Teks -- Markus 8:1-35 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Mrk 8:2 - HATI-KU TERGERAK OLEH BELAS KASIHAN.
Nas : Mr 8:2
Yesus tergerak oleh belas kasihan melihat keperluan dan penderitaan
umat manusia (lih. Mr 1:41). Kini Yesus masih tergerak oleh belas
...
Nas : Mr 8:2
Yesus tergerak oleh belas kasihan melihat keperluan dan penderitaan umat manusia (lih. Mr 1:41). Kini Yesus masih tergerak oleh belas kasihan dengan penderitaan anak-anak Tuhan. Hal ini meyakinkan kita bahwa di dalam kesukaran, kita dapat menghampiri-Nya untuk memperoleh kasih karunia, kemurahan, dan pertolongan (Mat 6:31-32; Ibr 4:14-16; 7:25).
Full Life: Mrk 8:15 - RAGI.
Nas : Mr 8:15
Dalam PB "ragi" biasanya melambangkan kejahatan atau pencemaran
(lih. Mr 13:33; 16:6,11; Luk 12:1; 1Kor 5:6-8; Gal 5:9;
li...
Nas : Mr 8:15
Dalam PB "ragi" biasanya melambangkan kejahatan atau pencemaran (lih. Mr 13:33; 16:6,11; Luk 12:1; 1Kor 5:6-8; Gal 5:9;
lihat cat. --> Kel 13:7).
[atau ref. Kel 13:7]
Ragi yang sedikit akan mengkhamirkan dan mempengaruhi keseluruhannya.
- 1) Ragi orang Farisi menunjuk kepada tradisi keagamaan mereka bilamana
mereka mengesampingkan perintah Allah yang benar dan bagian-bagian dari
firman dan kehendak-Nya dijadikan tak berlaku lagi
(lihat cat. --> Mr 7:6;
lihat cat. --> Mr 7:8).
[atau ref. Mr 7:5-8]
- 2) Ragi Herodes adalah sama dengan ragi orang Saduki; istilah ini
menunjuk kepada jiwa sekularisme dan keduniawian
(lihat cat. --> Mat 3:7).
[atau ref. Mat 3:7]
Para pengikut Kristus harus senantiasa berjaga-jaga agar tidak menerima pandangan mereka yang memberitakan gagasan manusiawi, tradisi yang tidak alkitabiah atau Injil yang sekular dan humanistik. Menerima "ragi Herodes" akan menyebabkan gereja berbalik melawan Kristus dan Firman-Nya.
Full Life: Mrk 8:25 - ORANG ITU ... MELIHAT.
Nas : Mr 8:25
Penyembuhan di Betsaida adalah kejadian satu-satunya ketika Yesus
menyembuhkan secara berangsur-angsur. Peristiwa ini menunjukkan bah...
Nas : Mr 8:25
Penyembuhan di Betsaida adalah kejadian satu-satunya ketika Yesus menyembuhkan secara berangsur-angsur. Peristiwa ini menunjukkan bahwa tidak semua penyembuhan harus terjadi dalam seketika karena dalam kasus tertentu kemenangan kuasa ilahi atas penyakit akan terjadi secara bertahap.
Full Life: Mrk 8:34 - MEMIKUL SALIBNYA.
Nas : Mr 8:34
Salib Kristus merupakan lambang penderitaan (1Pet 2:21; 4:13),
kematian (Kis 10:39), kehinaan (Ibr 12:2), cemoohan
(Mat 27:39), penol...
Nas : Mr 8:34
Salib Kristus merupakan lambang penderitaan (1Pet 2:21; 4:13), kematian (Kis 10:39), kehinaan (Ibr 12:2), cemoohan (Mat 27:39), penolakan (1Pet 2:4) serta penyangkalan diri (Mat 16:24). Apabila kita sebagai orang percaya mengangkat salib kita dan mengikut Yesus, maka kita menyangkal diri (Luk 14:26-27) dan mengabdikan diri kepada empat macam pergumulan dan penderitaan:
- 1) Kita menderita dalam perjuangan seumur hidup melawan dosa (Rom 6:1-23; 1Pet 4:1-2) dengan menyalibkan semua keinginan yang berdosa (Rom 6:1-23; 8:13; Gal 2:20; 6:14; Tit 2:12; 1Pet 2:11,22-24).
- 2) Kita menderita dalam peperangan terhadap Iblis dan kuasa-kuasa kegelapan sewaktu kita memajukan Kerajaan Allah (2Kor 10:4-5; 6:7; Ef 6:12; 1Tim 6:12). Kita mengalami baik perseteruan dari Iblis dengan pasukan setannya (2Kor 6:3-7; 11:23-29; 1Pet 5:8-10) maupun penganiayaan yang datang dari perlawanan kita terhadap para guru palsu yang memutarbalikkan Injil yang benar (Mat 23:1-36; Gal 1:9; Fili 1:15-17).
- 3) Kita menanggung kebencian dan ejekan dari dunia (Yoh 15:18-25;
Ibr 11:25-26) ketika bersaksi dengan kasih bahwa perbuatannya itu
jahat (Yoh 7:7), dengan memisahkan diri kita dari dunia secara moral
dan rohani
(lihat art. PEMISAHAN ROHANI ORANG PERCAYA),
dan dengan menolak semua norma dan falsafahnya (1Kor 1:21-27). - 4) Seperti Yesus, mungkin kita juga akan menerima ejekan dan
penganiayaan dari dunia agama (ayat Mr 8:31;
lihat cat. --> Mr 8:15).
