegelapan dalam batinnja dan ingin melihat, artinja rela pertjaja, akan dibuka matanja dan melihat tjahaja abadi, sedangkan mereka jang dalam kesombongannja menjangka, bahwa pikirannja terang dan tak usah diadjari lagi, akan tetap buta terhadap kebenaran satu-satunja jang dapat menjelamatkan mereka. Dalam utjapan Jesus ada terkandung arti ini pula, jakni bahwa sikap orang terhadap tjahaja kebenaran Ilahi jang disampaikan Jesus, akan menentukan keputusan Allah pada pengadilan terachir terhadap mereka,jaitu apakah mereka akan masuk kegelapan abadi atau akan menikmati tjahaja abadi untuk selama-lamanja.
· hari Sabat: Mat 12:1-14; Yoh 5:9
Ref. Silang FULL: Yoh 9:16 - hari Sabat // membuat mujizat // timbullah pertentangan · hari Sabat: Mat 12:2; Mat 12:2
· membuat mujizat: Yoh 2:11; Yoh 2:11
· timbullah pertentangan: Yoh 6:52; Yoh 6:52
Ref. Silang FULL: Yoh 9:22 - orang-orang Yahudi // akan dikucilkan // akan dikucilkan · orang-orang Yahudi: Yoh 7:13; Yoh 7:13
· akan dikucilkan: Yoh 9:34; Luk 6:22
· akan dikucilkan: Yoh 12:42; 16:2
· orang-orang Yahudi: Yoh 7:13; [Lihat FULL. Yoh 7:13]
· akan dikucilkan: Yoh 9:34; Luk 6:22
· akan dikucilkan: Yoh 12:42; 16:2
· kepadanya sendiri: Yoh 9:21
Ref. Silang FULL: Yoh 9:24 - hadapan Allah // orang berdosa · hadapan Allah: Yos 7:19
· orang berdosa: Yoh 9:16
· Telah kukatakan: Yoh 9:15
· murid-murid Musa: Yoh 5:45
Ref. Silang FULL: Yoh 9:31 - melakukan kehendak-Nya · melakukan kehendak-Nya: Kej 18:23-32; Mazm 34:16,17; 66:18; 145:19,20; Ams 15:29; Yes 1:15; 59:1,2; Yoh 15:7; Yak 5:16-18; 1Yoh 5:14,15
· melakukan kehendak-Nya: Kej 18:23-32; Mazm 34:16,17; 66:18; 145:19,20; Ams 15:29; Yes 1:15; 59:1,2; Yoh 15:7; Yak 5:16-18; 1Yoh 5:14,15
Ref. Silang FULL: Yoh 9:34 - dalam dosa // ke luar · dalam dosa: Yoh 9:2
· ke luar: Yoh 9:22,35; Yes 66:5
· dalam dosa: Yoh 9:2
· ke luar: Yoh 9:22,35; Yes 66:5
Ref. Silang FULL: Yoh 9:35 - Percayakah // Anak Manusia · Percayakah: Yoh 3:15; Yoh 3:15
· Anak Manusia: Mat 8:20; Mat 8:20
· percaya kepada-Nya: Rom 10:14
· sujud menyembah-Nya: Mat 28:9
Ref. Silang FULL: Yoh 9:39 - dalam dunia // untuk menghakimi // dapat melihat // menjadi buta · dalam dunia: Yoh 3:19; 12:47
· untuk menghakimi: Yoh 5:22; Yoh 5:22
· dapat melihat: Luk 4:18
· menjadi buta: Mat 13:13
· dalam dunia: Yoh 3:19; 12:47
· untuk menghakimi: Yoh 5:22; [Lihat FULL. Yoh 5:22]
· dapat melihat: Luk 4:18
· menjadi buta: Mat 13:13
· tetaplah dosamu: Yoh 15:22,24
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg -> Yoh 9:14; Yoh 9:13-34; Yoh 9:14; Yoh 9:1-41; Yoh 8:12--10:42; Yoh 1:19--10:42; Yoh 9:15; Yoh 9:15; Yoh 9:16; Yoh 9:16; Yoh 9:17; Yoh 9:17; Yoh 9:18-19; Yoh 9:18-19; Yoh 9:20; Yoh 9:20; Yoh 9:21; Yoh 9:21; Yoh 9:22-23; Yoh 9:22-23; Yoh 9:24; Yoh 9:24; Yoh 9:25; Yoh 9:25; Yoh 9:26; Yoh 9:26; Yoh 9:27; Yoh 9:27; Yoh 9:28; Yoh 9:28; Yoh 9:29; Yoh 9:29; Yoh 9:30; Yoh 9:30; Yoh 9:31; Yoh 9:31; Yoh 9:32; Yoh 9:32; Yoh 9:33; Yoh 9:33; Yoh 9:34; Yoh 9:34; Yoh 9:35; Yoh 9:35-41; Yoh 9:35; Yoh 9:36; Yoh 9:36; Yoh 9:37; Yoh 9:37; Yoh 9:38; Yoh 9:38; Yoh 9:39; Yoh 9:39; Yoh 9:40; Yoh 9:40; Yoh 9:41; Yoh 9:41
Hagelberg: Yoh 9:14 - -- 9:14 Adapun hari waktu Yesus mengaduk tanah dan memelekkan mata orang itu, adalah hari Sabat.
Rasul Yohanes menolong kita supaya kita memahami bahwa p...
9:14 Adapun hari waktu Yesus mengaduk tanah dan memelekkan mata orang itu, adalah hari Sabat.
Rasul Yohanes menolong kita supaya kita memahami bahwa penyelidikan ini bukan hanya tentang mukjizat, tetapi tentang pelanggaran hari Sabat juga.
Pada hari Sabat, dilarang menyembuhkan, kecuali untuk menyelamatkan orang dari maut. Juga dilarang menguli tepung. Tuhan Yesus membuat lumpur, suatu pekerjaan yang harus disamakan dengan menguli tepung. Lagi pula beberapa rabi melarang mengoleskan sesuatu di mata orang. Menurut perhitungan mereka, Tuhan Yesus melanggar dua atau tiga peraturan hari Sabat.765
Hagelberg: Yoh 9:13-34 - -- b. Penyelidikan orang-orang Farisi (9:13-34)
Semula orang-orang Farisi itu berusaha untuk menyangkal bahwa sebuah tanda terjadi. Namun adanya mukjizat...
b. Penyelidikan orang-orang Farisi (9:13-34)
Semula orang-orang Farisi itu berusaha untuk menyangkal bahwa sebuah tanda terjadi. Namun adanya mukjizat ini tidak dapat disangkal. (Secara tidak langsung mereka mengakui adanya mukjizat dalam penghinaan yang mereka lemparkan kepada orang yang disembuhkan dalam ayat 34.) Karena adanya tanda itu tidak dapat disankal, mereka berusaha untuk menyangkal apa yang ditandai oleh tanda itu. Mereka berusaha untuk membuktikan bahwa Yesus itu adalah orang berdosa.
