Yesaya 2:4
Konteks2:4 Ia akan menjadi hakim q antara bangsa-bangsa dan akan menjadi wasit r bagi banyak suku bangsa; maka mereka akan menempa pedang-pedangnya menjadi mata bajak dan tombak-tombaknya menjadi pisau pemangkas; s bangsa tidak akan lagi mengangkat pedang terhadap bangsa, t dan mereka tidak akan lagi belajar perang.
Amsal 3:25-26
Konteks3:25 Janganlah takut kepada kekejutan yang tiba-tiba, atau kepada kebinasaan orang fasik, bila itu datang. 3:26 Karena Tuhanlah yang akan menjadi sandaranmu, n dan akan menghindarkan kakimu o dari jerat. p
Yeremia 23:3-4
Konteks23:3 Dan Aku sendiri akan mengumpulkan sisa-sisa c kambing domba-Ku dari segala negeri ke mana Aku menceraiberaikan mereka, dan Aku akan membawa mereka kembali ke padang d mereka: mereka akan berkembang biak dan bertambah banyak. 23:4 Aku akan mengangkat atas mereka gembala-gembala e yang akan menggembalakan mereka, sehingga mereka tidak takut f lagi, tidak terkejut dan tidak hilang g seekorpun, demikianlah firman TUHAN.
Yeremia 30:10
Konteks30:10 Maka engkau, janganlah takut, w hai hamba-Ku x Yakub, demikianlah firman TUHAN, janganlah gentar, hai Israel! Sebab sesungguhnya, Aku menyelamatkan y engkau dari tempat jauh dan keturunanmu dari negeri pembuangan mereka. Yakub akan kembali dan hidup tenang dan aman, z dengan tidak ada yang mengejutkan. a
Mikha 4:3-4
Konteks4:3 Ia akan menjadi hakim antara banyak bangsa, dan akan menjadi wasit bagi suku-suku bangsa yang besar sampai ke tempat yang jauh; g mereka akan menempa pedang-pedangnya menjadi mata bajak, dan tombak-tombaknya menjadi pisau pemangkas; h bangsa tidak akan lagi i mengangkat pedang terhadap bangsa, dan mereka tidak akan lagi belajar perang. j 4:4 Tetapi mereka masing-masing akan duduk di bawah pohon anggurnya dan di bawah pohon aranya k dengan tidak ada yang mengejutkan, l sebab mulut TUHAN semesta alam yang mengatakannya. m
Zefanya 3:13-16
Konteks3:13 yakni sisa e Israel itu. Mereka tidak akan melakukan kelaliman f atau berbicara bohong; g dalam mulut h mereka tidak akan terdapat lidah penipu; ya, mereka akan seperti domba yang makan rumput dan berbaring i dengan tidak ada yang mengganggunya. j " 3:14 Bersorak-sorailah, hai puteri Sion, k bertempik-soraklah, l hai Israel! Bersukacitalah dan beria-rialah 1 m dengan segenap hati, hai puteri Yerusalem! 3:15 TUHAN telah menyingkirkan hukuman yang jatuh atasmu, telah menebas binasa musuhmu. Raja Israel, yakni TUHAN, ada di antaramu; n engkau tidak akan takut o kepada malapetaka p lagi. 3:16 Pada hari itu akan dikatakan kepada Yerusalem: "Janganlah takut, hai Sion! Janganlah tanganmu menjadi lemah lesu. q
Zakharia 2:4-5
Konteks2:4 yang diberi perintah: "Berlarilah, katakanlah kepada orang muda yang di sana itu, demikian: Yerusalem akan tetap tinggal seperti padang terbuka t oleh karena banyaknya u manusia dan hewan di dalamnya. v 2:5 Dan Aku sendiri, demikianlah firman TUHAN, akan menjadi tembok w berapi x baginya di sekelilingnya, dan Aku akan menjadi kemuliaan 2 y di dalamnya. z a "
[3:14] 1 Full Life : BERSUKACITALAH DAN BERIA-RIALAH.
Nas : Zef 3:14-17
Sukacita di dalam hati seorang bukan tanggapan alami; tanggapan ini bersifat adikodrati sebagai akibat dari tindakan penebusan Allah di dalam hidup kita. Perhatikan bahwa sukacita dialami karena:
- (1) kita telah diampuni dan tidak akan dihukum lagi karena dosa-dosa kita (ayat Zef 3:15);
- (2) musuh kita sudah dikalahkan, yaitu kita dibebaskan dari perbudakan kepada Iblis dan dosa (ayat Zef 3:15);
- (3) Allah beserta kita, memberi kita persekutuan, kasih karunia dan pertolongan-Nya sepanjang hidup kita (ayat Zef 3:15-17; bd. Ibr 4:16); dan
- (4) kita adalah sasaran kasih dan perkenan Allah yang besar (ayat Zef 3:17). Sukacita kita akan mencapai puncaknya pada hari itu bila Allah menyatakan sepenuh kemuliaan dan kebesaran-Nya di bumi (bd. Yes 35:1-10).
[2:5] 2 Full Life : AKU SENDIRI ... AKAN MENJADI TEMBOK ... KEMULIAAN.
Nas : Za 2:5
Dalam kerajaan seribu tahun, Yerusalem tidak akan memerlukan tembok karena Tuhan sendiri akan menjadi tembok berapi di sekitarnya (bd. Yes 4:5). Bahkan yang lebih penting, kemuliaan Allah di tengah-tengah umat-Nya akan menjadikan seluruh kota itu suatu bait suci yang dipenuhi kehadiran-Nya (bd. Yeh 43:1-7). Bahkan kini, kehadiran dan kemuliaan Allah di antara umat-Nya adalah sesuatu yang seharusnya didambakan dan dicari gereja melebihi segala sesuatu lain
(lihat art. KEMULIAAN ALLAH).