[atau ref. Mr 8:15]
Jerusalem: Mrk 8:10 - Dalmanuta Nama tempat ini tidak dikenal, sama seperti Magadan (var: Magdala) dalam Mat 15:39. Barangkali Dalmanuta hanya transkripsi sebuah ungkapan Aram yang k...
Nama tempat ini tidak dikenal, sama seperti Magadan (var: Magdala) dalam Mat 15:39. Barangkali Dalmanuta hanya transkripsi sebuah ungkapan Aram yang kurang dimengerti.
Jerusalem: Mrk 8:12 - tidak akan diberi tanda Menurut Markus Yesus menolak tanda apapun sedangkan menurut Matius dan Lukas akan diberi "tanda Yunus". Banyak penafsir berpendapat bahwa teks Markus ...
Menurut Markus Yesus menolak tanda apapun sedangkan menurut Matius dan Lukas akan diberi "tanda Yunus". Banyak penafsir berpendapat bahwa teks Markus lebih tua dari pada teks Matius dan Lukas. Tetapi boleh jadi Markus menghilangkan "tanda Yunus" oleh karena agaknya tidak dapat dimengerti oleh pembacanya yang tidak tahu akan Kitab Suci. Kalau demikian Yesus benar-benar menjanjikan "tanda Yunus" untuk menubuatkan kemenangan kelak, yaitu pembebasanNya dari maut, seperti dijelaskan Matius, bdk Mat 12:39.
Jerusalem: Mrk 8:21 - kamu belum mengerti? Ini sebuah ajakan supaya murid-murid jangan prihatin tentang keperluan materiilnya, tetapi memikirkan tugas kekal Yesus sebagaimana diterangkan melalu...
Ini sebuah ajakan supaya murid-murid jangan prihatin tentang keperluan materiilnya, tetapi memikirkan tugas kekal Yesus sebagaimana diterangkan melalui mujizat-mujizatNya.
Terjemahan lain: mulai melihat.
Ende: Mrk 8:10 - Dalmanuta Menurut Mat 15:39: Magedan. Barangkali sama dengan
"Magdala", kota-asal Maria Magdalena disebelah barat tasik Genesaret.
Menurut Mat 15:39: Magedan. Barangkali sama dengan "Magdala", kota-asal Maria Magdalena disebelah barat tasik Genesaret.
Lih. Mat 16:3 dengan tjatatan disitu.
disini berarti pengaruh buruk.
Ende: Mrk 8:27-30 - -- Inilah puntjak bagian pertama "Indjil" Mk. dan titik bertolak untuk bagian
kedua, dalam visi (pandangan) Markus atas seluruh Indjil. Batjalah kata
pen...
Inilah puntjak bagian pertama "Indjil" Mk. dan titik bertolak untuk bagian kedua, dalam visi (pandangan) Markus atas seluruh Indjil. Batjalah kata pengantar pada karangan Indjil ini. Bdl. Disini Mat 16:13-20.
· juga dibagi-bagikan: Mat 14:19
· Maka mengeluhlah: Mr 7:34
Ref. Silang FULL: Mrk 8:15 - terhadap ragi // orang Farisi // ragi Herodes · terhadap ragi: 1Kor 5:6-8
· orang Farisi: Luk 12:1
· ragi Herodes: Mat 14:1; Mat 14:1; Mr 12:13
· terhadap ragi: 1Kor 5:6-8
· orang Farisi: Luk 12:1
· Telah degilkah: Yes 6:9,10; Mr 6:52
· belas bakul: Mat 14:20; Mr 6:41-44; Luk 9:17; Yoh 6:13
Ref. Silang FULL: Mrk 8:22 - di Betsaida // seorang buta · di Betsaida: Mat 11:21; Mat 11:21
· seorang buta: Mr 10:46; Yoh 9:1
Ref. Silang FULL: Mrk 8:23 - Ia meludahi // meletakkan tangan-Nya · Ia meludahi: Mr 7:33
· meletakkan tangan-Nya: Mr 5:23; Mr 5:23
Ref. Silang FULL: Mrk 8:28 - Yohanes Pembaptis // mengatakan: Elia · Yohanes Pembaptis: Mat 3:1; Mat 3:1
· mengatakan: Elia: Mal 4:5
· adalah Mesias: Yoh 6:69; 11:27
Ref. Silang FULL: Mrk 8:30 - tentang Dia · tentang Dia: Mat 8:4; Mat 8:4; Mat 16:20; 17:9; Mr 9:9; Luk 9:21
· tentang Dia: Mat 8:4; [Lihat FULL. Mat 8:4]; Mat 16:20; 17:9; Mr 9:9; Luk 9:21
Ref. Silang FULL: Mrk 8:31 - Anak Manusia // banyak penderitaan // ahli-ahli Taurat // lalu dibunuh // dan bangkit // tiga hari · Anak Manusia: Mat 8:20; Mat 8:20
· banyak penderitaan: Mat 16:21; Mat 16:21
· ahli-ahli Taurat: Mat 27:1,2
· lalu dibunu...
· Anak Manusia: Mat 8:20; [Lihat FULL. Mat 8:20]
· banyak penderitaan: Mat 16:21; [Lihat FULL. Mat 16:21]
· ahli-ahli Taurat: Mat 27:1,2
· lalu dibunuh: Kis 2:23; 3:13