Dalam bagian ini orang-orang Farisi membuktikan bahwa mereka tidak mencari kebenaran. Mereka membuktikan bahwa mereka buta secara rohani. Apa yang dibahas dalam pasal 8 dinyatakan dalam bagian ini. Justru itu yang dimaksudkan oleh Tuhan Yesus.
i. Penyelidikan yang pertama (9:13-17)
9:13 Lalu mereka membawa orang yang tadinya buta itu kepada orang-orang Farisi.
Tujuan mereka tidak dijelaskan, tetapi kita tidak harus berpikir bahwa mereka mempunyai tujuan yang negatif. Mereka hanya merasa bahwa sebaiknya ahli agama, yaitu orang-orang Farisi, diberitahu tentang peristiwa ini yang luar biasa. Mereka tidak pergi kepada orang-orang Saduki, karena mereka tidak mau mengadili dia. Rupanya mereka hanya membawa orang yang disembuhkan kepada pemimpin rumah ibadah mereka.
Hagelberg: Yoh 9:14 - -- 9:14 Adapun hari waktu Yesus mengaduk tanah dan memelekkan mata orang itu, adalah hari Sabat.
Rasul Yohanes menolong kita supaya kita memahami bahwa p...
9:14 Adapun hari waktu Yesus mengaduk tanah dan memelekkan mata orang itu, adalah hari Sabat.
Rasul Yohanes menolong kita supaya kita memahami bahwa penyelidikan ini bukan hanya tentang mukjizat, tetapi tentang pelanggaran hari Sabat juga.
Pada hari Sabat, dilarang menyembuhkan, kecuali untuk menyelamatkan orang dari maut. Juga dilarang menguli tepung. Tuhan Yesus membuat lumpur, suatu pekerjaan yang harus disamakan dengan menguli tepung. Lagi pula beberapa rabi melarang mengoleskan sesuatu di mata orang. Menurut perhitungan mereka, Tuhan Yesus melanggar dua atau tiga peraturan hari Sabat.765
Hagelberg: Yoh 9:1-41 - -- 2. Yesus menyembuhkan orang yang buta sejak lahir (9:1-41)
Tema utama dari perdebatan tadi, pasal 8:12-59, adalah bahwa Tuhan Yesus adalah Terang, dan...
2. Yesus menyembuhkan orang yang buta sejak lahir (9:1-41)
Tema utama dari perdebatan tadi, pasal 8:12-59, adalah bahwa Tuhan Yesus adalah Terang, dan mereka yang melawan Dia adalah pendusta dan pembunuh. Pasal ini membuktikan pokok yang sama melalui suatu mukjizat serta reaksi mereka.
Suasana pasal ini lebih tenang daripada suasana akhir pasal 9, tetapi pada pasal 10:39 mereka berusaha lagi untuk mengangkap Dia.752
Hagelberg: Yoh 8:12--10:42 - -- D. Konfrontasi yang Radikal: puncak tanda, perbuatan, dan kata (8:12-10:42)
D. Konfrontasi yang Radikal: puncak tanda, perbuatan, dan kata (8:12-10:42)
II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)
Hagelberg: Yoh 9:15 - -- 9:15 Karena itu orang-orang Farisipun bertanya kepadanya, bagaimana matanya menjadi melek. Jawabnya, "Ia mengoleskan adukan tanah pada mataku, lalu ak...
9:15 Karena itu orang-orang Farisipun bertanya kepadanya, bagaimana matanya menjadi melek. Jawabnya, "Ia mengoleskan adukan tanah pada mataku, lalu aku membasuh diriku, dan sekarang aku dapat melihat."
Oleh karena mereka mau menjada peraturan hari Sabat, mereka menanya bagaimana caranya orang itu disembuhkan. Jawaban orang itu hampir sama dengan jawaban yang dia berikan kepada tetangga-tetangga dalam ayat 11.
Hagelberg: Yoh 9:15 - -- 9:15 Karena itu orang-orang Farisipun bertanya kepadanya, bagaimana matanya menjadi melek. Jawabnya, "Ia mengoleskan adukan tanah pada mataku, lalu ak...
9:15 Karena itu orang-orang Farisipun bertanya kepadanya, bagaimana matanya menjadi melek. Jawabnya, "Ia mengoleskan adukan tanah pada mataku, lalu aku membasuh diriku, dan sekarang aku dapat melihat."
Oleh karena mereka mau menjada peraturan hari Sabat, mereka menanya bagaimana caranya orang itu disembuhkan. Jawaban orang itu hampir sama dengan jawaban yang dia berikan kepada tetangga-tetangga dalam ayat 11.
Hagelberg: Yoh 9:16 - -- 9:16 Maka kata sebagian orang-orang Farisi itu, "Orang ini tidak datang dari Allah, sebab Ia tidak memelihara hari Sabat." Sebagian pula berkata, "Bag...
9:16 Maka kata sebagian orang-orang Farisi itu, "Orang ini tidak datang dari Allah, sebab Ia tidak memelihara hari Sabat." Sebagian pula berkata, "Bagaimanakah seorang berdosa dapat membuat mukjizat yang demikian?" Maka timbullah pertentangan di antara mereka.
Ada persilisihan766 antara mereka yang mencerminkan pola argumentasi mereka masing-masing.767 Kelompok yang pertama yakin bahwa pengertian mereka mengenai peraturan hari Sabat benar, sehingga mereka tidak dapat membenarkan "pelanggaran" Tuhan Yesus. Mukjizat juga dapat dilakukan oleh nabi palsu, menurut Ulangan 13:1-5.
Tampaknya kelompok yang kedua mau percaya karena tanda-tanda, sesuai dengan apa yang akan dikatakan oleh Tuhan Yesus dalam pasal 10:38. Mereka tidak siap mempertimbangkan Ulangan 13:1-5. Pendapat mereka tidak muncul lagi dalam pasal ini.
Tuhan Yesus sungguh datang dari Allah (pasal 1:14), tetapi bukan itu yang mereka sangkal. Mereka menyangkal bahwa Ia datang dari Allah, sama seperti mereka menyangkal bahwa Yohanes Pembaptis datang dari Allah (pasal 1:6).768
Hagelberg: Yoh 9:16 - -- 9:16 Maka kata sebagian orang-orang Farisi itu, "Orang ini tidak datang dari Allah, sebab Ia tidak memelihara hari Sabat." Sebagian pula berkata, "Bag...
9:16 Maka kata sebagian orang-orang Farisi itu, "Orang ini tidak datang dari Allah, sebab Ia tidak memelihara hari Sabat." Sebagian pula berkata, "Bagaimanakah seorang berdosa dapat membuat mukjizat yang demikian?" Maka timbullah pertentangan di antara mereka.
Ada persilisihan766 antara mereka yang mencerminkan pola argumentasi mereka masing-masing.767 Kelompok yang pertama yakin bahwa pengertian mereka mengenai peraturan hari Sabat benar, sehingga mereka tidak dapat membenarkan "pelanggaran" Tuhan Yesus. Mukjizat juga dapat dilakukan oleh nabi palsu, menurut Ulangan 13:1-5.
Tampaknya kelompok yang kedua mau percaya karena tanda-tanda, sesuai dengan apa yang akan dikatakan oleh Tuhan Yesus dalam pasal 10:38. Mereka tidak siap mempertimbangkan Ulangan 13:1-5. Pendapat mereka tidak muncul lagi dalam pasal ini.
Tuhan Yesus sungguh datang dari Allah (pasal 1:14), tetapi bukan itu yang mereka sangkal. Mereka menyangkal bahwa Ia datang dari Allah, sama seperti mereka menyangkal bahwa Yohanes Pembaptis datang dari Allah (pasal 1:6).768
Hagelberg: Yoh 9:17 - -- 9:17 Lalu kata mereka pula kepada orang buta itu, "Dan engkau, apakah katamu tentang Dia, karena Ia telah memelekkan matamu?" Jawabnya, "Ia adalah seo...
9:17 Lalu kata mereka pula kepada orang buta itu, "Dan engkau, apakah katamu tentang Dia, karena Ia telah memelekkan matamu?" Jawabnya, "Ia adalah seorang nabi."
Tampaknya mereka bingung, atau bahasan mereka macet, sehingga mereka berpaling kepada dia yang dulunya buta, dan menanyakan pendapatnya, bukan karena dia ahli hukum, tetapi karena Ia telah memelekkan mata-nya. Mau tidak mau, orang itu harus memihak. Dia segera memihak pada Tuhan Yesus, dan mengaku Dia sebagai nabi. Pengakuan ini belum sempurna, tetapi sudah lebih mantap daripada apa yang dia katakan dalam ayat 11 ("orang yang disebut Yesus"). Dia semakin sadar pada identitas Tuhan Yesus, sedangkan orang-orang Farisi itu semakin "buta".769
ii. Orangtuanya diselidiki (9:18-23)
Hagelberg: Yoh 9:17 - -- 9:17 Lalu kata mereka pula kepada orang buta itu, "Dan engkau, apakah katamu tentang Dia, karena Ia telah memelekkan matamu?" Jawabnya, "Ia adalah seo...
9:17 Lalu kata mereka pula kepada orang buta itu, "Dan engkau, apakah katamu tentang Dia, karena Ia telah memelekkan matamu?" Jawabnya, "Ia adalah seorang nabi."
Tampaknya mereka bingung, atau bahasan mereka macet, sehingga mereka berpaling kepada dia yang dulunya buta, dan menanyakan pendapatnya, bukan karena dia ahli hukum, tetapi karena Ia telah memelekkan mata-nya. Mau tidak mau, orang itu harus memihak. Dia segera memihak pada Tuhan Yesus, dan mengaku Dia sebagai nabi. Pengakuan ini belum sempurna, tetapi sudah lebih mantap daripada apa yang dia katakan dalam ayat 11 ("orang yang disebut Yesus"). Dia semakin sadar pada identitas Tuhan Yesus, sedangkan orang-orang Farisi itu semakin "buta".769
ii. Orangtuanya diselidiki (9:18-23)
Hagelberg: Yoh 9:18-19 - -- 9:18-19 Tetapi orang-orang Yahudi itu tidak percaya, bahwa tadinya ia buta dan baru dapat melihat lagi, sampai mereka memanggil orangtuanya dan bertan...
9:18-19 Tetapi orang-orang Yahudi itu tidak percaya, bahwa tadinya ia buta dan baru dapat melihat lagi, sampai mereka memanggil orangtuanya dan bertanya kepada mereka, "Inikah anakmu, yang kamu katakan bahwa ia lahir buta? Kalau begitu bagaimanakah ia sekarang dapat melihat?"
Orang-orang Farisi itu (disebut orang-orang Yahudi itu dalam ayat ini) berada dalam situasi yang rumit. Karena persilisihan, mereka tidak dapat melawan Tuhan Yesus dengan kesatuan. Mungkin untuk mengatasi masalah ini, mereka menyelidiki kasus ini secara saksama. Tetangga-tetangga itu mungkin keliru mengenai identitas orang yang katanya disembuhkan, tetapi orangtuanya pasti tidak keliru. Dan merekalah yang mengetahui apa dia lahir buta.
Hagelberg: Yoh 9:18-19 - -- 9:18-19 Tetapi orang-orang Yahudi itu tidak percaya, bahwa tadinya ia buta dan baru dapat melihat lagi, sampai mereka memanggil orangtuanya dan bertan...
9:18-19 Tetapi orang-orang Yahudi itu tidak percaya, bahwa tadinya ia buta dan baru dapat melihat lagi, sampai mereka memanggil orangtuanya dan bertanya kepada mereka, "Inikah anakmu, yang kamu katakan bahwa ia lahir buta? Kalau begitu bagaimanakah ia sekarang dapat melihat?"
Orang-orang Farisi itu (disebut orang-orang Yahudi itu dalam ayat ini) berada dalam situasi yang rumit. Karena persilisihan, mereka tidak dapat melawan Tuhan Yesus dengan kesatuan. Mungkin untuk mengatasi masalah ini, mereka menyelidiki kasus ini secara saksama. Tetangga-tetangga itu mungkin keliru mengenai identitas orang yang katanya disembuhkan, tetapi orangtuanya pasti tidak keliru. Dan merekalah yang mengetahui apa dia lahir buta.
Hagelberg: Yoh 9:20 - -- 9:20 Jawab orangtua itu, "Yang kami tahu ialah, bahwa dia ini anak kami dan bahwa ia lahir buta,
Jawaban orangtuanya hanya membuktikan kenyataan yang ...
9:20 Jawab orangtua itu, "Yang kami tahu ialah, bahwa dia ini anak kami dan bahwa ia lahir buta,
Jawaban orangtuanya hanya membuktikan kenyataan yang sudah jelas. Orang itu memang lahir buta.
Hagelberg: Yoh 9:20 - -- 9:20 Jawab orangtua itu, "Yang kami tahu ialah, bahwa dia ini anak kami dan bahwa ia lahir buta,
Jawaban orangtuanya hanya membuktikan kenyataan yang ...
9:20 Jawab orangtua itu, "Yang kami tahu ialah, bahwa dia ini anak kami dan bahwa ia lahir buta,
Jawaban orangtuanya hanya membuktikan kenyataan yang sudah jelas. Orang itu memang lahir buta.
Hagelberg: Yoh 9:21 - -- 9:21 tetapi bagaimana ia sekarang dapat melihat, kami tidak tahu, dan siapa yang memelekkan matanya, kami tidak tahu juga. Tanyakanlah kepadanya sendi...
9:21 tetapi bagaimana ia sekarang dapat melihat, kami tidak tahu, dan siapa yang memelekkan matanya, kami tidak tahu juga. Tanyakanlah kepadanya sendiri, ia sudah dewasa, ia dapat berkata-kata untuk dirinya sendiri."
Mereka pasti telah mendengar kesaksian anak merekasendiri, bahwa Ia yang "disebut Yesus" menyembuhkan anak mereka, tetapi mereka tidak mau dilibatkan dalam perkara ini.
Hagelberg: Yoh 9:21 - -- 9:21 tetapi bagaimana ia sekarang dapat melihat, kami tidak tahu, dan siapa yang memelekkan matanya, kami tidak tahu juga. Tanyakanlah kepadanya sendi...
9:21 tetapi bagaimana ia sekarang dapat melihat, kami tidak tahu, dan siapa yang memelekkan matanya, kami tidak tahu juga. Tanyakanlah kepadanya sendiri, ia sudah dewasa, ia dapat berkata-kata untuk dirinya sendiri."
Mereka pasti telah mendengar kesaksian anak merekasendiri, bahwa Ia yang "disebut Yesus" menyembuhkan anak mereka, tetapi mereka tidak mau dilibatkan dalam perkara ini.
Hagelberg: Yoh 9:22-23 - -- 9:22-23 Orangtuanya berkata demikian, karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi, sebab orang-orang Yahudi itu telah sepakat770 bahwa setiap orang ...
9:22-23 Orangtuanya berkata demikian, karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi, sebab orang-orang Yahudi itu telah sepakat770 bahwa setiap orang yang mengaku Dia sebagai Mesias, akan dikucilkan.771 Itulah sebabnya maka orangtuanya berkata, "Ia telah dewasa, tanyakanlah kepadanya sendiri."
Sesuai dengan kebiasaannya, Rasul Yohanes memberi penjelasan untuk menolong para pembaca. Sudah ada keputusan bahwa orang yang mengaku Kristus dilarang mengikuti acara-acara di rumah ibadah Yahudi. Jangkauan persepakatan itu tidak dijelaskan. Mungkin itu berlaku di semua rumah ibadah Yahudi di Israel, atau hanya di rumah ibadah di tempat itu. Menurut Ezra 10:8, mengucilkan sudah merupakan kebiasaan jauh sebelum peristiwa ini.
Bagi para pembaca Injil Yohanes yang belum percaya kepada Tuhan Yesus, orang yang disembuhkan menjadi teladan yang mantap, dan orangtuanya menjadi contoh orang yang tidak berani menghadapi penganiayaan.
iii. Penyelidikan yang kedua (9:24-34)
Hagelberg: Yoh 9:22-23 - -- 9:22-23 Orangtuanya berkata demikian, karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi, sebab orang-orang Yahudi itu telah sepakat770 bahwa setiap orang ...
9:22-23 Orangtuanya berkata demikian, karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi, sebab orang-orang Yahudi itu telah sepakat770 bahwa setiap orang yang mengaku Dia sebagai Mesias, akan dikucilkan.771 Itulah sebabnya maka orangtuanya berkata, "Ia telah dewasa, tanyakanlah kepadanya sendiri."
Sesuai dengan kebiasaannya, Rasul Yohanes memberi penjelasan untuk menolong para pembaca. Sudah ada keputusan bahwa orang yang mengaku Kristus dilarang mengikuti acara-acara di rumah ibadah Yahudi. Jangkauan persepakatan itu tidak dijelaskan. Mungkin itu berlaku di semua rumah ibadah Yahudi di Israel, atau hanya di rumah ibadah di tempat itu. Menurut Ezra 10:8, mengucilkan sudah merupakan kebiasaan jauh sebelum peristiwa ini.
Bagi para pembaca Injil Yohanes yang belum percaya kepada Tuhan Yesus, orang yang disembuhkan menjadi teladan yang mantap, dan orangtuanya menjadi contoh orang yang tidak berani menghadapi penganiayaan.
iii. Penyelidikan yang kedua (9:24-34)
Hagelberg: Yoh 9:24 - -- 9:24 Lalu mereka memanggil sekali lagi orang yang tadinya buta itu dan berkata kepadanya, "Katakanlah kebenaran di hadapan Allah;772 kami tahu bahwa o...
9:24 Lalu mereka memanggil sekali lagi orang yang tadinya buta itu dan berkata kepadanya, "Katakanlah kebenaran di hadapan Allah;772 kami tahu bahwa orang itu orang berdosa."
Dengan demikian tujuan mereka dinyatakan, yaitu, untuk membuktikan bahwa Yesus itu adalah orang berdosa. Mereka menekankan dia secara keras, dengan suatu sumpah.
Hagelberg: Yoh 9:24 - -- 9:24 Lalu mereka memanggil sekali lagi orang yang tadinya buta itu dan berkata kepadanya, "Katakanlah kebenaran di hadapan Allah;772 kami tahu bahwa o...
9:24 Lalu mereka memanggil sekali lagi orang yang tadinya buta itu dan berkata kepadanya, "Katakanlah kebenaran di hadapan Allah;772 kami tahu bahwa orang itu orang berdosa."
Dengan demikian tujuan mereka dinyatakan, yaitu, untuk membuktikan bahwa Yesus itu adalah orang berdosa. Mereka menekankan dia secara keras, dengan suatu sumpah.
Hagelberg: Yoh 9:25 - -- 9:25 Jawabnya, "Apakah orang itu orang berdosa, aku tidak tahu; tetapi satu hal aku tahu, yaitu bahwa aku tadinya buta, dan sekarang dapat melihat."
W...
9:25 Jawabnya, "Apakah orang itu orang berdosa, aku tidak tahu; tetapi satu hal aku tahu, yaitu bahwa aku tadinya buta, dan sekarang dapat melihat."
Walaupun ditekankan, dia sama sekali tidak mundur. Orang ini tidak siap mengkompromikan kebenaran. Tekanan mereka tidak berhasil, malahan tekanan itu menguatkan pahamnya.
Hagelberg: Yoh 9:25 - -- 9:25 Jawabnya, "Apakah orang itu orang berdosa, aku tidak tahu; tetapi satu hal aku tahu, yaitu bahwa aku tadinya buta, dan sekarang dapat melihat."
W...
9:25 Jawabnya, "Apakah orang itu orang berdosa, aku tidak tahu; tetapi satu hal aku tahu, yaitu bahwa aku tadinya buta, dan sekarang dapat melihat."
Walaupun ditekankan, dia sama sekali tidak mundur. Orang ini tidak siap mengkompromikan kebenaran. Tekanan mereka tidak berhasil, malahan tekanan itu menguatkan pahamnya.
Hagelberg: Yoh 9:26 - -- 9:26 Kata mereka kepadanya, "Apakah yang diperbuat-Nya padamu? Bagaimana Ia memelekkan matamu?"
Orang yang dulunya buta sudah tekad. Mereka boleh bert...
9:26 Kata mereka kepadanya, "Apakah yang diperbuat-Nya padamu? Bagaimana Ia memelekkan matamu?"
Orang yang dulunya buta sudah tekad. Mereka boleh bertanya-tanya, tetapi sudah jelas dia tidak dapat menolong mereka.
Hagelberg: Yoh 9:26 - -- 9:26 Kata mereka kepadanya, "Apakah yang diperbuat-Nya padamu? Bagaimana Ia memelekkan matamu?"
Orang yang dulunya buta sudah tekad. Mereka boleh bert...
9:26 Kata mereka kepadanya, "Apakah yang diperbuat-Nya padamu? Bagaimana Ia memelekkan matamu?"
Orang yang dulunya buta sudah tekad. Mereka boleh bertanya-tanya, tetapi sudah jelas dia tidak dapat menolong mereka.
Hagelberg: Yoh 9:27 - -- 9:27 Jawabnya, "Telah kukatakan kepadamu, dan kamu tidak mendengarkannya; mengapa kamu hendak mendengarkannya lagi? Barangkali kamu mau menjadi murid-...
9:27 Jawabnya, "Telah kukatakan kepadamu, dan kamu tidak mendengarkannya; mengapa kamu hendak mendengarkannya lagi? Barangkali kamu mau menjadi murid-Nya juga?"
Dia yang disembuhkan kurang sabar terhadap mereka. Menurut Carson,773 dia pura-pura tulus, dan bertanya apakah mereka mengajukan pertanyaan mereka lagi karena mereka mau menjadi murid-Nya juga.
Seseorang yang buta sejak lahir, yang tidak berpendidikan, yang hidup sebagai pengemis, mengerti dengan jelas bahwa mereka tidak mendengarkan kebenaran. Di situlah pokok kisah ini. Mata orang itu telah dicelikkan, tetapi telinga orang-orang Yahudi itu tersumbat.
Hagelberg: Yoh 9:27 - -- 9:27 Jawabnya, "Telah kukatakan kepadamu, dan kamu tidak mendengarkannya; mengapa kamu hendak mendengarkannya lagi? Barangkali kamu mau menjadi murid-...
9:27 Jawabnya, "Telah kukatakan kepadamu, dan kamu tidak mendengarkannya; mengapa kamu hendak mendengarkannya lagi? Barangkali kamu mau menjadi murid-Nya juga?"
Dia yang disembuhkan kurang sabar terhadap mereka. Menurut Carson,773 dia pura-pura tulus, dan bertanya apakah mereka mengajukan pertanyaan mereka lagi karena mereka mau menjadi murid-Nya juga.
Seseorang yang buta sejak lahir, yang tidak berpendidikan, yang hidup sebagai pengemis, mengerti dengan jelas bahwa mereka tidak mendengarkan kebenaran. Di situlah pokok kisah ini. Mata orang itu telah dicelikkan, tetapi telinga orang-orang Yahudi itu tersumbat.
Hagelberg: Yoh 9:28 - -- 9:28 Sambil mengejek mereka berkata kepadanya, "Engkau murid orang itu tetapi kami murid-murid Musa.
Mereka tidak dapat menjawab. Mereka hanya dapat m...
Hagelberg: Yoh 9:28 - -- 9:28 Sambil mengejek mereka berkata kepadanya, "Engkau murid orang itu tetapi kami murid-murid Musa.
Mereka tidak dapat menjawab. Mereka hanya dapat m...
Hagelberg: Yoh 9:29 - -- 9:29 Kami tahu, bahwa Allah telah berfirman kepada Musa, tetapi tentang Dia itu kami tidak tahu dari mana Ia datang."
Menurut mereka, Musa diberi huku...
9:29 Kami tahu, bahwa Allah telah berfirman kepada Musa, tetapi tentang Dia itu kami tidak tahu dari mana Ia datang."
Menurut mereka, Musa diberi hukum Taurat yang tertulis (dalam bentuk kelima kitab Musa), dan juga hukum Taurat yang lisan (dalam bentuk tradisi rabi-rabi Yahudi). Tuhan Yesus menolak dan melanggar hukum Taurat yang lisan. Jadi bagi mereka, pertentangan antara Musa dan Yesus tidak dapat didamaikan.774
Mereka berpikir bahwa ketidak tahuan mereka mengenai asal usul Tuhan Yesus menguatkan posisi mereka.
Hagelberg: Yoh 9:29 - -- 9:29 Kami tahu, bahwa Allah telah berfirman kepada Musa, tetapi tentang Dia itu kami tidak tahu dari mana Ia datang."
Menurut mereka, Musa diberi huku...
9:29 Kami tahu, bahwa Allah telah berfirman kepada Musa, tetapi tentang Dia itu kami tidak tahu dari mana Ia datang."
Menurut mereka, Musa diberi hukum Taurat yang tertulis (dalam bentuk kelima kitab Musa), dan juga hukum Taurat yang lisan (dalam bentuk tradisi rabi-rabi Yahudi). Tuhan Yesus menolak dan melanggar hukum Taurat yang lisan. Jadi bagi mereka, pertentangan antara Musa dan Yesus tidak dapat didamaikan.774
Mereka berpikir bahwa ketidak tahuan mereka mengenai asal usul Tuhan Yesus menguatkan posisi mereka.
Hagelberg: Yoh 9:30 - -- 9:30 Jawab orang itu kepada mereka, "Ajaib775 juga bahwa kamu776 tidak tahu dari mana Ia datang, sedangkan Ia telah memelekkan mataku.
Bagi dia yang d...
9:30 Jawab orang itu kepada mereka, "Ajaib775 juga bahwa kamu776 tidak tahu dari mana Ia datang, sedangkan Ia telah memelekkan mataku.
Bagi dia yang disembuhkan, ketidak tahuan mereka melemahkan posisi mereka. Ketidak tahuan (atau kebodohan!) mereka mengherankan dia.
Menurut Morris,777 dia berkata bahwa ketidakpercayaan mereka lebih ajaib daripada penyembuhannya.
Hagelberg: Yoh 9:30 - -- 9:30 Jawab orang itu kepada mereka, "Ajaib775 juga bahwa kamu776 tidak tahu dari mana Ia datang, sedangkan Ia telah memelekkan mataku.
Bagi dia yang d...
9:30 Jawab orang itu kepada mereka, "Ajaib775 juga bahwa kamu776 tidak tahu dari mana Ia datang, sedangkan Ia telah memelekkan mataku.
Bagi dia yang disembuhkan, ketidak tahuan mereka melemahkan posisi mereka. Ketidak tahuan (atau kebodohan!) mereka mengherankan dia.
Menurut Morris,777 dia berkata bahwa ketidakpercayaan mereka lebih ajaib daripada penyembuhannya.
Hagelberg: Yoh 9:31 - -- 9:31 Kita tahu, bahwa Allah tidak mendengarkan orang-orang berdosa, melainkan orang-orang yang saleh dan yang melakukan kehendak-Nya.
Dia merujuk pada...
9:31 Kita tahu, bahwa Allah tidak mendengarkan orang-orang berdosa, melainkan orang-orang yang saleh dan yang melakukan kehendak-Nya.
Dia merujuk pada ajaran yang ada dalam ayat-ayat seperti yang berikut: Ayub 27:8-9; 35:9-13; Mazmur 66:18; 109:6-7; Amsal 15:29; dan Yesaya 1:15.778 Dia sendiri tidak siap mempertimbangkan kemungkinan bahwa ia disembuhkan oleh kuasa Iblis.
Hagelberg: Yoh 9:31 - -- 9:31 Kita tahu, bahwa Allah tidak mendengarkan orang-orang berdosa, melainkan orang-orang yang saleh dan yang melakukan kehendak-Nya.
Dia merujuk pada...
9:31 Kita tahu, bahwa Allah tidak mendengarkan orang-orang berdosa, melainkan orang-orang yang saleh dan yang melakukan kehendak-Nya.
Dia merujuk pada ajaran yang ada dalam ayat-ayat seperti yang berikut: Ayub 27:8-9; 35:9-13; Mazmur 66:18; 109:6-7; Amsal 15:29; dan Yesaya 1:15.778 Dia sendiri tidak siap mempertimbangkan kemungkinan bahwa ia disembuhkan oleh kuasa Iblis.
Hagelberg: Yoh 9:32 - -- 9:32 Dari dahulu sampai sekarang tidak pernah terdengar, bahwa ada orang yang memelekkan mata orang yang lahir buta.
Dalam 2 Raja-raja 6:8-23 tentara ...
9:32 Dari dahulu sampai sekarang tidak pernah terdengar, bahwa ada orang yang memelekkan mata orang yang lahir buta.
Dalam 2 Raja-raja 6:8-23 tentara raja Aram dibutakan melalui doa Elisa, mereka ditangkap, dan kemudian mata mereka dicelikkan melalui doa Elisa, tetapi mukjizat itu lain dari peristiwa Yohanes pasal 9.779 Mereka tidak lahir buta. Mukjizat ini memang luar biasa dan unik.
Hagelberg: Yoh 9:32 - -- 9:32 Dari dahulu sampai sekarang tidak pernah terdengar, bahwa ada orang yang memelekkan mata orang yang lahir buta.
Dalam 2 Raja-raja 6:8-23 tentara ...
9:32 Dari dahulu sampai sekarang tidak pernah terdengar, bahwa ada orang yang memelekkan mata orang yang lahir buta.
Dalam 2 Raja-raja 6:8-23 tentara raja Aram dibutakan melalui doa Elisa, mereka ditangkap, dan kemudian mata mereka dicelikkan melalui doa Elisa, tetapi mukjizat itu lain dari peristiwa Yohanes pasal 9.779 Mereka tidak lahir buta. Mukjizat ini memang luar biasa dan unik.
Hagelberg: Yoh 9:33 - -- 9:33 Jikalau orang itu tidak datang dari Allah, Ia tidak dapat berbuat apa-apa."
Dia "menyerang" mereka dengan suatu tantangan yang sulit dijawab. Apa...
9:33 Jikalau orang itu tidak datang dari Allah, Ia tidak dapat berbuat apa-apa."
Dia "menyerang" mereka dengan suatu tantangan yang sulit dijawab. Apa mereka akan berkata bahwa kuasa Iblis mecelikkan mata orang yang buta sejak lahir, apakah Iblis lebih hebat daripada Allah?
Hagelberg: Yoh 9:33 - -- 9:33 Jikalau orang itu tidak datang dari Allah, Ia tidak dapat berbuat apa-apa."
Dia "menyerang" mereka dengan suatu tantangan yang sulit dijawab. Apa...
9:33 Jikalau orang itu tidak datang dari Allah, Ia tidak dapat berbuat apa-apa."
Dia "menyerang" mereka dengan suatu tantangan yang sulit dijawab. Apa mereka akan berkata bahwa kuasa Iblis mecelikkan mata orang yang buta sejak lahir, apakah Iblis lebih hebat daripada Allah?
Hagelberg: Yoh 9:34 - -- 9:34 Jawab mereka, "Engkau ini lahir sama sekali dalam dosa dan engkau hendak mengajar kami?" Lalu mereka mengusir dia ke luar.
Mereka sama sekali tid...
9:34 Jawab mereka, "Engkau ini lahir sama sekali dalam dosa dan engkau hendak mengajar kami?" Lalu mereka mengusir dia ke luar.
Mereka sama sekali tidak siap mengaku Yesus sebagai Mesias atau nabi, dan mereka tidak suka ditantang dengan tantangan yang tidak dapat dijawab. Jadi, mereka mengejek dia.
Ejekan mereka bertentangan dengan pernyataan Tuhan Yesus dalam ayat 3, bahwa dosa tidak menimbulkan kebutaan ini. Terkandung dalam ejekan ini mereka ada pengakuan bahwa ia lahir buta, dan bahwa ia disembuhkan, namun mereka diikat oleh kekerasan hati mereka, dan mereka tidak mengaku bahwa Yesus datang dari Allah.
Mereka tidak mengingat Yesaya 29:18; 35:5: atau 42:7, yaitu janji-janji bahwa kedatangan Kerajaan Allah akan ditandai dengan mukjizat penyembuhan, termasuk penyembuhan mata yang buta.
Pada waktu kita membaca pasal 8:44 ("Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran...") mungkin kita merasa bahwa pernyataan itu agak keras. Namun sekarang, setelah kita membaca mengenai peristiwa ini, dan mengetahui mengenai kekerasan hati mereka terhadap kebenaran yang begitu nyata, rasanya pernyataan Tuhan Yesus tepat.
Hagelberg: Yoh 9:34 - -- 9:34 Jawab mereka, "Engkau ini lahir sama sekali dalam dosa dan engkau hendak mengajar kami?" Lalu mereka mengusir dia ke luar.
Mereka sama sekali tid...
9:34 Jawab mereka, "Engkau ini lahir sama sekali dalam dosa dan engkau hendak mengajar kami?" Lalu mereka mengusir dia ke luar.
Mereka sama sekali tidak siap mengaku Yesus sebagai Mesias atau nabi, dan mereka tidak suka ditantang dengan tantangan yang tidak dapat dijawab. Jadi, mereka mengejek dia.
Ejekan mereka bertentangan dengan pernyataan Tuhan Yesus dalam ayat 3, bahwa dosa tidak menimbulkan kebutaan ini. Terkandung dalam ejekan ini mereka ada pengakuan bahwa ia lahir buta, dan bahwa ia disembuhkan, namun mereka diikat oleh kekerasan hati mereka, dan mereka tidak mengaku bahwa Yesus datang dari Allah.
Mereka tidak mengingat Yesaya 29:18; 35:5: atau 42:7, yaitu janji-janji bahwa kedatangan Kerajaan Allah akan ditandai dengan mukjizat penyembuhan, termasuk penyembuhan mata yang buta.
Pada waktu kita membaca pasal 8:44 ("Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran...") mungkin kita merasa bahwa pernyataan itu agak keras. Namun sekarang, setelah kita membaca mengenai peristiwa ini, dan mengetahui mengenai kekerasan hati mereka terhadap kebenaran yang begitu nyata, rasanya pernyataan Tuhan Yesus tepat.
Hagelberg: Yoh 9:35 - -- 9:35 Yesus mendengar bahwa ia telah diusir ke luar oleh mereka. Kemudian Ia bertemu dengan dia dan berkata, "Percayakah engkau780 kepada Anak Manusia?...
Hagelberg: Yoh 9:35-41 - -- c. Penglihatan orang buta dan kebutaan orang yang dapat melihat (9:35-41)
Kisah ini masih harus diselesaikan, karena iman orang buta yang disembuhkan ...
c. Penglihatan orang buta dan kebutaan orang yang dapat melihat (9:35-41)
Kisah ini masih harus diselesaikan, karena iman orang buta yang disembuhkan itu masih belum lengkap, dan Tuhan Yesus belum menarik kesimpulan yang menguraikan keadaan hati orang-orang Farisi yang menyoal Dia. Bagi orang Yahudi yang merenungkan Injil Kristus, kisah ini serta ringkasannya menegaskan bahwa para pemimpin agama Yahudi tetap melawan Tuhan Yesus dan pengikut-Nya.
Hagelberg: Yoh 9:35 - -- 9:35 Yesus mendengar bahwa ia telah diusir ke luar oleh mereka. Kemudian Ia bertemu dengan dia dan berkata, "Percayakah engkau780 kepada Anak Manusia?...
Hagelberg: Yoh 9:36 - -- 9:36 Jawabnya, "Siapakah Dia, tuan782? Supaya aku percaya kepada-Nya."
Dia belum pernah melihat wajah Tuhan Yesus, tetapi dia mengingat suara yang ber...
Hagelberg: Yoh 9:36 - -- 9:36 Jawabnya, "Siapakah Dia, tuan782? Supaya aku percaya kepada-Nya."
Dia belum pernah melihat wajah Tuhan Yesus, tetapi dia mengingat suara yang ber...
Hagelberg: Yoh 9:37 - -- 9:37 Kata Yesus kepadanya, "Engkau bukan saja melihat Dia; tetapi Dia yang sedang berkata-kata dengan engkau, Dialah itu!"783
Dengan suara yang pasti ...
9:37 Kata Yesus kepadanya, "Engkau bukan saja melihat Dia; tetapi Dia yang sedang berkata-kata dengan engkau, Dialah itu!"783
Dengan suara yang pasti penuh sukacita, Tuhan Yesus menyatakan bahwa Dialah yang harus dipercayai. Perkataan ini mirip kata-Nya kepada perempuan itu di Sumur Yakub dalam pasal 4:26.
Hagelberg: Yoh 9:37 - -- 9:37 Kata Yesus kepadanya, "Engkau bukan saja melihat Dia; tetapi Dia yang sedang berkata-kata dengan engkau, Dialah itu!"783
Dengan suara yang pasti ...
9:37 Kata Yesus kepadanya, "Engkau bukan saja melihat Dia; tetapi Dia yang sedang berkata-kata dengan engkau, Dialah itu!"783
Dengan suara yang pasti penuh sukacita, Tuhan Yesus menyatakan bahwa Dialah yang harus dipercayai. Perkataan ini mirip kata-Nya kepada perempuan itu di Sumur Yakub dalam pasal 4:26.
Hagelberg: Yoh 9:38 - -- 9:38 Katanya, "Aku percaya, Tuhan!" Lalu ia sujud menyembah-Nya.784
Tampaknya dia segera berseru, Aku percaya, Tuhan! Dia sujud menyembah Yesus, padah...
9:38 Katanya, "Aku percaya, Tuhan!" Lalu ia sujud menyembah-Nya.784
Tampaknya dia segera berseru, Aku percaya, Tuhan! Dia sujud menyembah Yesus, padahal bagi orang Yahudi hanya Tuhan Allah yang boleh disembah. Iman orang ini sudah meningkat menjadi mantap. Ayat ini adalah satu--satunya di seluruh Injil Yohanes yang menceritakan orang menyembah Tuhan Yesus.
Hagelberg: Yoh 9:38 - -- 9:38 Katanya, "Aku percaya, Tuhan!" Lalu ia sujud menyembah-Nya.784
Tampaknya dia segera berseru, Aku percaya, Tuhan! Dia sujud menyembah Yesus, padah...
9:38 Katanya, "Aku percaya, Tuhan!" Lalu ia sujud menyembah-Nya.784
Tampaknya dia segera berseru, Aku percaya, Tuhan! Dia sujud menyembah Yesus, padahal bagi orang Yahudi hanya Tuhan Allah yang boleh disembah. Iman orang ini sudah meningkat menjadi mantap. Ayat ini adalah satu--satunya di seluruh Injil Yohanes yang menceritakan orang menyembah Tuhan Yesus.
Hagelberg: Yoh 9:39 - -- 9:39 Kata Yesus, "Aku datang ke dalam dunia untuk menghakimi,785 supaya barangsiapa yang tidak melihat, dapat melihat, dan supaya barangsiapa yang dap...
9:39 Kata Yesus, "Aku datang ke dalam dunia untuk menghakimi,785 supaya barangsiapa yang tidak melihat, dapat melihat, dan supaya barangsiapa yang dapat melihat, menjadi buta."
Dalam bagian ini Tuhan Yesus meringkaskan seluruh peristiwa ini. Ternyata penyembuhan orang buta sejak lahir serta perdebatan dengan orang-orang Farisi, merupakan suatu perumpamaan nyata, suatu perumpamaan yang menjadi riel, yang menyatakan keadaan hati mereka yang percaya, dan mereka yang menolak.786 Sebagai Terang Dunia (ayat 5) Dia telah datang. Penyembuhan yang baru terjadi mengiaskan peranan-Nya untuk menyatakan Allah di dunia ini.
Pada dasarnya kata menghakimi berarti "membedakan". Dia datang ke dalam dunia untuk membedakan orang-orang seperti dia yang disembuhkan dari orang-orang seperti mereka yang keras hati yang menolak kebenaran yang nyata.787
Kiasan ini dilatarbelakangi Yesaya 6:9-10 dan 42:18-20. Dia datang supaya barangsiapa yang tidak melihat (dan rela mengakui kebutaannya, seperti orang yang disembuhkan788), dapat melihat, yaitu supaya mereka mengerti bahwa Dialah Terang Dunia, dan Juru Selamat Dunia, supaya mereka diselamatkan.
Selain itu, mereka yang katanya dapat melihat,789 harus menjadi buta. Jika mereka menolak Terang Dunia (karena mereka merasa tidak ada perlu), mereka tidak dapat melihat Terang yang sebenarnya. Mereka tetap buta secara rohani. Mereka "orang buta yang menuntun orang buta" (Matius 5:14).
Hagelberg: Yoh 9:39 - -- 9:39 Kata Yesus, "Aku datang ke dalam dunia untuk menghakimi,785 supaya barangsiapa yang tidak melihat, dapat melihat, dan supaya barangsiapa yang dap...
9:39 Kata Yesus, "Aku datang ke dalam dunia untuk menghakimi,785 supaya barangsiapa yang tidak melihat, dapat melihat, dan supaya barangsiapa yang dapat melihat, menjadi buta."
Dalam bagian ini Tuhan Yesus meringkaskan seluruh peristiwa ini. Ternyata penyembuhan orang buta sejak lahir serta perdebatan dengan orang-orang Farisi, merupakan suatu perumpamaan nyata, suatu perumpamaan yang menjadi riel, yang menyatakan keadaan hati mereka yang percaya, dan mereka yang menolak.786 Sebagai Terang Dunia (ayat 5) Dia telah datang. Penyembuhan yang baru terjadi mengiaskan peranan-Nya untuk menyatakan Allah di dunia ini.
Pada dasarnya kata menghakimi berarti "membedakan". Dia datang ke dalam dunia untuk membedakan orang-orang seperti dia yang disembuhkan dari orang-orang seperti mereka yang keras hati yang menolak kebenaran yang nyata.787
Kiasan ini dilatarbelakangi Yesaya 6:9-10 dan 42:18-20. Dia datang supaya barangsiapa yang tidak melihat (dan rela mengakui kebutaannya, seperti orang yang disembuhkan788), dapat melihat, yaitu supaya mereka mengerti bahwa Dialah Terang Dunia, dan Juru Selamat Dunia, supaya mereka diselamatkan.
Selain itu, mereka yang katanya dapat melihat,789 harus menjadi buta. Jika mereka menolak Terang Dunia (karena mereka merasa tidak ada perlu), mereka tidak dapat melihat Terang yang sebenarnya. Mereka tetap buta secara rohani. Mereka "orang buta yang menuntun orang buta" (Matius 5:14).
Hagelberg: Yoh 9:40 - -- 9:40 Kata-kata itu didengar oleh beberapa orang Farisi yang berada di situ dan mereka berkata kepada-Nya, "Apakah itu berarti bahwa kami juga buta?"
M...
9:40 Kata-kata itu didengar oleh beberapa orang Farisi yang berada di situ dan mereka berkata kepada-Nya, "Apakah itu berarti bahwa kami juga buta?"
Mereka heran bahwa Tuhan Yesus mengatakan hal itu. Mereka pasti bahwa mereka tidak buta, dan bahwa istilah itu tidak mungkin menjadi kiasan pada keadaan mereka.
Hagelberg: Yoh 9:40 - -- 9:40 Kata-kata itu didengar oleh beberapa orang Farisi yang berada di situ dan mereka berkata kepada-Nya, "Apakah itu berarti bahwa kami juga buta?"
M...
9:40 Kata-kata itu didengar oleh beberapa orang Farisi yang berada di situ dan mereka berkata kepada-Nya, "Apakah itu berarti bahwa kami juga buta?"
Mereka heran bahwa Tuhan Yesus mengatakan hal itu. Mereka pasti bahwa mereka tidak buta, dan bahwa istilah itu tidak mungkin menjadi kiasan pada keadaan mereka.
Hagelberg: Yoh 9:41 - -- 9:41 Jawab Yesus kepada mereka, "Sekiranya kamu buta, kamu tidak berdosa, tetapi karena kamu berkata: Kami melihat, maka tetaplah dosamu."
Tuhan Yesus...
9:41 Jawab Yesus kepada mereka, "Sekiranya kamu buta, kamu tidak berdosa, tetapi karena kamu berkata: Kami melihat, maka tetaplah dosamu."
Tuhan Yesus memakai istilah buta dengan arti "sesat, dan mau ditolong". Mereka tidak sadar dan tidak mau mengakui keperluan mereka, sehingga tidak ada pengampunan pada dosa mereka.
Hagelberg: Yoh 9:41 - -- 9:41 Jawab Yesus kepada mereka, "Sekiranya kamu buta, kamu tidak berdosa, tetapi karena kamu berkata: Kami melihat, maka tetaplah dosamu."
Tuhan Yesus...
9:41 Jawab Yesus kepada mereka, "Sekiranya kamu buta, kamu tidak berdosa, tetapi karena kamu berkata: Kami melihat, maka tetaplah dosamu."
Tuhan Yesus memakai istilah buta dengan arti "sesat, dan mau ditolong". Mereka tidak sadar dan tidak mau mengakui keperluan mereka, sehingga tidak ada pengampunan pada dosa mereka.